in

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

Cara mengetahui jenis kulit wajah – Memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih adalah impian semua orang. Demi mewujudkannya, Anda perlu melakukan metode perawatan kulit yang tepat. Untuk menentukan metode perawatan yang cocok untuk wajah Anda, perlu terlebih dahulu mengetahui jenis kulit wajah Anda.

Setiap orang mempunyai tipe atau jenis kulit wajah yang berbeda-beda, yang juga bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, jenis kulit wajah juga bisa dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor lingkungan, faktor genetik, dan penyakit tertentu.

Struktur dan jenis kulit wajah yang dimiliki manusia ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu kandungan air pada kulit yang memengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak yang memengaruhi nutrisi dan kelembutan kulit, dan tingkat kepekaan kulit terhadap bahan atau zat tertentu. Kulit manusia umumnya terbagi menjadi 5 jenis, yaitu tipe kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif.

5 Jenis Kulit Wajah

Pixabay.com/Starkvisuals

1. Kulit normal

Tipe kulit normal adalah tipe yang tidak mengalami kondisi kulit yang berlebihan. Seseorang yang memiliki  kulit normal, tingkat sebum atau minyaknya dan tingkat hidrasi pada kulitnya seimbang, sehingga kulit tipe ini tidak terlalu kering dan tidak berminyak. Secara keseluruhan, tingkat kelembapan tipe kulit ini dikatakan pas.

Oleh karena memiliki tingkat kelembapan yang pas, kulit normal akan jarang mengalami masalah kulit seperti kusam, pori-pori yang tampak besar, atau hiperpigmentasi. Adapun ciri-ciri tipe kulit normal, yaitu jarang mengalami breakout, memiliki tekstur kulit yang lembut dan kenyal, dan kulit terasa bersih dan segar.

2. Kulit berminyak

Tipe kulit yang berminyak cenderung terlihat mengkilap dan licin akibat produksi minyak atau sebum berlebih pada wajah. Biasanya, orang yang memiliki tipe kulit berminyak cenderung sering masalah kulit seperti jerawat, bruntusan, dan komedo akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran, dan kosmetik.

Adapun ciri-ciri tipe kulit berminyak, yaitu pori-pori yang besar, kulit bertekstur sedikit kasar dan tidak rata, wajah kerap kali tampak mengkilap, dan rentan muncul jerawat atau mengalami breakout.

3. Kulit kering

Tipe kulit berikutnya adalah kulit kering. Tipe kulit kering memiliki tingkat kelembapan yang rendah. Secara umum, orang yang memiliki tipe kulit kering kerap kali menghadapi masalah kulit, yakni mudah iritasi, sehingga rentan mengalami kemerahan dan jerawat. Ciri-ciri tipe kulit kering, yaitu pori-pori tidak terlihat, mudah mengalami kemerahan hingga meradang, mudah gatal, dan tekstur kulit pecah-pecah, kencang, serta kasar.

4. Kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dengan kulit kering. Seseorang dengan jenis kulit kombinasi memiliki kulit berminyak di area T-zone, yakni area dahu, hidung, dan dagu, serta kulit kering di area pipi. Jenis kulit kombinasi dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan meningkatnya hormon selama masa pubertas.

5. Kulit sensitif

Pada dasarnya, kulit sensitif merupakan tipe kulit yang mudah mengalami iritasi, karena tingkat kepekaannya sangat rendah pada banyak hal. Tipe kulit sensitif mudah mengalami gatal, alergi, dan iritasi sebagai reaksi atas berbagai faktor, seperti lingkungan, makanan, dan produk perawatan kulit atau kosmetik yang dipakai.

Ciri-ciri tipe kulit sensitif, yaitu kulit sering mengalami kemerahan, terasa kencang, mudah gatal, sering terasa kering hingga mengelupas, dan kerap kali merasakan sensasi perih.

Saat ini semakin banyak perempuan yang menyadari bahwa kulit wajah yang sehat terawat adalah dasar kecantikan yang hakiki, karena kesadaran akan kesehatan kulit tersebut menjadikan semakin banyak panduan perawatan kecantikan kulit wajah yang bisa kita lihat dari media apapun.

Salah satu media itu adalah buku. Dalam buku Perawatan Kecantikan Kulit, pembaca akan mengetahui cara perawatan kecantikan kulit yang baik. Oleh sebab itu, buku ini sangat pas bagi kamu yang ingin mengetahui dan memperdalam pengetahuan serta keterampilan dalam bidang cosmetology dan aesthetic treatment, mulai dari tingkat yang paling dasar hingga perkembangan terkini.

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kecantikan-kulit?queryID=2098654017aaf3b7fdfbf3e2d9cd5bf1

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Setelah mengenal 5 jenis kulit wajah, mungkin timbul pertanyaan, bagaimana cara mengenali dan menentukan tipe kulit Anda sendiri? Mengetahui jenis kulit Anda dapat dilakukan dengan melakukan beberapa cara sederhana berikut ini.

1. Memerhatikan tekstur kulit

Seperti yang telah dijelaskan di atas, berbagai jenis kulit memiliki ciri yang berbeda pada teksturnya. Maka itu, salah satu cara untuk mengetahui jenis kulit Anda adalah dengan memerhatikan tekstur kulit sepanjang hari.

Untuk melakukannya, Anda bisa mencuci muka di pagi hari, lalu keringkan dengan tisu atau handuk bersih, kemudian biarkan kulit tidak menggunakan produk apapun sepanjang hari.

Hasilnya, tipe kulit normal akan terasa lembut, tidak kering, tidak berminyak, dan tidak mengalami iritasi. Tipe kulit kering akan terasa kasar ketika disentuh, kencang, bahkan mengelupas. Tipe kulit berminyak akan terasa lengket dan tampak mengkilap.

Tipe kulit kombinasi akan tampak berminyak pada dahi, hidung, dan dagu, dan terasa kering di area pipi. Tipe kulit sensitif akan mengalami kemerahan yang mungkin disertai rasa gatal atau meradang.

2. Mencubit kulit

Cara mengetahui jenis kulit bisa dilakukan dengan mencubit untuk memeriksa kekenyalan kulit. Setelah dicubit, jika kulit tidak kembali seperti semula dalam jangka waktu yang cepat, maka Anda memiliki tipe kulit yang kering. Hal ini bisa terjadi, karena kulit kekurangan minyak alami yang berfungsi menjaga kekenyalan kulit. Sebaliknya, jika kulit kembali seperti semula setelah dicubit, maka Anda memiliki kulit tipe normal atau berminyak.

3. Memerhatikan kondisi kulit setelah mencuci wajah

Cara untuk mengetahui jenis kulit yang satu ini bisa dilakukan setelah seharian beraktivitas. Cara ini sebetulnya hampir sama dengan cara nomor 1, tetapi bisa dilakukan dalam jangka waktu yang singkat.

Anda hanya perlu mencuci muka setelah beraktivitas, kemudian mengeringkannya menggunakan tisu atau handuk. Setelah itu, biarkan kulit tidak menggunakan produk apapun selama 30 menit. Anda bisa mulai melihat perubahan tekstur kulit dan menyesuaikan dengan ciri-ciri jenis kulit seperti yang telah dijelaskan di atas.

4. Memakai kertas minyak atau tisu

Cara mengetahui jenis kulit bisa dilakukan dengan memanfaatkan kertas minyak atau tisu. Anda cukup menempelkan kertas minyak pada wajah setelah beraktivitas, lalu perhatikan noda minyaknya.

Jika ditemukan banyak noda minyak, maka Anda memiliki jenis kulit berminyak. Jika ditemukan sedikit noda minyak, Anda memiliki jenis kulit normal. Jika tidak ditemukan noda atau kertas minyak tidak mau menempel di wajah, Anda memiliki jenis kulit kering.

Jika ditemukan minyak hanya pada area dahi, hidung, dan dagu, Anda memiliki jenis kulit kombinasi. Namun, cara yang satu ini tidak dapat mengenali jenis kulit sensitif.

Nah, itu dia Grameds 4 cara untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda. Setelah mengetahui jenis kulit Anda, maka Anda bisa menentukan cara perawatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Di bawah ini akan diuraikan cara merawat kulit wajah yang menyesuaikan dengan jenis kulit.

Terkadang, bagi sebagian orang mungkin malas untuk datang ke tempat perawatan kulit wajah. Bahkan, ada juga beberapa orang yang mulai melakukan perawatan kulit wajah secara mandiri. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan perawatan kulit wajah secara mandiri, maka bisa menjadikan buku Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri sebagai panduannya.

https://www.gramedia.com/products/conf-cara-mudah-merawat-kulit-wajah-sendiri?queryID=ae851aa2166e5e31d30bb94f280ef020

Cara Merawat Kulit Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit

Pixabay.com/office469

Setiap jenis kulit wajah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Beberapa jenis kulit wajah mungkin saja membutuhkan perhatian dan perawatan lebih dibandingkan jenis kulit yang lain. Maka dari itu, berbagai produk perawatan kulit dan kosmetik diformulasikan secara berbeda, untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis kulit.

Menggunakan produk perawatan kulit atau kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit. Misalnya, membuat kulit menjadi kering, menyebabkan munculnya jerawat, membuat jerawat semakin meradang, dan lain sebagainya. Berikut ini diuraikan cara merawat kulit wajah berdasarkan jenis kulit.

1. Perawatan tipe kulit wajah normal

Perawatan jenis kulit wajah yang normal cenderung mudah. Anda cukup memakai produk-produk perawatan kulit wajah biasa yang diformulasikan untuk kulit normal. Pastikan untuk menggunakan produk-produk yang mengandung bahan kimia yang tidak keras.

Gunakan sabun cuci wajah yang gentle dan hindari menggosok wajah dengan kasar. Anda bisa menggunakan air hangat untuk membasuh wajah Anda, kemudian mengeringkannya dengan tisu atau handuk bersih berbahan lembut.

2. Perawatan tipe kulit wajah berminyak

Tipe kulit berminyak termasuk salah satu tipe kulit yang memerlukan perawatan ekstra, terutama dalam hal membersihkannya. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak, disarankan untuk mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari.

Tak perlu sering-sering, karena mencuci muka terlalu sering malah bisa merangsang kulit Anda memproduksi minyak lebih cepat atau lebih banyak.

Anda bisa memiliki pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk oily skin, yang biasa mengandung gliserin. Setelah selesai mencuci wajah, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit lain, seperti toner yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan asam glikolat.

Pastikan untuk memiliki produk kosmetik dengan claim non comedogenic, supaya tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Anda juga bisa menggunakan kertas minyak secara berkala untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah, dan masker wajah khusus untuk kulit berminyak.

Selain sejumlah cara di atas, para pemilik jenis kulit wajah berminyak disarankan untuk menghindari makanan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, gorengan, dan makanan yang kadar gulanya tinggi.

3. Perawatan kulit tipe wajah kering

Tipe kulit kering membutuhkan hidrasi lebih. Maka itu, Anda perlu menggunakan produk yang mampu melembapkan kulit wajah, yang biasa mengandung emolien. Tipe kulit kering harus menghindari produk perawatan dan kosmetik yang mengandung alkohol dan pewangi.

Setelah selesai membersihkan wajah, pastikan Anda menggunakan pelembap supaya hidrasi kulit terjaga. Anda juga tidak disarankan untuk mandi atau mencuci muka menggunakan air hangat dan terlalu lama.

4. Perawatan tipe kulit wajah kombinasi

Cara paling tepat untuk merawat jenis kulit kombinasi adalah dengan menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit wajah kombinasi. Sebab, produk dengan formulasi khusus ini akan mampu mengurangi kadar minyak di daerah T-zone, tetapi secara bersamaan melembapkan area yang kering.

Selain itu, Anda bisa mencoba untuk menggunakan produk khusus untuk kulit berminyak hanya di area T-zone, dan menggunakan produk yang melembapkan di area pipi.

Pada dasarnya, dalam perawatan kulit wajah terdapat rahasianya. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang rahasia dari perawatan kulit wajah, maka bisa membaca buku Rahasia Perawatan Kulit Wajah. Lewat buku ini, Grameds akan mengetahui cara produk-produk yang baik untuk wajah dan tidak membahayakan.


5. Perawatan tipe kulit wajah sensitif

Perawatan kulit wajah yang sensitif juga terbilang cukup ekstra, karena Anda harus mengetahui pemicu yang menyebabkan iritasi atau reaksi alergi. Pemilik tipe kulit wajah sensitif disarankan untuk tidak menggunakan produk perawatan atau kosmetik yang mengandung alkohol, pewangi, dan asam, karena ketiga bahan tersebut mudah menyebabkan iritasi.

Pastikan untuk menggunakan pembersih wajah yang berbahan lembut, kemudian bilas dengan air hangat. Hindari kebiasaan untuk menggosok wajah dengan kasar atau terlalu kencang ketika mencuci wajah dan menggunakan produk perawatan kulit.

Perlu diingat, apapun jenis kulit wajah Anda, gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kulit wajah Anda sebelum Anda tidur. Bagi para wanita yang menggunakan kosmetik, selalu terapkan metode double cleansing, ya!

Untuk perawatan kulit yang optimal, harus disertai juga dengan pola hidup sehat yang dibangun dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, minum air mineral yang cukup, membatasi konsumsi alkohol, dan berhenti merokok. Semoga Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bersih.

Grameds, sekian artikel “Cara Sederhana Mengetahui Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya”. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. Bagi kalian yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara perawatan kulit wajah, Anda bisa belajar dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com. Yuk dapatkan sekarang!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://www.senka.id/senka-stories/cara-mengetahui-tipe-kulit-wajah
  • https://www.halodoc.com/artikel/kenali-5-tes-sederhana-untuk-mengetahui-jenis-kulit
  • https://www.alodokter.com/kenali-jenis-kulit-wajah-dan-cara-merawatnya-di-sini


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda