in

Model Rambut Cepak Tentara Keren yang Bikin Pria Terlihat Kece

idntimes.com

Model Rambut Cepak Tentara Keren – Pada dasarnya, ada banyak sekali model rambut pria yang terlihat keren, salah satunya adalah model rambut cepak tentara. Tentara merupakan pekerjaan yang terlihat tegas dan elegan. Dunia militer adalah dunia yang mungkin paling banyak digandrungi, termasuk model baju dan model rambutnya.

Model rambut cepak adalah salah satu potongan rambut pria paling praktis yang digemari oleh banyak kaum adam. Gaya rambut pendek ini dihasilkan dari alat cukur elektrik yang sering dipakai anggota militer di berbagai negara, termasuk TNI.

Jadi, tidak heran kalau banyak orang menyebutnya model rambut cepak TNI. Gaya rambut tentara ini punya banyak kelebihan, mulai dari kepala terasa lebih ringan, tampak awet muda, perawatan mudah, serta mengurangi rambut rontok. Meskipun sekilas sama, ternyata model rambut cepak juga punya banyak variasi. Dimulai dari motif camo, fashion item warna olive, hingga model rambut pria cepak yang identik dengan militer menjadi populer.

Rambut tentara memang terlihat seperti model rambut orang yang gagah. Selain itu, rambut para tentara memang sangat pendek yang berfungsi untuk kenyamanan dalam berbagai situasi sera tidak mengganggu konsentrasi saat bertugas. Selain itu, karena kenyamanannya, maka model rambut yang cepak seperti yang digunakan oleh tentara, banyak juga digunakan oleh masyarakat umum.

Jika kamu, kamu masih bingung untuk memilih model rambut cepak tentara, maka bisa simak artikel ini. Namun sebelum membahas hal itu, ada baiknya kalau kita membahas tentang cara merawat rambut pria ala tentara terlebih dahulu.

Cara Merawat Rambut Pria Ala Tentara

Model Rambut Cepak Tentara Keren
kompas.com

Model rambut pria yang diandalkan kebanyakan tentara adalah potongan rambut yang cenderung pendek, tentunya pria perlu melakukan perawatan keseharian. Rambut cepak bukan berarti tidak untuk dirawat tetapi malah cenderung untuk dirawat.

Tidak rumit, setidaknya langkah-langkah perawatan rambut ini perlu Anda perhatikan. Berikut cara merawat rambut pendek pria ala tentara yaitu:

1. Hindari keramas setiap hari

Untuk mendapatkan potongan rambut yang tertata rapi dan gampang diatur, Anda tidak perlu keramas rambut tiap hari. Justru kulit kepala jadi kering dan kehilangan hidrasi apabila keramas dilakukan tiap hari.

Rambut menjadi tidak lembap dan kurang kelihatan segar. Namun, jika kurang keramas juga rambut akan lepek dan bau. Jadi, sebaiknya keramas dua hari sekali atau sehabis olahraga agar keringatnya hilang.

2. Potong rambut secara rutin

Biar tidak gondrong atau rambut terlalu panjang, pria bisa potong rambut secara rutin untuk menghilangkan rambut bercabang. Setidaknya rapikan rambut 6-8 minggu sekali supaya model rambut pendek yang dihasilkan lebih simetris. Rambut akan terlihat rapi dan keren bila kerap potong rambut.

3. Jangan terlalu banyak menggunakan produk grooming rambut

Untuk pria, produk grooming rambut seperti pomade, gel bahkan cat rambut menjadi produk andalan untuk tampil prima. Namun, bagi yang menginginkan model rambut tentara terlihat lebih macho, coba meminimalisir penggunaan produk-produk tersebut.

Lebih baik lagi, merawat rambut dengan jadwal keramas teratur serta penggunaan kondisioner yang dapat melembutkan serta melembabkan rambut.

Cara Simpel Menata Rambut Cepak

Rambut pria ala tentara yang terkesan maskulin biasanya didominasi oleh potongan undercut. Ciri khas potongan rambut undercut adalah cukuran rambut yang pendek pada bagian samping dan belakang.

Seiring berjalannya waktu, model rambut undercut bisa diaplikasikan dalam berbagai model, tapi ada cara simpel dalam menata rambut berpotongan undercut yaitu :

1. Gunakan pomade

Selalu andalkan pomade untuk membentuk undercut yang maksimal. Berbagai potongan undercut mulai dari undercut pendek hingga panjang seperti classic undercut hingga layered undercut membutuhkan pomade. Pomade digunakan untuk menambah atau mempertegas bentuk serta volume dari potongan rambut undercut.

2. Gunakan sisir bergigi

Gunakan sisir bergigi rapat untuk undercut yang simpel. Untuk memperlihatkan garis rambut pada potongan rambut undercut, pria perlu gunakan sisir dengan gerigi yang rapat. Bisa juga merapikan dengan jari jemari secara perlahan supaya tekstur rambut tidak berantakan.

Model Rambut Pria Tentara Cepak Keren

Bukan hanya model rambut aktor atau seleb pria saja yang bisa menjadi inspirasi. Potongan rambut model tentara atau kepolisian juga boleh dijadikan tolak ukur untuk mendapatkan model rambut pria yang sesuai. Gaya rambut yang maskulin dan tidak ribet tentunya diandalkan bagi pria yang ingin tampil gagah di kesehariannya.

Berikut ini beberapa model rambut pria ala tentara Indonesia yang keren:

1. Model Rambut Tentara Buzz Cut

Model Rambut Cepak Tentara Keren
BukaReview

Kesan rapi dari model rambut tentara buzz cut ini sangat cocok untuk untuk semua jenis rambut pria. Kesan rapi dan maskulin dari model rambut ini diambil dari teknik mencukur dengan menghabiskan seluruh bagian rambut dan hanya menyisakan satu hingga dua sentimeter. Anda bisa meminta kapster untuk menyesuaikan potongan cepak contohnya Agus Yudhoyono berdasarkan bingkai wajahmu.

Biasanya, para kapster tidak menggunakan attachment pada clipper saat mencukur, sehingga hasilnya bisa sangat pendek. Maka dari itu, sebaiknya Anda bilang terlebih dahulu jika tidak ingin potongan rambut tentara yang terlalu pendek.

Potongan rambut buzz cut ini memang pas untuk cuaca yang panas. Apabila matahari bersinar terang maka akan terasa disengat oleh cahaya matahari tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakanlah topi agar keringat Anda tidak mengucur melalui pori-pori kulit kepala.

2. Model Rambut Tentara Butch Cut

Model Rambut Cepak Tentara Keren
Gambar Top

Gaya model potongan rambut butch cut, Anda tidak perlu lagi memikirkan cara produk styling rambut. Gaya rambut seperti ini juga biasa disebut dengan gaya jarhead. Potongan cepak ini memang terlihat sangat umum dalam dunia militer. Biasanya para tentara muda yang baru saja bergabung di akademi, diwajibkan memotong rambutnya dengan model butch cut.

Butch cut lebih pendek daripada buzz cut. Potongan ini juga sangat cocok untuk Anda pemilik wajah persegi, hati, dan oval. Tidak hanya itu, pada bagian rahang akan terlihat tegas dengan gaya rambut ini.

3. Model Rambut Tentara Ivy League Cut

Model Rambut Cepak Tentara Keren
BukaReview

Ivy league bergaya preppy ini telah menjadi pemandangan umum selama bertahun-tahun, terutama selama Perang Dunia II. Model rambut ini adalah versi potongan cepak para angkatan bersenjata yang telah dimodifikasi.

Model ini memberi kesan cerdas dan serius sehingga tampilannya menjadi populer pada tahun 1950-an di kalangan perwira dan personel militer berpangkat lebih tinggi.

Ivy league alias harvard klip ini mirip dengan potongan crew cut seperti pompadour versi pendek. Perbedaan antara Ivy league dengan potongan crew cut terletak pada model rambut yang cukup panjang di atas dengan bagian tipis di samping, sementara lebih pendek di sisi belakang.

4. Model Rambut Tentara Crew Cut

Gaya ini telah populer sejak pertengahan abad ke-18 dan kepraktisannya telah menjadi favorit para pria hingga saat ini. Terdapat dua jenis crew cut, yaitu versi Eropa dan versi Amerika. Untuk Eropa, terkenal dengan keseragaman panjang rambut di seluruh bagian kepala, yakni tidak melebihi 1,5 sentimeter.

Rambut bagian samping dan belakang dibuat lebih tipis, sementara bagian atas dibiarkan panjang dua sentimeter merupakan crew cut gaya Eropa. Sedangkan untuk gaya Amerika, Untuk Anda yang memiliki rambut ikal, akan sangat cocok dengan model rambut ini. Karena potongannya akan membuat volume rambut Anda tampak pas.

Cara terbaik untuk mempertahankan potongan sederhana ini adalah dengan datang ke tukang cukur secara teratur setiap dua minggu sekali. Semua tergantung dengan ketebalan rambut Anda.

5. Model Rambut Tentara High and Tight Cut

Potongan tinggi dan ketat ini sangat rapi dan nyaris habis pada bagian belakang dan samping rambut. Dikarenakan potongan tersebut, maka rambut seakan-akan memberikan kesan runcing pada kepala. Pastikan kapster kamu tidak mencukurnya terlalu tinggi, karena kepalamu akan terlihat tajam.

Model high and tight cut ini sebenarnya sangat identik dengan para prajurit angkatan laut Amerika. Potongan rambut ini sangat pas dan tidak terlalu tinggi, cocok banget, untuk referensi Anda.

6. Model Rambut Tentara Side Part

Model Rambut Cepak Tentara Keren
gatsby.co.id

Gaya rambut pendek yang satu ini, Anda makin stylish sekaligus keren dan maskulin adalah side part. Gaya rambut ini cenderung rapi dan gaya, biasanya tentara Amerika sering menggunakan model rambut ini. Potongan side part lebih mirip dengan pompadour namun lebih pendek dibanding side part.

Gaya khas dari rambut ini adalah alur menyisir ke samping ditambah dengan belahan rambut yang ada di samping kepala Anda. Anda bisa meminta tukang potong rambut Anda untuk memperjelas belahan rambut dengan clipper dan dijamin keren.

7. Model Rambut Tentara Pompadour Military

Cara menata rambut pompadour military adalah pastikan bagian atas rambut Anda volumenya jauh lebih banyak dibanding bagian rambut samping Anda namun rambut bagian samping jangan sampai terlalu tipis.

Gaya pompadour ini juga merupakan gaya rambut yang favorit bagi banyak pria karena kesannya yang rapi, klasik dan elegan. Setelah itu, Anda bisa menggunakan pomade atau minyak rambut untuk menyisir ke belakang atau ke samping rambut bagian atas. Lebih baik lagi, kombinasikan dengan brewok tebal yang menyambung ke jambang juga bakal bikin Anda makin maskulin.

8. Model Rambut Tentara Line Up Haircut

Model rambut pria pendek masih menjadi salah satu model rambut yang diminati dan banyak digemari para pria pada akhir tahun 2022. Salah satunya line up haircut, model rambut pendek yang sangat simpel.

Anda tidak akan repot merawat rambut, karena potongan ini sangat tipis. Gaya rambut pendek misalnya Zayn Malik ini juga bisa banget ditiru pria Indonesia. Tak jarang, para tentara Indonesia juga sering memotong rambut dengan model line up haircut.

9. Model Rambut Tentara Undercut

review.bukalapak.com

Anda sudah memiliki keuntungan tersendiri di saat pria berambut lurus harus menggunakan pomade untuk menambah volume pada rambut. Model rambut undercut cukup populer beberapa tahun terakhir ini di kalangan pria. Meski begitu, bukan berarti kalau model rambut ini tidak bisa digunakan pada seseorang dengan rambut keriting.

10. Potongan Rambut Tentara Caesar Haircut

Model rambut ini cocok untuk Anda yang memiliki tulang pipi yang lebar dan ingin menambah volume bagian atas kepala dengan rambut. Caesar haircut ini juga merupakan gaya rambut pendek yang kekinian banget dan pastinya bikin Anda tetap elegan. Dengan bagian samping tipis seperti buzz cut namun bagian atasnya Anda bisa menambah volume rambutmu.

11. Model Rambut Tentara Afro Fade

review.bukalapak.com

Potongan simpel dan stylish ini bisa menjadi inspirasi pengganti line up haircut. Anda hanya perlu memotong sisi samping kanan dan kiri bagian rambut. Gaya rambut ini cocok untuk pria yang tidak mau terlalu terlihat penuh gaya.

Untuk mempertahankan panjang rambut bagian tengah, maka bisa ditambah dengan gaya rambut yang pas, aura manis pria berkulit gelap seakan terpancar dari gaya rambutnya. Model rambut cepak ini sering diterapkan para prajurit di Indonesia.

12. Model Rambut Tentara Puffy Undercut

Dibandingkan dengan gaya rambut slicked back, gaya rambut ini terbilang lebih sulit dibuat. Hal ini karena dibutuhkan trik khusus agar rambut tetap mengarah ke atas. Anda bisa menggunakan pomade oil based yang bagus sehingga tidak mudah rusak.

Potongan rambut tentara puffy undercut ini memiliki ciri khas pada bagian atas yang disisir menggembung, sehingga membentuk sebuah jambul. Rambut Anda harus disisir ke arah atas maka dari itu rambut bagian tengah harus agak panjang.

13. Model Rambut Tentara Medium Length Textured

Jika Anda memiliki rambut ikal, sebaiknya panjang rambut Anda cukup 2-3 inci saja. Untuk Anda yang memiliki rambut tebal, maka bisa terapkan model rambut medium length textured. Sebaiknya jangan biarkan begitu saja, Anda harus rutin memotongnya agar tetap terlihat rapi.

Gaya rambut ini mengandalkan tekstur rambut natural Anda. Jika Anda memiliki rambut lurus, biasanya rambut Anda akan cepat tumbuh panjang ketika memilih potongan rambut ini.

14. Model Rambut Tentara Natural Textured

Untuk Anda yang memiliki rambut cukup tebal dan bergelombang, tata rambut dengan gaya belah samping mengikuti garis rambut. Karena sudah tebal, sebaiknya Anda tidak perlu memakai gel rambut.

Natural texture adalah model rambut natural yang dapat menjadi pilihan untuk jenis rambut ikal. Dikarenakan rambut ikal lebih susah ditata, biasanya para kapster memotong dengan mengikuti alur rambut. Banyak tentara Indonesia yang tampak keren dengan model rambut menjadi natural.

15. Model Rambut Tentara Spiky Quiff Haircut

Dengan sisi yang lebih pendek dan bagian atas yang spiky ini juga menjadi salah satu model rambut yang masih bisa diterapkan para tentara. Selain itu, karena tidak terlalu pendek, maka model rambut ini sangat pas untuk pria Indonesia. Tekstur runcing pada bagian atas rambut bisa ditata dengan bantuan pomade atau gel rambut.

16. Model Rambut Tentara Mid Fade

BukaReview

Transisi dari panjang ke pendek di sekitar pelipis, akan membuat Anda terlihat bergaya dan cerdas. Untuk tampilan fade standar di 2019, pilihlah potongan mid fade. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memilih versi drop fade, dimana fade turun di bagian belakang telinga dan membuat bentuk busur.

17. Model Rambut Tentara Barely There

Barely there mirip dengan crew cut yang sangat pendek, bedanya rambut cepak barely there sangat rata dan tidak ada fade sama sekali. Meskipun Anda mungkin tidak ingin mencukur habis semua rambut, ada kalanya potongan yang sangat pendek seperti barely there ini bisa sangat cocok untuk gaya hidup Anda.

Demikian pembahasan tentang model rambut cepak tentara keren. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, model rambut cepak tentara yang akan kamu pilih? Jika ingin mencari buku tentang pria, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Model Rambut Pria 2022 dan Cara Perawatannya 
  2. 20+ Rekomendasi Undercut Gaya Rambut Pria, Dijamin Semakin Keren 
  3. 15 Model Rambut Ikal Pria yang Bikin Kamu Makin Gaya
  4. 20 Gata Rambut Pria Korea Style yang Cocok untuk Dicoba! 
  5. 12 Gaya Rambut Keriting Pria yang Trendy dan Modern Saat Ini!


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda