in

10 Manfaat Daun Binahong, Punya Khasiat Tinggi

Manfaat Daun Binahong – Beragam tanaman tradisional yang berasal dari Indonesia sudah biasa digunakan sebagai pengobatan bagi kesehatan di dalam tubuh. Salah satunya adalah daun binahong yang sudah cukup populer untuk kita dengar bukan?

Ya, daun binahong memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Sebagian orang tentu saja tidak asing apabila mendengar daun binahong yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.

Binahong merupakan salah satu jenis tanaman rambat dengan batang daun yang pendek. Pada umumnya tanaman binahong ini banyak dibudidayakan di suatu pekarangan. Maka dari itu tidak heran jika binahong termasuk ke dalam jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, binahong memiliki daun berwarna hijau yang sama dengan daun pada umumnya. Adapun, yang membedakan daun binahong dengan jenis daun lainnya yakni daunnya memiliki bentuk hati. Biasanya tanaman ini diperkembangbiakkan dengan cara menanam biji atau bagian akarnya.

Selain itu, daun binahong juga memiliki beberapa kandungan penting, seperti beta karoten, flavonoid, vitamin E, saponin, riboflavin, asam askorbat, kalsium, asam folat, zat besi dan protein. Adapun, efek kandungan pada daun binahong yakni efek farmakologis antibakteri, antivirus, analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi.

Kamu juga bisa membaca salah satu rekomendasi ebook berikut ini dalam memberikan solusi terbaiknya tentang pengobatan tradisional loh. Langsung saja klik di bawah ini ya grameds!

Nah, grameds sudah tahu apa itu daun binahong dan beberapa kandungan hingga efek yang dapat dirasakan bukan. Selanjutnya simak ulasan berikut ini tentang beberapa manfaat dari daun binahong bagi kesehatan ya.

Simak hingga akhir ulasan di bawah ini ya grameds!

Berikut ini adalah 10 manfaat daun binahong bagi kesehatan yang belum kamu ketahui, antara lain:

1. Mengobati Penyakit Maag

Manfaat daun binahong yang pertama bagi kesehatan yakni dapat mengobati penyakit maag. Salh satu studi penelitian menjelaskan bahwa pemberian pada ekstrak daun binahong dapat memberikan efek perlindungan pada mukosa di lambung. Hal ini juga dapat membersihkan radikal bebas yang cukup signifikan dalam melindungi mukosa tersebut.

Grameds tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi daun binahong sebagai minuman sehari-hari karena cukup dengan merebus 10 lembar daun binahong dengan satu gelas air hingga mendidih. Jika ingin hasil yang maksimal kamu dapat merebusnya sebanyak tiga kali dalam sehari.

Jangan khawatir ya grameds, kamu juga bisa membaca salah satu rekomendasi ebook berikut ini untuk mengatasi penyakit maag yang sedang kamu alami. Langsung saja klik bukunya di bawah ini ya!

2. Mengobati Luka Bakar

Daun binahong juga memberikan manfaat lainnya bagi kesehatan yaitu dapat mengobati luka bakar. Kandungan flavonoid, tanim, dan saponin yang terdapat pada daun binahong dapat menyembuhkan luka bakar tersebut.

Kandungan atau senyawa saponin yang ada di daun binahong dapat berperan sebagai antiseptik yang dapat mencegah infeksi pada luka bakar. Tidak hanya itu, senyawa ini juga bisa mempercepat dalam terbentuknya kolagen di dalam kulit.

3. Mencegah Risiko Diabetes

Manfaat daun binahong selanjutnya yakni dapat mencegah adanya risiko pada penyakit diabetes. Jika kadar gula di dalam darah meningkat melebihi batas normal maka penyakit diabetes ini akan muncul sehingga salah satu solusinya dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Berdasarkan salah satu studi penelitian menjelaskan bahwa daun binahong memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar gula di dalam darah. Kandungan flavonoid, steroid, dan kumarin memiliki khasiat yakni dapat menghambat pemecahan dan penyerapan gula di dalam usus. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan fungsi insulin pada tubuh.

Simak salah satu rekomendasi buku berikut ini ya grameds jika kamu ingin mengetahui solusi lainnya dalam mencegah risiko diabetes yang diderita. Klik saja di bawah ini!

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

4. Mengobati Anemia

Daun binahong merupakan salah satu sumber zat besi alami yang dapat memicu produksi di dalam sel darah merah. Maka dari itu untuk meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh dapat memperbanyak konsumsi zat besi melalui rebusan daun binahong. Dengan mengkonsumsi daun binahong secara rutin dapat mengobati anemia tersebut.

Baca Juga: Manfaat Donor bagi Kesehatan

5. Mencegah Kanker

Manfaat lainnya dari daun binahong yakni dapat menurunkan adanya risiko terkena penyakit kanker. Hal ini dikarenakan daun binahong yang kaya akan antioksidan maka dari itu dapat menghambat proses dalam perkembangan sel kanker tersebut. Grameds dapat mengkonsumsinya dengan meminum air rebusan daun binahong kering satu kali sehari secara rutin.

6. Mengobati Gagal Ginjal

Daun binahong dapat dipercaya secara efektif dalam mengobati penyakit gagal ginjal. Pemberian ekstrak di dalam daun binahong dapat meningkatkan fungsi ginjal terutama bagi penderita gagal ginjal kronis.

Grameds dapat merebus sebanyak 10 hingga 15 daun binahong yang segar dengan segelas air sampai mendidih lalu di minum. Lakukanlah sebanyak tiga kali dalam sehari sebelum makan jika menginginkan hasil yang maksimal.

7. Mencegah Risiko Jantung

Manfaat daun binahong bagi kesehatan berikutnya yakni dapat mencegah risiko pada penyakit jantung. Ekstrak yang terdapat pada daun binahong memberikan salah satu khasiatnya dalam menurunkan denyut jantung. Hal ini juga berpengaruh dalam menurunkan kolesterol jahat akibat jantung sehingga risiko pada penyakit jantung pun akan rendah.

8. Meningkatkan Stamina Tubuh

Grameds tentu tahu jika saat ini cuaca dengan tidak menentu sehingga mudah sekali terserang berbagai penyakit. Maka dari itu, kamu dapat menjaga stamina tubuh agar tetap maksimal dan dapat beraktivitas sehari-hari dengan salah satu solusinya yakni mengkonsumsi daun binahong.

Tentu saja tidak sulit untuk dilakukannya, mudah saja kamu cukup dengan merebus satu lembar daun binahong dengan air secukupnya secara rutin dalam satu kali sehari agar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

9. Mengobati Gatal-gatal

Kandungan saponin dan flavonoid yang bersifat anti jamur di dalam daun binahong dipercaya dapat mengobati penyakit gatal-gatal. Jamur yang dimaksud adalah salah satu adanya penyebab iritasi pada kulit. Maka dari itu, daun binahong dapat digunakan untuk mengobati gatal-gatal yang terjadi pada kulit.

10. Melancarkan Menstruasi

Manfaat yang satu ini sayang jika dilewatkan oleh para perempuan saat membacanya. Ya, daun binahong dipercaya menjadi salah satu solusi dalam mengatasi proses haid atau menstruasi yang tidak lancar.

Cukup dengan merebus sekitar 3 lembar daun binahong dengan air secukupnya hingga mendidih. Kamu dapat mengkonsumsi secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal sehingga dapat membantu dalam melancarkan menstruasi tersebut.

Kamu juga bisa membaca salah satu buku berikut dalam mencegah permasalahan menstruasi saat sedang timbul loh grameds. Langsung saja klik di bawah ini ya!

Nah, itulah ulasan pada satu artikel ini tentang 10 manfaat daun binahong bagi kesehatan. Tidak hanya itu, daun binahong juga bermanfaat bagi dunia kecantikan loh grameds. Contohnya, mencerahkan kulit wajah, mengatasi komedo, mengencangkan kulit, mengatasi jerawat, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Semoga setelah membaca ulasan tentang artikel ini kamu dapat mencobanya di rumah untuk mengatasi, mencegah, dan mengobati salah satu solusi dalam penyakit yang sedang dialami tersebut. Selain itu, dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang belum diketahui tentang manfaat daun binahong ya grameds.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang daun binahong bagi kesehatan kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay