in

8 Rekomendasi Novel Pernikahan Karena Dijodohkan

Novel Pernikahan yang Dijodohkan – Novel romansa bertema pernikahan yang dijodohkan memang menjadi jenis novel yang paling banyak peminatnya. Berbagai cerita perjodohan pun dikemas dengan sub dan plot yang tak mudah ditebak, menjadikannya sangat menyenangkan untuk dibaca berulang kali.

Mulai dari perjodohan yang dibuat oleh orang tua, menikah tanpa cinta karena dijodohkan, hingga menjadi pengantin pengganti. Apalagi jika plotnya dikaitkan dengan era modern yang serba menggunakan aplikasi atau situs kencan, tentu akan sangat menarik saat membacanya.

Meski sudah terbit sejak beberapa tahun lalu. Novel-novel tentang perjodohan kerap kali menguras emosi para pembacanya, sehingga membuatnya masih tetap mendapat tempat dihati pembaca.

Bahkan, novel-novel tentang perjodohan itu pun diterbitkan berulang kali dan dicetak secara ekslusif oleh penerbit karena memiliki pembaca yang lumayan banyak. Maka tak heran juga kalau penulisnya juga memiliki banyak penggemar yang hasil karyanya selalu ditunggu oleh pembaca setianya.

Nah, buat Grameds yang menyukai novel romansa bertema perjodohan. Yuk, intip rekomendasi novel tentang perjodohan berikut ini.

https://www.pexels.com/

1. Marriage Quietly

Novel romansa yang mengisahkan pernikahan karena dijodohkan di usia muda yang satu ini, merupakan novel perjodohan terbaru yang terbit pada 3 September 2021 dengan tebal 312 halaman.

Cerita karangan SH TYSETYONGRM ini mengisahkan seorang model yang terkenal di usia muda dan menikah dengan cowok incaran nomor satu cewek-cewek di sekolahnya karena dijodohkan oleh orang tuanya.

Sang model bernama Lembayung Putri Tasya. Ia sangat cantik, pintar, tinggi semampai, putih, serta memiliki tubuh yang terawat dan itu lah yang menjadi ciri khas dirinya. Dengan penampilan sang model yang seperti itu, pria mana yang akan menolak pesonanya?

Namun, Tasya lebih memilih untuk merubah penampilannya seratus delapan puluh derajat menjadi seorang kutu buku yang selalu dibully ketika berada di sekolah. Bahkan, saat ia mengetahui dirinya akan dijodohkan dengan Zidan, pria idola idaman wanita sekolahnya. Tasya tetap tak mengubah penampilan barunya itu.

Meski begitu, Tasya tak mengelak perjodohan yang dilakukan oleh orang tuanya. Lalu, bagaimana karirnya sebagai seorang model ternama? Apa yang akan ia lakukan dengan pernikahan yang menjerat di usia mudanya.

Bagi Zidan pun, yang ia ketahui tentang Tasya hanya lah seorang gadis cupu di sekolah. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu. Akankah Zidan tahu bahwa istrinya merupakan seorang model terkenal?

tombol beli buku

2. Nikah Tanpa Cinta

Terbit pada 10 Agustus 2021, MAJARANI berhasil menceritakan kisah pernikahan tanpa cinta dengan konflik dan sudut pandang yang berbeda dengan cerita serupa lainnya.

Dimuat dalam novel sebanyak 350 halaman. Novel ini mengisahkan seorang wanita yang baru saja berhasil meraih impiannya sebagai seorang dokter dan dihadapkan pada tuduhan bahwa ia terlibat sebuah kejahatan.

Naura Salsabila pun harus menerima realita mengenai ayahnya yang ternyata, Rustam alias Rudy adalah seorang buronan bandar narkoba yang sudah belasan tahun lari dari hukum dan telah mengganti namanya serta melakukan operasi wajah.

Naura diperiksa dan ditahan polisi. Namun, kejadian itu mempertemukannya dengan calon suaminya, Kompol Miftahul Huda. Ia seorang polisi muda berpangkat tinggi yang diam-diam diberikan misi khusus untuk menangkap ayahnya.

Demi mempermudah situasi, Miftah pun menikahi Naura yang sudah pasrah akan segalanya. Naura takut ibunya tahu bahwa suaminya adalah penjahat yang paling dicari oleh kepolisian negara.

Sementara demi tugas penyelidikan, Miftah juga harus mencari berbagai informasi mengenai Rustam. Keduanya terjebak pernikahan tanpa cinta. Akan tetapi, seiring waktu berjalan rasa di antara mereka mulai tumbuh dan bersemi.

Pada akhirnya, Miftah berhasil menemukan keberadaan Rustam yang ternyata sangat dekat dan selalu melindungi putrinya tanpa Naura sadari. Di tengah-tengah antara tugas negara dan cinta, dapatkah Miftah mengatasi keduanya?

 

tombol beli buku

3. Nikah Saat SMA

Tahun baru, terbitlah novel baru. Yup, novel romansa perjodohan ini rilis tepat pada 1 Januari 2021. Novel karangan Winnilliya ini memuat 384 halaman.

Sesuai judul novelnya, yaitu Nikah Saat SMA. Winnilliya mengangkat kisah pernikahan anak kelas 12 SMA akibat perjodohan oleh kedua orangtuanya.

Kehidupan Keisya berubah drastis setelah mengetahui perjodohan yang dibuat oleh kedua orangtuanya. Bagaimana tidak? Ia yang masih duduk di bangku SMA harus menikah karena sebuah perjodohan, dengan alasan orangtua Keisya dengan orang tua si cowok telah bersahabat sekian lama.

Bagi Keisya, alasan itu terdengar konyol dan tidak masuk akal. Sayangnya, pernikahan itu benar-benar terjadi di hidupnya.

Semua semakin berubah dan menjadi tak biasa saat Keisya tahu siapa yang menjadi calon suaminya. Ternyata, dia adalah orang dengan urutan nomor satu yang sejak lama Keisya hindari.

Namun, di waktu yang bersamaan Keisya berpikir bahwa dirinya hanya perlu pasrah menerima, menjalani, lalu pergi, dan kehidupannya akan kembali bebas seperti remaja lainnya. Akan tetapi, ketika perasaan mulai ikut campur tangan. Semua yang Keisya anggap tak masuk akal itu berubah mengikuti alur.

Mampukah mereka yang sama-sama masih mengenakan seragam putih abu-abu untuk mempertahankan kehidupan rumah tangga yang tidak biasa ini?

tombol beli buku

4. Learn to Love You

Bagaimana rasanya ketika kamu dijodohkan dengan seorang super star? Rasanya seperti salah satu mimpimu telah jadi kenyataan.

Melalui novelnya yang terbit pada 24 Juni 2019 ini. Astrid Zeng mengajak Grameds untuk terhanyut dalam cerita seorang super star yang menikah dengan wanita biasa hanya demi menghindari para wartawan. Sebaliknya, sang wanita malah dijodohkan dengan sosok idola itu.

Malam itu, Sebastian Su yang merupakan seorang penyanyi internasional tengah berkencan dengan seorang wanita. Namun, ia tak begitu ingat dengan siapa dia pergi. Usai malam-malam kelabu, Sebastian pun ingat bahwa wanita itu adalah Bibiana.

Sebastian merasa harus bertanggung jawab atas perbuatannya. Ia memutuskan ide untuk menikahi Bibiana, dan ia berpikir pernikahan ini bisa membuat para wartawan tak lagi antusias akan kehidupan pribadinya.

Bibiana akhirnya menyetujui lamaran Sebastian. Akan tetapi, siapa sangka bahwa ternyata Bibiana harus segera melangsungkan pernikahannya demi menjaga nama baik keluarga.

Kehidupan pernikahan mereka pun berlangsung. Bibiana mulai melihat sisi lain Sebastian di balik tameng dinginnya yang selama ini dia tampilkan di depan umum.

Perasaan Bibiana mulai tumbuh dan berubah sedikit demi sedikit. Sayangnya, saat ia menyadari dirinya telah jatuh cinta dengan suaminya sendiri. Bibiana mulai takut jika Sebastian tidak akan pernah bisa menerimanya.

tombol beli buku

5. Not A Perfect Wedding

Cerita dalam novel ini bisa dibilang beda dari yang lain. Pasalnya, perjodohan bukan hanya berlaku pada orangtua yang menjodohkan anaknya saja, tapi juga untuk pengantin pengganti.

Asri Tahir sukses membawakan kisah romansa pernikahan karena dijodohkan ini melalui sudut pandang baru. Menggunakan orang ketiga sebagai pendamping peran utamanya, karena orang ketiga itu lah yang menjadi pengantin pengganti dari pernikahan dua pasangan yang sebenarnya masih saling mencintai. Terbit pada 21 April 2019, novel Not A Perfect Wedding dikemas dalam 392 halaman.

Raina adalah anak bungsu dari 3 bersaudara yang sebentar lagi akan menikah dengan Raka, sang kekasih yang amat ia cintai. Hidup Raina seakan sempurna.

Sementara itu, kakak Raka, Pram yang merupakan seorang lelaki matang dalam hal usia dan karirnya. Meski usianya menginjak 35 tahun, tapi masih betah melajang. Pram tinggal di London dan sukses sebagai arsitek ternama di sana.

Keputusan Pram untuk pergi jauh dari Indonesia karena masa lalunya. Ia dikecewakan oleh seorang wanita yang amat dicintainya. Namun, demi menghadiri pernikahan sang adik. Setelah 7 tahun lamanya menetap di London, Pram akhirnya memutuskan kembali ke Indonesia.

Tak disangka, ternyata keputusan Pram untuk pulang ke Indonesia bukan hanya untuk menghadiri pernikahan adik satu-satunya. Justru ia yang harus menjadi si mempelai lelaki karena Raka mengalami kecelakaan tepat satu hari sebelum acara dilangsungkan.

Raka yang sangat mencintai Raina hanya bisa mempercayakan pujaan hatinya itu kepada Pram untuk dijaga dan disayangi. Ya, Raka meminta Pram untuk menikahi Raina, menggantikannya sebagai pengantin lelaki untuk acara besok karena Raka telah merasa hidupnya tak akan lama lagi.

Usai menikah, konflik dalam rumah tangga Pram dan Raina kerap terjadi. Masalah lain yang berhubungan dengan masa lalu Pram pun juga mulai muncul. Hadirnya badai lain yang menerjang bahtera pernikahan Pram dan Raina membuat keduanya semakin di ambang keraguan.

tombol beli buku

6. Dongeng Sebelum Tidur

Di kalangan para penggemar novel, nama Agnes Jessica tentu sudah tak asing lagi. Karangannya terbilang ringan, mudah dicerna, dan plotnya pun menarik.

Dalam novel berjudul Dongeng Sebelum Tidur ini, Agnes menempatkan tokoh utamanya sebagai korban dari perjodohan. Itu lah mengapa novel karyanya yang satu ini masuk dalam rekomendasi novel bertema pernikahan karena dijodohkan. Terbit pada 26 Februari 2018 dan dibungkus dalam 220 halaman.

Cadenza yang menaruh nasib jodohnya kepada sang ibu. Ternyata ia justru tidak mendapatkan wanita yang ia idamkan selama ini. Adanya utang budi ayahnya, Kiara terpaksa menikah dengan Cadenza.

Kiara sangat menyayangi orangtuanya. Karena menyadari posisinya sebagai anak tunggal dan tumpuan harapan, ia rela memutuskan Aldi yang sudah dua tahun menjadi kekasihnya. Namun, Cadenza tetap bersikap dingin dalam kehidupan rumah tangga mereka karena tak sudi menerima Kiara yang merupakan wanita bekas lelaki lain.

Cadenza memiliki kakak laki-laki bernama Charles yang menderita gangguan jiwa. Demi membalas budi, Kiara berusaha untuk menyembuhkan Charles. Sayangnya, usaha Kiara pun dipandang sebelah mata.

Kiara makin tak tahan. Ia berniat untuk mengakhiri kehidupan pernikahannya dengan Cadenza dan kembali pada Aldi. Namun, fakta terbaru tentang Aldi, juga kasus Charles membuat Kiara mengurungkan niatnya. Apalagi ia perlahan mulai merasakan sensasi aneh setiap memikirkan Cadenza.

tombol beli buku

7. Bukan Pengantin Terpilih

Satu lagi novel dari Agnes Jessica yang bertema perjodohan, yang tak kalah bagus dengan novel rekomendasi karyanya sebelumnya. Novel berjudul Bukan Pengantin Terpilih ini dikemas dalam 228 halaman dan terbit di tanggal yang sama dengan novel Dongeng Sebelum Tidur, yaitu pada 26 Februari 2018.

Cerita pada novel kali ini mungkin sudah biasa atau sudah banyak diulas. Alur ceritanya  pun terbilang sederhana, bahkan dapat terjadi dalam keseharian kita.

Namun, justru karena konflik yang dimunculkan merupakan masalah dan kejadian-kejadian yang sama seperti di kehidupan kita, membuat novel ini jadi sangat bagus. Mulai dari masalah dan latar belakang tokoh serta plot ceritanya, semuanya sangat mendukung satu sama lain.

Anggun dan Sinta merupakan kakak beradik. Ketika Alfian, seorang pemilik peternakan yang berniat mencari istri melamar pada ayah mereka. Diputuskan lah untuk Sinta yang akan menjadi istri pemilik peternakan itu.

Nahasnya bagi Anggun. Sinta yang kabur dari rumah sehari menjelang pernikahan, memaksa Anggun untuk menggantikannya. Alfian pun marah. Ia merasa dipermainkan karena tak diberi istri pilihannya.

Anggun juga jadi serba salah. Dia tak ingin keluarganya malu, tapi juga merasa terhina karena Alfian tidak menghargainya. Belum lagi saat ia mendapatkan kenyataan, bahwa alasan si pemilik peternakan itu mencari istri hanya untuk membalas dendam pada kekasihnya yang berkhianat.

Mampukah Anggun menjadi istri yang baik bila ia bukan pengantin terpilih? Apakah pernikahan mereka akan bertahan, bila alasan di baliknya bukan untuk membangun rumah tangga yang sesungguhnya.

tombol beli buku

8. Jodoh Terakhir

Novel tentang perjodohan yang menjadi rekomendasi terakhir dalam artikel ini, yaitu novel karya Netty Virgiantini berjudul Jodoh Terakhir yang terbit pada 13 April 2016.

Melihat judulnya saja, Grameds sudah dapat memahami bahwa novel ini memang bercerita tentang perjodohan. Meski begitu, novel ini pun berbeda dengan novel perjodohan yang penuh drama.

Netty membawakan novel ini dengan gaya bercerita yang lucu, sehingga novel tentang perjodohan yang semula kita bayangkan penuh drama dan terasa berat dibaca, justru malah sebaliknya. Lucu dan menghibur. Novel Jodoh Terakhir ini dimuat dalam 212 halaman.

Meski terbitan tahun 2016, novel perjodohan yang satu ini tidaklah membosankan. Kadar lawakan yang ada di dalamnya membuat seru membaca cerita perjodohan yang dipadu-padan antara kesedihan, kebahagiaan, kekocakan, serta cinta, yang saling mendukung untuk membuat cerita menjadi lebih menarik dan sangat hidup.

Mengisahkan Neyna yang selalu punya seribu cara untuk menggagalkan perjodohan yang diatur orangtuanya. Namun, kali ini dia tidak berkutik menghadapi ultimatum Ayahnya yang akan mengusirnya jika ia tak segera menikah.

Neyna memang bukan gadis kecil lagi. Kedua adiknya juga sudah menikah dan punya anak. Bahkan, temannya ada yang sudah tiga kali menikah.

Baginya, perempuan melajang di usia matang bukan suatu perkara besar. Hanya saja sekarang, entah kenapa semesta seolah berkonspirasi memojokkannya karena status lajangnya itu. Mulai dari dianggap aib keluarga, dikejar mantan pacar yang sudah menikah, sampai dituduh mengganggu rumah tangga orang.

Neyna pun percaya jodoh ada di tangan Tuhan, bukan di tangan Ayah dan Ibu yang memaksanya menerima perjodohan super aneh ini. Namun, ia kemudian sadar bahwa orang tuanya bermaksud baik. Menurutnya, mungkin sudah saatnya ia patuh pada keinginan orang tuanya demi membahagiakan mereka.

Akan tetapi, Neyna tak diberi tahu siapa laki-laki misterius yang berniat menikahinya. Kenapa Ayah dan Ibunya begitu percaya pada ketulusan laki-laki ini, tapi tidak mau memberitahukan jati diri laki-laki itu padanya? Neyna jadi sangat penasaran!

tombol beli buku

Nah, itulah sebagian kecil dari rekomendasi novel pernikahan yang dijodohkan untuk dibaca karena gaya berceritanya yang terbilang ringan, mengajak pembacanya larut dalam alur cerita, dan kisahnya yang anti-mainstream.

Kisah-kisah perjodohan mana nih yang relate banget sama hidup kamu? Atau kisah tersebut pernah terjadi dengan orang disekitarmu?

Ikuti kisah mereka dan temukan jawabannya dari buku-buku rekomendasi di atas, ya. Grameds bisa mendapatkannya di toko buku Gramedia kesayangan kalian maupun via digital www.gramedia.com

Penulis: Indah Utami

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum