in

10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Manfaat bawang merah untuk menambah rasa lezat pada masakan sudah tidak perlu diragukan lagi. Grameds pasti kerap menggunakan bawang merah sebagai bumbu tumisan, sayuran acar, hingga bawang goreng.

Memiliki nama latin Allium ascalonium L, bawang merah merupakan salah satu komoditi holtikultura yang termasuk ke dalam sayuran rempah penambah cita rasa dan kenikmatan masakan. Sebagai pelengkap bumbu masakan, bawang merah sejatinya berasal dari keluarga Liliceae.

Tanaman bawang merah secara morfologi dibedakan atas biji, akar, batang, daun, bunga, dan buah. Akar tanaman bawang merah dapat tumbuh hingga kedalaman 30 cm, lho Grameds. Akar tersebut terdiri atas akar pokok atau primary root yang membantu menopang berdirinya tanaman.

Tanaman bawang merah yang peka terhadap curah hujan dan cuaca berkabut ternyata lebih senang tumbuh di daerah beriklim kering. Hal tersebut membuat sebagian besar petani menanam bawang merah pada musim kemarau atau akhir musim penghujan.

Daerah beriklim kering yang cerah dengan suhu udara panas menjadi daerah terbaik untuk budi daya bawang merah. Bawang merah sebagai salah satu penyedap rasa masakan telah dibudidayakan hampir di seluruh dunia dengan berbagai varietas.

Entah beberapa ribu tahun yang lalu, tanaman bawang merah yang berasal dari Syiria sudah dikenal umat manusia sebagai penyedap masakan. Sekitar abad ke-8, bawang merah mulai menyebar ke Eropa Barat, Eropa Timur, Spanyol, Amerika, Asia Timur, dan Asia Tenggara.

Setelah itu, bawang merah menjadi tanaman komersial di berbagai negara di dunia pada abad ke-19. Di Indonesia sendiri ada beberapa wilayah yang menjadi sentra produksi bawang merah, yakni Brebes, Cirebon, Tegal, Kuningan, Wates, Samosir, dan Lombok Timur.

Bawang merah sebagai sumber pendapatan telah memberikan kontribusi cukup tinggi terhadap perkembangan ekonomi wilayah. Hal tersebut mampu membuat budi daya bawang merah menyebar hampir di semua provinsi tanah air. Nah, tahukah kamu bahwa manfaat bawang merah jauh lebih banyak dari itu?

Bawang merah ternyata dapat digunakan untuk kesehatan tubuh hingga kesehatan kulit, lho. Bawang merah yang memiliki kandungan gizi untuk menguatkan tubuh dan menambah nafsu makan telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu.

Ilustrasi Bawang Merah (sumber: shutterstock.com)

Bawang merah memiliki kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineral, allicin, flavonoid, polifenol, kalori, serat, protein, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, niasin, dan asam lemak esensial. Setelah ditelusuri, ternyata bawang merah merupakan sumber vitamin A, vitamin B, vitamin, C, dan karbohidrat.

Kemudian kandungan nutrisi berupa allicin yang dimiliki oleh bawang merah bersifat sebagai antioksidan baik untuk kesehatan tubuh. Masih seputar antioksidan, bawang merah juga mengandung flavonoid yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh rusak akibat radikal bebas.

Kandungan polifenol pada bawang merah merupakan senyawa alami dari sayuran yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dapat dikatakan bahwa kandungan polifenol tersebut berfungsi sebagai aktioksidan dalam tubuh.

Lalu, bagaimana dengan kandungan kalori dalam bawang merah? Grameds tidak perlu khawatir karena kandungan kalori pada bawang merah cukup rendah. Sementara kandungan serat yang dapat ditemui pada bawang merah cukup menjadi asupan nutrisi dalam tubuh.

Selain itu, kandungan asam lemak esensial pada bawang merah dapat membantu memenuhi nutrisi dalam tubuh. Jika dilihat dari nilai ekonomis dan kandungan gizinya, bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai arti penting bagi masyarakat.

Kali ini Gramedia.com telah merangkum manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh dan kulit. Mau tahu ulasan selengkapnya? Yuk, simak penjelasan mengenai manfaat lengkap bawang merah berikut ini.

tombol beli buku

10 Manfaat Bawang Merah

1. Mampu Mengontrol Diabetes

Selain membuat makanan semakin lezat, bawang merah juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh secara keseluruhan. Penderita diabetes wajib menjaga pola makan agar tetap sehat. Nah, tahukah Grameds bahwa bawang merah ternyata bermanfaat mengobati diabetes?

Bawang merah memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu mengontrol penambahan berat badan terkait diabetes. Senyawa petida pada bawang merah memiliki sifat hipoglikemia yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Bawang merah memiliki sifat tertentu yang dapat membantu merangsang sekresi insulin. Hal tersebut dipercaya mampu menurunkan respons peradangan yang terjadi pada penyakit diabetes. Mengonsumsi bawang merah dalam jumlah besar dapat menurunkan kadar gula penderita diabetes

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan allicin dan quercetin dalam tumbuhan bawang merah dianggap memiliki sifat anti-hipertensi. Kandungan tersebut mampu meningkatkan status antioksidan yang melindungi jantung.

Kemudian bawang merah sebagai pelengkap bumbu masakan juga dapat mencegah penumpukan plak di arteri. Selain itu, kandungan allicin pada bawang merah dapat menurunkan tingkat spesies oksigen reaktif.

Lebih penting lagi, kandungan tersebut mampu menghambat produksi enzim tertentu yang membuat kolestrol tinggi. Tak sampai di situ, komoditi holtikultura yang satu ini dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi jantung.

Kandungan nutrisi berupa kalium pada bawang merah dapat mengatur tekanan darah dan memperkuat kapiler darah. Grameds bisa menambahkan bawang merah sebagai bumbu masakan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain menjaga kesehatan jantung, bawang merah juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi bawang merah secara rutin dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Khasiat tersebut berasal dari kandungan kalsium, mineral, zat besi, dan fosfor pada bawang merah.

Menarik, bukan? Dapat disimpulkan bahwa bawang merah dengan nama latin Allium ascalonium L dapat meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko patah tulang pinggul, meningkatkan kesehatan gigi, dan membantu mencegah osteoporosis.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Selanjutnya, bawang merah berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan otak. Kandungan nutrisi asam folat pada bawang merah dapat memberi keajaiban bagi kesehatan otak. Kandungan tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan otak, lho Grameds.

Sebagai salah satu vitamin B, asam folat dapat membantu meningkatkan fungsi otak yang berkontribusi langsung pada kesehatan mental dan emosional. Kemudian kandungan zat besi pada bawang merah juga membantu meningkatkan kesehatan otak.

Tanaman bawang merah memiliki senyawa pyrithione yang dipercaya mampu meningkatkan aktivitas neurologis dan melawan peradangan otak. Senyawa pyrithione pada bawang merah berhubungan erat dengan pencegahan penyakit Alzheimer.

tombol beli buku

5. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker masih menjadi penyakit mengkhawatirkan yang menyumbangkan angka kematian terbesar di duni. Tahukah kamu bahwa pola hidup yang sehat mampu mengurangi risiko kanker? Meningkatkan konsumsi makanan kaya akan antioksidan dapat menjadi tindakan pencegahan untuk kanker.

Mengonsumsi bawang merah secara rutin dapat membantu menjaga pola hidup sehat untuk mengurangi risiko kanker. Penasaran mengapa hal itu bisa terjadi? Kandungan allium pada tanaman bawang merah dikenal mampu mengurangi risiko kanker dan menyebabkan kematian sel kanker.

Selain itu, bawang merah memiliki ekstrak etil asetat yang mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sifat antikanker dan antiinflamasi pada bawang merah berfungsi dengan baik dalam bidang pengobatan kanker.

Meskipun bawang merah berkhasiat untuk mengurangi risiko kanker, Grameds tetap disarankan melakukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi dini terjadinya kanker. Pemeriksaan rutin lebih disarankan agar penanganan dapat dilakukan dengan cepat.

6. Mencegah Infeksi Penyakit

Sebagai salah satu komoditi holtikultura, bawang merah memiliki kandungan protein yang dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman bawang merah memiliki efek antioksidan yang baik untuk melawan penyakit dan infeksi umum.

Bawang merah terbukti ampuh untuk melawan penyakit, seperti flu, sakit kepala, demam, dan bronkitis. Sifat antivirus dan antibakteri pada bawang merah dapat mengobati infeksi batuk berdahak dan sakit tenggorokan.

Bawang merah berkhasiat untuk menurunkan demam pada bayi. Grameds hanya perlu mencampurkan parutan bawang merah dengan minyak kelapa dan balurkan secara merata ke punggung dan perut.

Mengoleskannya ke tubuh secara merata dapat membantu menghangatkan badan. Meski bermanfaat untuk mencegah infeksi penyakit, Grameds tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter apabila gejala yang muncul tak kunjung reda.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Bawang merah ternyata tak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tanaman bawang merah juga dipercaya ampuh untuk menjaga kecantikan, lho Grameds. Tanaman yang tumbuh di daerah beriklim kering ini mampu menjaga kulit agar terlihat lebih muda.

Grameds bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan mencuci muka di pagi hari menggunakan air rendaman bawang merah yang sudah dikupas. Disarankan untuk merendam bawang merah dengan air panas untuk memberikan efek yang menguntungkan.

Selain itu, kandungan nutrisi pada bawang merah dapat membantu menyembuhkan sengatan serangga. Bagaimana caranya? Grameds hanya perlu membuat jus bawang merah dan menggosoknya ke daerah yang terkena sengatan untuk membantu menenangkan rasa sakit.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan sulfur pada tanaman bawang merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan tersebut akan membantu kamu memproduksi jaringan kolagen pendukung pertumbuhan rambut.

Selain itu, bawang merah juga dapat membantu menyembuhkan kebotakan, mengobati kerontokan rambut, dan mengobati infeksi kulit kepala. Grameds hanya perlu membuat jus bawang merah, lalu mengoleskannya ke kulit kepala, dan diamkan sekitar 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan sampo.

Untuk mengatasi ketombe, Grameds cukup mencampurkan jus bawang merah, jus lemon, madu, dan buttermilk. Selanjutnya, oleskan semua bahan tersebut ke rambut, biarkan selama 30 menit, dan bilas hingga bersih menggunakan sampo anti ketombe.

tombol beli buku

9. Berpotensi Meningkatkan Sistem Imun

Mengonsumsi tanaman bawang merah yang kaya akan vitamin C terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Vitamin C sendiri dapat membentuk antioksidan, membunuh mikroba yang menyerang tubuh, dan merangsang sel darah putih menuju lokasi infeksi. Bawang merah memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun dan meminimalisasi kerusakan oleh patogen atau bibit penyakit.

10. Mendukung Kesehatan Saraf dan Otot

Kandungan kalium pada bawang merah berfungsi sangat vital bagi tubuh manusia. Bawang merah memiliki kandungan kalium yang berkhasiat mendukung saraf dan otot agar bekerja normal.

Bila kandungan kalium pada tubuh rendah, kemungkinan Grameds akan mengalami masalah pada saraf dan otot. Padahal saraf dan otot yang sehat dapat mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

Otot lemah dan tubuh lemas menjadi masalah kesehatan yang umum terjadi. Mengonsumsi bawang merah yang kaya akan kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan otot.

Baca Juga: 

Kini, Grameds sudah semakin tahu manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh dan kulit, kan? Ternyata komoditi holtikultura yang kecil ini punya segudang manfaat di dalamnya. Nah, mulai sekarang jangan lewatkan mengonsumsi bawang merah, ya Grameds.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila