in

11 Cara Agar Ketiak Tidak Basah, Dijamin Ampuh dan Mudah Dilakukan

Cara agar ketiak tidak basah – Memiliki ketiak dalam kondisi kering atau tidak mudah basah adalah salah satu keinginan banyak orang. Namun, terkadang karena kondisi tertentu, ketiak kita jadi mudah lebih basah. Meskipun kondisi ketiak basah adalah salah satu hal wajar bagi semua orang, tetapi bagaimana jadinya jika kondisi ketiak basah terjadi secara berlebihan.

Tentunya, kita akan merasa risih apabila mengalami ketiak basah yang cukup banyak. Bukan hanya itu saja, kondisi ketiak basah tak jarang menjadikan diri kita merasa tak nyaman berada di dekat orang lain hingga rasa kurang percaya diri muncul secara berlebihan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tahu penyebab dan cara agar ketiak tidak basah. Dengan mengetahui hal tersebut setidaknya kita bisa melakukan upaya agar ketiak kita tetap terjaga tanpa terasa basah secara berlebihan.

Penyebab Ketiak Basah Secara Belebihan

Tahukan kalian jika mengeluarkan keringat adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh tubuh dalam menurunkan suhu secara alami. Sebagai contohnya adalah ketika kita sedang berolahraga atau sedang gugup, biasanya suhu tubuh akan mengalami peningkatan dan perlu untuk didinginkan.

Sedangkan kondisi adanya keringat yang secara berlebihan tanpa adanya pemicu biasa disebut dengan hyperhidrosis. Secara umum kondisi hiperhidrosis disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Dimana keringat yang keluar secara berlebihan akan mengganggu kenyamanan kita, baik itu secara fisik maupun secara emosional.

Lalu, kondisi keringat yang terjadi secara berlebihan pada area ketiak biasa disebut sebagai axillary hyperhidrosis. Kondisi ini kerap menjadikan para penderitanya mengalami rasa kurang percaya diri ketika akan menggunakan pakaian dengan warna terjang.

Hal ini tak lain karena noda keringat akan terlihat lebih jelas atau bahkan menjadikan pakaian lebih mudah rusak, terutama pada pakaian dengan bahan baku sutera. Selain faktor yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa penyebab lain terjadinya keringat keluar secara berlebihan pada area ketiak seperti penjelasan di bawah ini.

1. Melakukan Olahraga Yang Terlalu Over

Ketika basah ketika selesai kegiatan olahraga merupakan kondisi yang sangat wajar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika keringat merupakan salah satu reaksi alami yang dilakukan oleh tubuh untuk menurunkan suhu.

Aktivitas fisik seperti berolahraga memang akan bisa meningkatkan suhu tubuh. Hal inilah yang menjadikan kita lebih mudah merasa panas ketika selesai melakukan olahraga. Oleh karena itu bagi mereka yang kerap melakukan kegiatan olahraga secara aktif akan memiliki kondisi ketiak yang lebih mudah basah.

Tak ada salahnya lho menggunakan antiperspirant sebelum melakukan kegiatan olahraga. Hal ini agar bisa mencegah ketiak tidak terlalu basah ketika selesai melakukan olahraga.

2. Factor Makanan

Apa yang kalian konsumsi ternyata juga memiliki potensi mempengaruhi produktivitas keringat yang ada. Sebagai contohnya adalah ketika kalian mengkonsumsi makan pedas, tentunya hal tersebut akan bisa menjadikan suhu tubuh lebih mudah meningkat karena otak memberikan respon pada kandungan capsaicin yang ada pada cabe.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Capsaicin memiliki sifat panas yang ketika masuk ke dalam tubuh kita akan menjadikan suhu tubuh menjadi lebih meningkat. Pada akhirnya kelenjar keringat akan secara otomatis berusaha untuk menurunkan suhu tubuh dengan cara memproduksi keringat lebih banyak.

Bukan hanya makanan pedas saja, namun minuman yang memiliki kandungan kafein bisa menjadikan tubuh kalian lebih mudah berkeringat lebih banyak. Hal ini karena kandungan kafein bisa memberikan rangsangan terhadap sistem saraf pusat agar meningkatkan kelenjar keringat.

Sudah diketahui oleh banyak orang Indonesia kalau beberapa tanaman rumahan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Bahkan, bisa dijadikan sebagai obat herbal. Untuk kamu yang ingin membuat obat herbal, maka bisa melihat panduannya pada buku Obat Herbal Andalan Keluarga: Terampil Meramu Sendiri.

 

3. Factor Cuaca

Pada dasarnya tubuh manusia sangat sensitif terhadap suhu yang ada di sekitarnya. Ketika cuaca dan suhu udara meningkat, tubuh akan secara otomatis memberikan respon alami berupa produksi keringat yang akan menjadikan kalian merasa lebih sejuk.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kondisi ketiak agar tidak basah ketika cuaca panas adalah dengan menggunakan deodoran sebelum mandi atau menggunakan antiperspirant, menggunakan pakaian yang lebih nyaman dan bisa menyerap keringat atau bahkan menggunakan alat penyejuk ruangan seperti AC maupun kipas angin.

4. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Apakah kalian pernah merasakan kondisi ketiak menjadi lebih basah setelah mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Jika memang pernah, kemungkinan besar obat yang kalian konsumsi memiliki efek samping terhadap kelenjar keringat. Secara umum, obat-obatan tersebut seperti yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah, antidepresan dan anti inflamasi.

5. Adanya Gejala Penyakit Serius

Perlu kalian ketahui jika keringat yang keluar secara berlebihan ketika kondisi cuaca tidak terlalu panas ataupun ketika kalian tidak melakukan aktivitas fisik merupakan pertanda adanya penyakit serius.

Di mana beberapa penyakit bisa menjadikan para penderitanya memproduksi keringat secara berlebihan walaupun pada waktu malam hari. Misalnya, seperti penyakit jantung, gangguan tiroid, diabetes, demam berdarah dan beberapa jenis penyakit lainnya.

Jika kalian kerap berkeringat pada waktu malam hari maupun ketika tidak melakukan aktivitas fisik, cobalah untuk memeriksakan diri kalian ke dokter agar bisa lebih waspada akan gejala penyakit serius.

Cara Mengatasi Ketiak Basah

Pexels.com/RODNAE Productions

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang apa saja yang menyebabkan kondisi ketiak lebih bahasa, maka penjelasan yang akan kita lakukan berikutnya adalah terkait dengan cara agar ketiak tidak bahas.

Hal ini penting sekali, selain bisa menghindari terjadinya penyebab ketiak basah secara berlebihan. Setidaknya kita tahu penanganan apa saja yang bisa dilakukan ketika kita sedang mengalami kondisi tersebut.

Nah, agar kalian tidak penasaran lagi, berikut ini adalah penjelasan akan beberapa cara agar ketiak tidak basah secara berlebihan.

1. Antiperspirant

Saat ini, keberadaan produk antiperspirant memang sudah dijual secara besar. Dimana produk antiperspirant bisa digunakan untuk mengatasi keberadaan keringat yang diproduksi secara berlebihan pada area tangan, kaki maupun ketiak.

Tak hanya bisa digunakan ketika kalian sedang melakukan aktivitas pada waktu siang hari saja. Namun, produk antiperspirant juga bisa kalian gunakan pada waktu malam hari sebelum tidur.

Kandungan yang ada di dalam antiperspirant adalah seperti aluminium klorida heksahidrat yang bisa menghambat kinerja kelenjar keringat secara berlebihan. Meski begitu, ada juga lho produk antiperspirant yang hanya bisa dibeli dengan menggunakan resep dokter. Secara umum produk antiperspirant akan mengandung bahan dasar garam alumunium yang lebih kuat.

Perdebatan antara obat kimia atau herbal terkadang dibutuhkan untuk menggali kembali khazanah keilmuan khususnya dalam bidang pengobatan, asalkan perdebatan tersebut proporsional tanpa harus mendiskreditkan salah satunya.

Dalam buku Pilih Obat Kimia Atau Obat Herbal akan dijelaskan mengenai obat kimia dan obat herbal baik secara definitif hingga kelemahan dan kekurangan. Selain itu juga diberikan contoh tujuan penggunaan obat kimia maupun herbal.

 

2. Obat-obatan

Cara kedua untuk mengurangi keringat pada ketiak adalah dengan menggunakan obat-obatan tertentu. Maksudnya adalah obat-obatan tersebut harus sesuai dengan resep dokter yang secara khusus diperuntukkan pada kondisi tertentu, misalnya untuk mengatasi ketiak basah yang terjadi karena produksi keringat secara berlebihan.

Obat yang didapatkan dari resep dokter biasanya bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya stimulasi dari kelenjar keringat. Perlu diketahui juga jika tidak semua orang bisa mengkonsumsi obat tersebut. Oleh karena itu diperlukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

3. Terapi Iontophoresis

Cara agar ketiak tidak basah yang berikutnya adalah dengan melakukan terapi iontophoresis. Terapi iontophoresis ini akan menggunakan mesin khusus bertenaga listrik yang berfungsi untuk menurunkan aktivitas kelenjar keringat. Meski begitu, terapi iontophoresis kebanyakan kerap digunakan pada bagian kaki atau tangan yang berkeringat dibandingkan pada area ketiak.

Mulanya akan dilakukan perendaman bagian tubuh yang berkeringat pada air dan arus listrik daya rendah akan dialirkan. Kondisi ini akan menyebabkan rasa geli dan untuk waktu yang dilakukan pada terapi iontophoresis adalah selama 10 hingga 20 menit.

Sampai saat ini terapi iontophoresis memang tergolong cukup efektif.

4. Botox

Secara umum botox memang digunakan untuk mengatasi kerutan. Meski begitu botox juga bisa digunakan untuk mengatasi kondisi keringat yang secara berlebihan. Dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan tertentu, botox terbilang lebih efektif.

Suntik botox biasanya akan dilakukan pada kondisi keringat yang berlebihan atau cukup parah. Dimana botox yang disuntikkan pada bagian ketiak akan mampu menghambat saraf menstimulasi produksi keringat. Namun efek samping yang diberikan pada suntik botox adalah rasa nyeri sementara pada area suntikan dilakukan. Selain itu ada juga resiko peningkatan suhu tubuh atau demam.

 

5. Lakukan Operasi Pada Ketiak

Jika memang beberapa cara di atas masih belum berhasil mengatasi kondisi ketiak basa, maka kalian bisa melakukan tindakan operasi untuk menghilangkan kelenjar keringat pada area ketiak. Proses operasi ini akan dilakukan dengan bius total.

Perlu diketahui juga jika tindakan ini hanya bisa dilakukan ketika memang sudah tidak ada acara lain yang digunakan untuk mengatasi kondisi ketiak basa secara berlebihan atau adanya kondisi ketiak basah karena masalah kesehatan yang mengganggu.

Secara umum, kondisi ketiak basa yang disebabkan oleh keringat berlebihan bukanlah disebabkan oleh gangguan kesehatan yang cukup serius. Akan tetapi, kalian juga perlu waspada pada penyakit seperti diabetes, serangan jantung, gangguan sistem saraf, jenis kanker tertentu atau hipoglikemia.

6. Rutin Mencukur Rambut Ketiak

Cara ketiak tidak basah yang berikutnya adalah dengan mencukur bulu ketiak secara rutin. Salah satu alasannya adalah karena bulu yang ada pada area ketiak bisa menimbulkan kelembaban yang memicu munculnya keringat.

Jika ketiak kalian kerap mengalami kondisi basah secara berlebihan hingga menjadikan kalian merasa malu atau kurang percaya diri, maka kalian bisa mencoba untuk mencukur rambut secara rutin. Bukan hanya mampu mengurangi keringat saja, tetapi mencukur bulu ketiak secara rutin juga bisa menjadikan kalian terhindari dari adanya bau tak sedap.

7. Berikan Jeda Waktu Antara Mandi Dengan Memakai Pakaian

Jika kalian tinggal pada area yang lembab dan ingin  mandi dengan air hangat, sebaiknya berikan jeda pada saat waktu mandi dengan berpakaian. Tujuan melakukan tindakan tersebut adalah agar tubuh memiliki waktu untuk kembali pada suhu normal. Cara ini diklaim mampu menghilangkan burket serta bisa membantu kalian terhindar dari ketiak basah ataupun adanya keringat berlebihan pada area tubuh lainnya.

8. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Keringat

Perlu diketahui jika ada beberapa makanan yang bisa menjadikan tubuh kalian memiliki keringat berlebihan hingga menyebabkan kondisi ketiak basah. Sebagai contohnya adalah ketika kalian mengkonsumsi makanan dengan kandungan natrium tinggi atau asin, hal ini ternyata bisa menyebabkan keringat muncul secara berlebihan serta susah dalam proses buang air kecil.

Lalu, ada beberapa makanan maupun minuman yang bisa menimbulkan kondisi keringat berlebih adalah seperti makanan yang diproses, bir, bawang merang atau putih, makanan dengan kandungan lemak tinggi, es krim dan makanan pedas yang disajikan ketika panas.

Selain itu ada beberapa jenis sayuran yang bisa menyebabkan kondisi keringat muncul secara berlebihan adalah seperti kembang kol, brokoli, kubis, pakcoy, asparagus.

9. Mengkonsumsi Air Secara Cukup

Mengkonsumsi air mineral secara teratur juga menjadi salah satu cara agar ketiak tidak basah yang bisa kalian lakukan. Kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh yang sudah terpenuhi dengan cara mengkonsumsi minuman atau makanan yang kaya akan kandungan air bisa membantu mempertahankan suhu badan tetap sejuk. Dengan begitu, keringat berlebihan yang ada di ketiak kalian akan tetap lebih mudah terhindari.

10. Gunakan Pakaian Longgar

Salah satu penyebab terjadinya ketiak mudah basah adalah penggunaan pakaian ketat. Jika memang kasus yang kalian alami disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat, maka kalian bisa mencoba untuk menggunakan pakaian longgar dengan bahan menyerap keringat seperti katun. Selain itu, pakaian longgar juga memungkikan udara lebih mudah masuk serta menjadikan tubuh tetap sejuk.

11. Berhenti Merokok

Bukan hanya akan merusak paru-paru dan meningkatkan resiko terkena penyakit kanker. Namun kebiasaan merokok yang kalian lakukan juga bisa menyebabkan tubuh menghasilkan keringat secara berlebihan.

Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok diklaim mampu meningkatkan suhu tubuh hingga menjadikan jantung berdetak lebih cepat dan mengakibatkan kelenjar keringat akan bekerja secara lebih keras daripada milik mereka yang tak merokok. Berhenti merokok adalah salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan kondisi ketiak basah secara berlebihan serta baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

12. Menghindari Mengkonsumsi Kafein

Kafein menjadi salah satu penyebab terjadinya ketiak basah. Hal ini karena kafein yang secara umum terkandung di dalam kopi serta coklat hitam bisa merangsang sistem saraf sehingga meningkatkan produksi keringat. Selain itu, dalam jangka panjang, kafein juga bisa meningkatkan tekanan darah, detak jantung serta kelenjar keringat bekerja lebih aktif lagi,

13. Menggosok Ketiak Dengan Irisan Kentang

Kentang dipercaya memiliki kemampuan untuk menyerap air. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa kentang dipercaya mampu mengatasi keringat secara berlebihan yang ada di dalam tubuh termasuk pada area ketiak.

Jika kalian memilih menggunakan kentang sebagai metode mengurangi keringat pada area ketiak. Maka kalian perlu mengiris kentang terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan menggosokkannya secara langsung pada bagian ketiak, diamkan beberapa menit.

Meski memanfaatkan kentang memang sangat mudah, namun perlu diketahui jika belum ada studi yang mendukung efektivitas kinerja cara ini.

14. Mengoleskan Cuka Ke Bagian Ketiak

Cuka bukan hanya bisa digunakan sebagai bahan tambahan makanan saja. Namun cuka juga bisa digunakan sebagai metode mengurangi kondisi ketika basah ketika melakukan aktivitas. Bahkan cuka juga diklaim mampu mengurangi bau tak sedap yang biasanya kerap datang bersamaan dengan kondisi ketiak basah.

Agar lebih mudah melakukan cara ini, kalian hanya perlu mencampurkan dua sendok teh cuka serta dua sendok teh cuka apel dan meminumnya. Walaupun terasa tidak enak, namun cara ini diklaim bisa membantu mengurangi kondisi ketiak basah.Perlu diketahui juga jika klaim tersebut belum ada dukungan dari penelitian ilmiah.

Nah, itulah beberapa cara agar ketiak tidak basah. Beberapa cara di atas bisa kalian terapkan serta lebih mudah menghindari kondisi ketiak basah ketika kalian juga tahu apa saja penyebabnya. Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di website resmi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Rujukan:

  • Https://www.alodokter.com/berbagai-cara-mengatasi-ketiak-basah-yang-mengganggu
  • Https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/tips-keringat/penyebab-ketiak-basah-berlebihan-pada-wanita.html
  • https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengatasi-ketiak-basah


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda