in

10 Rekomendasi Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

pexels.com

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier – Saat ini, ada banyak skincare untuk memperbaiki skin barrier, yang kemudian memunculkan pertanyaan bagi yang awam dalam memakai skincare, seperti, apa sih skin barrier itu?

Skin barrier sebenarnya adalah lapisan terluar kulit yang juga berfungsi sebagai perlindungan pertama kulit, bertugas untuk melindungi kulit dari berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi rusak. Ibaratnya, skin barrier ini menjadi pertahanan kulit pertama sebelum adanya zat asing yang akan masuk ke dalam kulit.

Kemudian, skin barrier ini sendiri terdiri dari lipid dan sel yang menjaga agar kulit tidak kehilangan cairan, yang apabila tidak bisa berfungsi dengan maksimal dan optimal, bisa menyebabkan kulit menjadi rusak. Oleh karena itu, umumnya dibutuhkan produk-produk skincare untuk memperbaiki skin barrier agar kulit bisa sehat kembali dari kerusakan.

Nah, berhubung sedang membicarakan tentang perawatan kulit, sudah pernah baca buku yang membahas soal perawatan kulit belum? Kalau belum, pas sekali nih karena kamu bisa coba membaca buku Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri karya Anggita Suroya yang membahas tentang cara merawat kulit dan juga zat berbahaya yang ada di dalam kosmetik, sehingga kamu lebih mudah untuk mendapatkan kosmetik yang aman.

Penyebab Skin Barrier Bisa Rusak

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier
freepik.com

Pada dasarnya, ada banyak hal yang dapat menyebabkan skin barrier rusak tetapi memang tidak disadari oleh kita, bisa karena over exfoliating atau memakai produk skincare yang sebenarnya tidak cocok dan terlalu keras untuk kulit. Di mana kerusakan skin barrier umumnya ditandai dengan kulit yang kering dan mengelupas, atau sudah lama menggunakan skincare tetapi belum terlihat juga hasilnya.

Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui hal apa saja yang menjadi penyebab rusaknya skin barrier agar kerusakan tersebut bisa langsung diperbaiki, yang salah satunya bisa menggunakan skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak agar kulit menjadi kembali normal. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah hal-hal yang dapat menyebabkan skin barrier menjadi rusak:

1. Terlalu Sering Melakukan Exfoliasi

Eksfoliasi wajah sebenarnya memang disarankan agar mengangkat sel-sel kulit mati serta kotoran yang masih menempel di permukaan kulit yang tidak terangkat ketika mencuci wajah. Tetapi, eksfoliasi ini sendiri memang disarankan untuk 1-2 kali saja dalam seminggu, Grameds, karena jika berlebihan justru malah tidak baik karena salah satunya bisa membuat skin barrier rusak.

Mengapa bisa begitu? Sebab, ketika melakukan eksfoliasi secara berlebihan bukan hanya sel kulit mati saja yang terangkat, tetapi bisa-bisa lapisan pelindung kulit yang terluar alias skin barrier menjadi terkikis dan rusak.

2. Terpapar Sinar Matahari Terlalu Lama

Sinar matahari memang memiliki beberapa manfaat untuk tubuh manusia terutama kulit, karena dipercaya dapat menyembuhkan beberapa kelainan kulit seperti eksim, infeksi jamur pada kulit, bahkan jerawat.

Tetapi, sinar matahari yang bagus untuk kulit hanya pada jam-jam tertentu saja nih, Grameds, dan disarankan untuk tidak terpapar terlalu lama. Karena salah satu penyebab dari rusaknya skin barrier adalah karena paparan sinar matahari yang terlalu lama, apalagi jika tanpa menggunakan pelindung seperti sunscreen.

3. Memakai Skincare dengan Kandungan yang Keras

Pada dasarnya setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda sehingga perlu memperhatikan juga kandungan dalam produk skincare yang digunakan, apakah baik untuk kulit atau tidak.

Penyebab skin barrier dapat rusak lainnya adalah karena menggunakan produk skincare dengan kandungan bahan yang terlalu keras untuk kulit sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Hal inilah yang kemudian memicu skin barrier menjadi rusak, di mana salah satu tandanya adalah kulit yang menjadi kering dan mengelupas.

Jika sudah mengalami kulit yang kering, bersisik, dan mengelupas, maka solusinya adalah dengan mengganti produk skincare yang digunakan menjadi skincare untuk memperbaiki skin barrier agar mempercepat penyembuhan skin barrier yang rusak.

4. Menyepelekan Kelembaban Kulit

Tidak semua orang sadar bahwa menjaga kulit tetap lembab adalah sebuah keharusan, bahkan untuk tipe kulit berminyak sekalipun. Nyatanya banyak pemilik kulit berminyak menyangka bahwa mereka tidak perlu menjaga kelembaban wajah karena kulitnya yang sudah cukup ‘lembab’ oleh minyak, padahal semua tipe kulit sebenarnya perlu menjaga kelembaban wajahnya agar kulit tetap terawat dan sehat. Selain itu, menjaga kelembaban kulit menjadi salah satu cara untuk mencegah kerusakan skin barrier.

Kandungan Skincare yang Bisa Memperbaiki Skin Barrier

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier
freepik.com

Meskipun menggunakan skincare menjadi salah satu cara untuk memperbaiki skin barrier yang rusak, tetapi perlu diingat bahwa tidak semua skincare bisa memperbaiki skin barrier ya, Grameds. Tetap ada beberapa skincare tertentu yang memang dikhususkan menjadi skincare untuk memperbaiki skin barrier yang direkomendasikan untuk digunakan.

Sebab, skincare yang ditujukan untuk memperbaiki skin barrier yang rusak memiliki kandungan tersendiri yang berfungsi untuk membantu perbaikan lapisan kulit terluar tersebut. Agar tidak bingung, berikut ini adalah daftar kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier yang dijamin bisa membuat lapisan kulit tersebut menjadi kembali sehat.

1. Ceramides

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sinar matahari bisa membuat kulit menjadi rusak seperti membuat kulit menjadi kering dan melemahkan fungsi dari skin barrier, oleh karena itu dibutuhkan ceramides untuk mengembalikan kelembaban kulit.

Karena fungsi dari ceramides ini sendiri memang untuk menjaga kelembaban kulit, melindungi tekstur kulit, sampai mengatasi kerutan dan garis halus yang dipercaya dapat mengatasi kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu, ceramide yang terdapat dalam skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak ini juga dapat menstimulasi kulit sehingga bisa memunculkan lapisan kulit yang baru dan sehat lebih cepat. Ceramides sendiri terdiri dari asam lemak dan sphingosine yang bisa menyatukan kulit untuk membuat lapisan pelindung yang akan membatasi hilangnya kelembaban kulit.

2. Hyaluronic Acid

Hal yang paling terlihat ketika skin barrier mengalami kerusakan adalah kulit yang berubah menjadi kusam dan kering, sehingga kebanyakan kandungan pada skincare untuk memperbaiki skin barrier adalah zat yang memang bisa memberikan kelembaban seperti Hyaluronic Acid.

Kandungan aktif yang satu ini memiliki fungsi untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan mencegah kulit mengalami kekeringan dan mencegah munculnya kerutan. Ini karena cara kerja Hyaluronic Acid adalah dengan merangsang sel-sel kulit agar lebih terhidrasi dan meremajakan kulit untuk menjadikannya lebih halus, lembab, dan sehat.

Selain itu, Hyaluronic Acid juga menjaga keseimbangan sel dan memiliki kemampuan untuk menahan air yang lebih efektif. Jika kandungan aktif ini digunakan secara rutin, ia akan memperlambat rusaknya penghalang lipid dan meningkatkan elastisitas kulit.

3. Niacinamide

Belakangan ini, niacinamide menjadi salah satu kandungan skincare yang menjadi favorit para pecinta skincare atau beauty enthusiast saat membeli produk skincare. Sebenarnya, niacinamide ini adalah bentuk dari Vitamin B3 yang dalam skincare digunakan untuk menyamarkan flek hitam dan mencerahkan kulit.

Nah, ternyata niacinamide ini juga menjadi salah satu kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier, Grameds. Tidak hanya berfungsi untuk mencerahkan kulit saja, tetapi niacinamide juga bisa memperkuat dan meningkatkan fungsi skin barrier dengan memproduksi ceramide serta kolagen pada kulit yang akan membantu menjaga struktur serta kelembaban dari skin barrier.

4. Centella Asiatica

Centella asiatica atau biasa juga dikenal dengan nama cica adalah tanaman herbal yang umumnya tumbuh liar di perkebunan, khususnya di daerah-daerah Asia tropis seperti Asia Tenggara.

Umumnya, kandungan aktif yang satu ini ditemukan di produk skincare untuk mengatasi kulit berjerawat dan kulit sensitif. Namun, ternyata bahan alami yang satu ini bisa juga memperkuat skin barrier kulit.

Cica sendiri kaya akan kandungan antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi yang kegunaannya salah satunya adalah untuk melindungi skin barrier. Selain itu, cica juga dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit wajah menjadi kenyal dan lembab yang bisa memperbaiki skin barrier yang mengalami kerusakan.

5. Aloe Vera

Selain bahan alami Centella asiatica, kamu juga bisa menggunakan aloe vera terlebih jika tidak cocok dengan bahan alami sebelumnya tersebut. Para pecinta skincare pasti tahu bahwa beberapa tahun lalu soothing gel multifungsi dengan aloe vera sebagai bahan utama sempat booming sekali.

Kegunaan bahan alami yang satu ini tidak hanya untuk menenangkan kulit yang mengalami iritasi, tetapi juga bisa menjadi kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier karena dapat mempercepat perbaikan skin barrier yang rusak serta memperkuatnya, sehingga kulit menjadi tetap sehat walaupun terpapar sinar matahari dan radikal bebas.

Rekomendasi Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier
freepik.com

Dengan banyaknya kandungan yang bisa digunakan untuk memperbaiki skin barrier, tandanya ada banyak sekali produk skincare untuk memperbaiki skin barrier yang bisa dipilih, mulai dari skincare lokal maupun skincare dari luar negeri.

Berikut ini adalah sederet rekomendasi skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak agar kulit menjadi tetap sehat:

1. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier
beautynesia.com

Saat ini memang sudah banyak brand skincare lokal yang menunjukkan kualitasnya yang tidak kalah bagus dari brand-brand skincare luar negeri, salah satunya adalah Dear Me Beauty. Brand skincare lokal yang satu ini juga memiliki produk yang ditujukan untuk memperbaiki skin barrier bernama Dear me Beauty Skin Barrier Water Cream.

Produk yang satu ini sudah terbukti mampu menghidrasi wajah dengan baik tanpa membuat kulit menjadi terlalu berminyak serta dapat memperbaiki skin barrier yang rusak. Uniknya, skincare untuk memperbaiki skin barrier yang satu ini menggunakan formula water based sehingga bisa memberikan kelembaban yang ekstra dan cocok digunakan untuk semua tipe kulit.

2. Skintific 5X Ceramide Barrier Moisture Gel

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier
lazada.com

Skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak selanjutnya adalah dari brand Skintific, di mana produk yang satu ini juga sedang booming digunakan karena terbukti ampuh dalam memperbaiki skin barrier yang mengalami kerusakan karena mengandung ceramide di dalamnya.

Selain itu, produk dari Skintific ini juga langsung menggunakan teknologi 5x ceramide sekaligus, yang artinya memiliki lima tipe ceramide dalam satu produk skincare. Di mana kegunaannya adalah untuk memperbaiki skin barrier, menenangkan sel kulit yang rusak, melembabkan kulit, sampai menghaluskan tekstur kulit.

3. Kleveru Ceramide Calm Face Oil

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier
shopee.co.id

Kleveru memang terkenal memiliki face oil dengan banyak varian yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan kulit yang dihadapi. Untuk tipe kulit berminyak yang cenderung berjerawat memang agak tricky ketika menggunakan face oil, sehingga tidak bisa sembarangan, bisa-bisa kesehatan skin barrier yang menjadi taruhannya.

Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah menggunakan Kleveru Ceramide Calm Face Oil yang memiliki kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier dari bahan alami seperti jojoba oil dan rice bran oil yang berfungsi untuk menjaga skin barrier.

4. For Skin’s Sake Hyaluronic Acid Serum

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier
shopee.co.id

Dalam produk skincare dari FSS yang satu ini, menggunakan 100% hyaluronic acid murni yang asalnya dari tanaman sehingga tekstur serumnya juga sangat ringan dan mudah diserap oleh kulit.

Selain memiliki hyaluronic acid sebagai kandungannya, For Skin’s Sake Hyaluronic Acid Serum ini juga mengandung ekstrak Centella Asiatica yang keduanya sama-sama bisa memperbaiki skin barrier yang rusak dan dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kenyal, halus, dan lembut.

5. PIXY Glowssentials Smooth & Bright Peel-Off Mask

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier
shopee.co.id

Selain menggunakan serum dan krim untuk memperbaiki skin barrier, bisa juga menggunakan masker, yaitu dengan PIXY Glowssentials Smooth & Bright Pee-Off Mask yang bisa mengatasi kulit yang kusam dan menjaga kesehatan skin barrier karena mengandung Vitamin B3 atau niacinamide.

6. Somethinc 5% Niacinamide Barrier Serum

Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier
lazada.co.id

Skincare yang satu ini membuktikan kalau kualitasnya tidak kalah bagus dengan skincare asal luar negeri, ada brand skincare lokal yang memiliki skincare untuk memperbaiki skin barrier lainnya, yaitu Somethinc 5% Niacinamide Barrier Serum.

Produk skincare yang satu ini mengandung bahan-bahan yang bisa membantu memperbaiki dan memperkuat skin barrier sekaligus mencerahkan kulit. Tidak hanya itu saja, serum yang satu ini juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit wajah dan mengatasi jerawat yang bisa digunakan oleh semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

7. Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

blibli.com

Brand skincare lokal lainnya yang menawarkan skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak adalah Avoskin dalam bentuk facial wash. Unik banget, kan? Produk yang satu ini memiliki perpaduan niacinamide dan hyaluronic acid sebagai kandungannya sehingga sangat efektif untuk melembabkan kulit wajah.

Selain itu, sabun cuci muka yang satu ini juga memiliki pH yang rendah, jadi kulit tidak akan terasa kering setelah mencuci muka. Kemudian, ada juga kandungan marula oil yang berfungsi untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.

8. Emina Skin Buddy Micellar Water

tokopeda.com

Emina mengeluarkan produk pembersih make up yang juga memiliki kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier, yaitu Emina Skin Buddy Micellar Water. Pembersih make up berbasis air ini mengandung hyaluronic acid dan ekstrak calendula untuk membersihkan wajah dengan lembut tanpa membuat skin barrier terkikis dan dapat menghidrasi kulit dengan sangat baik.

9. Dr. Jart+ Ceramidin Cream

tokopedia.com

Jika kerusakan skin barrier sudah sangat parah sampai mengakibatkan kulit menjadi sangat kering, kasar, dan sampai gatal, maka solusinya adalah dengan memperbaiki skin barrier lewat menggunakan Dr. Jart+ Ceramidin Cream.

Meskipun harganya sangat pricey, tetapi sesuai dengan kualitas produknya dan kandungan bahan-bahan di dalamnya yang dapat memperbaiki serta memperkuat skin barrier.

10. Laneige Cream Skin Refiner

laneige.com

Ada harga ada rupa merupakan kalimat yang cocok untuk Laneige Cream Skin Refiner. Ini karena selain menjadi skincare untuk memperbaiki skin barrier, produk skincare dengan harga yang cukup mahal ini ini juga cocok untuk dijadikan skincare travelling karena sangat multifungsi, yaitu dapat memperbaiki skin barrier tanpa harus menggunakan banyak skincare.

Itu dia beberapa sepuluh rekomendasi skincare untuk memperbaiki skin barrier agar kulit menjadi lebih sehat dan lembab. Produk skincare mana yang sudah kamu gunakan, Grameds?

Kalau ingin mencari buku-buku yang berkaitan dengan perawatan wajah dan skincare, kamu bisa mencarinya di laman gramedia.com karena ada banyak buku berkualitas dan original yang bisa dibeli dengan harga terjangkau!

Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Adinda Rizki

BACA JUGA:

  1. 14 Urutan Penggunaan Skincare Pagi Hingga Malam yang Benar
  2. Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilih Moisturizer
  3. Mengenal AHA BHA dalam Skincare: Mana yang Lebih Baik untuk Wajah?
  4. Mengenal Ceramide Sebagai Kandungan Skincare yang Populer
  5. 5 Rekomendasi Brand Skincare Remaja yang Aman dan Tips Memilihnya 
  6. 14 Rekomendasi Skincare Remaja Glowing Baik untuk Perempuan Maupun Laki-Laki 
  7. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda