in

10+ Jenis Tanaman Pakis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mempunyai tanaman hias dapat membuat rumah kamu tampak indah, mempesona, dan menarik perhatian bagi seseorang yang melihatnya. Tanaman pakis ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan terbaik guna menjadikan rumah kamu terlihat berbeda.

Merawat tanaman adalah salah satu hobi yang sangat menarik. Khususnya bagi kamu yang sekarang ini mempunyai waktu luang yang lebih untuk berada di rumah, tentunya mencoba merawat tanaman merupakan hobi baru yang sangat mengasyikkan, dan menyenangkan.

Dengan merawat tanaman kamu dapat menghilangkan rasa stress, serta dengan adanya tanaman ini bisa membuat rumah kamu terlihat menarik, dan mempesona.

Kini, terdapat banyak sekali tanaman hias yang dapat dipakai masyarakat untuk mempercantik, dan memperindah rumahnya. Salah satu jenis tanaman hias yang memiliki bentuk yang menarik, yaitu tanaman pakis.

Tanaman pakis merupakan salah satu tanaman hias yang perawatan cukup mudah untuk dilakukannya, serta tidak memerlukan penanganan yang sangat ekstra. Supaya kamu dapat merawat tanaman pakis hias di lingkungan rumah kamu sendiri secara mudah, maka alangkah baiknya kamu mengenal lebih dalam lagi mengenai tanaman hias pakis ini.

Mulai tentang tanaman pakis, jenis tanaman pakis, hingga dengan manfaat tanaman pakis. Nah, bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari simak pembahasan berikut ini ya.

Tentang Tanaman Pakis

Tanaman pakis merupakan salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh, dan berkembang dengan memakai spora, sehingga tanaman hias ini berbeda dengan tanaman lainnya yang tumbuh dari biji-bijian. Tanaman pakis ini mempunyai nama latin dengan nama yaitu Polypodiophyta.

Tak cuma itu saja, tanaman hias ini dapat dimanfaatkan sebagai berbagai hal yang berbeda-beda, contohnya obat-obatan, makanan, hingga sebagai tanaman hias. Selain itu, tanaman ini juga cukup ampuh untuk mengurangi jumlah polutan yang berada di dalam tanah. Berkebun tanaman hias pakis di rumah kamu sendiri adalah salah satu hobi yang sangat mengasyikkan, dan menyenangkan.

Tanaman pakis ini sendiri mempunyai beraneka ragam. Tiap ragam dari tanaman pakis ini memiliki kelebihan, dan juga kekurangannya masing-masing. Sebelum kamu merawat tanaman pakis ini, tak ada salahnya untuk mengenali ragam dari tanaman pakis, supaya ketika kamu merawat tanaman pakis tidak ada kesalahan merawatnya. Berikut ini terdapat beberapa jenis tanaman pakis yang sangatlah beraneka ragam. Apa sajakah itu? Yuk kenali terlebih dahulu.

 

1. Tanaman Pakis Boston

Pakis BostonTanaman pakis boston merupakan salah satu jenis tanaman pakis yang cukup terkenal dan populer. Tanaman ini mempunyai nama lain yang cukup dikenal oleh masyarakat, nama lain dari tanaman pakis boston ini adalah tanaman pakis sedang.

Jenis tanaman pakis ini biasanya memerlukan keadaan lingkungan yang hangat supaya dapat tumbuh, dan berkembang dengan normal. Tentunya kamu perlu memastikan juga bahwa tanaman pakis yang kamu rawat telah kamu letakan ke tempat yang terkena pancaran sinar matahari secara tidak langsung, hal itu dilakukan supaya tanaman pakis kamu dapat tumbuh dengan normal, dan mempunyai warna yang cerah.

Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menghindari penanaman dengan menempatkan tanaman pakis pada tempat yang terbuka maupun terkena sinar matahari secara langsung. Sebab dapat mengakibatkan tanaman itu mati dengan cepat.

Serta pastikan tanah yang kamu gunakan mempunyai kelembaban yang sesuai atau pas, dan tidak terlalu becek, hal itu dilakukannya supaya tanaman kamu tidak mudah busuk dengan cepat.

 

2. Tanaman Pakis Staghorn

Pakis Staghorn (Foto: Trees)

Apabila kamu tertarik, dan menginginkan rumah kamu tampak unik, dan indah, maka kamu bisa menjadikan tanaman pakis staghorn sebagai pilihannya. Jenis tanaman pakis ini tidak tumbuh pada tanah, dan tidak pula mengeluarkan akar, tetapi tanaman ini tumbuh dan berkembang dengan menggunakan tanaman lain sebagai rumah utamanya. Tanaman pakis staghorn akan tumbuh, dan berkembang layaknya seperti tanduk yang indah, dan megah.

Pakis Staghorn merupakan salah satu jenis tanaman hias pakis yang kerap kali dikenal oleh masyarakat sebagai sebuah karya seni yang sangat indah, dan mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi.

Perawatan tanaman ini tidak memerlukan sinar matahari yang banyak, sehingga kamu bisa menanam tanaman ini dengan meletakkan di lingkungan rumah khususnya berada di tempat teduh, contohnya di dalam rumah.

 

3. Tanaman Pakis Haji

Tanaman Pakis Haji (Foto: wikipedia)

Tanaman pakis haji merupakan salah satu jenis tanaman pakis yang cukup populer di negara Indonesia. Tanaman ini mempunyai kemiripan dengan salah satu tanaman lain yakni tanaman palem.

Jenis tanaman ini dapat tumbuh, dan berkembang dengan sangat besar, jika perawatan maupun pemeliharaan dengan sangat baik. Tanaman pakis haji dengan ukuran besar mempunyai bagian batang yang dapat dikonsumsi, karena terdapatnya sebuah kandungan pati yang sangat tinggi.

 

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

4. Tanaman Pakis Kangaroo Paw

Pakis Kangaroo Paw
Pakis Kangaroo Paw (Foto: Flower Plant)

Sesuai dengan namanya, jenis tanaman pakis ini berasal dari negara Australia. Tanaman pakis kangaroo paw mulai ada, ketika tanaman tersebut diekspor ke negara Indonesia, dan kemudian dibudidayakan supaya dapat tumbuh serta berkembang dengan mudah.

Tanaman ini berhasil tumbuh di Indonesia disebabkan oleh adanya iklim negara Indonesia yang hangat. Tanaman pakis jenis ini biasanya ditanam di lingkungan rumah, atau tepatnya berada di dalam rumah.

Tanaman pakis kangaroo paw mempunyai warna yang berbeda dengan jenis tanaman pakis lainnya. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna lebih cerah, dan bisa memantulkan cahaya, dibandingkan jenis tanaman pakis lainnya yang memiliki warna yang tidak dapat memantulkan cahaya.

 

5. Tanaman Pakis Buaya

Pakis Buaya
Pakis Buaya (foto: tokopedia)

Jenis tanaman pakis yang kelima ini yaitu tanaman pakis buaya. Tanaman ini mempunyai tekstur daun yang sangat indah, dan menarik sebab tanaman pakis buaya mirip dengan kulit buaya. Walaupun begitu, tampilan pada tanaman tersebut tetap terlihat sangat cantik.

Perawatan untuk tanaman ini memerlukan perawatan yang sangat kompleks supaya tanaman dapat hidup, tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tanaman pakis buaya tidak tahan terhadap cuaca maupun udara dingin, sebab tanaman ini memerlukan tempat yang hangat, contohnya di dalam rumah.

Kamu juga perlu menghindari penempatan tanaman, jangan tempatkan tanaman pada tempat yang dekat dengan jendela rumah, karena hembusan angin malam yang dingin tersebut dapat mengakibatkan tanaman menjadi layu, dan tidak dapat tumbuh dengan subur.

 

6. Tanaman Pakis Cinnamon

Pakis Cinnamon (Foto: Meadows Farms)

Tanaman pakis cinnamon merupakan salah satu jenis tanaman pakis yang dapat tumbuh, dan berkembang dengan besar, sehingga membutuhkannya sebuah tempat penanaman yang cukup luas. Hindarilah penanaman pakis cinnamon menggunakan sebuah pot dengan ukuran kecil, sebab dapat mengakibatkan tanaman kekurangan asupan gizi.

Berbeda layaknya jenis tanaman pakis yang lainnya, jenis tanaman pakis cinnamon satu ini sangat kuat, karena mempunyai ketahanan yang cukup tinggi terhadap panas maupun sinar matahari. Apabila kamu hendak menanam tanaman pakis jenis ini, kamu bisa menempatkan ke tempat yang panas.

Kamu juga perlu untuk memastikan selalu menyiram tanaman pakis cinnamon setiap hari atau secara rutin, supaya tanaman tersebut dapat terhindar dari kekeringan yang dapat mengakibatkan daun tanaman ini berubah warna menjadi kecoklatan.

 

7. Tanaman Pakis Maidenhair atau Suplir

Pakis Maidenhair atau Suplir
Pakis Maidenhair (foto: tokopedia)

Tanaman pakis maidenhair atau yang disebut juga dengan pakis suplir, merupakan salah satu tanaman yang cukup kompleks, dan mempunyai banyak daun yang sangat indah, serta terurai jatuh layaknya seperti rambut.

Dibalik keindahan, dan kecantikan tanaman ini terdapatnya suatu kelemahan, yakni tanaman pakis maidenhair tersebut tidak tahan terhadap cahaya matahari, sehingga perlu menyimpannya, dan menempatkan di tempat yang teduh, dan terhindar dari sinar matahari atau panas.

Apabila, kamu terlalu lama meletakkan tanaman kamu di tempat panas, maka resiko yang terjadi yaitu daun pada tanaman ini akan terbakar dan tidak dapat tumbuh secara normal kembali.

Tanaman pakis ini biasanya juga dijadikan sebagai hiasan ruangan, maka tak heran jika tanaman pakis suplir banyak diburu oleh banyak orang, terlebih-lebih bentuk kelopaknya pada daunnya yang sangat unik menambah daya tarik tersendiri.

Tanaman suplir dianggap sebagai jenis tanaman pakis yang cukup sulit tumbuh, namun kamu tak perlu khawatir karena kunci dalam penanaman tanaman ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan media tanah yang selalu lembab supaya tanaman kamu dapat tumbuh secara normal.

Tanaman ini dapat tumbuh secara liar di antara bebatuan alam. Jadi kamu tak perlu bingung lagi dalam merawat tanaman suplir, sebab kamu hanya perlu memastikan kelembaban dan menjauhkan dari sinar matahari secara langsung.

 

8. Tanaman Pakis Lady

pakis lady
pakis lady (foto: shopee)

Tanaman pakis lady merupakan salah satu jenis tanaman hias pakis yang sangat indah, dan megah. Tanaman ini memiliki susunan daun yang dapat tumbuh dengan subur, dan berubah menjadi tinggi sesuai dengan keadaan tanah yang ada.

Jenis tanaman pakis ini juga memerlukan tanah yang banyak mengandung humus, supaya tanaman dapat tumbuh dengan subur. Maka kamu perlu untuk menggemburkan tanah, dan memberikan pupuk terlebih dahulu ketika menanam tanaman pakis lady di lingkungan rumah.

Tak hanya cukup sampai disitu saja, tanaman pakis lady dengan perawatan terbaik dapat dijual dengan harga yang tinggi atau fantastis. Tanaman ini dapat kamu tanam secara sejajar, sehingga bisa membentuk sebuah pagar hijau pada halaman depan rumah.

 

9. Tanaman Pakis Kelabang atau Nephrolepis

Tanaman Pakis Kelabang
Tanaman Pakis Kelabang (foto: lazada)

Tanaman pakis kelabang adalah salah satu jenis tanaman hias pakis yang sedang populer hingga sekarang ini sebagai salah satu tanaman yang berada di dalam ruangan. Jenis tanaman pakis ini biasanya sangat cocok hidup di dalam ruangan atau tanpa memerlukan sinar matahari secara langsung, maka perawatan untuk tanaman ini tidak memerlukan banyak perawatan.

Bentuk tanaman pakis kelabang ditandai dengan terdapatnya sebuah daun bertekstur lembut, bercabang rapi dari ujung ke ujung. Ketika dilihat sekilas tanaman ini menyerupai bentuk tubuh dari kelabang yang berbuku-buku. Meskipun begitu, jenis tanaman pakis ini tidak terlalu menyeramkan, justru tampilan pada tanaman ini terlihat rapi, dan terkesan membawa suasana yang adem.

10. Tanaman Pakis Bambu Air atau Equisetum Hyemale

Pakis Bambu Air (foto nurserybuy)

Tanaman pakis bambu air berasal dari keluarga tanaman pakis dengan bentuknya yakni bambu mini yang tipis. Tanaman tersebut memiliki ketinggian hampir mencapai 3 meter. Jenis tanaman ini seringkali dijadikan sebagai salah satu tanaman hias khususnya untuk pagar air di sekitar rumah.

Bentuk tanaman yang manis dengan warna hijaunya yang segar membuat tampilan pada tanaman ini terlihat semakin unik dengan adanya cincin berwarna coklat di antara sendi-sendi pada rongga batang yang bertumbuh daun membuat tanaman ini menjadi indah.

Pada biasanya tanaman pakis bambu air memerlukan media tanam berupa sebuah pot dan tanah yang telah direndam air. Selain menggunakan media tanam itu, kamu bisa memakai media tanam berupa lumpur.

11. Tanaman Pakis Kulit atau Leatherleaf Fern

Pakis Kulit
Pakis Kulit (foto: shopee)

Jenis tanaman pakis yang satu ini merupakan salah satu tanaman yang seringkali kamu temui atau jumpainya. Tanaman pakis kulit biasanya dipakai sebagai pelengkap atau filler rangkaian bunga, leatherleaf fern kemudian hadir dengan daun tulangnya yang memiliki bentuk jari, dan daun kecil bergerigi.

Karena tanaman tersebut memiliki manfaat ornamental yang cukup tinggi, budidaya jenis tanaman pakis ini dibanjiri oleh banyak pesanan dari pasaran. Kamu tak akan kesulitan lagi untuk mencari bibit leatherleaf yang berkualitas, kamu cukup mengikuti cara penanaman tanaman itu dengan baik. Maka nantinya akan menghadapi tanaman yang cantik.

12. Tanaman Pakis Sarang Keriting atau Bird’s Nest Fern

Pakis Sarang Keriting
Pakis Sarang Keriting (foto: bukalapak)

Tanaman Bird’s Nest Fern memiliki julukan yaitu tanaman berdaun keriting, apabila dilihat secara sekilas tanaman tersebut mempunyai tumpukan daun keriting yang hampir menyerupai sebuah sarang burung. Selain itu, tanaman ini dikenal dengan nama ilmiah yakni Asplenium Nidus.

Sama layaknya jenis tanaman pakis lainnya, hanya saja yang membedakan tanaman pakis jenis ini dengan yang lain terletak pada bentuk daunnya yang menyerupai sarang burung. Meskipun begitu, tanaman pakis sarang keriting dapat bertahan dalam berbagai suhu ruangan, baik bersuhu dingin maupun panas.

Sehingga kamu tak perlu bingung untuk menempatkan di daerah terbuka atau tertutup. Adaptasi tanaman yang cukup baik, membuat daya tarik tersendiri dari tanaman ini. Bagi kamu yang ingin menanam jenis tanaman ini kamu bisa menaruhnya pada pot.

13. Pakis Ostrich Muda atau Pakis Sayur

Jenis Tanaman Pakis Sayur

Jenis Pakis Ostrich ini bisa menghasilkan daun yang megah dengan membentang sampai lima kaki panjangnya. Untuk menanam jenis pakis ini Grameds membutuhkan lahan yang cukup luas agar Pakis Ostrich bisa tumbuh lebih maksimal. Hal ini berdasarkan karakteristik tanaman ini yang tumbuh secara menjalar yang biasanya bisa mencapai tinggi dan lebar sampai tiga kaki. Bahkan bisa tumbuh lebih besar lagi. 

Pakis Ostrich adalah salah satu jenis tanaman pakis yang bisa dikonsumsi, terutama pada bagian pucuknya yang masih muda. Pakis Ostrich muda memiliki warna hijau yang masih muda pemula dan mudah untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Salah satunya dibuat lalapan atau ditumis dengan bumbu sederhana pun sudah sangat enak. 

Grameds juga bisa dengan mudah menemukan tanaman pakis ini hidup liar di hutan. Itulah sebabnya banyak pula orang yang berburu atau sengaja mencari Pakis Ostrich muda untuk dijadikan olahan di rumah atau dijual di tempat-tempat sayur. 

14. Jenis Tanaman Pakis Asparaga

Jenis Tanaman Pakis Asparaga

Tanaman Pakis Asparagus adalah salah satu jenis pakis yang mungil dan unik, meskipun ada beberapa ahli botani yang menganggap bahwa Pakis Asparagus bukan lah jenis tanaman pakis. Pakis Asparagus yang bernama latin Asparagus Aethiopicus ini memiliki bentuk cabang batang yang panjang dan kaku dengan daun kecil-kecil yang tumbuh berjari- jari. 

Sekilas tampilannya seperti jarum dalam formasi menyirip sehingga memberikan kesan yang sangat ringan dan minimalis. Cabang- cabang batangnya melengkung sehingga cocok menjadi tanaman hias yang ditanam dalam keranjang gantung. Ukurannya yang mungil sangat cocok menjadi penghias yang minimalis pula. 

Bentuknya yang lucu membuat Pakis Asparagus banyak dicari orang. Jenis pakis ini lebih mudah beradaptasi pada kelembaban dan pencahayaan. Jadi Grameds tidak perlu terlalu ribet mengurusnya. Namun jika salah perawatan, Pakis Asparagus akan mudah mati karena struktur tumbuhannya yang sangat ringkih. 

Struktur Tanaman Pakis

Berikut ini merupakan struktur tanaman pakis yang dibedakan menjadi tiga bagian, diantaranya sebagai berikut:

1. Bagian Akar

Seperti layaknya tanaman pada umumnya, tanaman ini mempunyai akar dengan bentuk serabut, pada bagian ujung akarnya mempunyai sebuah kaliptra atau pelindung akar.

2. Bagian Batang

Struktur tanaman yang kedua adalah batang. Pada bagian batang tanaman ini mempunyai batang yang cukup pendek yakni 0.5 mm. Selain itu, terdapat pula jenis tanaman pakis yang tidak mempunyai batang, namun sebetulnya di dalam tanah terdapat sebuah rimpang. Serta terdapat juga jenis tanaman pakis dengan batangnya yang terlihat sampai dengan yang mempunyai cabang, salah satu contohnya yaitu tanaman pakis suplir.

3. Bagian Daun

Daun pada tanaman pakis dibedakan menjadi dua jenis, diantaranya yakni Mikrofil, dan Makrofil. Daun berjenis mikrofil adalah daun yang memiliki ukuran sangat kecil, serta hampir menyerupai sebuah gumpalan yang terdapat pada batang, dan tulang daun. Sementara itu, daun makrofil adalah daun yang mempunyai ukuran seperti pada daun umumnya yang biasanya juga sebagai tempat berfotosintesis.

Ciri-ciri Tanaman Pakis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ciri utama dari tanaman pakis yakni spora. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai pembuluh pengangkut atau dinamakan dengan nama Tracheophyta. Masih terdapat ciri-ciri lainnya, antara lain:

  • Biasanya tumbuh didaerah tropis basah atau lembab
  • Sebagian jenis tanaman pakis ada yang mempunyai daun yang menggulung ketika masih muda, dan memiliki bulu.
  • Dapat berproduksi secara vegetatif dengan memakai teknik peleburan gamet betina dan jantan.
  • Tidak mempunyai bunga, biji, dan buah. Serta cara berkembang biak menggunakan spora.
  • Mempunyai sistem pembuluh pengangkut baik pada akar, daun maupun batang.
  • Sebagian besar jenis tanamannya tidak mempunyai cabang dan tidak pula merambat.

Manfaat Tanaman Pakis Bagi kesehatan

Tak semua tanaman mempunyai kelebihan untuk diolah menjadi bahan makanan kesehatan. Tanaman pakis merupakan salah tanaman hias yang tidak hanya dipakai sebagai hiasan saja, namun juga dapat diolah menjadi sesuatu yang memiliki manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman pakis bagi kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

1. Mengatasi Rematik

Tanaman pakis terbukti dengan baik dapat mengatasi penyakit rematik yang berkepanjangan. Di dalam tanaman ini terdapatnya sebuah kandungan berupa Tiamin dan Vitamin B yang sangat baik bagi syaraf sekaligus dapat mengurangi sakit akibat rematik.

2. Menyehatkan Paru-paru

Tanaman pakis juga mempunyai kandungan yaitu Flavonoid yang sangat baik bagi saluran pernapasan, serta dapat menyehatkan paru-paru.

3. Menguatkan Tulang

Manfaat tanaman pakis yang berikutnya yaitu adanya kandungan zinc dan protein yang cukup tinggi serta berguna membantu dalam hal penguatan tulang, dan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis tanaman pakis dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

4. Menyaring Udara Dari Polutan

Tanaman pakis selain memiliki tampilan yang cantik juga bisa menjadi pembersih udara alami di sekitar lingkungan rumah, termasuk di dalam ruangan. Itulah sebabnya tanaman pakis memiliki warna hijau yang khas dan menghasilkan oksigen yang berkualitas, sekaligus dapat menyerap polutan di udara. 

Nah, itulah penjelasan tentang jenis- jenis tanaman pakis beserta manfaatnya. Apakah Grameds tertarik untuk menanamnya di rumah sebagai tanaman hias? Atau tertarik mencoba sayur pakis? Dalam praktiknya tanaman pakis sebenarnya dekat dengan kehidupan kita, namun masih banyak orang yang menganggap bahwa tanaman pakis adalah tanaman liar atau gulma yang banyak ditemukan di hutan. 

Padahal tanaman pakis memiliki banyak jenis, bahkan bisa mempercantik sudut ruangan rumah menjadi lebih cantik dan nyaman. Cara perawatannya pun cukup mudah, dengan cara memperhatikan karakteristik tanaman pakis. Apakah perlu pencahayaan yang lebih atau justru sebaliknya lebih menyukai tempat yang teduh. Jika Grameds bisa merawat dengan benar, tanaman pakis bisa hidup bertahan lebih lama dan membuat suasana lingkungan menjadi lebih natural dan asri.

 

Manfaat Daun Pakis

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Mencegah anemia
  3. Mengurangi penyakit alzheimer
  4. Baik untuk kesehatan otak

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah