in

 10 Manfaat Lari Pagi yang Jarang Diketahui

Manfaat lari pagi bukan hanya sekadar untuk membakar kalori. Lari pagi adalah salah satu olahraga yang sering dilakukan oleh seseorang. Akan tetapi, banyak yang belum mengetahui manfaat lari pagi untuk tubuh. Lari pagi dapat dilakukan mulai dari pukul 6 sampai pukul 8. Ketika lari pagi, hal yang harus dipertahankan tempo gerakannya. Kamu haru mengatur tempo supaya tidak terjadi ketegangan saat lari pagi. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari lari pagi? Artikel ini akan membahas 10 manfaat lari pagi.

Manfaat Lari Pagi

1. Lari pagi bisa membuat suasana hati membaik

Suasana hati seseorang tergantung pada saat bangun tidur. Ketika bangun tidur ada hal yang membuat senang, maka sepanjang hari juga akan terasa senang. Sebaliknya, jika ketika bangun tidur ada hal yang membuat tidak suasana hati tidak baik maka sepanjang hari juga akan terasa tidak baik. Akan tetapi, ada hal-hal lain yang dapat mengubah suasana hati kamu. Suasana hati yang tidak baik dapat diubah supaya menjadi lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Kamu bisa lari pagi untuk mendapatkan suasana hati yang baik. Ada sebuah studi yang membahas masalah ini. studi tersebut dipublikasikan di dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise. Menurut studi tersebut, olahraga seperti lari pagi akan membantu meningkatkan suasana hati. Ini adalah salah satu manfaat lari pagi yang jarang diketahui orang. Rutin lari pagi akan membuat seseorang merasa jauh lebih baik, terlebih ketika sedang merasa depresi. Studi lanjutannya juga mengungkapkan suatu hal. Studi tersebut mengemukakan bahwa manfaat lari pagi juga dapat mengatasi depresi. Tidak hanya itu, seseorang juga dapat terbantu dalam proses menghilangkan gelisah. Hal itu karena olahraga lari pagi tersebut. Melalui itu, saat tiba waktunya tidur seseorang tidak akan gelisah. Seseorang yang rutin lari pagi akan lebih nyenyak ketika tidur, kemudian merasa lebih baik pada hari berikutnya.

2. Lari pagi dapat meremajakan kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian dalam. Olahraga juga akan memberi manfaat pada tubuh bagian luar. Salah satunya adalah pada bagian kulit. Rutin berolahraga di pagi hari seperti lari pagi akan membantu melancarkan sirkulasi darah. Ini membuat darah akan bergerak dengan baik ke seluruh tubuh. Lebih jelas, setiap bagian titik-titik terkecil di dalam tubuh akan mendapatkan aliran darah yang baik. Salah satunya adalah pada bagian kulit. Darah tersebut akan membawa sebuah oksigen. Oksigen yang dibawa akan menuju bagian-bagian terkecil tersebut. Ini akan membuat kulit terhindar dari penuaan dini. Maka manfaat lari pagi dapat membantu meremajakan kulit. Rutin lari di pagi hari juga akan membantu mengatasi masalah jerawat. Hal itu karena keringat yang keluar dari tubuh, terutama dari wajah. Keringat-keringat tersebut akan membantu mengeluarkan racun di dalam wajah. Ini akan membantu wajah dalam mengatasi jerawat. Ketika lari pada pagi hari, maka tubuh akan terkena matahari pagi. Matahari pagi adalah hal yang baik untuk tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan.

3. Membuat tubuh terhindar dari penyakit kanker

Manfaat lari pagi selanjutnya adalah dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit kanker. Lari pagi yang dilakukan secara rutin akan mencegah tubuh terkena penyakit kanker. Lari pagi adalah salah satu jenis olahraga kardio. Olahraga kardio memiliki manfaat untuk jantung. Orang yang rutin berolahraga kardio akan memiliki jantung yang lebih baik. Semakin rutin berolahraga, maka kesehatan jantung juga semakin baik. Melalui olahraga secara rutin, jantung dapat memompa darah menjadi lebih baik. Ini akan berakibat pada oksigen yang dihasilkan. Melalui hal itu, oksigen akan mengalir ke seluruh bagian tubuh. Kemudian, semua sel-sel di dalam tubuh juga dapat melakukan tugas-tugasnya dengan baik. Akibatnya, tubuh dapat terhindar dari beberapa jenis penyakit mematikan. Contohnya seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit mematikan lainnya. Ada sebuah studi yang mengemukakan hal ini. Studi tersebut diterbitkan di dalam Journal of Nutrition. Isi dari studi itu menuliskan mengenai manfaat lari pagi. Menurut studi tersebut, lari pagi akan menjauhkan seseorang dari penyakit kanker. Selain itu, ketika seseorang menderita penyakit jantung dapat membantu menyehatkannya dengan lari pagi secara rutin. akan tetapi, hal ini tetap harus dibarengi dengan izin dari dokter.

Kamus Olahraga
Kamus Olahraga

tombol beli buku Menggerakkan tubuh hingga berkeringat dapat memberi efek positif bagi tubuh sehingga terhindar dari datangnya berbagai penyakit. Olahraga ringan yang dapat dilakukan setiap hari adalah jogging, push up, atau senam. Kamus ini akan memberi penjelasan pada kalian beberapa jenis olahraga dan istilah-istilah yang terkandung di dalamnya. BACA JUGA: 10 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Untuk Kesehatan

4. Menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut

Manfaat lari pagi ternyata dapat mengecilkan perut. Dapat dikatakan bahwa ini adalah salah satu bonus dari penurunan berat badan. Manfaat lari pagi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Lari pagi adalah salah satu jenis olahraga kardio. Lari pagi ini memiliki manfaat dalam proses pembakaran kalori. Kalori yang dibakar akibat lari pagi juga terbilang tidak sedikit. Proses pembakaran kalori juga tidak hanya terjadi ketika sedang lari pagi. Prosesnya terus berlanjut bahkan setelah selesai melakukan lari pagi. Secara sederhana, tubuh akan bekerja secara mandiri. Tubuh akan menjaga berat badan dengan sendirinya. Hal itu yang membuat berat badan tidak naik secara drastis. Inilah manfaat lari pagi yang dilakukan secara rutin. Untuk mendukung penurunan berat badan, kamu juga bisa melakukan olahraga lain. Jadi, melakukan lari pagi dan olahraga tambahan. Contohnya seperti olahraga yang membuat otot menjadi lebih kuat.

5. Membantu hidup lebih lama

Manfaat lari pagi juga dapat menambah umur hidup kamu, lho Grameds. Melakukan olahraga lari dapat membantu menambah usia kamu. Total kurang lebih 150 hari selama lima kali melakukan lari pagi dapat menambah usia. Melalui rutin lari pagi, usia kamu menjadi lebih panjang. Ada sebuah studi yang menyebutkan hal ini. Menurut studi tersebut, berlari dapat menambah usia sekitar 4,1 tahun lebih panjang. Bukan tanpa alasan, lari pagi adalah olahraga yang menyehatkan. Melalui lari pagi, tubuh akan terasa lebih kuat dan segar. Tubuh yang kuat dan sehat akan membuat hati merasa bahagia. Dalam menjalani kehidupan, antara jasmani dan rohani harus sama baiknya. Ketika kamu memiliki fisik dan psikis yang baik, maka kamu dapat lebih menikmati hidup dan bahagia. Orang yang bahagia cenderung hidup lebih lama. Sama seperti memasuki usia lanjut. Rutin berolahraga seperti lari pagi akan sangat berguna untuk kesehatan. Ketika tubuh masih aktif bergerak, lakukanlah olahraga secara rutin. Olahraga secara rutin dapat menjauhkan kamu dari mental terpuruk di masa senja nanti. Selain itu, manfaat lari pagi juga akan membantu sel-sel di dalam otak tetap baik dan sehat. Ini akan membuat ingatan menjadi lebih baik saat hari tua nanti. Meskipun begitu, umur memang sudah menjadi rahasia Tuhan. Sebagai manusia, kita juga harus memiliki usaha. Usaha menjaga kesehatan tubuh salah satunya yang harus dilakukan.

6. Lari pagi membuat lutut lebih kuat

Lari pagi pagi tidak akan membuat lutut menjadi lemah. Justru sebaliknya, lari pagi akan membuat lutut menjadi lebih kuat. Manfaat lari pagi ini bisa kamu dapatkan jika rutin melakukan lari pagi. Salah satu masalah kesehatan yang sering menjadi keluhan adalah pada tulang dan sendi. Semakin bertambah usia, bagian tulang dan sendi akan mengalami beberapa masalah. Seperti tulang yang keropos sampai sendir yang sudah kaku atau tidak lentur lagi. Lari pagi adalah olahraga yang memfokuskan pada bagian lutut. Untuk mencegah bagian tulang tetap sehat, kamu harus rutin berolahraga. Salah satu olahraga yang bisa kamu tekuni adalah lari pagi. Salah satu faktor tulang keropos adalah tidak berolahraga. Persepsi bahwa olahraga membuat tulang menjadi keropos adalah hal yang salah. Hal-hal yang salah seperti itu tentu harus dibenarkan dan diluruskan. Selagi muda, mulailah lari pagi secara teratur. Manfaat lari pagi ini juga akan kamu rasakan saat tua nanti. Lari pagi akan mencegah massa tulang berkurang. Lari pagi adalah olahraga yang sebagian besar gerakannya menggunakan kaki. Oleh karena itu, lari pagi akan membuat sendi-sendi menjadi lebih kuat. Salah satunya adalah sendi yang ada di area lutut.

50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga
50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga

tombol beli buku Buku Tips Menangkal Penyakit dengan Olahraga ini membahas keterkaitan berbagai jenis olahraga untuk menangkal penyakit-penyakit tertentu. Misalnya olahraga kaitannya dengan penderita tekanan darah tinggi; penyakit jantung; penyakit kencing manis; gangguan tulang dan otot; gangguan kehamilan; sakit maag; stres dan sebagainya.  Dalam buku ini dibahas pula olahraga dalam kondisi tertentu, misalnya sewaktu sedang hujan, menderita haid, setelah sembuh dari sakit jantung, dan sebagainya. Terdapat pula beberapa ilustrasi contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari maupun yang muncul dalam praktik dokter terkait dengan olahraga kesehatan.

7. Mengurangi risiko kematian

Manfaat lari pagi kali ini terdengar sulit untuk diterima. Mengingat bahwa kematian dapat datang kapan saja. Akan tetapi, risiko kematian akibat masalah kesehatan tentu dapat diatasi bukan? Lari pagi memang terdengar sepele. Akan tetapi, manfaat lari pagi ternyata sangat besar. Bahkan sampai dapat mengurangi risiko terjadinya kematian. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014. Penelitian tersebut membahas mengenai lari pagi dan kematian. Menurut penelitian tersebut, lari pagi dapat mencegah tubuh dari terkena penyakit kardiovaskular. Caranya cukup melakukan lari pagi secara rutin. Cobalah untuk lari pagi dengan kecepatan 9,6 km setiap jamnya. Durasi yang bisa kamu lakukan sekitar 5 menit sampai 10 menit. Melalui hal ini, kamu bisa menghindari penyakit yang akan hinggap pada tubuh. Di dalam penelitian tersebut, lari yang dilakukan sekitar 5 menit sampai 10 menit dapat mengurangi penyakit kardiovaskuler. Pengurangannya mencapai 0,42 persen. Ketika kamu melakukannya lebih baik, maka akibat yang ditimbulkan juga lebih baik. Berlari dengan kecepatan 9,6 km dalam satu jam dapat mengurangi risiko penyakit hingga sekitar 0,8 persen.

8. Meningkatkan stamina di dalam tubuh

Sebagian orang yang merasa malas lari pagi karena berpikir akan lelah. Mereka berpikir bahwa setelah lari pagi maka akan kelelahan. Hal tersebut memang tidak salah. Akan tetapi, lelah setelah olahraga dapat terjadi karena beberapa hal. Contohnya kamu melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi. Hal itu akan membuat tubuh merasa lelah, apalagi ketika tubuh sedang dalam kondisi yang tidak baik. Manfaat lari pagi ini adalah untuk meningkatkan stamina di dalam tubuh. Lari pagi yang dilakukan secara rutin akan membuat membuat stamina tubuh kamu lebih baik. Hal itu membuat kamu menjadi lebih kuat ketika melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan manfaat lari pagi ini, kamu harus melakukan secara rutin. Lakukanlah lari pagi secara santai. Durasinya mulai dari 20 menit sampai 30 menit. Cukup dengan kecepatan normal atau menyesuaikan. Ketika kamu rutin lari pagi, maka tubuh akan terbiasa. Hal itu membuat olahraga lari pagi ini tidak akan lagi berat untuk dijalani. Jika kamu sudah merasakan hal ini, maka tandanya stamina kamu mulai meningkat.

The Architecture of Love | Di balik Pena

9. Mengatasi sulit tidur

Sulit tidur dapat terjadi karena beberapa hal. Contohnya seperti sedang cemas, stres, gelisah bahkan depresi. Jika dibiarkan, maka lama kelamaan akan menimbulkan masalah yang serius untuk kesehatan. Untuk mengatasi masalah ini, banyak hal yang dapat dilakukan. Seperti mengonsumsi obat-obatan. Cara tersebut terbilang cara yang tepat, tetapi car aini harus dilakukan dengan resep dokter. Di samping cara cepat tersebut, ada cara alami yang bisa kamu lakukan. Cara alami tersebut adalah dengan berolahraga. Olahraga secara rutin dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur. Olahraga tersebut dapat dilakukan dengan lari pagi. Manfaat lari pagi dapat membantu kamu ketika sulit untuk tidur. Ketika lari pagi, maka hormone di dalam tubuh akan keluar. Hormone tersebut adalah hormone endorphin. Hormon endorphin adalah hormon yang membuat seseorang akan merasa lebih senang dan tenang. Hal ini akan membuat seseorang tersebut mengatasi gangguan emosional yang sedang dirasakan. Selain itu, gabungan antara energi-energi yang dikeluarkan dan lari pada pagi hari akan meminta tubuh beristirahat. Tubuh akan menuntut untuk istirahat pada malam hari. Inilah manfaat yang bisa didapatkan dari rutin berolahraga. Selain tubuh menjadi lebih sehat, tidur juga akan lebih nyaman. Sulit tidur yang dirasakan juga akan teratasi.

10. Membantu meningkatkan konsentrasi dan kepercayaan diri

Grameds, seseorang yang tubuhnya terasa lemas bisa terjadi karena kurang melakukan olahraga. Hal ini tentu akan berdampak pada aktivitas yang sedang dijalankan. Tubuh yang terasa lemas akan membuat malas melakukan sesuatu. Hal ini akan menghambat aktivitas yang seharusnya dilakukan. Pekerjaan-pekerjaan yang harus segera diselesaikan menjadi lama untuk diselesaikan. Maka dari itu, olahraga teratur adalah hal yang sangat bermanfaat. Lakukanlah olahraga di pagi hari, contohnya seperti lari pagi. Manfaat lari pagi ini dapat mengatasi masalah lemas pada tubuh kamu. Ketika rutin berolahraga, kamu akan menjadi lebih sigap. Kemudian akan merasa bersemangat untuk menjalankan sebuah aktivitas. Ketika kamu merasa lebih bersemangat, maka tingkat kepercayaan diri kamu juga akan meningkat. Inilah manfaat lari pagi yang jarang diketahui oleh orang-orang.

Revolusi Olahraga Suatu Analisis-Sintesis Dr Sudut Sosiologi
Revolusi Olahraga Suatu Analisis-Sintesis Dr Sudut Sosiologi

tombol beli buku Buku ini menyajikan berbagai tonggak sejarah revolusi olahraga di Indonesia mulai dari PON I tahun 1948 di Solo, sampai penyelenggaraan Asian Games di Indonesia tahun 2018. Dari sisi lain, revolusi olahraga di Indonesia, tidak hanya dilihat dari penyelenggaraan berbagai event olahraga baik nasional maupun internasional, tetapi juga dilihat dari tonggak sejarah perkembangan institusi-institusi olahraga dan komitmen pemerintah dalam pengembangan iptek olahraga. Dengan pendekatan analisis-sintesis, buku ini juga menyajikan indikator-indikator terjadinya revolusi olahraga di Indonesia. Itulah 10 manfaat lari pagi yang jarang diketahui oleh orang. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu harus melakukannya secara rutin. Temukan hal-hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Wida Kurniasih Sumber: dari berbagai sumber



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.