in

Apa Saja Manfaat Kemiri? Yuk, Kenal Lebih Dekat

Ketika bicara tentang rempah-rempah Indonesia pasti sangat banyak, bahkan  tak sedikit orang akan kebingungan. Salah satu rempah yang sering digunakan pada masakan Indonesia adalah kemiri. Apakah kamu sudah tahu kemiri? Bahkan, ternyata manfaat kemiri untuk kesehatan cukup banyak.

Nah, jika kamu ingin mengetahui tentang kemiri hingga manfaatnya, maka bisa simak artikel ini, Grameds.

Tentang Kemiri

Kemiri merupakan tanaman rempah yang mengandung banyak nutrisinya. Biasanya kemiri digunakan untuk membuat salah satu bumbu masakan sehingga masakan menjadi lebih lezat. Ternyata manfaatnya dari kemiri tidak hanya itu, tetapi sangat banyak buat manusia. Salah satunya memberikan manfaat bagi kesehatan, rambut hingga kecantikan.

Sedangkan menurut Cancer Chemoprevention Research Center yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada, disebutkan bahwa tanaman ini memiliki berbagai nama daerah. Nama-nama tersebut antara lain Kereh dari Aceh, Hambiri dari Batak, Buah koreh dari Minangkabau, Kemiri dari Melayu dan Jawa, Muncang dari Sunda, Kameri dari Bali, Kawilu dari Sumba, Sapiri dari Makassar, Sakete dari Ternate,  dan Hagi dari Buru.

Kemiri atau Aleurites moluccana merupakan tumbuhan yang bijinya biasa digunakan untuk sumber minyak dan rempah-rempah. Tanaman rempah ini tersebar di berbagai daerah tropis. Tinggi tanamannya bisa mencapai 15-25 meter. Daun berwarna hijau pucat dan memiliki biji berdiameter 4-6 cm. Biji tanaman ini memiliki lapisan pelindung yang keras dan banyak mengandung minyak.

Kandungan Kemiri

Kemiri sudah sejak dahulu digunakan untuk berbagai keperluan. Rempah-rempah yang satu ini memiliki berbagai kandungan senyawa aktif. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 g kemiri diketahui memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut: Air, Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat Abu, Kalsium, Fosfor, Besi, Natrium, Kalium, Tembaga Seng, Beta-karoten Karoten, total Vitamin B1, Vitamin B2, Niasin Vitamin C.

Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan 

manfaat kemiri 1

kompas.com

Kemiri mengandung banyak manfaat buat kesehatan. Apabila mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat kemiri untuk kesehatan yaitu:

1. Memelihara Kesehatan Jantung 

Jantung merupakan organ vital yang memiliki fungsi sebagai pemompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Apabila jantung mengalami gangguan, peredaran darah dalam tubuh dapat terganggu sehingga menjaga kesehatan jantung sangat penting agar terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung.

Apabila saat ini Anda sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit jantung, coba untuk minum air rebusan kemiri. Cara ini bisa sangat ampuh karena kemiri memiliki kandungan potasium yang membuat darah mengalir bebas ke seluruh sistem tubuh. Maka dari itu, hal ini berperan penting untuk menurunkan tekanan.

Manfaat dari kemiri juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Oleh sebab  itu, di dalam tubuh menjadi seimbang kadar kolesterolnya. Kalium dalam rempah ini juga diketahui memberikan efek relaksasi dinding pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah lebih lancar, sehingga kinerja jantung menjadi lebih ringan.

 

Pangkalan Ide Agar Jantung Sehat

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Kemiri juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Antioksidan tersebut dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit infeksi seperti flu.

3. Mengatasi Eksim

Eksim adalah istilah terkait gangguan pembengkakan pada kulit. Gangguan ini disebut juga dengan dermatitis. Saat terjadi, reaksi alergi pada kulit dapat ditandai dengan timbulnya warna kemerahan, ruam, dan rasa gatal.

Eksim dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti bahan kimia, paparan sinar matahari, bakteri, jamur, dan berbagai pemicu lain. Alergi kulit ini ditandai dengan munculnya warna kemerahan dan rasa gatal pada kulit.

Biasanya, eksim diobati dengan menggunakan salep khusus. Namun, ternyata kemiri juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit ini. Rempah-rempah ini dapat mencegah gatal, melembabkan kulit, dan mengatasi peradangan.

4. Menyembuhkan Luka 

Kemiri dipercaya juga dapat mengatasi rasa sakit, melindungi luka, menghilangkan pembengkakan, dan menyembuhkan luka bakar. Minyak ini bisa diserap dengan mudah dan membentuk lapisan pelindung kulit.

Kandungan asam alfa linoleat dan asam linoleat berperan penting dalam hal ini. Kedua senyawa aktif tersebut dapat menjaga kulit tetap sehat dan bernutrisi. Caranya dengan memanggang kemiri kemudian digerus dan letakkan gerusan kemiri tersebut diatas luka.

5. Menyembuhkan Akibat Gigitan Serangga 

Kemiri ini juga bisa menyembuhkan luka akibat gigitan serangga. Caranya Anda bisa memanggang kemiri bersama kunyit kemudian tumbuk sampai halus. Lalu, letakkan di bagian kulit yang tergigit serangga.

6. Mencegah Kanker 

Kemiri juga mengandung senyawa anti kanker. Korteks rempah ini mengandung tanin yang berperan sebagai imunostimulan dengan meningkatkan sekresi Tumor Necrosis Factor. Selain itu, rempah-rempah ini juga berperan sebagai antiproliferatif yang menginduksi apoptosis.

7. Mengatasi Infeksi Jamur

Apabila Anda mempunyai masalah dengan panu, kadas, kurap Maka bisa mencoba dengan minum air rebusan kemiri. Dijamin setelahnya Anda akan terhindar dari masalah kulit, dan kulit Anda akan mulai kembali seperti semula.

8. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan dari vitamin E dan vitamin C yang membuat air rebusan kemiri bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu, air rebusan kemiri juga memiliki kandungan antioksidan yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas, sehingga tubuh terhindar dari berbagai virus dan bakteri.

9. Melancarkan Pencernaan

Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi terlalu banyak makan, terlalu banyak minum, intoleransi terhadap makanan, atau minum pil saat perut kosong. Dengan ini, kemiri juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan kita. Apabila Anda dengan rutin minum air rebusan kemiri Anda akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit.

10. Mengatasi Peradangan

Karena kemiri sendiri memiliki kandungan anti-inflamasi, minum air rebusan kemiri bisa mengatasi peradangan. Minyak dalam kemiri berperan penting dalam menenangkan otot dan sendi.

Manfaat Kemiri Untuk Rambut 

manfaat kemiri 2

kompas.com

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kemiri juga bermanfaat untuk rambut. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat kemiri yang dijadikan minyak kemiri untuk rambut yaitu:

WINDIYATI, S.PD, Windiyati, S.Pd Perawatan Kecantikan Kulit

1. Mengatasi Rambut Kering 

Rambut kering sering menjadi masalah bagi banyak orang. Minyak kemiri dipercaya bisa melembabkan rambut. Kandungan asam lemak esensial dan asam amino bisa menembus sampai ke lapisan kulit kepala. Dengan begitu, rambut menjadi lebih lembab dan sehat.

Seperti dijelaskan, bahwa kandungan asam lemak pada minyak kemiri mampu memberikan kulit. Jadi, minyak kemiri ini cocok untuk dipakai bagi Anda yang mengalami masalah kulit kering.

Untuk itu, cocok sekali jika minyak kemiri digunakan untuk bagian-bagian kulit yang kering, karena kaya asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 yang mudah meresap dan membentuk lapisan pelindung kulit sehingga mencegah kehilangan air dari dalam kulit akibat penguapan (dehidrasi).

2. Membuat Rambut Berkilau 

Manfaat dari minyak kemiri untuk rambut lainnya yaitu membuat rambut menjadi lebih berkilau dan hitam. Jangan khawatir, manfaat minyak ini tidak hanya berlaku buat rambut hitam. Manfaat itu juga berlaku untuk Anda yang punya warna rambut selain hitam.

Minyak kemiri bermanfaat membuat rambut terlihat lebih berkilau dan mempertajam warna rambut apa pun. Kandungan asam gamma-linolenic berfungsi sebagai kondisioner alami bagi rambut, sehingga rambut lebih lembab dan tampak berkilau.

3. Mempercepat Pertumbuhan Rambut 

Kemiri juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga dapat mencegah masalah kerusakan rambut dan kebotakan. Penggunaan minyak kemiri yang teratur bisa menyebabkan banyak Minyak kemiri juga dipercaya bisa digunakan untuk Anda yang ingin memanjangkan rambut dengan alami.

Kandungan vitamin E dalam minyak kemiri bermanfaat membantu meningkatkan sirkulasi di kulit kepala. Vitamin E akan berperan membawa oksigen ke folikel rambut. Vitamin C dan E berperan untuk memastikan rambut memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan. Dengan begitu, kulit kepala bisa lebih sehat dan rambut pun tebal.

4. Membuat Rambut Lebih Kuat 

Minyak kemiri mengandung asam linoleat dan linoleat yang dapat melapisi, memberikan nutrisi, melembutkan, dan memperbaiki rambut yang bercabang.

Anda bisa menggunakan minyak kemiri bersama masker rambut dengan cara mengoleskan secara langsung ke rambut. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Melembapkan Kulit Kepala 

Kemiri mengandung tanin yang bersifat antioksidan. Kandungan tersebut membuat kulit lebih sehat, bersih, dan bebas bakteri. Hal tersebut dapat membuat kulit kepala lebih lembab dan sehat.

6. Mengatasi Ketombe 

Manfaat minyak kemiri untuk rambut lainnya yaitu untuk mencegah masalah rambut seperti ketombe. Minyak kemiri diyakini memiliki sifat antimikroba, yang mampu membantu mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Ketombe adalah kondisi munculnya serpihan-serpihan putih di kulit kepala, yang biasanya disertai rasa gatal. Ketombe ini bisa saja membuat tampilan rambut tidak oke lagi. Ketombe menjadi masalah kesehatan rambut yang banyak dikeluhkan. Untuk mengatasi ketombe, Anda dapat menggunakan minyak kemiri.

Kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai anti radang dipercaya bisa mengatasi radang kulit akibat ketombe. Caranya dengan menumbuk kemiri langsung kemudian di taburkan ke kepala sambil memijit mijit kepala.

7. Melindungi Rambut Dari Sinar Matahari 

Paparan sinar matahari langsung tidak hanya menyebabkan masalah pada kesehatan kulit saja, namun juga bisa menyebabkan masalah pada rambut. Kandungan vitamin E dapat menjaga kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari terlalu lama. Vitamin ini dapat menangkal radikal bebas dna menjaga sel membran dari kerusakan.

8. Merawat Rambut Bagi Kulit Kepala Sensitif 

Perlu dipahami bahwa tidak seluruh produk perawatan rambut cocok digunakan untuk seluruh jenis kulit kepala. Ada beberapa orang yang memiliki kulit kepala sensitif. Minyak kemiri diketahui dapat menjadi produk perawatan yang aman bagi seluruh jenis kulit kepala, termasuk kulit kepala yang sensitif.

9. Mencegah Rambut Rontok

Minyak kemiri mengandung vitamin C dan E. Minyak kemiri dikenal sebagai antioksidan yang baik. Kandungan antioksidan minyak kemiri mampu mencegah radikal bebas dari kandungan bahan kimia bahaya, yang bisa menyebabkan kerontokan rambut.

10. Membantu Memperbaiki Rambut Rusak

Minyak kemiri juga bermanfaat memperbaiki rambut rusak. Biasanya, rambut rusak terjadi akibat sering mewarnai rambut. Nah, dengan minyak kemiri masalah tersebut setidaknya bisa membantu mengatasi masalah rambut rusak.

Kandungan antioksidan dalam minyak kemiri, akan mencegah radikal bebas penyebab kerusakan rambut dan memperbaiki helai rambut yang rusak itu. Minyak kemiri berperan menutupi retakan pada struktur rambut dalam rangka mencegah hilangnya kelembaban rambut.

Manfaat Kemiri Untuk Kulit Kering

manfaat kemiri 3

kompasiana.com

Minyak kemiri bisa digunakan sebagai krim atau lotion. Selain itu, minyak kemiri bisa digunakan untuk minyak pijat, pelembab, sampo hingga kondisioner. Minyak kemiri bisa dioleskan ke bagian kulit yang kering, seperti:

1. Tumit

Kemiri dikenal dengan minyak alami yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan mampu menolak penyakit serta memperlambat penuaan sel. Selain itu kemiri juga bagus untuk melepaskan sel kulit mati selanjutnya menjaga kelembaban nya.

Cara melakukannya dengan menghaluskan buah kemiri dan menggosokkan memakai batu apung pada bagian tumit sambil dilakukan pemijatan secara lembut. Kemudian bilas dengan air segar. Selamat mencoba!

2. Bibir

Minyak kemiri juga bisa digunakan untuk melembabkan bibir. Jika digunakan sebagai lip oil setiap malam sebelum tidur, maka bisa membuat warna bibir menjadi lebih cerah dan kembali merah merona.

Penggunaan minyak kemiri yang rutin juga bisa membuat bibir lembab lebih lama sehingga kamu tidak perlu lagi khawatir bibir menjadi kering dan mengelupas karena terlalu sering menggunakan lipstik matte.

3. Siku

Kemiri bisa membuat siku Anda menjadi lebih lembut dan cerah.

Manfaat Kemiri Untuk Kecantikan 

Mengutip dari berbagai sumber, kemiri juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut manfaat kemiri untuk kecantikan yaitu:

1. Melembapkan kulit 

Kandungan vitamin  dalam kemiri diketahui bisa menutrisi kulit agar tetap terhidrasi dan tidak kering. Selain itu, antioksidan dan asam stearat pada minyak kemiri juga dapat melembabkan kulit, sehingga kulit tampak lebih sehat.

2. Membuat wajah lebih bercahaya 

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam rempah-rempah ini juga bisa membantu regenerasi kulit. Hal tersebut membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

3. Menyamarkan kerutan di wajah 

Manfaat kemiri lainnya yaitu dapat mengatasi kerutan dan menghilangkan mata panda. Antioksidan yang ada didalam bahan alami ini bisa meningkatkan produksi kolagen dan mengangkat sel kulit mati.

Cara Membuat Minyak Kemiri

manfaat kemiri 4

kompas.com

Untuk bisa merasakan manfaat minyak kemiri, ternyata kita juga bisa membuat minyak kemiri sendiri dengan mudah di rumah. Bahan yang perlu disiapkan yaitu biji kemiri yang sudah terkupas dari cangkangnya.

Cara ini dilakukan untuk menghasilkan kualitas minyak kemiri yang terbaik, berdasarkan rendemen (suatu nilai dalam pembuatan produk) dan warna minyak kemiri..Dalam membuat minyak kemiri, perlu dilakukan pemanasan terhadap daging kemiri terlebih dahulu, seperti dengan dioven, dibakar, maupun dijemur.

Membuat minyak kemiri melalui pemanasan dengan cara dioven bisa memberikan pemanasan yang konstan dan merata. Saat pengepresan biji minyak akan lebih banyak dikeluarkan.

cara memanaskan kemiri menggunakan oven:

  1. Pilih biji kemiri terbaik secukupnya
  2. Cincang terlebih dulu daging kemiri yang akan dipanaskan (untuk menghasilkan minyak lebih banyak dan mempercepat proses pengeringan)
  3. Memasukkan daging kemiri ke dalam oven
  4. Oven selama 90 menit pada suhu 80 °C
  5. Memanaskan kemiri dengan disangrai
  6. Pilih biji kemiri terbaik secukupnya
  7. Panaskan dengan cara disangrai pada wajan
  8. Tunggu hingga biji kemiri berubah menjadi menggelap.

Cara membuat minyak kemiri

  1. Siapakan biji-biji kemiri yang sudah dipanaskan tadi
  2. Haluskan (bisa diblender atau digeprek)
  3. Lalu, tambahkan air secukupnya
  4. Melakukan pengepresan untuk menghasilkan minyak
  5. Lakukan proses penyangraian. Biasanya, daging kemiri dengan wajan saat pemanasan akan menyebabkan terjadinya pergerakan yang membuat warna kemiri menjadi lebih gelap dari sebelumnya
  6. Tuangkan hasil saringan ke botol atau wadah.

Demikian pembahasan tentang kemiri hingga manfaat kemiri. Semoga semua pembahasan di atas bisa bermanfaat sekaligus memudahkan kamu dalam merawat kulit.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai manfaat kemiri, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy