in ,

15 Cara Merawat Rambut dengan Mudah

Bagaimana cara merawat rambut yang benar? Grameds, apakah kamu kesulitan dalam merawat rambut? Rambut adalah bagian tubuh yang harus selalu dirawat dengan benar.

Selain mempercantik penampilan, merawat rambut juga baik untuk kesehatan. Rambut yang bersih dan sehat tentu saja hal yang baik. Oleh karena itu, rawatlah rambut kamu dengan baik.

Namun, ternyata merawat rambut bukanlah hal yang mudah. Beberapa orang ternyata kesulitan dalam merawat rambut. Pasalnya, merawat rambut memang harus dimulai dari hal-hal kecil dan dasar.

Akan tetapi, banyak orang yang justru melupakan hal-hal tersebut. Contohnya seperti pemilihan sisir rambut yang kurang tepat.

Lalu, bagaimana cara merawat rambut yang baik dan benar? Temukan jawabannya pada 15 cara merawat rambut di bawah ini. Jadikan rambut kamu sehat dan berkilau!

Cara Merawat Rambut

cara merawat rambut1. Pilih sampo yang tepat

Cara merawat rambut yang paling dasar adalah dengan memilih sampo yang tepat. Jika kamu memakai sanpo yang tepat, maka rambut kamu akan sehat dan kuat. Bahkan dapat bersinar.

Sama seperti kulit, rambut juga memiliki berbagai jenis. Seperti rambut yang normal, rambut berminyak, atau rambut yang kering. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan produk sampo yang tepat.

Pilihlah sampo yg sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambut kamu. Itu adalah salah satu cara merawat rambut yang paling dasar. Jangan sampai hanya menggunakan produk sampo yang mahal saja atau memiliki wangi yang enak.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa produk sampo yang kamu gunakan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Zat atau bahan yang berbahaya tentu akan berdampak pada rambut kamu. Contohnya seperti natrium/sodium lauryl sulfat atau ammonium lauryl sulfat.

Kamu juga harus mengetahui semana takaran sampo yang dibutuhkan untuk rambut kamu. Selain itu, perhatikan pula jadwal keramas. Setiap rambut tentu akan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam hal keramas.

2. Menggunakan kondisioner

Cara merawat rambut yang kedua adalah dengan menggunakan kondisioner. Menggunakan kondisioner adalah salah satu tahapan dalam menjaga rambut, supaya lebih sehat. Manfaat lain dari penggunaan kondisioner ini juga akan memberikan efek rambut yang lebih lembut.

Tidak hanya itu, sering menggunakan kondisioner akan membuat rambut kamu tampak bersih. Pasalnya, penggunaan sampo saja tidak cukup. Oleh karena itu, cobalah untuk rutin menggunakan kondisioner. Kamu bisa menggunakannya setelah keramas.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menggunakan kondisioner dalam cara merawat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jika kamu sudah selesai mencuci rambut dengan sampo, tuangkanlah kondiisioner secukupnya. Lakukan sesuai dengan rekomendasi yang ada di dalam kemasannya.
  • Olehkan kondisioner secara merata pada bagian ujung rambut. Jika kamu memiliki rambut yang panjang, maka kamu bisa mengaplikasikannya mulai dari bagian tengah sampai ujung rambut.
  • Hal yang perlu diingat adalah, jangan mengaplikasikan kondisioner pada kulit kepala kamu.
  • Bila perlu, gunakanlah sisir pada ujung rambut. Gunanya adalah supaya kondisioner dapat merata.
  • Tunggulah sekitar 1 sampai 3 menit. Kemudian kamu bisa membilasnya
  • Keringkan rambut.

Cara merawat rambut yang satu ini juga sama seperti sampo. Setiap rambut tentu memiliki kebutuhannya masing-masing.

3. Jangan melakukan perawatan berlebihan

Ketika rambut dalam keadaan basah, maka rambut akan cenderung mudah rapuh. Oleh karena itu, keringkanlah rambut dengan handuk secara lembut. Langkah ini adalah salah satu cara merawat rambut yang tepat.

Rambut yang sedang dalam keadaan basah juga sebaiknya tidak disisir secara berlebihan. Hal-hal yang berlebihan pada rambut tentu tidak baik. Bukannya mendapatkan rambut yang sehat, justru akan membuat rambut menjadi rusak.

Hal ini juga berlaku dalam menggunakan produk perawatan rambut. Contohnya seperti sampo atau kondisioner. Gunakanlah prinsip “less is more”, atau menggunakan secara tidak berlebihan atau secukupnya.

4. Membatasi penggunaan catokan dan pengering rambut

Cara merawat rambut selanjutnya adalah dengan membatasi penggunaan catokan dan alat untuk mengeringkan rambut. Bagi sebagian orang, memang akan terasa sulit jika tidak menggunakan catokan atau alat pengering rambut.

Akan tetapi, hal ini akan berdampak tidak baik untuk jangka panjang. Penggunaan alat-alat rambut seperti catokan dan pengering rambut sebenarnya akan membuat rambut kamu semakin lama semakin lemah.

Terutama untuk kamu yang memiliki rambut halus, rapuh dan kering. Jika ingin menggunakan pengering rambut, para ahli menyarankan supaya alat pengering tersebut berjarak kurang lebih sekitar 15 cm dari permukaan rambut.

Ketika menggunakan pengering rambut, gerakanlah selalu pengering tersebut. Buatlah gerakan dari satu tempat ke tempat lainnya. Jangan sampai kamu terkonsentrasi dengan satu area saja.

5. Melakukan pijatan di area kepala

Sebuah studi menemukan bahwa memijat-mijat kulit kepala dapat meningkatkan ketebalan rambut. Hal itu juga akan membuat rambut menjadi lebih kuat seiring berjalannya waktu. Cara merawat rambut ini rupanya sering terlewat oleh banyak orang.

Oleh karena itu, lakukanlah pijatan lembut pada kulit kepala. Kamu bisa melakukan gerakan melingkar dalam beberapa menit.

Pijatan tersebut juga dapat dilakukan kapan saja. Seperti ketika rambut sedang kering. Ketika sedang menggunakan sampo atau saat rambut basah.

6. Memotong rambut secara rutin

Memotong rambut adalah salah satu cara merawat rambut yang jarang disadari. Ada waktu yang disarankan untuk memotong rambut. Yakni setiap 10 minggu sampai 12 minggu sekali.

Memotong rambut secara berkala adalah hal yang baik. Rambut dapat terawat dan terlihat sehat. Selain itu, dapat mencegah rambut menjadi bercabang.

7. Memilih suhu air yang tepat

Cara merawat rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan air yang tepat. Hindarilah air yang terlalu dingin, atau air yang terlalu panas. Kamu bisa membasahi rambut kamu dengan menggunakan air yang hangat ketika keramas.

Perlu diingat bahwa air hangat dan air panas adalah hal yang berbeda. Kamu perlu memperhatikan air yang kamu gunakan. Jika salah menggunakan air, itu akan membuat rambut menjadi rusak.

Cara merawat rambut

cara merawat rambut 18. Menggunakan masker rambut

Cara merawat rambut selanjutnya adalah dengan rutin menggunakan masker rambut. Penggunaan masker rambut yang rutin akan memperkaya nutrisi. Selain itu, kelembaban kulit kepala juga akan terjaga.

Masker rambut memiliki jenis yang beragam. Bahkan, kamu juga bisa membuat masker rambut ini sendiri. Gunakanlah bahan-bahan untuk membuat masker rambut.

Contohnya seperti bahan yang mudah didapatkan. Di antaranya adalah madu, lidah buaya sampai pisang. Akan tetapi, kamu juga harus memperhatikan jenis rambut kamu terlebih dahulu. Jenis rambut yang berminyak tentu akan membutuhkan masker rambut yang berbeda dari jenis rambut yang kering.

Oleh karena itu, kamu harus memahami apa saja kandungan yang baik untuk jenis rambut kamu. Ini adalah tahapan sebelum membuat masker rambut.

Lidah buaya dan kuning telur adalah bahan yang dipercaya memiliki banyak manfaat dalam membuat masker rambut dalam cara merawat rambut. Untuk membuat masker tersebut, sediakanlah bahan-bahan yang dibutuhkan.

Campurkanlah sebanyak 3 kuning telur dan 3 sendok teh minyak kelapa yang hangat. Setelah itu aduklah secara merata.

Setelah itu kamu bisa mengoleskannya ke kulit kepala. Diamkanlah selama beberapa menit. Kemudian bilas kulit kepala dengan air yang sejuk.

Perawatan rambut secara alami ini juga berlaku untuk gel daun lidah buaya. Pastikan untuk mencari produk yang menggunakan gel lidah buaya secara murni.

Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan (Fc)
Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan (Fc)

tombol beli buku

Buku ini menyajikan segala hal tentang madu secara lengkap, mulai dari pengenalan madu, khasiat madu, tip memilih dan menyimpan madu, sampai aneka resep ramuan untuk menyembuhkan penyakit maupun merawat kecantikan kulit dengan madu. Buku ini dilengkapi juga dengan sejumlah nama dan alamat peternak lebah di Indonesia, jika Anda masih penasaran dengan madu asli, Anda dapat langsung berkunjung ke peternakan lebah ini guna mendapatkan madu yang benar-benar 100% asli.

9. Pilih bahan yang tepat untuk mengeringkan rambut

Seorang pakar rambut mengungkapkan, bahwa menggosok rambut dengan handuk dapat merusak bagian kepala. Sebagai gantinya, cobalah untuk menggunakan handuk microfiber.

Akan tetapi, kamu juga dapat menggunakan kaos yang berbahan dasar katun. Kaos katun adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengeringkan rambut dengan baik. Rambut akan tetap sehat jika menggunakan bahan katun.

10. Memperhatikan nutrisi rambut

Ini adalah cara merawat rambut yang juga sering dilupakan oleh orang banyak. Dalam merawat rambut, usaha yang seharusnya dilakukan tidak hanya dari luar saja. Namun, harus dilakukan dari dalam juga.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan nutrisi pada rambut. Aturlah nutrisi berdasarkan apa yang dikonsumsi. Terdapat beberapa zat gizi yang harus dipenuhi asupannya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Asupan protein. Bisa didapatkan melalui ikan, telur, daging dan kacang-kacangan.
  • Asupan vitamin A. Bisa didapatkan melalui labu, wortel, bayar, yogurt, telur dan susu.
  • Asupan vitamin B. Bisa didapatkan melalui hati, kuning telur, alpukat, salmon, biji-bijian, kacang-kacangan dan produk susu.
  • Asupan vitamin C. Bisa didapatkan melalui beberapa buah, seperti stroberi, jeruk dan paprika.
  • Asupan vitamin D. Bisa didapatkan dari kuning telur dan ikan yang berlemak.
  • Asupan vitamin D. Bisa didapatkan dari bayam, kacang almond, alpukat dan biji bunga matahari.
  • Asupan Zat Besi: bisa didapat melalui berbagai macam makanan. Seperti kerang, kuning telur, tiram, bayam dan daging merah.
  • Asupan Zinc. Bisa didapatkan melalui daging sapi tiram dan biji labu.
  • Asupan Omega 3. Bisa didapatkan dari yogurt sereal, sarden dan ikan salmon.

11. Memperhatikan cara menyisir rambut

Menyisir rambut dengan benar adalah salah satu cara merawat rambut. Saat menyisir rambut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti arah menyisir, kondisi rambut dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut harus diperhatikan, supaya kesehatan rambut tetap terjaga. Rambut yang disisir dengan benar akan terlihat lebih rapi dan sehat. Berikut ini adalah tips dalam menyisir rambut dengan baik, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Hindarilah langsung menyisir rambut setelah selesai keramas, terlebih ketika rambut masih dalam keadaan basah.
  • Pakailah sisir bergigi jarang. Tujuannya supaya dapat mengurai rambut yang kusut ketika selesai berkeramas.
  • Sisirlah rambut sebelum keramas
  • Kamu juga bisa menyisir rambut ketika sedang keramas.

12. Memilih sisir rambut yang tepat

Cara merawat rambut kali ini masih berkaitan dengan sisir rambut. Usahakanlah untuk memikih sisir rambut yang tepat. Maksud dari kata tepat disini adalah, pilihlah sesuai yang rambut kamu butuhkan.

Contohnya jika kamu memiliki rambut yang lurus, maka gunakanlah sisir rambut dengan bergigi sempit. Contoh lain, jika kamu memiliki rambut yang bergelombang, maka pakailah sisir yang memiliki gigi lebar.

Sedangkan jika rambut kamu tebal dan panjang, maka gunakanlah jenis sisir rambut paddle brush. Tujuannya adalah untuk mencegah rambut menjadi kusut.

Jika kamu memiliki jenis rambut yang tipis, maka kamu juga bisa memilih jenis sisir rambut paddle brush atau jenis vented brush. Sedangkan bagi kamu yang memiliki jenis rambut ikal, kamu bisa memilih jenis sisir rambut yang bergigi jarang atau detangler brush.

13. Jangan terlalu sering terpapar sinar matahari

Menghindarkan rambut terpapar sinar matahari juga menjadi salah satu cara merawat rambut yang baik. Sinar matahari dan polusi adalah sesuatu yang dapat merusak rambut. Rambut yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari akan menjadi kering.

Selain itu, rambut menjadi bercabang dan pecah-pecah. Oleh karena itu, ketika berada di luar ruangan gunakanlah selalu pelindung rambut. Seperti menggunakan topi.

Kamu juga bisa mengikat rambut. Tujuannya adalah supaya rambut tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu, kamu jugq bisa mengaplikasikan sunscreen khusus untuk rambut.

Ada sebuah studi yang dimuat di dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

Jurnal tersebut mengungkapkan mengenai penggunaan tabir surya khusus rambut. Menurut jurnal tersebut, penggunaan tabir surya khusus rambut bisa melindungi setiap helai rambut dari paparan sinar matahari. Hal itu tentunya akan membuat rambut menjadi lebih terlindungi.

14. Jangan terlalu kuat mengikat rambut

Salah satu cara merawat rambut supaya tetap kuat adalah dengan memperhatikan ikatan rambut. Mengikat rambut dapat mempengaruhi tingkat kerontokan rambut. Apalagi jika rambut diikat terlalu kuat.

Mengikat rambut yang terlalu kuat akan membuat rambut menjadi rusak. Akan ada beberapa masalah yang dihadapi oleh rambut. Seperti rambut yang mudah patah dan rontok.

Selain itu, rambut juga menjadi terlihat kusam. Sebab peredaran nutrisi ke setiap helai rambut menjadi terhambat.

Jepit Rambut si kecil
Jepit Rambut si kecil

tombol beli buku

15. Gunakan minyak rambut

Cara merawat rambut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak rambut. Gunakanlah minyak rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut kamu. Ada beberapa jenis minyak rambut yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Minyak zaitun untuk jenis rambut yang kering
  • Minyak kemiri untuk jenis rambut yang rontok
  • Minyak urang-aring untuk membantu mengembalikan warna rambut
  • Minyak argan, berfungsi untuk menjaga kekuatan dan kesehatan rambut.

Itulah 15 cara merawat rambut yang sederhana. Meskipun langkah-langkahnya sederhana dan mudah, tetapi cara-cara di atas sangat efektif dalam merawat rambut. Grameds, perlu diingat bahwa rambut adalah bagian tubuh yang harus dijaga dan dirawat.

Merawat rambut memang tidak mudah. Akan tetapi, jika kamu melakukannya secara konsisten maka kamu akan mendapatkan rambut yang sesuai keinginanmu. Gaya rambut yang kekinian memang bagus, tetapi utamakanlah kesehatan rambut.

Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Most Popular Hair Style
Most Popular Hair Style

tombol beli buku

Buku ini menampilkan beberapa style rambut yang populer. Temuka style rambut yang cocok untuk kamu di dalam buku ini!

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih