in

Review Buku 5th of December

Grameds, buku novel dengan genre romance memang sudah biasa, tetapi bagaimana jika genre romance itu digabungkan dengan fantasi? Bayangkan saja, cerita-cerita cinta yang dipenuhi dengan unsur fantasi pastinya akan memberikan nuansa yang lebih menarik dan unik. Inilah yang bisa kamu temukan dalam buku 5th of December.

5th of December

button cek gramedia com

Buku 5th of December mengisahkan tentang sebuah pernikahan yang didasarkan pada perjodohan, sebuah tema yang kerap menjadi fokus dalam novel-novel romance. Namun, apa yang membuat cerita ini begitu menarik adalah adanya unsur fantasi yang diselipkan di dalamnya. Pertanyaan mendasar pun muncul: apakah pernikahan yang terjadi karena perjodohan selalu berakhir dengan bahagia? Ataukah justru bisa membawa bahaya dan kesedihan?

Dalam 5th of December, pembaca diajak untuk menelusuri kisah pernikahan antara Shanom dan Galiel, di mana cinta yang awalnya tumbuh di antara mereka akhirnya berubah menjadi dendam. Bagaimana dinamika hubungan pernikahan mereka? Apakah mereka mampu menghadapi segala rintangan dan tantangan yang datang? Grameds, sebelum kamu membaca buku 5th of December alangkah baiknya jika kamu membaca ulasan mengenai buku ini pada artikel di bawah ini.

Sinopsis Buku 5th of December

5th of December

button cek gramedia com

Katanya perjodohan akan indah dan tidak selalu berakhir buruk, namun tidak dengan apa yang dialami oleh Shanom.

Kisah ini dimulai dari Shanom Briella seorang wanita yang dijodohkan dengan seorang laki-laki bernama Galiel Elmurad. Dalam pernikahannya Shanom berusaha agar Galiel jatuh cinta kepadanya, semua cara dilakukannya meski Galiel menduakan atau menjatuhkan harga dirinya. Pepatah pernah mengatakan “cinta itu membutakan” sama seperti yang Shanom alami. Dengan pendidikan dan latar belakang keluarga Shanom, ia layak dan pantas mendapatkan laki-laki yang lebih baik dari Galiel.

Tepat pada 5 Desember, hal yang tak pernah Shanom pikirkan terjadi. Dirinya harus meregang nyawa di tangan suami yang paling dia cintai, bersekongkol dengan selingkuhannya yaitu Deva.

Ajaibnya, Tuhan masih menyayangi Shanom dan memberikan kesempatan kepada Shanom untuk memutar waktu. Ntah karena reinkarnasi atau memang diberikan kesempatan hidup kembali. Dia hidup kembali dengan waktu yang terulang dengan segala ingatan tentang kejadian yang akan terjadi padanya. Ia tahu betul bahwa ia akan dibunuh oleh suaminya sendiri pada 5 desember. Semua rasa cinta Shanom terhadap Galiel telah hilang, berganti menjadi dendam yang mendalam. Shanom tidak akan bodoh seperti dulu lagi dan siap membalaskan dendamnya.

Bertahun-tahun Shanom Briella dan Galiel Elmurad menjalani kehidupan rumah tangga yang hampa karena cinta Shanom bertepuk sebelah tangan. Shanom rela diselingkuhi asal ia tidak berpisah dengan Galiel. Demi bisa hidup bersama selingkuhannya, suaminya itu sampai rela membunuh Shanom tepat tanggal 5 Desember. Apakah kejadian itu benar-benar terjadi? Atau Tuhan memberikan kesempatan baru untuk rumah tangga keduanya?

“I swear to God, you’ll watch me with your eyes widely open as I set your world on fire, Galiel.”

Kelebihan dan Kekurangan Buku 5th of December

5th of December

button cek gramedia com

Pros & Cons

Pros
  • Alur cerita yang turun naik dan tidak tertebak
  • perpindahan pov sari orang pertama ke orang ketiga mudah dipahami
  • Menceritakan mengenai romansa dan hubungan keluarga
  • Terdapat ilustrasi mengenai karakter-karakter
  • cover bukunya menarik dan cantik
Cons
  • Terdapat beberapa typo atau kesalahan ketik
  • Terdapat dialog-dialog dalam bahasa inggris

Kelebihan Buku 5th of December

5th of December

button cek gramedia com

Buku ini memiliki cerita yang membuat perasaan pembacanya campur aduk. Alur cerita yang seperti roller coaster berhasil membuat hati pembacanya juga ikut turun naik. Pada awal buku 5th of December, pembaca akan merasakan kebencian terhadap Galiel yang dapat dikatakan jahat kepada Shanom, hingga beberapa plot twist yang memberikan fakta membuat pembaca merasa bersalah telah berprasangka buruk kepada Galiel.

Alur cerita yang tidak dapat ditebak membuat pembaca tidak bisa berhenti untuk melanjutkan ke halaman berikutnya. Akan ada kejutan dan drama pada setiap bab nya. Perpindahan POV dari orang pertama ke orang ketiga juga mudah dipahami dan langsung dapat dimengerti.

Tidak hanya menceritakan mengenai hal-hal romansa namun buku ini juga menceritakan mengenai hubungan keluarga. Karakter pada buku 5th of December ini semuanya digambarkan egois dan ke egoisan itu lah yang membuat mereka saling menyakiti. Ada pesan moral yang dapat kita ambil dan terapkan pada kehidupan sehari-hari.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Terdapat ilustrasi mengenai karakter yang ada pada novel ini, karakter-karakter ini digambarkan agar pembaca dapat membayangkan sifat dan sikap dari masing-masing karakter. Selain itu font penulisannya juga terlihat indah dan cantik sehingga menarik perhatian pembaca. Dengan adanya ilustrasi tambahan pembaca tidak akan terasa sudah membaca 367 halaman yang menceritakan Shanom dan Galiel

Cover buku 5th of December juga terlihat menarik dan cantik, sehingga membuat pembaca lebih tertarik. Cover bukunya bernuansa coklat seperti buku-buku klasik ditambah dengan gambar dari karakter utama novel ini. Yang menarik dari cover buku ini adalah kamu bisa memilih ending yang kamu inginkan apakah happy ending atau sad ending. Pada buku ini cover bergambarkan Shanom berarti akhir cerita ini memiliki kisah yang membahagiakan atau happy ending sedangkan cover buku yang bergambarkan Galiel berarti akhir kisah menandakan kesedihan atau sad ending. Kamu bisa memilih salah satu atau membaca kedua versinya.

Kekurangan Buku 5th of December

5th of December

button cek gramedia com

Setiap karya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangan yang dapat ditemukan dalam buku 5th of December adalah keberadaan beberapa typo atau kesalahan ketik. Meskipun hal ini terjadi, namun secara keseluruhan tidak mengganggu alur cerita yang disajikan. Selain itu, terdapat juga beberapa dialog dalam buku ini yang menggunakan bahasa Inggris tanpa adanya terjemahan. Meski demikian, dialog-dialog tersebut masih bisa dipahami dan tidak mengganggu pemahaman pembaca secara umum. Mungkin penambahan terjemahan untuk dialog-dialog tersebut dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pembaca yang mungkin tidak terlalu fasih dalam bahasa Inggris.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan tersebut, buku 5th of December tetap memiliki banyak kelebihan dan menawarkan pengalaman membaca yang menarik. Cerita yang disajikan tetap dapat menghibur dan memikat pembaca, sehingga kekurangan-kekurangan tersebut dapat dianggap sebagai hal yang bisa dimaklumi dalam konteks keseluruhan kualitas karya. Secara keseluruhan, buku 5th of December tetap berhasil menyajikan cerita yang menarik dan memikat, serta memberikan pengalaman membaca yang memuaskan bagi pembacanya.

Pesan Moral Buku 5th of December

5th of December

button cek gramedia com

Buku ini tidak hanya menawarkan cerita yang menarik, tetapi juga menyajikan beberapa pesan moral yang relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pesan yang cukup menonjol adalah tentang keegoisan yang dimiliki oleh masing-masing karakter. Melalui narasinya, pembaca diajak untuk merenung tentang pentingnya komunikasi dalam menjalin hubungan antarindividu.

Dari buku 5th of December ini, kita belajar bahwa kesalahpahaman seringkali timbul karena kurangnya komunikasi yang baik. Pentingnya mendengarkan dan memahami sudut pandang orang lain juga menjadi tema yang disorot. Kita diingatkan untuk tidak tergesa-gesa dalam menilai seseorang hanya berdasarkan penampilan atau kesan sekilas, karena seringkali itu tidak mencerminkan kebenaran yang sebenarnya.

Dengan demikian, buku 5th of December tidak hanya memberikan hiburan semata, tetapi juga memberikan refleksi mendalam tentang pentingnya hubungan antar manusia yang didasari oleh komunikasi yang baik dan kemampuan untuk melihat dari perspektif orang lain. Pesan-pesan moral ini dapat menjadi bahan introspeksi bagi pembaca dalam menghadapi dinamika hubungan interpersonal dalam kehidupan sehari-hari.

Penutup

5th of December

button cek gramedia com

Nah, Grameds, demikianlah gambaran singkat tentang buku 5th of December. Namun, cerita ini jauh lebih dari sekadar hiburan ringan. Dibalut dalam kisah romance yang penuh intrik dan fantasi yang memikat, novel ini menyajikan lebih dari sekadar hiburan semata. Ia mengundang pembaca untuk merenungkan kompleksitas hubungan antarmanusia, perjuangan cinta, dan dinamika kehidupan dalam sebuah pernikahan yang didasarkan pada perjodohan.

Jadi, jangan ragu untuk meresapi setiap halaman cerita yang disajikan dalam 5th of December. Novel ini tidak hanya akan menghiburmu, tetapi juga mengajakmu untuk merenung dan menggali makna di balik setiap peristiwa yang terjadi. Siapkan secangkir kopi atau teh favoritmu, buku 5th of December ini siap menjadi teman setiamu dalam petualangan membaca yang tak terlupakan.

Jika Grameds tertarik membaca buku ini, Grameds bisa mendapatkannya di Gramedia.com atau toko buku Gramedia terdekat di kotamu. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku yang berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca

Penulis: Devina

 

Rekomendasi Buku Terkait

Midnight in December

Midnight in December

button cek gramedia com

Beradaptasi dengan sesuatu yang baru memang menjadi tantangan bagi sebagian orang, termasuk untuk sepasang kekasih bernama, Kalisa dan Malik. Banyaknya perbedaan yang tumbuh di hubungan mereka, kadang membuat keduanya kesulitan memahami satu sama lain. Apalagi, ketika mereka dipaksa oleh semesta untuk saling beradaptasi dengan kebiasaan baru. Salah satunya, hubungan Long Distance Relationship yang tak pernah mereka duga sebelumnya. Ketika kepala dan hati Kalisa dipenuhi oleh berbagai pertanyaan tentang hubungannya dengan Malik yang tak mampu ia temukan jawabannya, Bareska hadir bagai hujan di musim kemarau. Sosok lelaki sederhana dan berhati tulus, yang menjadi rekan siaran Kalisa di sebuah stasiun radio kampus bernama, Radioku. Kehadiran Bareska seolah meneduhkan, sekaligus menghangatkan hati Kalisa di waktu yang bersamaan. Lantas, masihkah Malik menjadi rumah yang akan Kalisa selalu tuju? Atau, justru rumahnya kini berpindah pada Bareska, sosok yang mampu memberikan kesejukan dan banyak warna baru di hidupnya itu?

 

Extraordinary Z

extraordinary z

button cek gramedia com

Cake shop online milik Zora masih beroperasi hingga sekarang. Bahkan, belakangan ini ia semangat sekali mengambil orderan. Zora juga memiliki akun media sosial berbasis video berdurasi pendek, yang ia pakai untuk mempromosikan kue buatannya. Nggak disangka, videonya mendapat banyak atensi dan respons yang baik. Kalau dulu, mungkin Zora akan misuh-misuh kala ia tahu kuenya mendapat banyak atensi. Namun, sekarang karena ia sudah memantapkan niat untuk menjadi seorang professional baker dan memiliki bisnis kue, ia jelas senang dengan pencapaiannya tersebut. Ya, walaupun belum seberapa, sih. Setelah pembeli pertama Cake Shop bodongnya datang mengisi hari-harinya—bahkan hatinya, warna-warni hidup Zora semakin bertambah. Ezio Arcello, si pembeli pertama yang dimaksud pun tidak kalah berwarna. Keduanya menjalani hari-hari dengan frekuensi yang seirama. Bersama Muklis peyot si peliharaan Jibran, juga Disa dan Jibran, ayo ikut ke dalam keseharian Zio dan Zora yang tidak biasa!

 

Cake Shop (Extended Version)

Cake Shop (Extended Version)

button cek gramedia com

Karena crush-nya menggunakan suatu aplikasi premium dimana dia bisa mendeteksi orang-orang yang mengunjungi prolilnya di instagram, Zora Marjorie mencari cara untuk bisa tetap memantau crush-nya., Marelio Alexander, tanpa cowok itu tahu. Akhirnya, sebuah ide pun tercetus di kepalanya, ide gila tapi boleh juga Dia membuat akun cake shop palsu untuk memantau Marelio di instagram. Tidak disangka, justru dia bertemu dengan Ezio Arcello, pelanggan pertama sekaligus seseorang yang bisa menyembuhkan kegalauannya. Hari-hari keduanya dimulai dari sini. bersama dengan dunia penuh komedi.

Written by Adila V M