in

19 Rekomendasi Potongan Rambut Pendek Rapi

https://lifestyle.okezone.com/

Model rambut cowok terkenal mungkin terkesan itu – itu saja, tetapi sejak memasuki tahun 2022, sudah banyak banget lho, model rambut cowok yang baru. Apalagi rambut bisa memengaruhi penampilan Grameds. Jangan hanya pakaian saja yang diperhatikan, rambut juga perlu Grameds sayang supaya tetap dapat tampil maksimal. Ada beberapa rekomendasi model rambut cowok terbaik yang bisa Grameds ikuti supaya tak salah ketika mengaplikasikan potongan rambut.

Kenali Fase Pertumbuhan Rambut

https://www.orami.co.id/

Rambut dapat tumbuh dengan kurun waktu rata – rata 1,2 cm per bulan, atau sekitar 15,2 cm per tahun. Ada kurang lebih 5 juta folikel rambut pada tubuh, dan 100 ribu di antaranya berada di kulit kepala. Pola pertumbuhan rambut di kepala ada empat tahap yakni;

1. Anagen

Fase pertumbuhan aktif rambut, yakni ketika akar rambut membelah secara terus – menerus yang bisa menentukan dari banyaknya atau tidaknya rambut, serta berlangsung antara 2 – 6 tahun Seseorang dapat mempunyai jumlah rambut yang sedikit disebabkan karena fase anagennya lebih pendek.

2. Katagen

Fase transisi, saat rambut berhenti tumbuh. Berlangsung dalam kurun waktu sekitar 2 – 3 minggu, saat aktivitas akar rambut semakin berkurang serta panjang rambut tak lagi bertambah. Ukuran akar rambut pada fase ini pun akan semakin mengecil.

3. Telogen

Tahap istirahat, yakni saat rambut sudah tidak tumbuh dan menjadi rontok, dapat berlangsung dalam kurun waktu sekitar 2 – 3 bulan.

4. Anagen Baru

Rambut yang telah rontok memberikan sinyal baru kepada akar rambut guna untuk memulai pertumbuhan rambut yang baru yang dimulai kembali dari fase anagen

Proses yang telah dijelaskan juga berlangsung sama untuk rambut yang berada di area wajah, seperti brewok dan kumis, tetapi tiap – tiap fase berlangsung dalam siklus yang cenderung lebih pendek. Inilah sebabnya mengapa helai jenggot serta bulu halus pada tubuh tak tumbuh sepanjang rambut yang berada di kulit kepala.

Seiring dengan bertambahnya usia, umumnya beberapa folikel rambut menjadi mengerut serta berhenti memproduksi rambut. Hal ini biasa disebut sebagai kerontokan rambut pola, kerontokan rambut herediter, atau androgenic alopecia.


Pola kebotakan pada laki – laki merupakan sifat yang diturunkan serta dapat memengaruhi lebih dari setengah laki – laki yang berada di atas usia 50 hingga batas tertentu.  Meski demikian, Grameds dapat memperlambat kerontokan rambut dengan serum dan juga minyak rambut. Laki – laki dapat mencegah kerusakan dengan menggunakan produk perawatan rambut yang berbahan dasar dari bahan alami dan menghindari bahan kimia keras supaya gaya rambut andalanmu akan tetap dapat diatur dengan baik oleh kapster ketika berada di barbershop.

Inspirasi Model Rambut Pendek dan Rapi

Berikut inspirasi model rambut cowok terbaik dan kekinian yang bisa dicoba

Cowok juga perlu untuk mempertimbangkan model rambut mana yang paling pas untuk diaplikasikan. Mulai dari segi bentuk wajah hingga gaya pribadi dapat menjadi tolok ukur dalam menentukan gaya rambut yang sesuai. Grameds dapat mencukur rambut sendiri di rumah atau menggunakan jasa barbershop untuk potongan rambut yang lebih variatif. Apabila Grameds bingung dan bosan dengan model rambut pendek rapi dengan potongan yang lama, berikut 22 rekomendasi tren model potongan rambut cowok pendek rapi berikut ini.

The Architecture of Love | Di balik Pena

1. Undercut

https://www.koreaboo.com/

Di tahun ini banyak sekali bermunculan model rambut cowok pendek rapi yang variatif, keren dan juga kekinian. Pengembangan model rambut dengan potongan model undercut pernah populer pada beberapa waktu lalu, masih menjadi tampilan yang kerena dan primadona. Cowok masa kini terbukti lebih memerhatikan penampilannya apabila dibandingkan dengan beberapa dekade lalu.

Cowok selalu berusaha untuk mengikuti tren yang sedang ada. Model rambut undercut memang masih kerap menjadi model yang cukup banyak diminati pada saat ini dan menjadi salah satu tren gaya rambut ikonik. Hal ini dikarenakan potongan rambut undercut dapat dikatakan sebagai model yang sederhana, simpel, segar, dan juga praktis.

2. Top knot

Foto : JYPE

Model rambut cowok tipe top knot kerap kali dipakai oleh masyarakat tradisional Jepang. Cara memotong dengan model rambut pendek cowok top knot yakni rambut yang ada pada bagian samping kanan dan kiri dibuat tipis habis hingga ke arah plontos, begitu pula dengan rambut yang ada pada bagian belakang. Kemudian rambut yang berada di bagian atas dibiarkan untuk tetap panjang supaya bisa dikuncir. Gaya rambut top knot ini cocok untuk para cowok yang berambut pendek serta berwarna hitam.

3. Brushed on top

https://menhairstylesworld.com/

Model rambut cowok yang satu ini telah menjadi model rambut cowok yan paling favorit pada tahun 2018 hingga sekarang. Sekilas model rambut brushed on top ini memang tampak seperti model spike yang telah ada pada awal tahun 2000 – an lalu. Walau begitu, perbedaannya terletak pada tingkat ketipisan rambut pada bagian samping dan pada bagian belakang.

4. Buzz cut

https://id.wowkorea.live/

Model rambut cowok pendek rapi tipe buzz cut mempunyai ciri khas yang dapat dikatakan tipis. Umumnya model buzz cut sering digunakan oleh para anggota militer. Hindari pengaplikasian warna cerah. Warna hitam yang natural dan alami akan lebih dianjurkan. Pastinya, gaya rambut yang pas dengan bentuk wajah serta kepala, akan menjadikan penampilan Grameds semakin menarik.

5. Front puff

https://lifestyle-people.com/

Gaya rambut cowok yang satu ini merupakan hasil perpaduan dari gaya rambut medium bangs (berponi) dengan voluminous pompadour (pompadour yang bervolume). Kesan unik memang lebih ditonjolkan melalui potongan rambut model ini.

6. Soft side parting

https://www.menshairstylestoday.com/

Apabila Grameds merupakan tipe cowok sibuk yang sering datang ke acara yang berbeda – beda jenisnya, paling pas menggunakan model rambut yang satu ini. Hampir serupa dengan model nomor satu, tetapi untuk model rambut gaya soft side parting pada bagian samping panjangnya dipotong lebih tipis dibandingkan dengan yang ada pada bagian atas dan belakang.

Supaya tak terlalu menggelembung pada bagian atas, akan dibuat menjadi lebih tipis. Grameds cukup menyisir belakang atau samping supaya mendapatkan kesan rapi dengan mudah.

7. Short and spiky

https://channel-korea.com/

Gaya potongan rambut spiky merupakan salah satu model potongan rambut rambut yang telah populer sejak lama. Meskipun begitu, gaya rambut yang satu ini tetap dianggap fashionable dan mengikuti perkembangan zaman. Ciri khas dari gaya potongan rambut spiky adalah potongan rambut yang ada pada bagian atas yang meruncing berdiri, dan rambut yang tipis di bagian samping yang bisa memberikan kesan jenjang pada wajah.



Tampilan rambut ini memang terkesan acak – acakan, tetapi untuk mempermudah penataan rambut, Grameds dapat mengaplikasikan hair spray, pomade, atau gel. Model rambut ini dapat menimbulkan kesan yang macho dan maskulin.

8. Pompadour

https://www.pinterest.com/

Gaya rambut pendek rapi model pompadour ini sangat pas bagi Grameds yang mempunyai bentuk wajah oval. Walaupun popularitas model rambut pompadour ini sudah mulai meredup, tetapi beberapa cowok yang telah terbiasa menggunakan pomade masih menggunakan model rambut yang satu ini. Model rambut seperti ini akan meningkatkan kesan macho, maskulin, dan kekinian. Cocok bagi pemilik wajah yang berjenggot maupun tidak, Grameds akan tampak keren ketika memakai model rambut pompadour.

9. Rambut pendek berponi

https://www.kpopmap.com/

Umumnya, potongan rambut poni lebih disenangi di kalangan perempuan. Walau demikian, bagi Grameds yang memiliki bentuk wajah oval tak perlu ragu untuk mencoba potongan rambut poni ini. Model rambut cowok berponi mulai tenar bebarengan dengan munculnya K – Pop dan K – Drama di Indonesia.

Nah, bagi Grameds yang menginginkan wajah tampak lebih manis dapat menggunakan rambut model poni seperti artis Korea. Terutama bagi Grameds yang mempunyai dahi lebar, model rambut ini juga bisa menutupinya. Grameds bisa menambahkan aksesori seperti kacamata untuk menyempurnakan penampilan.

10. Quiff

https://www.pinterest.com/

Bagi Grameds yang ingin tampak lebih keren dan maskulin, potongan rambut pendek model quiff ini bisa sangat cocok bagi pemilik wajah oval. Karena karakter wajah oval yang cenderung memanjang menjadikan model rambut quiff lebih menonjol. Model rambut ini membuat Grameds menjadi mudah saat mengaturnya.

Untuk penataannya, Grameds bisa menggunakan pomade atau clay supaya dapat bertahan lama dan tak merubah bentuknya. Grameds bisa menggunakan model rambut quiff pada acara santai maupun acara resmi.

11. Caesar fade

https://www.pinterest.com/

Model potongan rambut gaya caesar fade mempunyai ciri khas tersendiri yakni pada bagian samping dan pada bagian belakang yang sangat tipis, sedangkan pada bagian atas rambut dibiarkan tetap sedikit panjang. Gaya rambut cowok yang satu ini dibentuk dengan bagian atas yang panjang serta semakin menipis bahkan hingga hilang pada bagian bawah.

Penipisan ketebalan rambut dimulai dari bagian atas kepala hingga ke bagian leher. Gaya rambut caesar fade ini mempunyai kelebihan yakni pada bagian atas rambut bisa disisir ke segala arah sesuai dengan selera Grameds. Gaya rambut caesar fade ini cukup banyak digemari bagi Grameds yang mempunyai selera rambut yang sangat pendek.

12. Disconnect undercut

https://www.koreaboo.com/

Apabila Grameds sudah mempunyai gaya rambut cowok seperti ini bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja. Grameds harus mampu menatanya dengan baik supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Meski ada beberapa gaya yang sulit untuk dibuat dan tak bisa diaplikasikan ke dalam kegiatan sehari – hari karena akan menghabiskan waktu, disconnect undercut ini juga merupakan jenis salah satu model potongan undercut yang terbilang tak mudah untuk dilakukan sehingga yang melakukannya harus benar – benar ahli.

13. Comb over undercut

https://www.dusolbeautysg.com/

Comb over yaitu cara menyisir rambut ke arah atas yang sudah ada sejak lama sehingga menjadi gaya rambut yang dapat dikatakan kontemporer. Model rambut ini menyatukan gaya garis menyisir dan gaya horizontal serta mengkombinasikan dengan undercut pada bagian bawahnya. Akan ada sisi kontras yang tampak antara rambut yang paling bervolume pada bagian atas dengan sisi samping yang cenderung lebih pendek.

Serupa dengan gaya pompadour, sisirlah rambut ke arah atas dengan berbagai gaya. Gunakan pomade supaya rambut yang ada pada bagian atas tetap melekat pada tempatnya. Grameds juga dapat menata gaya rambut ini dengan teknik gradasi. Dari bagian leher rambut dibuat menjadi yang paling tipis. Semakin naik maka akan semakin tebal dan panjang. Meski begitu, pada bagian sampingnya dibuat memudar. Kemudian rambut bagian depan disisir ke atas dan berakhir di bagian belakang.

14. Line up haircut

https://menshairstyletips.com/

Pada awal tahun 2019, model rambut cowok pendek dan rapi masih menjadi salah satu model rambut yang diminati serta banyak digemari oleh para para laki – laki. Salah satunya ialah line up haircut, model rambut pendek yang satu ini sangat simpel. Grameds tak akan kerepotan saat merawat rambut, karena potongan ini memang sangat tipis. Gaya rambut pendek yang pernah digunakan oleh Zayn Malik ini juga bisa banget ditiru oleh para cowok Indonesia.

15. Layered undercut

https://id.pinterest.com/

Model rambut layered undercut ini akan memberikan jenis potongan rambut yang berlayer yang secara otomatis bisa menjadikan rambut tampak lebih bervolume. Grameds dapat request kepada kapster untuk memilih seberapa besar layer yang nantinya akan dikreasikan.

Yang hasrus diperhatikan karena rambut cowok cenedrung lebih mudah panjang maka setidaknya dalam kurun waktu satu bulan sekali, datanglah ke tempat cukur rambut. Tujuannya ialah untuk merapikan rambut supaya tak merusaknya karena terlalu panjang. Bisa juga datang apabila Grameds sudah merasa bahwa rambut sudah terlampau panjang. Memang terbilang cukup merepotkan dan menghabiskan waktu, tetapi jenis gaya rambut ini memang membutuhkan perawatan yang ekstra.

16. Puffy undercut

https://www.kpopmap.com/

Puffy undercut mempunyai ciri khas utama pada bagian atas yang disisir dibuat seakan menggembung sehingga membentuk seperti sebuah jambul. Rambut Grameds harus disisir ke arah atas dan pada rambut bagian tengah harus sedikit panjang. Apabila dibandingkan dengan gaya rambut slicked back, gaya rambut puffy undercut dapat dikatakan lebih sulit dibuat. Diperlukan trik khusus supaya rambut tetap mengarah ke atas.

Grameds dapat menggunakan pomade yang bagus sehingga tatanan rambut tak rentan rusak. Akan sangat baik apabila rambutmu terbilang tebal, bisa juga dengan cara maemakai mousse yang akan membuatnya menjadi semakin bervolume. Perpaduan antara mousse dan pomade akan semakin menambah estetika dari model puff undercut ini.

17. Short neat

https://www.pinterest.com/

Gaya rambut short neat ialah merupakan potongan rambut yang paling sederhana terutama bagi Grameds yang malas memikirkan model rambut dengan terlalu banyak detail. Jika Grameds ingin mencobanya, potong rambut dengan sependek mungkin dan menyisakan bagian atas yang bisa disisir ke arah samping. Untuk memaksimalkan gaya rambut ini, Grameds bisa mengaplikasikan pomade untuk membuat rambut tetap rapi dan makin terlihat ciamik!

18. Curtain cut

https://www.pinterest.com/

Apabila Grameds termasuk generasi 90 – an, pasti sudah tidak merasa asing lagi dengan potongan rambut belah tengah atau yang disebut dengan curtain haircut. Meski tampak simpel, untuk mendapatkan curtain haircut, pertama – tama Grameds harus menumbuhkan rambut hingga menjadi tebal.


Kemudian Grameds bisa membentuknya dengan cara merapikan bagian samping rambut serta pastikan jambang Grameds tercukur dengan rapi. Model rambut klasik yang satu ini kembali tren di kalangan cowok urban dan para cowok yang artsy lho! Jadi sangat cocok bagi Grameds yang menginginkan gaya preppy look.

19. Side swept undercut

https://www.menstylists.com/

Side swept artinya menyisir rambut undercut ke arah pinggir. Dengan gaya rambut yang satu ini Grameds harus membelah bagian pinggir rambut. Side swept undercut lebih pas bagi cowok memiliki bentuk wajah bulat sehingga membiarkan rambut yang ada pada bagian atas menjadi lumayan panjang.

Secara otomatis apabila disisir ke bagian pinggir pada umumnya rambut akan menjadi sedikit menutupi wajah. Untuk Grameds yang merasa kurang nyaman, coba siasati dengan cara menyisirnya ke arah belakang sert menyamping kemudian tambahkan gel rambut atau pun pomade.

Baca juga :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela G

Dunia fashion memang tak ada matinya, bahkan hampir setiap tahun akan muncul tren fashion terbaru. Selain fashion penampilan rambut pun memang tak ada habisnya.