in

10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah

10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah – Apakah Grameds menyukai kopi? Siapa yang tak menyukai kopi dengan keharuman alaminya? Tahukah kamu bahwa kopi dapat dijadikan sebagai salah satu opsi perawatan wajah? Berbagai produk kecantikan canggih bermunculan seiring dengan meningkatnya kesadaran untuk merawat wajah.

Beberapa bahan alami yang ada di rumah ternyata memiliki manfaat yang tak kalah hebat dari produk kecantikan canggih di pasaran. Tak hanya nikmat untuk di konsumsi, kopi kerap diolah dan ditambahkan dalam beberapa merek produk perawatan kulit.

Bubuk kopi terbuat dari biji tanaman kopi yang disangrai dan dihaluskan. Kopi sebagai jenis tanaman tropis tergolong minuman yang tidak mengandung alkohol dan memiliki kafein.

Kandungan kafein dalam kopi umumnya akan meningkatkan laju metabolisme pada tubuh. Sifat antibakteri pada kopi berpeluang besar untuk menyembuhkan berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Dua jenis kopi yang biasa kita kenal ialah kopi arabika dan kopi robusta. Kadar kafein pada kopi arabika sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi robusta.

Kopi arabika memiliki cita rasa dengan mutu terbaik. Hal tersebut ditandai dengan biji picak, daun hijau tua, dan berombak-ombak. Abesinia, pasumah, marago, dan congensis termasuk ke dalam jenis kopi arabika.

Kemudian kopi robusta memiliki cita rasa yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi arabika. Kopi robusta biasanya dikenal memiliki kekentalan dan warna yang kuat.

Sebelum membahas kandungan dan manfaat kopi untuk wajah, Grameds akan diperkenalkan dengan sejarah kopi. Pada abad ke-9, kopi pertama kali ditemukan oleh seorang penggembala yang menyadari dombanya menjadi hiperaktif setelah memakan biji-biji berukuran kecil.

Biji-bijian tersebut tumbuh di sekitar tempat penggembalaannya yang bernama Kaffa. Sejak saat itu muncul istilah kopi yang mulai mendunia seperti sekarang.

Di Indonesia sendiri kopi diperkenalkan oleh Belanda pada tahun 1696. Pohon kopi termasuk dalam famili Rubiceae dan genus Coffea. Tanaman tropis yang satu ini tumbuh tegak dan bercabang hingga ketinggian 12 meter.

Pertumbuhan tanaman kopi tidak berpengaruh langsung dengan ketinggian tempat. Pertumbuhan tanaman kopi seperti pembentukan bunga dan buah berhubungan langsung dengan faktor suhu udara.

Curah hujan berpengaruh besar terhadap ketersediaan air pada tanaman kopi. Umumnya tanaman kopi tumbuh subur di daerah curah hujan 2.000-3.000 mm per tahun. Terkait dengan penyinaran matahari, tanaman kopi umumnya tidak menyukai penyinaran matahari langsung.

Kopi yang kaya akan antioksidan memegang perana penting untuk dimanfaatkan sebagai perawatan kulit wajah. Kopi sebagai salah satu bahan alami yang ada di dapur dapat digunakan sebagai masker kecantikan atau scrub.

Produk masker berbahan dasar kopi memiliki segudang manfaat penting. Kopi memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit wajah, lho Grameds. Masker kopi bekerja efektif untuk membuat kulit tampak awet muda dan mengangkat sel kulit mati.

Biasanya masker kopi dibuat dengan campuran bahan pelarut seperti minyak zaitun. Kandungan nutrisi dan vitamin dari kopi akan menyerap ke dalam kulit. Kopi dipercaya mampu untuk membersihkan pori-pori, melembutkan kulit, mencerahkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati.

Sebenarnya apa saja kandungan kopi sehingga baik untuk wajah? Berikut ini penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat kopi untuk wajah yang perlu Grameds ketahui.

tombol beli buku

Kandungan Nutrisi Kopi

Sebagai salah satu jenis tanaman tropis, kopi yang memiliki nama latin Coffea sp ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 gram bubuk kopi yang perlu Grameds ketahui.

  • 26 gram air
  • 129 kalori
  • 12,3 gram protein
  • 0,5 gram lemak
  • 35,0 gram karbohidrat
  • 9,7 gram abu
  • 179 miligram kalsium
  • 383 miligram fosfor
  • 5,6 miligram zat besi
  • 72 miligram natrium
  • 3,256 miligram kalium
  • 0,14 miligram tembaga
  • 0,21 miligram riboflavin
  • 30,6 miligram niasin

10 Manfaat Kopi untuk Wajah

Kopi sebagai bahan alami dapat dijadikan campuran dalam pembuatan masker dan scrub. Biji kopi dengan aroma khas yang menenangkan memiliki kandungan antioksidan penting untuk kesehatan kulit wajah. Simak ulasan berikut ini sampai tuntas untuk mengetahui manfaat kopi untuk wajah.

Ilustrasi Scrub Kopi untuk Wajah (sumber: skinnyms.com)

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

1. Membuat Wajah Tampak Awet Muda

Kopi yang termasuk dalam famili Rubiceae bermanfaat untuk membuat wajah tampak awet muda. Kandungan antioksidan pada kopi ternyata mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Tanda-tanda penuaan akan muncul lebih cepat saat kulit wajah terpapar radikal bebas berlebih. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kopi bekerja efektif untuk mencegah penurunan kadar kolagen dan membantu meningkatkan produksi elastin.

Efek kandungan antioksidan dari kopi akan membuat kulit tetap terasa kencang. Kemudian bubuk kopi memiliki kandungan kafein yang tinggi untuk membuat kulit lebih kencang.

Dengan begitu masker berbahan dasar kopi dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini. Grameds disarankan rutin menggunakan masker berbahan dasar kopi untuk mengencangkan kulit wajah dan menyamarkan kerutan-kerutan halus secara optimal.

2. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Grameds tentu tidak bisa menghindari sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan. Kulit wajah yang terpapar sinar matahari terlalu lama akan terbakar dan iritasi.

Kandungan nutrisi dalam bubuk kopi mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak dari bubuk kopi dipercaya ampuh untuk melindungi kulit dari kerusakan.

Kerusakan yang dimaksud ialah kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih. Meski kopi memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, Grameds tetap disarankan menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

Penasaran, bagaimana cara memanfaatkan kopi untuk meredakan kulit yang terbakar? Grameds hanya perlu menyeduh kopi dengan tambahan air dingin. Kemudian siapkan sebuah kain untuk menyaring kopi tersebut. Setelah itu, gunakan kain penyaring kopi untuk memijat perlahan bagian kulit yang terbakar.

Menggunakan kopi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari akan mendatangkan efek sooting dan calming. Masker wajah berbahan dasar kopi juga mampu memberikan efek menangkan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

3. Menenangkan Kulit Wajah

Selain membuat wajah tampak awet muda, kopi ternyata bermanfaat untuk menenangkan kulit wajah. Kandungan nutrisi dalam bubuk kopi mampu memberikan efek stimulasi bagi tubuh saat dikonsumsi.

Kemudian bubuk kopi yang dijadikan sebagai campuran pembuatan masker akan memberikan efek menenangkan kulit wajah karena kandungan antioksidannya. Selain itu, kandungan antioksidan pada kopi mampu mengatasi iritasi kulit akibat paparan sinar matahari.

tombol beli buku

4. Merawat Kulit Berjerawat

Ilustrasi Kulit Berjerawat (sumber: www.harapanrakyat.com)

Grameds memiliki masalah jerawat yang tak kunjung usai? Kopi sebagai bahan alami yang ada di dapur dapat menjadi solusinya. Selain menenangkan kulit wajah, kopi ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami dalam merawat kulit berjerawat.

Kopi memiliki kandungan chlorogenic acid yang baik untuk perawatan kulit berjerawat. Sifat antibakteri dan antiinflamasi di dalam kopi memberikan efek yang baik untuk merawat kulit berjerawat.

Kemudian kopi dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi munculnya jerawat pada kulit. Grameds hanya perlu mencampurkan kopi dengan air, lalu gosokkan secara perlahan pada wajah. Setelah jerawat membaik, kamu bisa mencampurkan kopi dengan madu untuk menghilangkan bekas jerawat.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Tanaman tropis yang satu ini dipercaya ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, lho Grameds. Butiran bubuk kopi yang kerap dijadikan scrub wajah efektif mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Selain itu, butiran bubuk kopi dapat menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit. Rutin menggunakan masker kopi dapat membantu meningkatkan peredaran darah di wajah.

Grameds dapat mencampurkan kopi dan madu hinggi sedikit mengental untuk membantu meningkatkan peredaran darah. Kemudian produk kecantikan yang mencampurkan kopi sebagai bahan utamanya baik digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit wajah.

Penggunaan masker wajah berbahan dasar kopi dapat menjadi salah satu solusi perawatan wajah yang membuat kulit tampak lebih segar. Kandungan asam pada kopi mampu mengangkat sel kulit mati dengan mencampurkannya bersama susu sapi murni.

Aplikasikan campuran tersebut pada kulit wajah secara merata. Setelah itu, gosok campuran kopi dengan susu sapi murni secara perlahan hingga wajah bersih merata.

6. Menghaluskan Kulit Wajah

Kopi dengan aroma khas yang menenangkan ternyata dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Sisa sel kulit mati dapat membuat kulit wajah menjadi kusam dan kasar.

Grameds dapat mencoba masker berbahan dasar kopi untuk menghaluskan kulit wajah. Coba gunakan kopi sebagai bahan alami pada masker kamu dan rasakan manfaatnya.

7. Menyamarkan Bekas Jerawat

Kandungan nutrisi pada kopi ternyata mampu untuk menyamarkan bekas jerawat membandel yang mengganggu. Bekas jerawat dinilai lebih menyebalkan jika dibandingkan dengan jerawat itu sendiri.

Wajah menjadi kurang mulus dengan noda hitam atau kemerahan yang ditinggalkan oleh jerawat. Grameds disarankan menggunakan masker berbahan dasar kopi dengan campuran madu untuk membuat bekas jerawat menjadi memudar.

tombol beli buku

8. Menyamarkan Lingkar Hitam di Bawah Mata

Ilustrasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata (sumber: brightside.me)

Lingkaran hitam di bawah mata dapat disamarkan dengan memanfaatkan kopi sebagai masker wajah. Kaum hawa kerap mengeluhkan masalah lingkaran hitam di bawah mata yang sulit dihilangkan.

Kopi sebagai tanaman tropis memiliki kandungan kafein yang baik untuk membantu memperlebar peredaran darah di area mata. Penyempitan pembuluh darah penyebab mata panda dapat disamarkan dengan penggunaan kopi.

Penasaran bagaimana caranya? Grameds hanya perlu membuat kopi tanpa gula dan gunakan ampasnya untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Setelah itu, kamu perlu mengoleskan ampas kopi tersebut di bawah mata. Biarkan selama 10 menit, bilas hingga bersih, dan lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

9. Mengecilkan Pori-pori

Wajah berminyak, komedo, dan jerawat kerap timbul pada wajah berpori-pori besar. Kandungan nutrisi pada bubuk kopi dinilai efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Grameds disarankan menggunakan masker berbahan dasar kopi secara rutin untuk menyeimbangkan kadar minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori. Pemakaian masker kopi yang rutin akan membuat komedo dan jerawat menjauh dari wajah.

10. Bekerja Sebagai Antioksidan

Wajah membutuhkan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Wajah akan lebih cepat menua dan mengalami berbagai permasalahan kulit ketika kekurangan antioksidan.

Tubuh dapat memproduksi antioksidan alami. Namun, produksi antioksidan akan berkurang seiring dengan pertambahan usia.

Nah Grameds dapat menggunakan masker berbahan dasar kopi untuk memberikan antioksidan tambahan yang dibutuhkan wajah. Perlu diketahui bahwa kopi sebagai salah satu bahan alami memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Baca Juga:

Itulah 10 manfaat kopi sebagai masker dan scrub untuk wajah. Tak disangka ternyata kopi memiliki segudang manfaat baik untuk wajah ya, Grameds? Jadi, tunggu apalagi? Segera ambil bubuk kopi yang ada di rumah dan gunakan untuk perawatan kulit wajah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila