in

20+ Cara Menghilangkan Komedo yang Praktis dan Ampuh

Cara menghilangkan komedo – Memiliki wajah yang cerah dan bersih adalah dambaan setiap orang baik pria maupun wanita karena dengan memiliki wajah yang cerah serta bersih memberikan kepercayaan diri tersendiri bagi setiap individu. Mereka yang memiliki wajah bersih tanpa jerawat atau komedo pastinya akan tampak lebih percaya diri dan membuat orang lain yang melihatnya juga senang dan ingin memiliki wajah yang bersih seperti itu.

Permasalahan pada wajah setiap orang memang berbeda-beda namun ada satu masalah umum yang hampir setiap orang memilikinya yakni permasalahan dengan komedo. Komedo sendiri secara umum diketahui sebagai kumpulan sebum kecil yang menumpuk yang muncul seperti bintik hitam atau putih dan biasanya muncul di sekitar area hidung.

Terbentuknya komedo disebabkan oleh sel kulit mati dan kelebihan produksi kelenjar sebum di kulit. Polusi, kelembaban, dan udara panas dapat mempengaruhi kondisi kulit dan merangsang aktivitas kelenjar sebaceous, yang berujung pada munculnya komedo.

Perubahan hormon juga bisa menjadi penyebab komedo. Perubahan hormon dapat meningkatkan produksi sebum di kelenjar sebaceous, yang dapat memicu pembentukan kehitaman. Perubahan hormonal tersebut antara lain dapat disebabkan oleh pubertas, menstruasi, kehamilan, konsumsi pil KB, dan lain-lain.

Penggunaan kosmetik yang berlebihan juga dapat menyumbat pori-pori kulit yang dapat memicu pembentukan kehitaman. Umumnya orang sering menggunakan spot remover atau pore pack untuk menghilangkan komedo. Namun, dilaporkan bahwa penggunaan air pack ini justru merangsang tumbuhnya komedo lebih subur.

Untuk itu sebagai pengetahuan dalam merawat kulit wajah yang benar pada pembahasan kali ini kami telah merangkum berbagai informasi terkait cara untuk menghilangkan komedo yang benar dan alami serta dapat diterapkan oleh sobat grameds sekalian di rumah nantinya.

Selanjutnya artikel terkait yang membahas mengenai cara untuk menghilangkan komedo dapat disimak berikut ini!

Apa itu Komedo?

Komedo adalah bintik kecil di pori-pori kulit yang berpotensi menimbulkan berjerawat. Komedo biasanya muncul di kulit wajah namun bisa juga muncul di bagian tubuh lain seperti bahu, dada, punggung atau lengan.

Komedo secara umum dibagi menjadi dua jenis yakni komedo dengan bintik hitam (blackhead) dan komedo dengan bintik putih (whitehead). Permukaan whiteheads ditutupi dengan lapisan kulit dan berwarna putih. Pada saat yang sama, permukaan komedo yang hitam terbuka dan terkena udara sehingga menyebabkan warnanya menjadi coklat atau hitam.

Komedo hitam (blackhead) tidak sakit kecuali mereka terinfeksi. Infeksi ini dapat menyebabkan kulit memerah dan membengkak sehingga menimbulkan jerawat. Baik komedo hitam maupun putih bisa menimbulkan masalah wajah berjerawat.

Penyebab komedo

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak menumpuk dan menyumbat pori-pori. Minyak itu sendiri diproduksi oleh kelenjar minyak (sebum) di dalam pori-pori. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang lebih rentan terhadap komedo, di antaranya:

The Architecture of Love | Di balik Pena

  • Kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti konsumsi gula, tepung, dan keju yang tinggi
  • Peningkatan jumlah bakteri di permukaan kulit karena kebersihan kulit yang buruk atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Iritasi pada pori-pori kulit, misalnya akibat cuci muka yang terlalu keras, serta efek samping peeling atau perawatan laser
  • Perubahan hormon seperti pubertas dan menstruasi, yang meningkatkan produksi minyak
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid
  • Kulit terlalu lembab, bisa karena penggunaan pelembab di permukaan kulit atau karena udara yang terlalu lembab.
  • Paparan bahan kimia dalam produk kosmetik seperti isopropil miristat atau propilen glikol
  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula dan lemak
  • Kebiasaan merokok

Cara Menghilangkan Komedo yang Praktis dan Ampuh

  • Cuci muka dua kali sehari

Sumber: NersUnair

Dengan munculnya masalah pada kulit wajah seperti komedo, rutin mencuci muka menjadi hal yang penting untuk menghilangkan komedo membandel. Pada wajah berkomedo sebaiknya mencuci muka minimal dua kali sehari pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Jika wajah Anda banyak berkeringat, seperti setelah berolahraga, cucilah kembali wajah Anda untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel di kulit Anda. Ingatlah juga untuk menjaga kebersihan bantal agar komedo dan jerawat muncul secara teratur.

  • Gunakan plester khusus untuk membersihkan komedo

Sumber: Orami

Komedo di hidung bisa langsung kamu atasi dengan menggunakan koyo khusus untuk membersihkan komedo. Tambalan ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, kotoran, dan pori-pori tersumbat dari hidung Anda. Namun, plester komedo hitam umumnya tidak dapat mencegah kembalinya warna hitam karena tidak mengontrol produksi minyak.

Untuk hasil terbaik dalam menghilangkan komedo hidung, sebelum menggunakan tambalan khusus ini, pastikan Anda menghirup uap dari air panas untuk membuka pori-pori hidung Anda. Setelah itu, baru gunakan tambalan khusus untuk membersihkan komedo. Ingatlah bahwa strip atau tambalan hitam khusus ini tidak boleh digunakan setiap hari karena dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

  • Eksfoliasi

Sumber: Realfood

Cara menghilangkan komedo di hidung yang paling ampuh adalah dengan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Hindari menggosok, karena dapat merusak kulit halus di sekitar komedo dan memicu jerawat meradang. Agar aman, gunakan produk perawatan kulit yang dirancang untuk pengelupasan kulit yang aman, seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA).

Bahan aktif AHA dan BHA dapat membantu mengangkat sel kulit mati, termasuk komedo yang membandel. Ingatlah bahwa AHA dan BHA juga dapat menghilangkan lapisan atas kulit, membuat kulit lebih rentan terhadap iritasi saat terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, saat menggunakan produk perawatan kulit berbahan dasar AHA dan BHA, jangan lupa memakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

  • Lemon dan Madu

Sumber: Beautynesia

Cara alami menghilangkan komedo yang selanjutnya adalah dengan menggunakan olahan lemon dan madu.

Lakukan hal berikut:

  • Campur perasan lemon dengan satu sendok madu dan satu sendok teh gula.
  • Oleskan campuran tersebut secara merata pada area yang terdapat bintik hitam.
  • Kemudian pijat dengan gerakan melingkar.
  • Pijat selama satu hingga dua menit.
  • Bilas dengan air jernih.
  • Anda bisa menggunakan cara alami ini untuk menghilangkan komedo seminggu sekali.

  • Kopi bubuk

Sumber: Fimela

Siapa sangka dengan menggunakan bubuk kopi dan minyak kelapa bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen.

Gunakan masker bubuk kopi sebagai berikut:

  • Campurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir bubuk kopi. Aduk rata dan segera aplikasikan ke wajah.
  • Pijat lembut wajah Anda dengan gerakan memutar di sekitar area wajah Anda yang memiliki komedo.
  • Biarkan selama lima menit.
  • Bilas dengan air dingin.
  • Anda bisa mengulanginya secara rutin, minimal seminggu sekali.
  • Putih telur untuk menghilangkan komedo secara alami

Sumber: Tokopedia

Untuk membersihkan komedo di wajah secara alami, Anda bisa menggunakan putih telur. Kandungan protein pada putih telur tidak hanya efektif menghilangkan komedo, tapi bisa membuat wajah lebih berseri.

Metodenya adalah sebagai berikut:

  • Tempatkan putih telur dalam mangkuk.
  • Tambahkan beberapa tetes jus lemon.
  • Campur sampai keduanya terintegrasi sepenuhnya.
  • Oleskan campuran ini ke seluruh wajah atau di area yang memiliki komedo.
  • Biarkan selama lima menit atau sampai campuran mengering.
  • Setelah kering, pijat wajah untuk menghilangkan minyak.
  • Ulangi perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.
  • Lidah Buaya

Sumber: Beautynesia

Kandungan aloin dan antioksidan yang terdapat dalam lidah buaya membantu mengatasi masalah kulit, termasuk menghilangkan komedo di wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami, ambil gel dari ampas lidah buaya lalu oleskan pada wajah. Tunggu hingga kering lalu cuci.

  • Terapi Uap

Sumber: Fimela

Menghilangkan komedo juga bisa dengan steam therapy lho Sobat Grameds. Pasalnya, uap panas bisa membuka pori-pori di wajah. Ini membuatnya lebih mudah untuk membersihkan kotoran di pori-pori. Metodenya sangat sederhana. Siapkan baskom berisi air mendidih, lalu turunkan kepala di atas permukaan baskom hingga uapnya menyentuh wajah dan biarkan selama 5-10 menit. Ulangi perawatan uap ini dua kali seminggu untuk hasil yang efektif!

  • Bersihkan dengan asam salisilat

Sumber: Momsmoney.id

Seperti yang kamu tahu, sel kulit mati bisa diangkat, salicylic acid atau yang lebih dikenal dengan asam salisilat efektif membersihkan komedo hingga ke pori-pori sobat Graneds. Soalnya, asam ini melembutkan komedo, membuatnya lebih mudah dihilangkan saat wajah dibersihkan. Jaga agar kulit bebas dari komedo dengan menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, seperti B. Perfect Whip Acne Care.

  • Es Batu dan Jeruk Nipis

Sumber: Klikdokter

Menggunakan bahan ini bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami. Air jeruk nipis yang sudah dididihkan dimasukkan ke dalam freezer untuk dijadikan es batu. Kemudian es batu bisa ditekan ke area wajah yang memiliki komedo.

Namun sebelum melakukan itu, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda hingga bersih.

  • Oat

Sumber: Gitacinta.com

Oatmeal juga bisa menjadi bahan alami untuk membersihkan komedo. Oatmeal memiliki tekstur yang hampir mengeksfoliasi, sehingga bisa menjadi pilihan untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk komedo yang membandel.

Anda bisa mencampur oatmeal dengan yogurt. Oleskan masker penghilang komedo alami ke wajah Anda dan tunggu selama 10 menit lalu bersihkan.

  • Teh Hijau

Sumber: kanal247

Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan wajah dan juga menghilangkan komedo. Ambil teh hijau dan dinginkan. Anda bisa menyemprotkannya ke wajah atau mengoleskannya dengan kapas.

  • Kulit jeruk

Sumber: Halodoc

Kulit jeruk tidak hanya memiliki banyak rmanfaat, tetapi juga memiliki khasiat yang luar biasa. Bahkan, lebih banyak vitamin C yang tersimpan di dalamnya. Kandungan antioksidan pada kulit jeruk dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Oleh karena itu, kulit jeruk bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara aman dan alami.

  • Cara menghilangkan komedo secara alami dengan pepaya

Sumber: Kilas.co

Tidak ada keraguan tentang manfaat pepaya untuk kecantikan. Kandungan vitamin E, A dan C di dalamnya mampu meregenerasi kulit, melembabkan dan menutrisi kulit secara alami. Buah ini sering digunakan untuk menghilangkan kotoran dari wajah, mengangkat berbagai sel kulit mati dan membersihkan komedo yang membandel.

Selain dijadikan bahan masker alami, Anda bisa menggunakan pepaya sebagai tabir surya alami.

  • Cara alami menghilangkan komedo dengan tomat

Sumber: RagamIndonesia

Tomat sangat kaya akan vitamin C dan A. Manfaat sayuran ini untuk kulit yaitu memutihkan wajah, menyerap keringat dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, tomat sangat baik untuk kulit berminyak. Potong tomat dan oleskan ke wajah Anda, dengan fokus pada komedo. Biarkan selama beberapa waktu dan setelah kering, bersihkan dengan air.

  • Oleskan masker tanah liat

Sumber: Alodokter

Apakah kulit Anda berminyak dan rentan terhadap komedo? Nah, clay mask atau masker tanah liat bisa jadi pilihan untuk menghilangkan komedo Sobat Grameds. Soalnya, clay mask mengandung sulfur yang membantu merevitalisasi sel kulit mati dan komedo.

Cara pakainya : Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan metode double cleansing, lalu oleskan clay mask pada area wajah. tips berikutnya: saat mengaplikasikan masker, pastikan semua rambut di sekitar dahi terangkat agar tidak tersangkut di masker tanah liat. Kemudian biarkan selama 10-15 menit dan cuci dengan air hangat.

  • Pilih produk non komedogenik

Sumber: Popmama.com

Sudahkah Anda mencoba cara menghilangkan komedo di atas tapi komedo masih ada? Bisa jadi karena produk perawatan kulitmu bersifat komedogenik Sobat Grameds. Sebelum membeli produk apapun, pastikan produk Anda non komedogenik dengan membaca label atau bertanya pada konsultan kecantikan.

Beberapa contoh bahan yang mungkin Anda temukan pada produk perawatan kulit yang dapat memicu munculnya komedo adalah minyak, mentega, dan lilin. Sebaiknya hindari bahan-bahan tersebut dan kurangi untuk mencegah timbulnya komedo.

  • Cuka sari apel

Sumber: Grid.id

Cara alami menghilangkan komedo berikutnya adalah cuka sari apel, yang sangat asam dan dapat mengeringkan kulit. Cuka sari apel juga membantu mengurangi peradangan dan memiliki sifat antibakteri.

Campurkan dua sendok cuka sari apel dengan air hangat lalu oleskan pada kulit wajah. Biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan air.

  • Bersihkan dengan toner bebas alkohol

Sumber: Fimela

Sudahkah Anda mencoba menghilangkan komedo di atas? Kini saatnya memastikan ukuran pori kembali normal dengan mengoleskan toner bebas alkohol. Gunakan toner ini untuk mengecilkan pori-pori yang membesar. Artinya debu dan kotoran tidak bisa masuk dengan mudah sehingga menimbulkan komedo.

  • Mentimun

Sumber: TribunKupang

Mentimun dianggap sebagai bahan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga dapat digunakan sebagai solusi untuk menghilangkan komedo. Jika Anda bermasalah dengan komedo, Anda bisa mencoba masker mentimun.

Berikut adalah cara bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari masker mentimun:

  • Ambil ½ mentimun
  • 1 sendok jus lemon dan 1 sendok jus mint
  • Campur semua bahan dalam blender, tuangkan ke dalam gelas kecil dan dinginkan di lemari es selama kurang lebih 10 menit.
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan
  • Setelah 15 menit, bersihkan wajah dengan air hangat kemudian air dingin Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali
  • Gula

Sumber: Lemonilo

Gula adalah exfoliant alami. Bahan ini efektif menghilangkan komedo dengan mencampurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak zaitun, almond, atau jojoba. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menggunakan bahan alami ini seminggu sekali.

Hal-Hal yang tidak boleh dilakukan

Seperti yang kita semua tahu, Anda bisa menghilangkan komedo menggunakan beberapa bahan alami ini. Karena menggunakan bahan alami, aman untuk semua orang. Namun, ada beberapa cara menghilangkan komedo yang tidak dianjurkan, seperti:

  • Alat Penghilang Komedo

Dibuat dengan alat logam atau plastik dengan lubang di ujungnya. Anda bisa melakukannya dengan meremas pori-pori untuk menghilangkan komedo. Namun, cara ini tidak disarankan karena justru dapat menyebabkan kerusakan kulit dan memungkinkan banyak bakteri mencapai permukaan kulit.

  • Tekan atau Pencet

Mendorong komedo dengan tangan terkadang luar biasa. Namun, hal ini justru dapat menyebabkan terbentuknya jaringan parut di permukaan kulit. Cara ini juga menjadi pintu masuk minyak dan bakteri yang bisa memicu tersumbatnya pori-pori.

  • Penggunaan kertas khusus dan lem

Baru-baru ini, banyak kertas dan lem khusus telah digunakan untuk menghilangkan komedo. Namun, metode ini adalah ide yang buruk. Pasalnya, lem tersebut bisa menimbulkan reaksi alergi pada orang dengan kulit sensitif. Selain itu, lem yang digunakan bisa menyumbat pori-pori.

Bagaimanapun, pertimbangkan kemungkinan kerusakan dan iritasi kulit sebelum menggunakan produk, ya! Jangan hanya tertarik pada iklan sebuah produk saja, namun mengabaikan kesehatan kulit wajah. Selain masker yang terbuat dari bahan alami, Anda juga bisa menunjang kesehatan kulit dengan suplemen makanan.

Sekian pembahasan mengenai cara-cara untuk menghilangkan komedo baik secara alami yang ampuh dan praktis yang bisa Sobat Grameds sekalian coba terapkan di rumah.

Semoga ulasan dalam artikel ini dapat bermanfaat!

Penulis: Pandu Akram

Artikel terkait:

Catat! Ini Cara Agar Wajah Tidak Kusam dan Penyebabnya

10 Manfaat Toner Untuk Kulit Wajah serta Tips dan Caranya!

9 Cara Perawatan Wajah Pria Agar Tetap Sehat, Kamu Harus Tahu!

Mengenal Manfaat Madu untuk Wajah Beserta Jenis Madu

12 Manfaat Masker Kopi Bagi Wajah dan Langkah Pembuatannya!

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda