in

11 Cara Agar Perut Tidak Buncit, Kamu Harus Tahu!

Cara agar perut tidak buncit – Memiliki penampilan yang sempurna pastilah menjadi impian bagi semua orang. Terlebih jika kamu memiliki bentuk tubuh yang sempurna dan ideal. Tentu hal ini akan menambah kepercayaan dirimu untuk tampil di depan umum.

Pasalnya, terkadang memiliki perut yang sedikit buncit dapat mengganggu kenyamanan kita dalam beraktivitas. Terutama kenyamanan dalam menggunakan dan memilih pakaian. Selain itu, perut buncit merupakan hal yang bukan  diimpikan oleh sebagian orang. Lantas, adakah cara agar perut tidak buncit?

Banyak orang yang menginginkan untuk mendapatkan perut yang rata bahkan memiliki perut berbuku-buku atau sixpack. Namun sayangnya, tidak semua cara mengecilkan perut itu mudah untuk dilakukan, apalagi tanpa disertai dengan niat dan konsistensi dalam menjalaninya. Di sisi lain, kebanyakan dari mereka juga menginginkan perut sixpack ini tanpa olahraga yang teratur atau diet yang sehat.

Salah satu penyebab perut menjadi buncit adalah karena adanya penumpukan lemak di bagian tubuh terutama pada bagian perut. Hal ini disebut juga dengan istilah lemak visceral. Pada dasarnya, kondisi ini dapat dialami dan terjadi pada siapa saja, termasuk oleh orang yang memiliki badan kurus sekalipun.

Pasalnya, terdapat banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari munculnya perut buncit ini. Penyebabnya mulai dari genetik hingga tidak sehatnya gaya hidup yang dilakukan oleh seseorang.

Selain itu, pola makan dengan kebutuhan gizi yang seimbang dalam makanannya saja ternyata tidak cukup untuk mencegah kemunculan perut buncit ini. Kita juga perlu untuk mengimbanginya dengan melakukan olahraga yang rutin guna membakar lemak yang menumpuk pada perut.

Lalu, adakah hal yang bisa dilakukan sebagai cara agar perut tidak buncit? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak penjelasan 11 cara agar perut tidak buncit di bawah ini. Check this out!

Cara Agar Perut Tidak Buncit 

1. Mengonsumsi Makanan yang Tinggi Serat

Sumber: Pexels.com/Jane Doan

Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai cara agar perut tidak buncit lagi adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat. Mengapa harus makanan yang berserat tinggi? Hal ini karena biasanya perut buncit itu timbul bukan hanya disebabkan karena bertambahnya berat badan, tetapi bisa juga dikarenakan oleh kurangnya asupan serat dalam tubuh.

Serat dalam makanan memiliki kemampuan untuk mengikat lemak jenuh yang sulit untuk diolah oleh tubuh menjadi sumber energi. Jadi, lemak tersebut tidak akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan perut buncit.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat akan mampu membantu mengikat lemak jenuh yang kemudian dibuang dari tubuh dalam bentuk feses saat buang air besar.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Selain itu, makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi juga mampu meningkatkan rasa kenyang dalam perut dan bisa mencegah kita untuk makan dalam porsi yang berlebihan. Sebab, kandungan serat ini akan larut dan berubah menjadi gel saat bersentuhan dengan air di dalam tubuh. Gel inilah yang kemudian mampu meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dalam perut dan memperlambat pengosongan makanan di perut.

Dengan sistem pencernaan yang seperti itu, tentu dapat membantu kita untuk kenyang lebih lama. Hasil akhirnya, kita pun bisa mengurangi asupan kalori dalam tubuh yang berlebih.

2. Mengurangi Asupan Sodium dalam Tubuh

Mengonsumsi makanan yang gurih dan asin memang memberikan kenikmatan yang berbeda bagi para penikmatnya. Namun ternyata, jenis makanan yang mengandung garam atau sodium tinggi ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh manusia.

Mengapa makanan yang mengandung sodium tinggi berdampak buruk bagi kesehatan? Pasalnya, garam yang terkandung dalam makanan yang gurih dan asin ini mampu menahan atau mengikat air dalam tubuh. Alhasil, tubuh pun akan terlihat lebih gemuk karena banyaknya kadar air yang terkandung dalam tubuh.

Pada tahap yang selanjutnya, hal tersebut pun dapat mempengaruhi bentuk dari perut. Hal inilah yang kemudian membuat perut terlihat buncit. Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi tersebut, kita perlu untuk membatasi asupan sodium atau garam.

3. Menghindari Minuman yang Mengandung Gula Tinggi

Minuman yang manis atau yang mengandung gula tinggi wajib kamu hindari jika kamu tidak ingin perutmu membuncit. Karena berdasarkan hasil studi ilmiah, terdapat hubungan antara asupan gula yang tinggi dengan peningkatan lemak dalam perut. Oleh karena itu, dampak yang seperti itulah yang harus kita sadari bersama.

Selain minuman yang mengandung gula tinggi, kita juga harus menghindari atau mengurangi semua bentuk gula cair dan minuman yang dimaniskan dengan gula. Bahkan, gula yang sehat seperti madu asli pun harus dikurangi penggunaannya jika kamu ingin mengecilkan perut buncit atau menurunkan berat badanmu.

Untuk minuman manis yang harus dihindari karena mengandung gula tinggi adalah teh manis, soda punch, dan pencampur alkohol yang mengandung gula atau fruktosa tinggi.

4. Menghindari Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Sumber: Pexels.com/Muhammed Emin TOPALOGLU

Salah satu faktor yang menjadi penyebab naiknya berat badan seseorang dan disertai dengan timbulnya perut buncit adalah karena makanan yang berlemak dengan kandungan lemak jenuh yang juga tinggi. Makanan jenis inilah yang sebenarnya akan dengan mudah menambah ukuran perut kita menjadi lebih buncit dari biasanya.

Oleh karena itu, salah satu cara agar perut tidak buncit adalah dengan mengurangi dan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh. Adapun jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi adalah makanan cepat saji, gorengan, minuman bersoda, es krim, mayones, makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, dan lain sebagainya.

Sebagai gantinya, kita bisa mengkonsumsi lemak sehat yang baik untuk tubuh. Sumber dari lemak sehat ini pun dapat ditemui dalam menu makanan kita sehari-hari, seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, buah alpukat, minyak wijen, dan juga selai kacang tanpa tambahan gula.

5. Membatasi Konsumsi Olahan Tinggi Karbohidrat

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita memang perlu untuk meningkatkan asupan protein dan serat dalam tubuh. Namun, di sisi lain kita juga harus mengetahui untuk membatasi konsumsi makanan olahan yang mengandung karbohidrat tinggi. Hal ini disebabkan karena adanya kaitan antara karbohidrat berlebih dengan peningkatan lemak perut.

Karbohidrat memang merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh, tetapi tidak semua karbohidrat itu baik untuk dikonsumsi terutama dalam jumlah yang banyak. Sebab, konsumsi karbohidrat olahan sederhana seperti gula yang berlebih dapat meningkatkan kadar lemak dan menyebabkan diabetes.

Sebagai penggantinya, kamu bisa mengganti karbohidrat olahan ini dengan sumber karbohidrat lain yang tentunya lebih sehat. Adapun sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh adalah sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Hal yang tak kalah penting dari pemilihan menu makanan ini adalah dengan konsumsi sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian yang dibutuhkan tubuh.

6. Melakukan Olahraga Secara Teratur

pixabay

Cara agar perut tidak buncit yang selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Sebab, olahraga mampu membantu tubuh dalam membakar timbunan lemak yang tak lagi dibutuhkan.

Selain membakar lemak, melakukan olahraga dengan rutin dan teratur juga dapat membantu menjaga penampilan dan bentuk tubuh agar tetap terlihat ideal dan tidak buncit. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga ini adalah selama 30 menit di pagi atau sore hari. Namun, jika tidak bisa melakukan setiap hari, maka kamu bisa melakukannya minimal tiga kali seminggu.

Untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan pun terbagi dalam berbagai macam. Contoh yang sederhana adalah dengan berjalan kaki, berenang, bersepeda, joging, dan juga senam atau aerobik.

Selain itu, kita juga bisa melakukan beberapa gerakan olahraga yang berfokus pada aktivitas perut untuk membakar lemak di perut secara lebih efektif lagi. Jenis gerakan tersebut, adalah plank, sit up, push up, dan lain sebagainya.

7. Tidak Mengonsumsi Alkohol Secara Berlebih

Sumber; Pexels.com/Pixabay

Berdasarkan studi ilmiah, konsumsi alkohol secara berlebih dapat menyebabkan peningkatan akan risiko obesitas sentral yang cukup tinggi dan signifikan. Hal ini terjadi karena adanya penyimpanan dan penumpukan lemak yang berlebih pada sekitar area pinggang manusia.

Hasil penelitian itu pun menunjukkan jika seseorang mengkonsumsi rata-rata alkohol kurang dari satu gelas setiap hari, maka lemak yang berada di sekitar perutnya pun akan lebih sedikit daripada orang yang mengonsumsi lebih banyak alkohol setiap harinya.

Oleh karena itu, salah satu cara agar perut tidak buncit adalah dengan membatasi atau mengurangi konsumsi minuman beralkohol secara berlebih. Jika kamu tidak bisa menghentikan kebiasaan mengkonsumsi alkohol, maka kamu bisa mulai untuk membatasi jumlahnya saja.

8. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Apabila kamu bangun tidur dan merasa ukuran perut kamu tampak lebih besar dari hari atau malam sebelumnya, maka ada kemungkinan jika kamu telah terlalu banyak makan pada malam harinya. Tapi, kamu tidak perlu terlalu khawatir jika hal ini terjadi kepada kamu. Sebab, ada cara agar perut tidak buncit lagi, yakni dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu.

Pada kenyataannya, air mineral dapat membantu kita untuk mengkonsumsi makanan jauh lebih sedikit sehingga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini semakin baik dilakukan jika kita meminum air sebelum makan.

Dalam sebuah studi, disebutkan pada orang dewasa yang minum air mineral sebanyak setengah liter air pada sekitar 30 menit sebelum makan, mampu membantu mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori. Penelitian tersebut juga menjelaskan jika pada peserta yang memilih meminum air sebelum makan, dapat menurunkan berat badan sekitar 44 persen lebih banyak selama periode 12 minggu dibanding dengan mereka yang tidak minum air mineral sebelum makan ini.

Sebenarnya, konsumsi cairan itu bukan hanya soal minum air putih atau air mineral saja. Pasalnya, sumber dari cairan yang dibutuhkan oleh tubuh juga bisa didapatkan dari makanan yang memiliki kandungan air di dalamnya, seperti jus buah, sup, dan smoothies.

Mengkonsumsi buah-buahan atau smoothies pada waktu sarapan bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Karena bukan hanya bisa menghilangkan perut buncit atau bergelambir, buah-buahan dan smoothies yang kaya serat ini juga bisa membantu untuk melancarkan pencernaan agar tidak mengalami sembelit.

9. Hindari Stres

Dalam hal kesehatan emosional, kita kerap kali mengabaikan stres dan perasaan tertekan yang kita miliki. Padahal sebenarnya, kesehatan emosional, mental, dan pola pengelolaan stres juga memiliki pengaruh atau efek yang kuat terhadap peningkatan nafsu makan dan berat badan seseorang, lho.

Menurut sebuah studi, saat seseorang mengalami stres, maka tubuhnya akan memproduksi banyak hormon bernama kortisol dalam darah. Dan saat hal ini terjadi, kita akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan nafsu makan atau mengatur aktivitas sehari-hari kita dengan baik. Pasalnya, hormon kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mendorong tubuh untuk menyimpan lemak dalam perut.

Kadar hormon kortisol yang tinggi ini akan meningkatkan perasaan lapar dan keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat. Hal ini pada akhirnya akan mengarah pada asupan kalori yang lebih tinggi dari yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih, stres yang kronis dapat meningkatkan risiko timbulnya beberapa penyakit, salah satunya adalah obesitas dan diabetes tipe dua.

Selain itu, orang yang mengalami stres juga cenderung akan melakukan emotional eating. Emotional eating ini adalah kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan dengan cara yang berlebihan yang biasanya dipicu oleh suatu keadaan, ingatan, atau perasaan dari orang tersebut.

Kebiasaan emotional eating ini akan mengakibatkan terjadinya kenaikan berat badan yang cepat jika tidak disertai dengan olahraga yang teratur. Di sisi lain, stres juga dapat menyebabkan timbulnya masalah gangguan tidur, seperti insomnia yang juga dapat berperan dalam peningkatan risiko perut buncit.

Oleh karena itu, untuk membantu mengurangi lemak di perut dan perut buncit, kamu perlu melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan stres yang sedang dialami. Berlatih yoga dan meditasi juga bisa menjadi alternatif kegiatan lain untuk menghilangkan stres ini.

10. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup dan Teratur

Sumber: Pexels.com/Ketut Subiyanto

Sebagian orang sering kali mengabaikan fakta jika kita sebenarnya memerlukan waktu tidur yang cukup untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh kita. Pasalnya, waktu istirahat yang cukup ini ternyata memiliki pengaruh yang kuat untuk menahan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Kekurangan waktu istirahat atau tidur ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan kinerja pada hormon ghrelin dan leptin. Kedua hormon inilah yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan pada tubuh. Maka saat kita kurang tidur, kita cenderung akan merasa lebih lapar terutama saat malam hari di waktu yang harusnya tubuh beristirahat.

Oleh sebab itu, kita harus memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya agar tubuh dapat selalu sehat dan dapat mencerna kalori serta nutrisi yang masuk ke tubuh dengan baik. Adapun, waktu atau durasi yang disarankan untuk tidur adalah selama 7-8 jam per hari. Selain itu, pastikan juga untuk kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Penelitian mencatat jika peningkatan durasi dan kualitas tidur bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga berlaku untuk membantu membakar lemak viseral atau penumpukan lemak di perut. Sehingga, kita perlu untuk mengatur aktivitas harian untuk menghindari begadang sebagai cara agar perut tidak buncit.

11. Menjalani Gaya Hidup yang Sehat

Cara agar perut tidak buncit yang terakhir adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Walau perut buncit bukanlah suatu kondisi yang berbahaya, tapi perut buncit dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah kesehatan yang lain.

Oleh karena itu, kita harus mulai mencoba dan konsisten menjalani gaya hidup serta pola makan yang sehat. Selain itu, kita juga harus rutin untuk berolahraga dan menjaga kesehatan emosional kita.

Kesimpulan

Memiliki penampilan yang ideal tentu menjadi impian bagi semua orang. Tapi masalahnya, sebagian orang masih memiliki masalah dengan bentuk tubuh terutama perut yang membuncit. Hal ini tentu dapat mengganggu penampilan karena bisa berpengaruh kepada kepercayaan diri seseorang.

Lantas, adakah cara agar perut tidak buncit? Tentu saja ada. Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi perut buncit ini, diantaranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi, mengurangi asupan sodium, melakukan olahraga, memiliki waktu tidur yang cukup, dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Nah, itu dia rangkuman informasi mengenai cara agar perut tidak buncit untuk #SahabatTanpaBatas. Semoga bermanfaat, ya!

Jika kamu ingin mencari buku tentang kesehatan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Nama Penulis: Raden Putri



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda