in

15 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah dan Rambut

15 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah dan Rambut – Grameds tentu mendambakan kulit wajah yang bersih dan sehat, bukan? Semua orang tentu menginginkan wajah seperti itu. Grameds akan menjadi lebih percaya diri untuk tampil di depan umum saat memiliki wajah bersih dan sehat.

Masker putih telur dapat menjadi solusi alami untuk mewujudkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Telur dapat dikatakan sebagai sumber protein hewani yang bagus untuk memberikan nutrisi pada tubuh.

Sumber protein hewani yang satu ini bergizi tinggi, lezat, dan mudah dicerna. Beberapa hewan menghasilkan telur yang kerap dikonsumsi manusia, seperti telur ayam, telur bebek, dan telur burung puyuh.

Telur ayam menjadi bahan pangan yang paling populer untuk dikonsumsi. Dalam sebutir telur terdapat empat komponen utama, yakni lapisan kulit telur, putih telur, kuning telur, dan kantung udara.

Putih telur dapat didefinisikan sebagai salah satu isi telur ayam yang memiliki cairan berwarna bening. Putih telur dengan cairan berwarna bening ternyata mengandung kalium dan natrium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, putih telur memberikan manfaat yang istimewa dalam menyehatkan kulit. Grameds dapat memanfaatkan putih telur sebagai bahan pembuatan masker untuk membuat kulit lebih sehat dan terawat.

Tak banyak yang tahu bahwa putih telur yang digunakan dalam pembuatan masker memiliki manfaat bagi kecantikan. Pembuatan masker putih telur juga terbilang cukup mudah untuk mendapatkan manfaat kecantikan yang alami.

Manfaat masker putih telur dapat digunakan untuk mengencangkan kulit, mengatasi komedo putih, mencegah jerawat, dan lain sebagainya. Kemudian putih telur memiliki keunggulan lain, yakni rendah kalori dan kaya akan protein.

Putih telur memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, wajah, dan rambut. Kali ini Gramedia.com telah merangkum kandungan nutrisi dan manfaat masker putih telur dari berbagai sumber.

Berikut ini penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat masker berbahan dasar putih telur yang perlu Grameds ketahui.

Kandungan Nutrisi Putih Telur

Air menjadi komposisi terbesar dalam sebutir telur sebagai sumber protein hewani. Selain itu, terdapat unsur-unsur penting lainnya, seperti protein, karbohidrat, dan lain-lain. Berikut ini kandungan nutrisi atau komponen penyusun putih telur yang perlu Grameds ketahui.

  • 87,9% air
  • 10,6% protein
  • 0,9% karbohidrat
  • 0,6% mineral

Protein albumin menjadi zat makanan terbanyak pada putih telur. Sementara lemak menjadi zat makanan paling sedikit pada putih telur. Putih telur diketahui memiliki tiga lapisan yang berbeda, yakni lapisan tebal putih telur dengan persentase 50%, lapisan tipis putih telur bagian dalam dengan persentase 30%, dan lapisan tipis putih telur luar dengan persentase 20%.

tombol beli buku

15 Manfaat Masker Putih Telur

Putih telur yang digunakan sebagai masker wajah dan rambut memiliki manfaat menjanjikan. Kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam masker putih telur dapat membuat kondisi kulit  wajah dan rambut semakin membaik.

1. Menghilangkan Komedo

Ilustrasi Menghilangkan Komedo (sumber: lifestyle.kompas.com)

Kesal dengan keberadaan komedo putih yang tak mau pergi? Putih telur yang digunakan sebagai masker wajah terbukti efektif untuk menghilangkan komedo putih atau whitehead. Komedo putih yang terbentuk karena pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, sisa riasan, dan kotoran dapat hilang dengan menggunakan masker putih telur.

Grameds bisa memanfaatkan putih telur dengan campuran air lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan komedo. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke wajah, diamkan selama beberapa menit hingga kering, dan bilas hingga bersih dengan air mengalir.

2. Menghilangkan Rambut Wajah

Putih telur yang memiliki cairan berwarna bening ternyata mampu menghilangkan rambut-rambut di wajah. Grameds dapat memperoleh manfaat putih telur sebagai masker dengan mengoleskannya ke seluruh wajah.

Kemudian tempelkan kertas masker di atas wajah yang telah dioleskan putih telur. Setelah itu, oleskan kembali putih telur di atas kertas masker agar lebih menempel.

Tunggu hingga semua putih telur yang dioleskan mengering. Jika sudah kering, Grameds bisa mencabut kertas masker bersamaan dengan rambut wajah layaknya melakukan waxing.

3. Mengecilkan Pori-pori

Grameds bisa memanfaatkan masker putih telur dalam melakukan perawatan wajah dengan bahan alami. Putih telur dinilai efektif untuk membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Putih telur memiliki kandungan zat astringent yang mampu mengecilkan pori-pori.

Buatlah  masker putih telur dengan menambahkan sedikit perasan air lemon segar. Kemudian aplikasikan campuran tersebut pada area T-zone untuk mendapatkan manfaat putih telur dalam mengecilkan pori-pori.

4. Mengencangkan Kulit

Selain membantu mengecilkan pori-pori, masker putih telur kerap digunakan untuk mengencangkan kulit wajah. Sebagian besar orang percaya bahwa masker putih telur mendatangkan manfaat sebagai facelift jangka pendek.

Penggunaan masker putih telur secara rutin dapat menghemat budget perawatan wajah, lho. Grameds bisa memanfaatkan putih telur sebagai masker dengan mengaplikasikannya pada wajah.

Gunakan kuas masker untuk mengoleskan putih telur secara merata. Setelah itu, tunggu hingga semuanya mengering dan bilas hingga bersih menggunakan air mengalir.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kandungan nutrisi pada putih telur dipercaya ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Menggunakan masker putih telur secara rutin diketahui mampu membuat wajah tampak lebih sehat dan berkilau alami.

6. Merawat Kulit Sekitar Mata

Ilustrasi Merawat Kulit Sekitar Mata (sumber: nakita.grid.id)

Dikutip dari laman HelloGlow, putih telur dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit di area sekitar mata. Grameds bisa menggunakannya sebagai masker mata berbahan alami.

Putih telur yang digunakan sebagai masker mata atau eye mask juga dipercaya ampuh untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Penasaran bagaimana caranya? Grameds hanya perlu mencampurkan putih telur dengan 1 sendok teh aloe vera dan 1 sendok makan parutan wortel.

Campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan secara merata pada kulit sekitar mata. Hindari pengolesan eye mask pada bagian kelopak mata agar tidak masuk ke dalam bola mata dan menyebabkan iritasi.

7. Mengurangi Garis Halus di Wajah

Memakai putih telur sebagai masker wajah diketahui efektif dalam mengurangi garis halus di bagian wajah. Kandungan vitamin A pada putih telur mendatangkan manfaat untuk meningkatkan penyembuhan luka dan membantu mengurangi keriput.

Meski manfaatnya terbukti ampuh, Grameds disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Saat memiliki kulit wajah yang sensitif, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan berbagai rangkaian perawatan kulit.

tombol beli buku

8. Mengurangi Minyak di Wajah

Putih telur yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan masker ternyata sangat baik untuk mengurangi minyak di wajah. Grameds bisa membuat masker putih telur yang dikocok kaku dengan campuran jeruk nipis dan madu untuk mendapatkan hasil optimal.

Campuran air jeruk nipis bekerja efektif untuk mencerahkan wajah dan menyerap minyak berlebih. Kemudian campuran madu pada masker putih telur akan melembapkan kulit wajah tanpa menambah minyak.

Sementara kandungan putih telur sendiri mampu mengencangkan pori-pori. Menggunakan masker putih telur secara rutin setiap hari dipercaya mampu mengecilkan pori-pori. Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan masker putih telur.

Oleskan campuran putih telur, jeruk nipis, dan madu selama 5 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Hentikan pemakaian masker putih telur saat kulit kamu terasa perih, terlebih bagi kulit sensitif.

9. Mengatasi Bintik Hitam

Bintik hitam membuatmu tidak percaya diri? Kini kamu tidak perlu khawatir. Grameds bisa memanfaatkan masker putih telur secara alami untuk mengatasi bintik-bintik hitam pada wajah.

Bintik hitam yang menjengkelkan dapat disingkirkan dengan penggunaan masker putih telur secara rutin. Usapkan putih telur ke wajah sebagai cara mengatasi bintik hitam agar pori-pori kulit mengecil.

10. Mencegah Jerawat

Kulit wajah yang berjerawat kerap membuat orang tidak percaya diri untuk tampil di depan umum. Jumlah minyak yang terlalu menumpuk di wajah menjadi salah satu faktor utama dari munculnya kulit berjerawat.

Grameds disarankan untuk menggunakan masker putih telur sebagai perawatan alami yang ekonomis. Penggunaan masker putih telur membantu mencegah jerawat membandel menghampiri. Kamu bisa mencampurkan putih telur dengan tetesan tea tree oil demi mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Menghilangkan Minyak Rambut

Ilustrasi Rambut Berminyak (sumber: liputan6.com)

Masker putih telur diketahui efektif untuk menghilangkan minyak pada rambut. Grameds bisa mengaplikasikan masker putih telur pada rambut untuk mengencangkan folikel rambut.

Penggunaan masker putih telur secara rutin dapat mencegah sebum berlebihan yang disekresikan ke kulit kepala. Dengan begitu minyak di kepala akan berkurang atau bahkan hilang. Segera aplikasikan sendiri di rumah, ya Grameds.

12. Mengatasi Mata Bengkak

Selain bermanfaat untuk merawat kulit sekitar mata, masker putih telur dapat mengatasi mata bengkak. Campuran putih telur dan kopi diketahui efektif untuk mengatasi mata bengkak.

Bagaimana caranya? Grameds hanya perlu mencampurkan 1 butir putih telur dengan 2 sendok teh bubuk kopi. Kocok merata sekitar 1 menit lamanya hingga adonan berbusa.

Setelah itu, aplikasikan campuran putih telur dengan kopi pada bagian bawah mata yang bengkak. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan tangan dan kuas dalam mengoleskannya. Tunggu hingga 10 menit dan biarkan masker bekerja mengencangkan kulit area mata yang bengkak.

13. Mengilapkan Rambut

Rambut kusam membuatmu tidak percaya diri? Tenang saja karena ada masker putih telur yang efektif untuk mengilapkan rambut. Grameds wajib mencoba masker putih telur dengan campuran perasan air lemon untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu hanya perlu mengocok campuran putih telur dengan air lemon hingga berbusa. Setelah itu, aplikasikan masker putih telur secara merata pada rambut. Kemudian bungkus menggunakan shower cap dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya bilas menggunakan air hingga bersih dan keringkan rambut menggunakan handuk.

tombol beli buku

14. Mengecilkan Kantung Mata

Apakah Grameds tahu bahwa masker putih telur efektif untuk mengecilkan kantung mata? Masker putih telur diketahui ampuh untuk mengecilkan kantung mata, lho Grameds. Ingin tahu bagaimana caranya?

Pastikan kamu sudah mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir. Usapkan putih telur meggunakan jari telunjuk secara perlahan di bagian kantung mata yang mengganggu.

Diamkan selama beberapa menit, bilas hingga bersih menggunakan air, dan keringkan dengan handuk bertekstur lembut. Grameds juga bisa mengoleskan minyak kelapa setelah penggunaan masker putih telur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

15. Mengatasi Kulit Kering

Selain mampu mengecilkan kantung mata, masker putih telur dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering. Grameds bisa mencampurkan putih telur dengan ketimun sebagai kombinasi terbaik.

Campurkan putih telur dengan parutan ketimun, lalu aduk hingga rata. Aplikasikan masker putih telur dengan campuran ketimun secara merata pada area wajah dan leher. Setelah itu, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga:

Itulah 15 manfaat masker putih telur untuk perawatan wajah dan rambut. Grameds perlu berhati-hati ketika menggunakan masker putih telur atau produk apapun pada wajah dan rambut. Grameds disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan masker putih telur pada area wajah dan rambut.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila