in

Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilih Moisturizer

Sumber: Pexels/ Anna Shvets

Manfaat Moisturizer – Saat ini dunia skincare telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, ada banyak sekali produk skincare yang menggunakan beragam bahan unik dengan sejuta manfaat. Selain itu, brand-brand skincare pun semakin memerinci kebutuhan pelanggan dan memisahkan setiap fungsi skincare. Contohnya seperti serum, toner hingga moisturizer.

Apakah Grameds mengerti apa sih kegunaan dari moisturizer? Moisturizer adalah pelembap yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Akan tetapi, moisturizer juga memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Agar lebih jelas, simak penjelasan tentang moisturizer berikut ini.

Pengertian Moisturizer

Secara umum, moisturizer adalah pelembap, yaitu suatu lotion maupun krim yang digunakan pada kulit dan fungsinya adalah untuk mencegah serta mengatasi permasalah kulit kering. Moisturizer tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang memiliki kulit kering saja, akan tetapi juga dibutuhkan oleh semua jenis kulit, baik itu normal maupun berminyak.

Sebagian orang, kadang kali enggan untuk menggunakan moisturizer, karena moisturizer dianggap menjadi salah satu penyebab kulit berminyak semakin menjadi-jadi. Akan tetapi, anggapan ini salah sebab apabila Grameds bisa memilih moisturizer yang sesuai, maka moisturizer akan menutrisi kulit berminyak Grameds dengan baik.

Meskipun secara umum moisturizer dan pelembap adalah produk skincare yang sama, tetapi seiring dengan perkembangan produk skincare saat ini banyak brand-brand skincare mulai membedakan fungsi dari pelembap dan skincare.

Sehingga, moisturizer dan pelembap pun menjadi produk skincare yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda. Pada dasarnya, moisturizer adalah produk skincare yang lebih fokus pada fungsinya sebagai pelembap atau ‘pengunci’ begitu pula dengan pelembap. Selain itu, keduanya juga memiliki bentuk dan tekstur yang sama. Bingung? Simak penjelasan perbedaan dari pelembap dan moisturizer berikut ini ya!

Perbedaan Moisturizer dan Pelembap

moisturizer adalah
Sumber: Pexels

Pelembap dan moisturizer memiliki bentuk kemasan yang sama, biasanya berbentuk tube atau tempat yang khas, selain itu keduanya juga memiliki tekstur yang sama, seperti gel, cream dan losion. Selain itu pelembap dan moisturizer pun memiliki fungsi yang sama pada umumnya, yaitu untuk melembapkan kulit wajah, sehingga kulit akan terasa lebih lembut.

Lalu apa perbedaan dari moisturizer dan pelembap? Pada dasarnya, perbedaan yang dasar pada pelembap dan moisturizer adalah dari segi manfaatnya.

Moisturizer pada umumnya bekerja dengan cara menghidrasi kulit, sehingga kulit pun akan menjadi lembap serta dapat menjaga kelembaban pada kulit tersebut, agar tidak mudah hilang dengan cara menahan kandungan air yang ada pada dalam lapisan kulit.

Oleh karena itu, manfaat dari moisturizer akan lebih dirasakan oleh Grameds yang memiliki tipe kulit wajah yang tengah dehidrasi. Sebab kulit yang sedang dehidrasi membutuhkan produk-produk skincare yang dapat menghidrasi serta menjaga kelembaban kulit di saat yang bersamaan.

Manfaat moisturizer ini tentu berbeda dengan manfaat pelembap. Pelembap memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban alami yang telah ada pada kulit. Secara simpelnya, pelembap ini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan skin barrier, yaitu untuk melindungi kulit dari agresor lingkungan serta mencegah kandungan air dalam lapisan kulit yang menguap melalui pori-pori.

Bagaimana cara kerja pelembap? Caranya adalah dengan membentuk sebuah laporan pada permukaan kulit yang memiliki fungsi sebagai pencegah air menguap sekaligus sebagai pelindung kulit. Lapisan ini pula yang mengisi celah serta retakan pada lapisan di sel-sel kulit, sehingga tekstur kulit wajah pun menjadi lebih halus serta lembut dan dapat mengurangi rasa gatal pada kulit.

Perbedaan moisturizer serta pelembap yang lain ialah, pelembap dapat membantu mengatasi masalah-masalah kulit seperti kulit kusam, menghilangkan noda, menyamarkan kerutan, mengatasi jerawat dan lainnya. Moisturizer, pada umumnya tidak memiliki manfaat-manfaat ini sebab moisturizer lebih fokus untuk memberikan hidrasi serta melembapkan kulit.

Manfaat Moisturizer

moisturizer adalah
Sumber: Pexels

Meskipun moisturizer terdengar tidak memiliki banyak manfaat seperti pelembap, tetapi menggunakan moisturizer pada tahap skincare Grameds merupakan hal yang penting, sebab dengan menggunakan moisturizer maka akan membantu mengembalikan protein keratin pada kulit wajah. Sehingga kulit pun tetap terjaga, tetap lembap, halus serta sehat.

Dengan rutin menggunakan moisturizer, maka pH kulit yang hilang ketika mencuci wajah pun kembali. Selain itu, ada manfaat lain bagi kesehatan kulit ketika menggunakan moisturizer dengan rutin. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Sesuai dengan fungsi utama dari moisturizer yaitu sebagai skincare yang menjaga moist atau memberikan moist pada kulit, maka manfaat moisturizer yang pertama dan paling utama adalah menjaga kelembapan kulit.

Moisturizer memberikan hidrasi yang cukup pada lapisan kulit wajah yang terluar, dan berguna untuk menjaga lapisan kulit yang lebih dalam dari kerusakan-kerusakan akibat beragam hal.

2. Menutrisi Kulit

Selain memberikan hidrasi serta menjaga kelembapan kulit, moisturizer juga bermanfaat untuk menutrisi kulit. Pada umumnya, brand skincare tertentu telah menambahkan beberapa kandungan yang dapat menutrisi kulit. Contohnya seperti vitamin, antioksidan bahkan hingga SPF yang berguna untuk mengencangkan kulit dari kerusakan sinar UVA atau UVB dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

3. Mencegah Munculnya berbagai Masalah Kulit

Dengan rutin menggunakan moisturizer, maka pH kulit pun akan semakin seimbang, sehingga membuat Grameds terhindar dari masalah kulit kering serta kulit berminyak. Apabila Grameds memiliki tipe kulit berminyak, maka kulit Grameds akan lebih mudah memiliki jerawat, apabila kulit Grameds kering, maka Grameds bisa terlihat lebih tua dan kusam. Oleh karena itu, apapun jenis kulit Grameds perlu mencegah segala masalah kulit dengan rutin menggunakan moisturizer.

https://www.gramedia.com/products/all-about-skincare?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

4. Menyamarkan Noda-Noda di Wajah

Apabila Grameds memiliki masalah kulit berupa noda hitam pada wajah, entah itu karena bekas jerawat atau tanda-tanda penuaan, Grameds bisa menghilangkan noda hitam yang mengganggu itu dengan secara rutin menggunakan moisturizer.

Selain mampu menyamarkan noda hitam pada wajah, moisturizer juga bermanfaat untuk meratakan warna maupun tekstur pada kulit wajah. Akan tetapi manfaat satu ini sedikit tricky, sebab Grameds harus pintar memilih moisturizer yang memiliki kandungan sesuai dengan masalah kulit Grameds.

Contohnya, jika Grameds ingin menyamarkan noda pada wajah karena penuaan, maka Grameds bisa memilih moisturizer yang memiliki kandungan retinol maupun vitamin C.

5. Membuat Kulit Menjadi Lebih Awet Muda

Siapa sih yang tidak ingin tampak awet muda, tanpa kerutan dan mulus? Jika ingin terlihat awet muda, maka moisturizer adalah kuncinya! Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa kulit kering yang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup maupun tidak diberikan hidrasi bisa membuat kulit mengalami dehidrasi.

Lalu efeknya apa? Grameds akan memiliki tanda-tanda penuaan kulit yang muncul lebih awal. Contohnya seperti garis-garis halus pada dahi, smile line, kerutan, atau bahkan bercak kering dan flek. Selain itu, kulit yang kering hingga dehidrasi biasanya cenderung terlihat kusam.

Oleh karena itu, moisturizer yang memiliki manfaat utama untuk menjaga hidrasi kulit dan memberikan kelembaban pun dapat mengatasi masalah kulit yang menyebabkan penuaan dan menghambat penuaan. Nah, jika Grameds sering lihat drama Korea, Grameds tentu tahu bahwa aktris-aktris Korea cenderung terlihat lebih awet muda dan salah satu rahasia mereka adalah rajin menggunakan moisturizer dengan kandungan yang tepat sesuai dengan jenis kulit!

6. Mencerahkan Warna Kulit Wajah

Manfaat terakhir dari moisturizer ialah mampu mencerahkan warna kulit wajah. Karena manfaat satu ini pula, moisturizer mampu meratakan warna kulit yang belang.

Dengan menggunakan moisturizer dengan rutin, maka kulit wajah Grameds akan terlihat lebih sehat, segar dan terlihat lebih cerah. Selain itu saat ini ada banyak moisturizer yang sudah diformulasikan dengan bahan-bahan yang akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

Jenis-Jenis Moisturizer

moisturizer adalah
Sumber: Pexels

Ketika memilih moisturizer, Grameds perlu menyesuaikan dengan jenis kulit dan harus disesuaikan dengan tipe kulit dan permasalahan kulit Grameds, agar Grameds mendapatkan hasil perawatan yang maksimal. Jenis moisturizer telah disesuaikan dengan fungsinya, di antara lain ialah moisturizer untuk kulit berminyak, kering serta moisturizer untuk kulit kombinasi.

Jenis-jenis moisturizer juga dibedakan dari komposisi yang ada di dalamnya serta tekstur dari moisturizer. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis moisturizer.

1. Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Bagi Grameds yang memiliki tipe kulit berminyak, maka Grameds harus menggunakan moisturizer yang tidak mengandung oil atau oil free dan moisturizer yang memiliki tekstur water based atau gel, sehingga tidak terasa berat dan membuat kulit semakin berminyak. Grameds bisa memiliki moisturizer yang memiliki kandungan tea tree, AHA atau kandungan lain yang terkenal untuk mencegah datangnya jerawat.

2. Moisturizer untuk Kulit Kering

Jenis kulit kering pada dasarnya membutuhkan moisturizer yang memiliki tekstur lotion maupun krim, agar dapat melembabkan kulit serta mencegah kulit menjadi dehidrasi. Oleh karena itu, Grameds dengan tipe kulit kering bisa memilih moisturizer yang memiliki tekstur lebih berat, sehingga kulit dapat terhidrasi dengan baik.

Grameds dapat menggunakan moisturizer yang memiliki kandungan oil based untuk menjaga kelembab kulit, selain itu Grameds juga bisa menggunakan moisturizer water based apabila ingin menambahkan hidrasi tetapi tidak suka dengan rasa moisturizer yang berat di kulit.

3. Moisturizer untuk Kulit Kombinasi

Jenis moisturizer yang ketiga ialah moisturizer yang bisa digunakan oleh seseorang yang memiliki kulit kombinasi. Pada umumnya, seseorang yang memiliki tipe kulit kombinasi dapat memakai jenis moisturizer yang memiliki tekstur gel pada bagian t zone wajah serta moisturizer dengan tekstur lotion pada area u zone wajah.

Grameds dapat memilih moisturizer untuk kulit kombinasi yang memiliki kandungan antioksidan, asam hyaluronat, ceramide, hyaluronic dan lain sebagainya.

4. Moisturizer untuk Kulit Normal

Jenis moisturizer yang terakhir adalah moisturizer yang bagus digunakan oleh Grameds yang memiliki kulit normal. Apabila memiliki kulit normal, Grameds akan lebih mudah dalam menentukan tekstur atau komposisi moisturizer. Sebab, pada umumnya tipe kulit normal cenderung tidak memiliki banyak masalah kulit.

Fokuslah pada jenis perawatan apa yang ingin Grameds capai. Contohnya Grameds ingin wajah terlihat lebih cerah, maka Grameds dapat memilih moisturizer yang cair maupun dan mengandung bahan-bahan non comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori, serta kandungan yang dapat mencerahkan kulit seperti niacinamide.

Tips dalam Memilih Moisturizer

Setelah mengetahui jenis-jenis dari moisturizer, Grameds juga perlu mengetahui tips-tips dalam memilih moisturizer. Nah, tetapi kuncinya yang pertama adalah Grameds harus mengetahui jenis kulit Grameds lebih dulu. Apabila telah mengetahui tipe kulit Grameds, maka Grameds pun bisa lebih mudah memilih moisturizer sesuai dengan kebutuhan kulit.

  1. Memilih moisturizer yang memiliki kandungan SPF, agar kulit dapat terlindungi dari paparan sinar matahari khususnya sinar ultraviolet seperti UVA dan UVB yang dapat mempercepat penuaan dini.
  2. Memilih moisturizer yang memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit.
  3. Menyesuaikan moisturizer dengan kebutuhan serta kondisi kulit Grameds. Jika Grameds memiliki tipe kulit berminyak, maka pilihlah moisturizer khusus untuk kulit berminyak.
  4. Hindari memilih moisturizer yang memiliki bahan-bahan pewangi, karena dapat menimbulkan risiko berupa iritasi pada kulit, terutama jika Grameds memiliki tipe kulit yang sensitif.
  5. Bagi Grameds yang memiliki tipe kulit berminyak, maka lebih baik memilih moisturizer yang mengandung bahan dasar yang ringan.
  6. Jika Grameds memiliki jenis kulit kering, maka Grameds dapat memilih moisturizer yang memiliki kadar proteksi tinggi serta memiliki kandungan ceramides di dalamnya.
  7. Apabila Grameds memiliki jenis kulit sensitif, maka Grameds bisa memilih moisturizer yang lebih gentle serta tidak mengandung pewangi, atau tidak memilih exfoliating moisturizer yang konsentrasi kandungan exfoliatenya tinggi karena dapat menimbulkan iritasi.

Cara Menggunakan Moisturizer yang Benar

Agar mendapatkan hasil perawatan yang maksimal, selain pintar memilih jenis moisturizer sesuai kondisi dan tipe kulit, Grameds juga perlu mengetahui cara yang benar dalam menggunakan moisturizer.

  1. Membersihkan kulit dengan pembersih, double cleansing lebih baik. Sebelum menggunakan moisturizer, Grameds harus memastikan bahwa kondisi kulit sudah bersih dari makeup maupun kotoran yang menempel setelah seharian beraktifitas.
    Menggunakan toner. Setelah mencuci muka dan double cleansing, pasti kulit wajah Grameds akan kering dan pH kulit berubah. Sehingga untuk menormalkan dan membuat moisturizer bekerja lebih efektif, Grameds bisa menggunakan toner lebih dulu.
    Mengoleskan moisturizer. Apabila tidak memiliki serum atau tidak terbiasa menggunakan serum sebagai step skincare, maka Grameds bisa langsung menggunakan moisturizer.
  2. Caranya adalah dengan mengambil moisturizer secukupnya sekitar sebutir jagung, kemudian oleskan pada wajah hingga merata. Ratakan moisturizer dari bagian terluar wajah ke bagian tengah dengan gerakan memutar, kemudian beralih ke tengah dagu dan pijat wajah secara perlahan.
  3. Apabila meratakan moisturizer dengan arah sebaliknya yaitu dari hidung ke telinga, maka akan meninggalkan residu moisturizer pada sekitar jalur garis rambut.
    Sehingga dikhawatirkan, moisturizer yang Grameds kenakan justru akan menumpuk serta menyumbat pori-pori dan menyebabkan muncul banyak jerawat serta komedo pada area wajah tersebut.
  4. Jangan lupa, gunakan moisturizer pada bagian leher! Jangan sepelekan, kulit bagian leher pun perlu mendapatkan perhatian agar tidak cepat timbul kerutan. Gunakan moisturizer secukupnya pada wajah, lalu ambil sebiji jagung moisturizer lagi dan oleskan pada leher.

https://www.gramedia.com/products/skincare-101?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kini kita telah mengetahui bahwa moisturizer adalah pelembap yang memiliki tekstur dan manfaat berbeda-beda bergantung pada jenis kulit. Apabila Grameds tertarik mengenai skincare, baik kandungan di dalamnya, manfaat, jenis hingga step yang benar dalam menggunakan skincare, Grameds bisa mencari tahu lebih dalam dengan membaca buku terkait skincare yang terdapat di Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi