in

10 Manfaat Daun Bidara Yang Jarang Diketahui

10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan – Daun bidara mungkin saja masih asing untuk kita dengar ya grameds. Berasal dari pohon bidara, daun yang satu ini dapat dipercaya dalam memberikan solusi alami untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan loh.

Daun bidara merupakan salah satu tanaman tradisional yang biasa dijadikan sebagai pengobatan yang memiliki tinggi sekitar 6 hingga 15 meter. Adapun, ranting dan cabang pada tanaman ini memiliki duri di sekitarnya. Selain itu, daun bidara memiliki  permukaan yang halus.

Pohon bidara merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa tumbuh di tempat kering dan keras. Selain itu, tanaman ini juga biasa tumbuh secara liar. Akan tetapi, ada beberapa yang bisa membeli bibit atau menanamnya di dalam pot.

Tidak hanya daunnya saja yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk masalah kesehatan. Namun, buah pada pohon bidara juga mampu dipercaya dalam mengatasi beberapa penyakit kronis.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang manfaat dari daun bidara, kamu perlu tahu bahwa terdapat beberapa kandungan penting yang ada di dalam daun bidara loh.

Simak ulasan berikut ini grameds!

Kandungan pada daun bidara yang jarang untuk diketahui yakni flavonoid, polifenol, cyclopeptide alkaloid, glikosida, minyak atsiri, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu, terdapat juga sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat mengoptimalkan manfaat dari daun bidara bagi kesehatan tubuh.

Nah grameds sudah tahu apa itu daun bidara dan kandungan didalamnya melalui ulasan pada artikel di atas ya. Pembahasan selanjutnya yang paling penting untuk diulas adalah beberapa manfaat dari daun bidara bagi kesehatan yang wajib untuk diketahui.

Apa saja manfaat dari daun bidara bagi kesehatan ya? Yuk, simak pembahasan pada satu artikel ini hingga akhir ya grameds.

Berikut ini adalah 10 manfaat daun bidara bagi kesehatan, antara lain:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat pertama dari daun bidara bagi kesehatan adalah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Serat yang larut pada air juga berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol jahat ataupun LDL. Cukup dengan merebus air pada daun bidara secara rutin dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan mengikat kolesterol ini pada sistem pencernaan sehingga tingkat kadar kolesterol di dalam tubuh tidak mencapai 240 mg/dl.

Buku ini merupakan salah satu rekomendasi buku yang membahas secara detail dan tuntas tentang berbagai faktor penyebab kolesterol dan kegemukan atau obesitas. Selain faktor dari dalam tubuh, beberapa makanan dan minuman juga memberi sumbangan yang signifikan dalam menyebabkan kolesterol dan kegemukan.

Resiko obesitas dan kolesterol yang tinggi juga dibahas dalam buku ini, disertai dengan cara penanganan obesitas dan kolesterol melalui tanaman obat. Beberapa tanaman obat di sekitar kita, diyakini masyarakat dapat mengatasi kegemukan dan kolesterol. Semoga ilmu dalam buku ini dapat membantu mendorong masyarakat untuk menjalankan pola makan dan hidup sehat.

2. Mengatasi Insomnia

Salah satu kandungan saponin yang ada di daun bidara dapat bermanfaat dalam mengatasi insomnia serta memberikan efek yang menenangkan. Daun bidara dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, seperti teh dengan cara merebusnya. Dengan demikian, daun bidara dapat menjadi salah satu solusi sebagai obat tidur alami untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

3. Mencegah Depresi

Daun bidara dipercaya dapat menjadi salah satu solusi dalam mencegah hingga meringankan depresi. Kandungan yang ada di dalam daun bidara memberikan sebuah efek nyaman dan dingin di dalam tubuh sehingga dapat meringankan gejala depresi yang sedang dialami. Kamu bisa mengkonsumsi olahan daun bidara menjadi sebuah minuman seperti teh untuk mendapatkan hasil dan efek yang baik di dalam tubuh. Jika olahan teh daun bidara ini dapat dikonsumsi secara rutin tentu dapat mengatasi depresi tersebut.

Buku yang berjudul “Terapi Depresi” ini dapat melepaskan masalah, menguapkan emosi, menerima kenyataan, mengikhlaskan, memaafkan, serta melakukan pengendalian diri terhadap masalah-masalah baru yang mungkin akan muncul di masa mendatang. Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi solusi berikutnya dalam mencegah depresi.

4. Mengatasi Sistem Pencernaan

Selain dapat mengatasi depresi, manfaat daun bidara juga bisa digunakan dalam mengatasi sistem pencernaan di dalam tubuh. Saat terjadinya dampak negatif dari asam lambung maka daun bidara dapat dijadikan solusi untuk meringankan penderita maag tersebut.

Daun bidara dapat mengeluarkan salah satu racun yang ada di sistem pencernaan sehingga dapat mengatasi gangguan pada sistem pencernaan serta dapat juga mencegah terjadinya infeksi.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Supaya grameds mendapatkan manfaat dari daun bidara ini kamu dapat mencobanya dengan meminum air rebusan daun bidara secara rutin minimal satu kali dalam sehari. Lakukanlah secara rutin agar mendapatkan hasil yang baik bagi kesehatan dalam mengatasi sistem pencernaan tersebut.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan

5. Menyembuhkan Bekas Luka

Kandungan atau sifat anti inflamasi dan anti bakteri pada daun bidara dapat bermanfaat dalam menyembuhkan bekas luka. Kedua sifat ini dapat membantu dalam mempercepat adanya proses penyembuhan pada bekas luka bakar yang terjadi pada kulit. Contohnya seperti bekas luka goresan, lecet, sayatan, dan lainnya dapat disembuhkan dengan menggunakan daun bidara ini.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan lain di dalam daun bidara yakni glikosida yang dapat menghilangkan bekas luka dan menyembuhkan luka bakar. Untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang maksimal kamu dapat meminum air rebusan daun bidara.

Adapun, pengobatan di bagian luar tubuh bisa menggunakan bubuk ekstrak dari daun bidara yang dicampur dengan sedikit air lalu diaplikasikan secara langsung pada area yang sedang terluka tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Salah satu manfaat daun bidara yang cukup populer bagi kesehatan yakni dapat membantu dalam menjaga kesehatan pada gigi dan tulang. Kandungan mineral kalsium yang cukup tinggi pada daun bidara mampu menyusun gigi dan tulang dengan baik. Hal ini tentu dapat menjadikan solusi pada daun bidara untuk mengatasi masalah kesehatan pada gigi dan tulang agar tidak mudah rapuh dan tetap terjaga stamina kesehatannya.

7. Mengatasi Sariawan

Biasanya sariawan sering terjadi akibat kurangnya vitamin C. Maka dari itu, adanya kandungan antioksidan di dalam daun bidara dapat bermanfaat untuk mengatasi sariawan. Antioksidan ini dapat mencegah adanya bakteri yang berada di dalam mulut. Selain dapat mengatasi sariawan, daun bidara juga berfungsi dalam mengatasi berbagai masalah pada mulut, seperti bibir pecah-pecah.

8. Mengobati Keputihan

Manfaat lainnya dari daun bidara yang sayang untuk dilewatkan adalah dapat mengobati keputihan. Tidak hanya membantu dalam mengobati keputihan, daun bidara juga dapat mengatasi masalah kewanitaan lainnya, seperti rasa tidak nyaman saat sedang haid.

Disaat kondisi masa kesuburan wanita muncul, maka tidak jarang akan timbul beberapa masalah kewanitaan, seperti bau tidak sedap atau keputihan. Nah, grameds tidak perlu khawatir sebab daun bidara dapat menjadi solusi kamu di rumah dalam mengatasi masalah keputihan ini dengan cara melakukan perawatan daun bidara saat mandi secara dua kali sehari secara rutin.

Bagian vital yang satu ini memang merupakan bagian perempuan yang sangat penting. Karena jika terdapat sedikit masalah bisa berakibat fatal sehingga mulai sedini mungkin untuk menjaga dan merawatnya. Informasi dalam buku ini sangat penting khususnya bagi perempuan yang ingin menjaga kesehatan reproduksinya. Buku ini selain menyajikan pengenalan terhadap sistem reproduksi wanita, juga mengupas gangguan-gangguan yang bisa terjadi pada bagian reproduksi.

9. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun bidara berikutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Cara mengaplikasikan daun bidara agar dapat mencegah penuaan dini dengan mengolahnya menjadi bahan untuk masker wajah sehingga dapat membantu dalam mencegah keriput dan lingkaran hitam yang berada di bawah kantung mata.

Grameds juga bisa menggunakan serbuk daun bidara yang dicampur dengan madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu oleskan pada wajah dan diamkan hingga masker ini mengering. Kemudian bilaslah menggunakan air hangat hingga bersih. Jika ingin hasil yang maksimal lakukanlah minimal dua kali dalam seminggu agar mendapatkan wajah yang berseri dan terhindar dari keriput serta penuaan dini tersebut.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun bidara lainnya bagi kesehatan yakni dapat menjaga kesehatan jantung. Diketahui bahwa empat dari lima penyebab kematian terbanyak di Indonesia saat ini adalah penyakit jantung. Kandungan neolignan di dalam daun bidara dipercaya memberikan efek yang baik bagi penyakit jantung maupun peredaran darah di dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi rebusan daun bidara secara rutin, kamu juga perlu menjaga pola hidup dan makan yang sehat agar terhindar dari salah satu masalah kesehatan yakni jantung.

Baca Juga:

Nah, itulah ulasan pada satu artikel ini tentang 10 manfaat daun bidara bagi kesehatan. Tidak hanya yang telah disebutkan di atas ya grameds daun bidara memiliki beragam manfaat lainnya yang tidak dapat disebutkan secara detail pada artikel ini.

Semoga setelah membaca ulasan tentang artikel ini dapat menjadi salah satu solusi dalam mengobati penyakit yang sedang diderita. Cobalah untuk melakukannya secara rutin di rumah. Selain itu, dengan adanya artikel ini semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang belum diketahui tentang manfaat daun bidara ya grameds.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang daun bidara bagi kesehatan kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay