in

10 Manfaat Berlibur ke Pantai, Salah Satunya Menurunkan Stres

10 Manfaat Berlibur ke Pantai – Saat memiliki kesempatan mengambil cuti kerja dan merencanakan liburan, tempat mana yang akan menjadi tujuan wisata kamu, Grameds?  Sebagian besar orang kerap menjadikan pantai sebagai destinasi wisata favorit karena berbagai macam alasan mendasar.

Indonesia sebagai negara kepulauan ternyata memiliki garis pantai terpanjang di dunia, lho Grameds. Kamu bisa menikmati sejuta pesona pantai untuk melakukan kegiatan, seperti berenang, memancing, surving, diving, snorkeling, dan lain sebagainya.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa liburan ke pantai diyakini ampuh untuk mengurangi depresi, meningkatkan kreativitas, dan mengembalikan kesehatan mental. Tidak akan ada yang bisa menolak pesona pantai dengan aroma air laut segar dan gemeresik daun kelapa yang bertiup.

Pantai menjadi destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri di mata orang-orang. Pantai kerap dikenal sebagai salah satu ciptaan Tuhan paling indah yang menjadi pembatas antara darat dan laut.

Pantai dengan pasir putihnya memiliki keindahan yang luar biasa. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan laut lepas yang tak berujung didampingi hamparan pasir putih berwarna kontras dengan air laut.

Keindahannya yang luar biasa membuat banyak orang memilih pantai sebagai destinasi wisata favorit. Hamparan pasir yang membentang luas dapat digunakan sebagai latar belakang untuk berfoto ria menghasilkan gambar cantik.

Tak hanya indah di siang hari, keindahan pantai juga dapat dinikmati ketika matahari terbenam. Wisatawan akan menyempatkan diri untuk menghabiskan waktu di sore hari menjelang malam demi melihat keindahan sunset di bawah garis cakrawala.

Keindahan sunset di pantai yang menyelipkan momen romantis menjadi pilihan terbaik untuk melihat matahari terbenam bersama orang terkasih. Secara logika, tidak semua orang bisa menikmati suasana pantai setiap harinya.

Maka dari itu, pantai menjadi destinasi wisata yang lebih menarik dan memikat. Selain itu, pantai menjadi tempat yang paling cocok untuk bersantai dan melepas penat.

Grameds bisa menikmati angin pantai sebagai tempat terbaik untuk membuat suasana hati menjadi tentram. Pantai menjadi tempat yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang sedang mengalami stres.

Mengunjungi pantai dapat menjadi alternatif terbaik yang membuat diri lebih baik dan tenang. Sebagian besar orang memilih pantai sebagai tempat berlibur karena tidak perlu membayar mahal untuk sekadar melihat keindahan alam.

Dapat dikatakan bahwa pantai merupakan destinasi wisata yang murah tapi tidak murahan. Makanya pantai selalu menjadi tempat yang ramai pengunjung, terutama di musim liburan panjang.

Cerahnya sinar matahari, hamparan pasir, angin semilir dan debur ombak yang bercampur keriuhan pengunjung pantai serasa menghipnotis pikiran. Pantai merupakan objek wisata terbaik untuk liburan karena Grameds bisa melihat luasnya lautan biru sejauh mata memandang.

Elemen fisik dari pantai menjadi alasan mendasar mengapa pantai dijadikan lokasi untuk melakukan kegiatan wisata. Pantai sebagai daerah transisi antara daratan dan lautan merupakan primadona objek wisata dengan potensi pemanfaatan.

Pantai dapat dianggap sebagai tempat berlibur yang melibatkan tiga unsur pokok, yakni manusia sebagai subjek pelaku, tempat sebagai objek tujuan wisata, dan waktu yang dihabiskan untuk melakukan aktivitas wisata.

Berlibur ke pantai tak hanya menyenangkan, tetapi juga mendatangkan pengaruh baik bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat liburan ke pantai? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas.

tombol beli buku

10 Manfaat Liburan ke Pantai

1. Menurunkan Stres dan Depresi

Grameds yang memiliki segudang rutinitas padat dengan hiruk pikuk perkotaan tentu saja rentan mengalami stres. Pantai bisa menjadi salah satu tempat berlibur yang dapat meredakan pikiran.

Berlibur ke pantai dapat menjadi solusi terbaik menghilangkan stres dalam diri secara positif. Grameds bisa mendapatkan sensasi rileks berjalan telanjang kaki di atas hamparan pasir pantai yang membentang luas.

Sebuah riset mengungkapkan bahwa warna air laut dan langit yang biru berkaitan dengan kesehatan. Warna biru diketahui mampu membuat seseorang merasa lebih kalem dan rileks.

Suara dan lingkungan pantai dapat mendatangkan kedamaian yang memiliki efek emosional lebih dalam. Suara laut memicu perasaan santai dan kenangan mendalam layaknya mendengar detak jantung ibu.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Liburan ke pantai juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik karena tubuh akan memproduksi hormon serotonin lebih banyak. Deburan ombak dan semilir angin yang bertiup dapat membuat Grameds merasa lebih santai dan tenang.

Kemudian liburan ke pantai dipercaya ampuh untuk menurunkan depresi. Grameds bisa merasakan ketenangan dengan menikmati suasana pantai. Selain itu, tubuh akan memberikan efek rileks yang dapat memperbaiki kesehatan mental.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Selain menurunkan stres dan depresi, berlibur ke pantai dinilai efektif untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah sendiri berkaitan erat dengan menurunnya tingkat stres dan ketegangan.

Tekanan darah yang stabil akan memberikan efek positif pada kesehatan pembuluh darah dan jantung. Saat mengalami stres berlebih, tubuh cenderung rentan terhadap tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan komplikasi akibat permasalahan yang terjadi pada kesehatan organ kardiovaskular.

3. Mendapat Vitamin D

Ilustrasi Berjemur di Pantai (sumber: futuready.com)

Saat berlibur di pantai sejak matahari terbit, Grameds akan membawa asupan vitamin D yang cukup untuk tubuh. Bagi Grameds yang belum tahu, sinar matahari menjadi salah satu sumber vitamin D terbesar.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D yang banyak dari sinar matahari ketika bejemur di pantai. Asupan vitamin D yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh, lho Grameds.

Selain itu, berlibur ke pantai dapat mendatangkan manfaat dengan menghirup udara segar yang menyediakan senyawa baik untuk memperlancar proses pembuangan racun atau detoksifikasi.

4. Baik untuk Kesehatan Kulit

Berlibur ke pantai dapat menghadirkan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Grameds bisa berjalan dan bermain di atas pasir pantai yang membentang indah untuk membersihkan sel-sel kulit mati.

Grameds pasti pernah bermain atau tiduran di atas pasir, bukan? Tekstur lembut dari pasir dapat mengelupas sel-sel kulit mati di tubuh dan menjadikan kulit lebih cerah. Kemudian Grameds dapat memetik manfaat kesehatan bagi kulit melalui kandungan natrium klorida di air laut.

Dikutip dari laman Dailymail, air laut memiliki kandungan mineral yang baik untuk menjaga kulit dari eczema dan psoriasis. Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari berlibur di pantai ialah membantu meringankan demam, hidung tersumbat, dan sinusitis.

tombol beli buku

5. Membantu Menyeimbangkan Hormon

Grameds dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh melalui udara segar yang ada di kawasan pantai. Udara segar yang didapatkan mendatangkan sejumlah manfaat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan psikis, dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Sistem kekebalan tubuh akan meningkat saat berada di pantai karena organ paru-paru akan terisi ion-ion negatif. Udara pantai akan membuat tubuh merasa lebih rileks dan mengurangi gejala kecemasan.

6. Menjadikan Tubuh Lebih Aktif

Ilustrasi Bermain Pasir (sumber: kumparan.com)

Secara tidak sadar, saat berada di pantai kamu akan menjadi lebih aktif. Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan saat berlibur di pantai, seperti bermain pasir, berenang, dan lain sebagainya.

Aktivitas fisik atau olahraga tersebut dapat membawa pengaruh positif bagi kesehatan tubuh. Berenang di pantai dapat menjadi salah satu terapi yang bermanfaat untuk kesehatan mental.

Berenang sebagai aktivitas fisik dapat memicu efek restoratif pantai saat bersentuhan dengan alam. Kamu akan merasa lebih bugar karena tubuh bergerak aktif dan sirkulasi darah ikut membaik.

7. Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang beranggapan bahwa berjemur di pantai hanya akan membuat kulit terbakar. Padahal fakta menariknya, berjemur di pantai dapat menurunkan berat badan melalui air keringat yang keluar.

Berjemur di pantai sama halnya dengan berdiam diri di dalam sauna. Namun, cara yang satu ini jauh lebih alami dan menyenangkan.

Kemudian berlibur di pantai akan membuatmu bergerak aktif ketimbang hanya berdiam diri di dalam rumah. Sejumlah aktivitas fisik, seperti berenang, jogging, berselancar, dan bermain air di tepi pantai dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

8. Meningkatkan Kreativitas

Segeralah berlibur ke pantai ketika sedang tidak memiliki ide untuk mengeksekusi sebuah proyek. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa eksplorasi efek warna membantu performa tugas kognitif.

Kemudian warna biru pada langit dan laut berkaitan erat dengan peningkatan kreativitas seseorang. Ilmuwan meyakini bahwa berlibur ke pantai dapat membantu mengasah kreativitas.

Ruang biru memberikan efek positif kepada seseorang untuk menjernihkan kepala dan mengatasi proyek atau masalah dengan lebih kreatif. Pergi ke pantai sama seperti melakukan meditasi. Kamu akan mendapatkan perasaan tenang untuk menyelaraskan dan merenungkan berbagai hal.

tombol beli buku

9. Berdampak Positif pada Fungsi Otak

Ilustrasi Keindahan Pantai Kuta (sumber: kintamani.id)

Kawasan pantai dapat memberikan dampak yang mendalam pada kesehatan organ otak dan mental, lho Grameds. Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik karena keduanya saling berhubungan.

Grameds akan mendapatkan sensasi damai dan tenang melalui suara ombak pantai. Dikutip dari laman All Better Care, suara debur ombak pantai dapat meningkatkan fungsi otak yang mampu meredakan emosi.

Suara benturan ombak terbukti ampuh untuk menyembuhkan dan memperkuat otak. Secara ilmiah, organ otak akan bereaksi positif pada suara percikan air. Dengan begitu suara ombak pantai dinilai mampu meningkatkan fungsi otak saat merasa rapuh.

Grameds bisa menatap lautan biru untuk mengubah frekuensi gelombang otak yang menempatkan kamu dalam kondisi meditasi ringan. Menghirup udara laut dapat membuat fungsi organ otak mendapatkan efek positif secara langsung.

10. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sistem peredaran darah tentu saja melibatkan jantung, arteri, kapiler, dan vena. Sistem tersebut akan mengangkut darah kaya akan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Berenang di air laut dapat menjadi aktivitas fisik yang mendatangkan manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh. Mengapa berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah?

Dengan berenang di laut, sirkulasi darah akan meningkat dan mengembalikan mineral penting yang berkurang. Mineral penting yang berkurang bisa saja terjadi akibat stres, racun dari lingkungan, dan diet tidak sehat.

Baca Juga:

Itulah beberapa manfaat positif berlibur di pantai yang kerap menjadi pilihan favorit banyak orang. Pantai bisa menjadi obat mujarab untuk melarikan diri sejenak dari segala aktivitas yang membuatmu penat.

Setelah berlibur ke pantai, Grameds akan kembali bersemangat menjalani hari. Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 15 atau 30 untuk melindungi kulit saat bermain di pantai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin merencanakan liburan.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila