in

Kenali Cara Menghilangkan Bau Ketiak dan Cara Mencegah Bau Ketiak

Cara menghilangkan bau ketiak – Bagi Grameds yang memiliki sifat ekstrovert serta penuh energi, tidak dapat dipungkiri kalau saat ini rasanya akan menjadi membosankan jika kalian terus-menerus melakukan aktivitas di rumah. Kalian pasti memerlukan suasana baru, membuat kalian sering keluar rumah untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Namun, bagi Grameds yang memiliki sikap introvert, suka ketenangan atau mungkin sedang tidak mempunyai uang, kalian bisa jadi memilih untuk beraktivitas di rumah saja. Lagipula, terdapat sejumlah pantangan yang harus kalian hadapi ketika akan pergi ke luar rumah.

Mulai dari harus mengeluarkan ongkos, berdesak-desakan di kendaraan umum, melihat padatnya lokasi umum sampai dengan harus rela berpanas-panasan jika berada di luar ruangan. Beberapa pantangan ini terkadang menimbulkan satu pantangan lain yang bisa jadi sering luput dari pikiran kita: menghadapi bau ketiak.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Harus diakui bahwa bau ketiak memang dapat merusak mood untuk mengerjakan dan melakukan sesuatu. Bau ketiak bisa menyebabkan kita kurang fokus dengan apa yang kita seharusnya lakukan. Jika ditarik secara garis besar, terdapat setidaknya 5 alasan di balik bau ketiak:

  1. Keringat dan kotoran
  2. Perubahan hormon
  3. Makanan yang kurang tepat
  4. Adanya gangguan kesehatan
  5. Obat-obatan

Mungkin ada di antara Grameds yang mempunyai kenalan dengan bau ketiak. Atau bisa jadi, Grameds merupakan sosok dengan bau ketiak ini. Hal ini bisa saja membuat Grameds bertanya-tanya kepada diri sendiri: “bagaimana cara menghilangkan bau ketiak?”

Ternyata, cara menghilangkan bau ketiak sebenarnya tidak sesulit yang kalian bayangkan. Langkah-langkah ini bisa Grameds lakukan dalam keseharian kalian dan dapat dikatakan cara-cara ini tidak akan mengorbankan apapun yang kalian miliki.

Di bawah ini, akan ada 6 cara yang bisa Grameds lakukan untuk menghilangkan bau ketiak. Semoga saja ada di antara cara-cara ini yang sesuai dengan kebutuhan kalian saat ini, sehingga kalian dapat dengan lebih mudah mempraktikkannya. Simak pembahasan di bawah ini.

1. Memakai Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah semacam bahan kimia yang banyak digunakan sebagai pemutih pakaian atau sebagai antiseptik. Untuk itu, bahan kimia hidrogen peroksida juga dapat digunakan untuk menghilangkan tidak hanya bau ketiak, melainkan juga bau badan secara keseluruhan.

Caranya, Grameds perlu mencampurkan 1 sendok teh hidrogen peroksida ke dalam 1 gelas air dan mengoleskannya ke ketiak. Pastikan kalian mengoleskan campuran zat ini menggunakan handuk. Dengan demikian, hidrogen peroksida bisa membunuh kuman yang menyebabkan bau ketiak.

2. Cuci Baju Secara Rutin

Tadi sudah dijelaskan kalau bau ketiak biasanya disebabkan oleh bakteri dan keringat dari tubuh. Dengan demikian, baju yang kotor dan penuh keringat bisa menjadi sumber bau ketiak jika baju tersebut dibiarkan begitu saja dan tidak dicuci secara rutin.

Untuk itu, alangkah baiknya jika Grameds mencuci baju kalian yang kotor secara rutin agar menghilangkan keringat serta membunuh bakteri penyebab bau ketiak. Terlebih jika kalian mengalami hari yang penuh keringat setelah beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga.

3. Kontrol Makanan

Tadi Grameds mengetahui bahwa terdapat sejumlah makanan yang bisa menyebabkan bau badan sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap ketiak. Makanan-makanan tersebut di antaranya adalah allium seperti bawang-bawangan, alkohol dan bumbu dapur dengan aroma kuat.

Jenis-jenis makanan yang sudah disebutkan di atas mengandung zat yang bisa menimbulkan bau badan setelah dicerna oleh badan kita. Jika kalian ingin menghilangkan bau ketiak, bisa dengan mencoba mengkonsumsi beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas.

4. Mencukur Rambut Ketiak

Menurut penelitian yang beredar, rambut ketiak diketahui sebagai salah satu sumber penyebab bau ketiak. Ini dikarenakan rambut ketiak menyimpan banyak bakteri penyebab bau badan serta membuat ketiak lebih mudah berkeringat dan membuat ketiak lebih mudah mengeluarkan bau tidak sedap.

Jadi, disarankan untuk mencukur rambut ketiak jika Grameds merasa kalau ketiak kalian sering mengeluarkan bau tidak sedap. Selain karena menghilangkan potensi bau, kalian dapat lebih mudah membersihkan ketiak saat sedang mandi tanpa terhalang rambut.

5. Jangan Sampai Stres

Selain makanan, stres juga sudah disebutkan sebagai salah satu penyebab bau badan. Ini dikarenakan stres bisa menyebabkan perubahan hormon di dalam tubuh seseorang, dan adanya perubahan hormon ini berpotensi menyebabkan bau ketiak.

Jadi, kalau memang memungkinkan, akan lebih baik jika Grameds berusaha untuk mengurangi stres dalam diri kalian. Manfaat yang didapatkan dari ketiadaan stres ini tidak hanya berpengaruh kepada bau ketiak saja, melainkan juga terhadap hidup kalian secara keseluruhan.

6. Berdiskusi Dengan Dokter

Jika Grameds sudah mencoba berbagai cara yang sudah disebutkan di atas namun masih belum efektif untuk menghilangkan bau ketiak yang kalian miliki, sudah saatnya kalian berdiskusi dan berkonsultasi kepada dokter. Karena, bau ketiak yang kalian alami bisa saja akibat suatu penyakit.

Penyakit yang dimaksud di sini bisa berupa hiperhidrosis yang menyebabkan keringat berlebih atau bromhidrosis yang membuat tubuh selalu mengeluarkan bau tidak enak. Memang kemungkinan terkena kondisi di atas tidaklah besar. Namun, akan lebih baik untuk tetap berkonsultasi sebelum keadaan tambah parah.

Cara Mencegah Bau Ketiak

Cara di atas mungkin akan lebih cocok bagi Grameds yang memiliki masalah terhadap badannya, di mana badan mereka akan lebih cepat berkeringat dan mengeluarkan bau badan. Sebenarnya, hal tersebut cukup banyak ditemukan kecuali terhadap orang-orang yang memang memiliki kondisi kesehatan kulit seperti yang sudah disebutkan di atas.

Namun, pada dasarnya, manusia akan tetap menghasilkan keringat sebagai bentuk dari sekresi tubuh. Jadi, siapapun orang tersebut, pastinya akan mengeluarkan bau badan. Kalau Grameds terkesan cuek dengan hal tersebut, hal ini bisa merugikan diri kalian atau orang lain.

Ini dikarenakan karena seseorang tidak bisa mencium bau badannya sendiri. Alhasil, orang-orang di sekitar merekalah yang harus menerima konsekuensi dalam mencium bau badan orang tersebut. Ini bukanlah pengalaman menyenangkan bagi orang-orang yang terlibat dalam masalah ini.

Untuk itu, akan lebih baik jika Grameds mencegah bau badan, khususnya ketiak, agar kalian tidak menimbulkan rasa tidak enak terhadap orang-orang di sekitar kalian. Terdapat setidaknya 6 cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegah bau ketiak di badan kalian.

1. Bersihkan Badan Secara Rutin

Tentu saja ini merupakan langkah utama yang dapat dikatakan cukup ampuh untuk menghilangkan bau ketiak. Membersihkan badan kalian secara rutin seperti mandi sebanyak 2 kali sehari akan membunuh kuman penyebab bau badan termasuk yang ada di ketiak kalian.

Akan lebih baik, jika Grameds membersihkan sejumlah area di badan yang memang berpotensi mengeluarkan bau tidak sedap. Selain ketiak, area badan yang dimaksud adalah selangkangan, telapak kaki dan dubur. Area-area tersebut diketahui banyak orang sebagai sarang kuman sehingga sering mengeluarkan bau badan yang tidak sedap.

2. Memakai Sabun Anti-bakteri

Meskipun fungsi dasar sabun anti-bakteri sama dengan sabun pada umumnya, keduanya memiliki kandungan yang berbeda. Grameds bisa duga kalau sabun anti-bakteri memiliki sejumlah zat kimia yang bisa membunuh bakteri lebih efektif, salah satunya adalah bakteri penyebab bau badan.

Untuk itu, jika kalian ingin mencegah bau ketiak, akan lebih efektif jika kalian memakai sabun anti-bakteri saat mandi. Tentu saja kalian bisa memakai sabun biasa untuk melakukan ini. Karena apapun jenis sabunnya, akan percuma jika tidak dibarengi dengan rutinitas saat mandi.

3. Mengeringkan Badan Dengan Benar

Terdengar sepele, namun percaya atau tidak kegiatan ini cukup ampuh untuk mencegah bau ketiak. Grameds mungkin belum mengetahui kalau bakteri akan lebih sulit bersarang di sesuatu yang kering dibandingkan pada badan yang basah dan lembab. Hal ini juga berlaku untuk badan manusia.

Setelah kalian mandi, pastikan untuk mengeringkan badan dengan baik dan benar, khususnya di beberapa area badan yang berpotensi menyebabkan bau badan seperti ketiak. Karena ketika badan kalian lembab, akan semakin mudah bagi bakteri untuk bersarang di badan kalian.

4. Gunakan Deodoran

Deodoran adalah sebuah alat yang pastinya Grameds sudah pernah pakai dan ketahui fungsinya. Keberadaan deodoran ini amat membantu orang-orang dalam mencegah ketiak mereka mengeluarkan bau. Terdapat sejumlah bahan kimia yang bisa mencegah adanya bau ketiak.

Meskipun demikian, kadang sering terdengar perdebatan mengenai deodoran karena di saat yang sama, ada sejumlah zat kimia yang tidak baik untuk badan. Oleh karena itu, sebaiknya deodoran hanya dipakai sebelumnya dan pastikan kalian menghindari bahan-bahan kimia macam alumunium, triclosan dan parabens.

5. Pastikan Baju Bersih

Dua tips terakhir ini sebenarnya sudah Grameds temukan pada sesi yang menjelaskan cara menghilangkan bau ketiak. Meskipun begitu, cara-cara yang akan dijelaskan pada sesi kali ini juga ampuh untuk mencegah adanya bau ketiak pada tubuh kalian.

Salah satu caranya adalah dengan mengenakan baju yang bersih dan bebas dari kotoran atau keringat. Karena seperti yang tadi sudah dijelaskan, kotoran dan keringat mengandung bakteri penyebab bau badan. Ini bisa menjadi alasan di balik badan kalian yang bau, khususnya di ketiak.

6. Kurangi Makanan Penyebab Bau Ketiak

Terakhir, selain dengan memakai baju bersih, Grameds juga bisa mencegah bau ketiak dengan memakan makanan yang bisa menjadi sumber bau badan. Selain makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas, terdapat beberapa makanan lagi yang mungkin kalian mau hindari demi mencegah bau ketiak.

Makanan-makanan yang dimaksud di sini adalah makanan berminyak, daging-dagingan khususnya daging merah seperti daging sapi atau daging kambing, serta makanan dengan kandungan gas tinggi seperti ubi, kol dan brokoli. Jika ingin mengkonsumsi makanan tersebut, sebaiknya dalam batas wajar demi menghindari bau ketiak.

Kebiasaan Baik Untuk Kulit

Sebagai penutup, kita akan membahas mengenai kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk kulit. Ini dikarenakan topik pembicaraan mengenai ketiak dan bau badan memang merupakan bagian dari kulit. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjaga kulit kita secara keseluruhan.

Karena, terdapat beberapa penyakit kulit yang bisa orang rasakan jika dia tidak menjaga kulitnya dengan baik. Sebut saja kurap, bisul atau eksim yang bisa terjadi karena tidak merawat kulit dengan baik. Terburuk, kurangnya perawatan kulit bisa menyebabkan penyakit kanker kulit yang berbahaya.

Itulah sebabnya perawatan kulit tidak boleh disepelekan. Pada sesi ini, Grameds akan mendapatkan cara-cara mudah yang bisa kalian untuk menjaga kesehatan kulit kalian. Mari kita simak pembahasan di bawah ini.

1. Tidur Yang Cukup

Mungkin akan terdengar aneh bagi sebagian dari Grameds ketika melihat fakta kalau dengan tidur cukup, seseorang akan bisa menjaga kulitnya dengan baik. Tetapi, penelitian justru membuktikan bahwa tidur selain penting bagi kesehatan berbagai macam organ dalam tubuh manusia, juga bisa bermanfaat untuk kulit.

Ketika seseorang tidur, sel darah merah akan mengalir lebih banyak karena jantung berdetak lebih cepat dibandingkan ketika kita sedang bangun. Sel darah merah ini nantinya akan membantu dalam meregenerasi sel kulit yang sudah rusak karena sinar ultraviolet. Itulah alasan kenapa seseorang harus tidur cukup agar kulit mereka tetap terjaga.

2. Melindungi Kulit dari Matahari

Berbicara mengenai sinar ultraviolet, matahari adalah salah satu sumber sinar ultraviolet terbanyak bagi tubuh manusia. Meskipun kita memerlukan sinar ultraviolet, tetapi kita tidak bisa terus-menerus terekspos sinar tersebut karena bisa menyebabkan kanker kulit.

Untuk itu, akan lebih baik jika Grameds tidak membiarkan kulit kalian terpapar sinar matahari secara terus-menerus, apalagi di siang hari. Kalian bisa mengenakan baju lengan panjang agar sinar matahari tidak menyentuh kulit secara langsung, atau memakai sunblock dan semacamnya agar kulit tidak cepat terbakar matahari.

3. Mandi Yang Rutin

Lagi-lagi Grameds harus melihat pentingnya mandi selain untuk mencegah atau menghilangkan bau ketiak. Tetapi, mandi memang salah satu cara yang wajib dilakukan untuk menjaga kulit. Selain mencegah bau badan, mandi juga berfungsi untuk menghilangkan kotoran serta sel kulit mati.

Disarankan untuk paling tidak mandi 2 kali sehari agar kulit bisa terjaga dengan baik. Selain kuantitas dari mandi yang kalian jalankan dalam satu hari, penting juga untuk melakukan kegiatan mandi dengan benar. Pastikan kalian membersihkan seluruh permukaan kulit dengan sabun.

4. Jaga Kulit Agar Tidak Kering

Tadi memang sudah dikatakan bahwa kulit lembab bisa menjadi sarang bakteri dan bisa menyebabkan bau badan, sehingga disarankan untuk menjaga kulit agar tetap kering. Namun, kulit yang terlalu kering juga tidak baik untuk badan, karena bisa menyebabkan iritasi.

Jadi, kulit yang baik adalah kulit yang tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering. Untuk mencapai kulit seperti ini, Grameds bisa memakai pelembab untuk kulit. Selain bisa menjaga kelembaban kulit, umumnya pelembab ini mempunyai kandungan kimia yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Dengan ini, berakhir sudah artikel yang membahas mengenai perawatan kulit secara keseluruhan. Diharapkan Grameds bisa mendapatkan informasi bermanfaat sesuai dengan kebutuhan kalian, atau setidaknya mendapatkan wawasan baru yang bisa jadi berguna untuk kalian di masa mendatang.

Sekali lagi kami mengingatkan untuk tidak menyepelekan kesehatan kulit kalian. Alangkah baiknya, jika Grameds mulai menjaga kulit masing-masing dengan serius layaknya kalian menjaga organ tubuh lain, agar terhindar dari penyakit atau kondisi medis yang tidak diinginkan.

Buku-buku persembahan Gramedia, #SahabatTanpaBatas, bisa Grameds temukan di situs gramedia.com, yang diharapkan bisa berguna dalam menambah ilmu, pengetahuan serta wawasan bermanfaat #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy