in

12 Manfaat Kincir Angin Untuk Kehidupan Manusia

Manfaat kincir angin untuk kehidupan memang banyak. Mulai dari pembangkit listrik sampai objek wisata. Salah satu negara yang memanfaatkan kincir angin adalah negara Belanda.

Akan tetapi, Indonesia juga memanfaatkan kincir angin untuk kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaat kincir angin? Artikel ini akan membahas mengenai 12 manfaat kincir angin untuk kehidupan sehari-hari.

Manfaat Kincir Angin

Manfaat Kincir Angin1. Pembangkit listrik

Ini adalah manfaat kincir angin dalam kehidupan yang sangat sering dijumpai. Kincir angin dapat dijadikan sebagai pembangkit listrik. Pembangkit ini bisa mengkonversikan energi.

Semula energi angin dapat diubah menjadi energi listrik. Hal itu terjadi melalui bantuan dari kincir angin. Pembangkit ini mengandalkan sumber dari angin.

Angin akan digunakan sebagai sumber energi yang merupakan sistem alternatif. Energi ini terbilang berkembang dengan pesat. Hal ini juga didukung dari fakta bahwa angin adalah salah satu energi yang tidak terbatas di dunia ini.

Cara kerja dari pembangkit tenaga angin ini terbilang cukup sederhana. Energi yang berasal dari angin akan memutar kincir. Selanjutnya, energi tersebut akan diteruskan.

Berkat proses tersebutlah baling-baling pada generator akan berputar. Baling-baling tersebut berada pada bagian belakang kincir angin. Melalui proses-proses sebelumnya, maka energi listrik akan muncul.

Manfaat kincir angin ini sudah banyak diketahui. Terutama bagi masyarakat di negara Belanda. Mereka menggunakan kincir angin sebagai pembangkit listrik.

Melalui kincir angin, generator yang ada di kota-kota bisa menyala. Di samping manfaatnya yang besar, ternyata manfaat kincir angin untuk pembangkit listrik juga memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari kincir angin sebagai pembangkit listrik.

  • Butuh lebih dari satu kincir angin atau banyak kincir angin untuk membangkitkan listrik satu kota.
  • Proses pembangunan kincir angin cukup rumit

2. Alternative penggunaan bahan bakar fosil

Manfaat kincir angin juga ternyata dapat digunakan sebagai alternatif penggunaan bahan bakar fosil. Kincir angin adalah alternatif yang baik. Contohnya seperti bahan bakar minyak dan gas alam.

Melalui manfaat kincir angin untuk sumber energi, maka cadangan bahan bakar fosil dapat berkurang penggunaannya. Maka dari itu, bahan bakar fosil tidak akan digunakan terlalu sering. Hal itu karena adanya energi alternatif dari kincir angin.

Dikatakan sebagai energi alternatif karena energi angin selalu ada. Energi angin adalah salah satu energi yang dapat diperbaharui. Dalam arti lain, tidak akan habis.

Kincir Angin Membelah Bukit Pabbaresseng Kabupaten Sidenreng Rappang
Kincir Angin Membelah Bukit Pabbaresseng Kabupaten Sidenreng Rappang

tombol beli buku

3. Energi yang ramah lingkungan

Manfaat kincir angin juga bisa membantu menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Hal ini karena kincir angin adalah sumber energi yang terbilang ramah lingkungan. Kincir angin tidak menimbulkan polusi pada udara.

Tentu hal ini berbeda dengan bahan bakar yang lain. Beberapa jenis bahan bakar lain akan menimbulkan polusi udara. Polusi udara tersebut lama kelamaan akan mengancam kesehatan dan kelangsungan kehidupan makhluk hidup.

Contohnya seperti energi bahan bakar minyak. Energi tersebut akan menyebabkan polusi udara. Lapisan ozon bumi juga akan tercemar karena polusi udara.

Baca Juga: Sumber Energi Bunyi; Pengertian, Jenis, Sifat dan Manfaat

4. Membantu proses pemotongan kayu

Manfaat kincir angin juga dapat digunakan untuk proses pemotongan kayu. Ini adalah manfaat yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Sangat berguna, terlebih bagi para pengrajin kayu.

Kincir angin memiliki kekuatan untuk menggerakkan generator. Generator ini selanjutnya akan digunakan untuk menjalankan gergaji. Setelah itu gergaji akan memotong kayu.

Proses ini dilakukan tanpa menggunakan bahan bakar minyak. Hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih ekonomis. Selain itu, metode yang digunakan ini juga tidak akan menimbulkan polusi udara sehingga ramah lingkungan.

Beberapa pabrik yang bergerak dalam bidang pemotongan kayu atau saw mill juga memanfaatkan kincir angin. Pabrik-pabrik tersebut menggunakan kincir angin untuk membantu proses pemotongan kayu.

Manfaat Kincir Angin

Manfaat Kincir Angin5. Mengeringkan hasil panen

Ini juga salah satu manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari hari. Kincir angin dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan hasil panen. Ini dilakukan sebelum hasil panen ditumbuk atau diolah lebih jauh.

Proses ini juga dilakukan dengan cara yang cukup sederhana. Cukup meletakan hasil panen pada bagian bilah-bilah kincir angin. Setelah itu membiarkan kincir angin berputar.

Melalui proses ini, air yang ada di dalam hasil panen yang tersisa akan tiris. Cara ini juga akan membuat hasil panen lebih cepat kering. Maka hasil panen dapat dilanjutkan pada tahap selanjutnya.

6. Membantu proses penggilingan padi

Membantu dalam proses penggilingan padi juga termasuk salah satu manfaat kincir angin. Kincir angin memang memiliki banyak manfaat dalam bidang pertanian. Kerap kali kincir angin akan dimanfaatkan oleh industri penggilingan padi. Umumnya industri penggilingan padi tersebut menggunakan kincir angin untuk menyalakan generator. Ini sama seperti proses pemotongan kayu.

Generator tersebut akan menyuplai kebutuhan listrik. Setelah itu, alat penggiling padi akan menyala. Hal ini tentu lebih baik dan lebih efektif.

Melalui kincir angin, kegiatan penggilingan padi menjadi lebih ekonomis. Tidak hanya itu, karena penggunaan energi angin menjadikannya ramah lingkungan. Manfaat lain yang didapatnya adalah dapat membantu meningkatkan jumlah produksi dari penggilingan padi itu sendiri.

Energi Angin
Energi Angin

tombol beli buku

Buku ini akan membahas mengenai energi terbarukan, yaitu energi angin. Energi terbarukan adalah bagian dari usaha sebagai jawaban untuk mengatasi persoalan energi. Energi angin adalah salah satu pilihan yang efektif untuk penghasil listrik, penggerak pompa, dan untuk aplikasi lainnya. Beberapa daerah di Indonesia berpotensi untuk didirikan turbin angin, seperti di Pantai Selatan Pulau Jawa, NTB, NTT, dan Sulawesi Selatan yang memiliki kecepatan angin 3 s.d. 6 m/s. Di samping dapat didirikan di dataran rendah, turbin angin juga cocok dibangun di pesisir pantai, pegunungan, bahkan di dataran tinggi.

7. Penyaluran air dalam irigasi

Manfaat kincir angin ternyata dapat digunakan sebagai penyalur air. Proses ini dilakukan dalam irigasi. Cara kerjanya berbeda dengan kincir air.

Kincir angin ini akan menggunakan energi angin. Melalui energi angin, maka baling-baling akan berputar. Manfaat kincir angin untuk penyaluran air dalam irigasi juga besar.

Kincir angin dapat mengalihkan aliran air. Maka air dari parit satu ke parit lainnya dapat mengalir dengan sendirinya. Saluran irigasi satu dengan saluran irigasi lainnya akan mengalir dengan sendirinya. Maka dari itu, ini akan menguntungkan para masyarakat dalam mengaliri air.

8. Digunakan untuk pompa air dan penyalur air

Manfaat kincir angin selanjutnya dapat digunakan sebagai pompa air. Selain itu, manfaat kincir angin juga dapat digunakan untuk penyalur air. Kincir angin dapat dimanfaatkan sebagai alat yang akan menyalurkan air.

Melalui kincir angin, air dari suatu tempat dapat tersebar ke tempat lain. Prinsip kerja ini hampir sama dengan prinsip kerja kincir angin untuk saluran irigasi. Akan tetapi, kincir angin pada proses ini akan membawa air.

Air akan menuju penampungan. Inilah yang membuat manfaat kincir angin seperti pompa air. Melalui alat ini, masyarakat tidak perlu repot menimba air.

Manfaat Kincir Angin

Manfaat Kincir Angin9. Membantu mengalihkan arah angin

Manfaat kincir angin ini sering sekali tidak disadari. Kincir angin adalah salah satu benda yang sering dimanfaatkan ketika mengalihkan arah angin. Ini biasanya digunakan saat cuaca sedang berangin.

Terlebih jika terjadi angin kencang. Ini akan membuat energi angin yang muncul menjadi tersalurkan. Energi angin tersebut akan mengarah ke kincir angin.

Maka dapat mereduksi serta mengecilkan risiko angin besar yang mungkin muncul. Selain itu, hal ini juga akan melindungi rumah-rumah serta perkebunan milik masyarakat sekitar.

10. Objek wisata

Manfaat kincir angin ini adalah manfaat lain dari adanya kincir angin. Kincir angin yang berada pada jarak yang berdekatan tentu memiliki daya tarik tersendiri dalam wilayah tersebut. Melalui hal ini, kincir angin dapat digunakan sebagai objek wisata.

Salah satu contohnya adalah kincir angin yang ada di Belanda. Banyak sekali turis atau wisatawan asing yang tertarik dengan kincir angin disana. Ini membuat potensi pariwisata di daerah tersebut akan meningkat.

11. Untuk ornamen dan hiasan

Manfaat kincir angin ini memang hampir mirip seperti point sebelumnya. Ada beberapa daerah yang tidak hanya menggunakan kincir angin sebagai pembantu kehidupan sehari-hari saja. Daerah tersebut juga menggunakan kincir angin sebagai ornamen atau hiasan.

Contohnya seperti dekorasi dan hiasan untuk rumah-rumah. Hal ini terjadi karena kincir angin memiliki bentuk yang untuk. Inilah yang menarik minat orang-orang yang menggunakan kincir angin sebagai hiasan atau ornamen.

Seri Literasi Remaja: Mengenal Belanda Lebih Dekat
Seri Literasi Remaja: Mengenal Belanda Lebih Dekat

tombol beli buku

Buku Mengenal Belanda Lebih Dekat menyelami negeri Belanda melalui hal-hal yang bisa diamati, seperti bangunan, arsitektur, dan aktivitas manusia serta memperkayanya dengan berbagai informasi dan literatur dalam konteks sosial budaya dan sejarahnya. Buku ini mengisahkan pengalaman unik penulis, saat berkelana ke sejumlah kota di Belanda. Selain itu, buku ini juga memaparkan tempat-tempat wisata, kebijakan publik, dan hal-hal unik serta fenomena menarik lainnya.

12. Sebagai sarang dan tempat tinggal burung

Manfaat kincir angin ini sering tidak kita sadari. Terkadang kincir angin akan dimanfaatkan burung untuk menjadi sarang atau tempat tinggal. Umumnya, tinggi kincir angin mencapai 5 meter.

Tinggi tersebut hampir sama dengan beberapa jenis tinggi pohon berkayu. Inilah yang membuat burung menjadikan kincir angin sebagai sarangnya. Burung-burung akan tinggal di kincir angin.

Selain itu, kincir angin juga umumnya berada di area perkebunan atau peternakan. Jenis burung yang menjadikan kincir angin sebagai tempat tinggal beragam. Akan tetapi, biasanya seperti burung merpati, burung gagak dan burung gereja.

Manfaat Kincir Angin di Indonesia

Kincir angin sangat terkenal di negara Belanda. Akan tetapi, Indonesia juga mengembangkan kincir angin. Seperti yang dilakukan pada tahun 2018 lalu.

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia telah meresmikan memanfaatkan pembangkit listrik tenaga bayu atau PLTB. Arti nama Bayu tersebut diambil dari bahasa Jawa. Menurut bahasa Jawa, Bayu berarti angin.

Itulah yang membuat nama Bayu digunakan. Kemudian disematkan pada PLTB. Pembangkit listrik tenaga bayu ini sudah mulai dioperasikan. Operasi pada wilayah-wilayah yang memiliki potensi angin yang besar.

PLTB yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ini berada di Sidenreng Rappang atau Sidrap. PLTB ini terletak pada Desa Mattirotasi, kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Pembangkit listrik tenaga bayu ini akan siap menghasilkan tenaga listrik. Sejumlah 30 kincir angin berada disana.

Kincir angin tersebut akan menghasilkan listrik sebesar 75 Megawatt atau MW. Serta diperkirakan dapat mengaliri listrik sebanyak 70.000 pelanggan yang ada di Sulawesi Selatan. Daya listrik yang akan dihasilkan rata-rata sebesar 900 volt Ampere.

PLTB Sidrap terpasang pada lahan dengan luas 100 hektare. Jumlah turbin mencapai 30, serta tingginya 80 meter. Adapun panjang baling-baling mencapai 57 meter.

Itulah 12 manfaat kincir angin untuk kehidupan sehari-hari. Temukan hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Baca Juga: 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih