in

10+ Manfaat Tanaman Porang yang Jarang Diketahui

Manfaat Tanaman Porang – Apakah Grameds pernah mendengar tanaman porang sebelumnya? Porang merupakan salah satu umbi-umbian yang tumbuh di daerah tropis dan subtropik. Porang dengan nama latin Amorphophallus oncophyllus prain belum banyak dibudidayakan.

Tanaman berupa semak ini biasanya tumbuh liar di bawah rumpun bambu, hutan, tepi sungai, maupun lereng gunung. Meski tumbuh di tempat yang lembap, umbi porang ternyata memiliki sifat rendah kalori sehingga berguna sebagai makanan diet.

Tanaman porang yang termasuk dalam famili Araceae awalnya ditemukan di daerah tropis seperti Afrika. Seiring berjalannya waktu tanaman porang menyebar ke daerah iklim sedang seperti China dan Jepang.

Setelah itu, tanaman porang mulai menyebar ke Myanmar, Thailand, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, umbi porang dikenal dengan beberapa nama lokal. Di daerah Sumatera, umbi porang dikenal dengan nama kerubut.

Kemudian orang Sunda mengenal umbi porang dengan nama acung atau acoan oray. Sementara di daerah Nganjuk, masyarakat mengenalnya dengan nama kajrong. Secara morfologi, tanaman porang memiliki batang tegak, lunak, dan halus.

Tanaman porang memiliki batang berwarna hijau atau hitam dengan bercak putih. Tanaman porang diketahui dapat tumbuh mencapai ketinggian 1,5 meter. Umbi porang yang tumbuh di tempat lembap secara morfologi terbagi menjadi dua macam, yakni umbi batang dan umbi katak (bulbil).

Umbi porang tergolong sebagai umbi tunggal karena setiap satu pohon hanya menghasilkan satu umbi saja. Umbi porang dapat tumbuh mencapai 28 sentimeter dengan bobot 3 kilogram. Permukaan luar umbi porang berwarna cokelat tua dengan bentuk bulat agak lonjong.

Perlu diketahui bahwa tanaman porang memiliki jenis daun majemuk yang berwarna hijau muda sampai hijau tua. Akar tanaman porang secara morfologi tumbuh dari bagian pangkal batang dan sebagian tumbuh menyelimuti umbi. Sementara bunga tanaman porang tersusun atas putik, bunga, dan benangsari.

Saat ini permintaan ekspor tanaman porang diketahui kian meningkat. Tanaman porang bisa menjadi komoditi ekspor andalan baru dari Indonesia. Tanaman porang yang memiliki aroma tidak sedap kini mulai digandrungi dan dibudidayakan di sektor pertanian.

Porang yang mengandung nutrisi baik bagi kesehatan menjadi salah satu alasan mengapa permintaan tanaman ini terus melonjak. Tanaman porang ternyata sudah dimanfaatkan sejak zaman penjajahan Jepang, lho Grameds.

Porang yang termasuk umbi-umbian banyak digunakan untuk keperluan logistik dan industri pangan. Tanaman berupa semak ini mulai dibudidayakan sebagai bahan pembuatan nasi, tepung, dan mi shirataki.

Tanaman porang juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku pelapis anti air, bahan baku lem, kosmetika, cat, pengental negatif film, hingga isolator listrik. Selain itu, tanaman porang ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Porang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah, menurunkan berat badan, mencegah kanker, dan lain sebagainya. Sebenarnya apa saja kandungan umbi porang sehingga memiliki banyak manfaat?

Berikut ini Gramedia.com telah merangkum penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat tanaman porang. Simak ulasannya berikut ini.

tombol beli buku

Manfaat Tanaman Porang untuk Kesehatan dan Bahan Industri

1. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Penurunan Berat Badan (sumber: nova.grid.id)

Shirataki merupakan salah satu bahan pangan yang sedang populer untuk orang-orang dalam masa diet. Tanaman porang diketahui menjadi bahan campuran pembuatan shirataki yang memiliki senyawa glukomanan.

Senyawa glukomanan pada tanaman porang dapat menjadi pengental alami. Senyawa tersebut dinilai bekerja efektif untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa pasien obesitas yang menjalani diet dengan mengonsumsi senyawa glukomanan mengalami penurunan berat badan. Studi tersebut berhasil membuktikan bahwa tingkat trigliserida dan bobot berlebih dapat turun secara signifikan.

Fakta menariknya, penurunan berat badan yang terjadi tetap menjaga kandungan kalsium dan zat besi dalam tubuh. Tanaman porang yang mengandung senyawa glukomanan dapat memperlambat pengosongan perut dan mempercepat rasa kenyang.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

2. Sumber Pangan Sehat

Perkembangan teknologi yang terjadi membuat tanaman porang dapat digunakan sebagai bahan pangan alternatif. Senyawa glukomanan pada tanaman porang dapat diubah menjadi tepung yang kaya nutrisi.

Kemudian tepung kaya nutrisi yang terbuat dari tanaman porang tergolong rendah kalori dan tinggi serat. Umumnya, tanaman porang akan diubah menjadi tepung konyaku.

Tepung konyaku yang terbuat dari tanaman porang dapat menetralkan kadar asam dalam tubuh. Selain itu, konyaku porang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, penderita alergi gluten, dan orang-orang yang sedang diet rendah kalori.

Konyaku merupakan makanan khas Negeri Sakura yang kerap dinikmati dengan shirataki. Makanan tersebut terbuat dari tanaman porang berbentuk tepung yang diolah menjadi konyaku.

3. Mencegah Kanker

Sebuah studi mengungkapkan bahwa tanaman porang dapat menjadi bahan makanan yang membantu mencegah penyakit kanker paru-paru. Kemudian kandungan nutrisi dalam tanaman porang terbukti efektif untuk menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker.

Senyawa glukomanan pada tanaman porang dapat membantu menurunkan tingkat keganasan tumor dan kanker. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat tanaman porang yang satu ini.

4. Menurunkan Kadar Kolestrol

Ilustrasi Pemeriksaan Kolestrol (sumber: hellosehat.com)

Orang yang memiliki riwayat kolestrol tinggi perlu menjaga pola makan sehat. Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, senyawa glukomanan juga bekerja efektif untuk menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa pasien yang mengonsumsi suplemen konyaku glukomanan mengalami penurunan kadar kolestrol jahat dalam darah. Studi lainnya mengungkapkan bahwa suplemen yang mengandung senyawa glukomanan dapat membantu menurunkan risiko penyakit pembuluh darah.

Penyakit pembuluh darah yang dimaksud ialah stroke dan jantung. Senyawa glukomanan pada tanaman porang mengandung serat yang mampu menyerap air. Kemudian senyawa glukomanan pada porang berperan penting untuk mengeluarkan kelebihan kolestrol melalui feses.

tombol beli buku

5. Mengatasi Sembelit

Tanaman porang diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman porang dengan nama latin Amorphophallus oncophyllus prain memiliki senyawa glukomanan yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit kronis.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa suplemen glukomanan bekerja efektif untuk mengobati konstipasi pada anak-anak dan orang dewasa. Tanaman porang yang mengandung senyawa glukomanan dapat membantu mengatasi masalah susah buang air besar.

6. Sebagai Bahan Industri

Ilustrasi Mi Shirataki (sumber: food.detik.com)

Dilansir dari laman Balitkabi, tanaman porang memiliki senyawa glukomanan yang bermanfaat untuk bahan industri kimia, farmasi, dan pangan. Ada beberapa produk pangan yang menggunakan porang sebagah bahan baku pembuatan.

Konyaku dan shirataki menjadi contoh penggunaan porang untuk produk makanan. Kemudian porang juga kerap dimanfaatkan untuk pembuatan produk roti, es krim, kue, permen, dan lain sebagainya.

Pada industri makanan, kandungan konjac dalam tanaman porang kerap digunakan sebagai pengental es krim agar tidak cepat meleleh. Sementara di industri kimia, tanaman porang dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lem, cat tembok, penguat kain tenun, dan pelapis kedap air.

Tanaman porang diketahui memiliki kandungan konjac yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan kertas. Pemanfaatan tanaman porang sebagai bahan industri dapat menghasilkan materi yang lebih baik dengan harga lebih murah.

7. Membantu Penyerapan Kalsium

Porang yang tergolong dalam famili Araceae diketahui memiliki manfaat kesehatan untuk membantu penyerapan kalsium. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tanaman porang mengandung alkaloid dan kristal kalsium oksalat.

Kandungan tersebut tergolong sebagai senyawa anti gizi yang dapat mengikat kalsium. Kandungan senyawa alkaloid dan kristal kalsium oksalat pada tanaman porang berperan penting dalam menyerap kalsium demi menjalankan fungsi saraf dan serat otot.

8. Lem Ramah Lingkungan

Ilustrasi Lem Ramah Lingkungan (sumber: my-best.id)

Grameds kerap mengeluhkan bau lem yang menyengat dan kurang merekat? Kini tidak perlu khawatir karena umbi porang dapat diolah menjadi lem yang ramah lingkungan.

Kandungan konjac pada tanaman porang dapat menjadi perekat yang sangat bagus untuk digunakan. Kemudian lem berbahan dasar tanaman porang dapat menjadi lem yang ramah lingkungan.

tombol beli buku

9. Bahan Obat

Tanaman porang dengan nama latin Amorphophallus oncophyllus prain diketahui memiliki kandungan KGM yang bermanfaat untuk dunia kesehatan. Kandungan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembentuk kapsul obat-obatan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanaman porang berupa semak ini mengandung lem alami untuk merekatkan kapsul obat.

10. Menurunkan Kadar Gula Darah

Ilustrasi Pemeriksaan Kadar Gula Darah (sumber: halodoc.com)

Senyawa glukomanan pada tanaman porang diketahui efektif untuk menurunkan kadar gula darah. Penurunan kadar gula darah dapat membantu menurunkan risiko kolestrol tinggi, diabetes, resistensi insulin, dan tekanan darah tinggi.

Kemudian tanaman porang dipercaya mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam usus kecil. Kondisi tersebut dapat membuat sensitivitas tubuh terhadap insulin turut meningkat.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa senyawa glukomanan pada suplemen dapat mencegah pembentukan plak dalam pembuluh darah. Studi lain juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi biskuit yang mengandung senyawa glukomanan dapat menurunkan kadar gula darah secara bertahap.

11. Isolator Listrik

Tanaman porang yang tumbuh subur di tempat lembap memiliki kandungan glukomanan dalam bentuk gel. Senyawa glukomanan berbentuk gel tersebut dapat menjadi pengganti gel silikon.

Glukomanan dalam gel silikon dapat menjadi pencegah penghantaran listrik yang baik. Gel silikon yang terbuat dari tanaman porang dapat menjadi substitusi yang sama bagusnya.

12. Membuat Bahan Waterproof

Senyawa glukomanan pada tanaman porang dapat dijadikan bahan waterproof. Senyawa glukomanan akan dicampurkan dengan gliserin dan natrium hidroksida dalam pembuatan bahan aktif yang mampu menahan air.

Tanaman porang yang kaya akan glukomanan cocok sebagai bahan aktif pada pembuatan cat waterproof. Nantinya cat waterproof yang terbuat dari tanaman porang dapat menahan rembesan air pada dinding yang lembap.

13. Pembersih Air

Ilustrasi Air Bersih (sumber: alodokter.com)

Tanaman porang yang memiliki senyawa glukomanan dapat membantu memurnikan air dan keloid dari bir, gula, minyak, dan serat. Saat air di rumahmu kotor, gunakanlah tanaman porang yang memiliki senyawa glukomanan. Kini kamu tidak perlu khawatir akan kondisi air yang kotor karena kandungan glukomanan pada tanaman porang dapat larut di dalam air dan memurnikan air itu sendiri.

14. Mengatasi Alergi

Senyawa glukomanan dalam tanaman porang diketahui efektif untuk mengatasi alergi, lho Grameds. Tanaman porang yang kaya akan senyawa glukomanan dapat membantu menekan reaksi terhadap alergi. Meski begitu, dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam untuk menguji manfaat tanaman porang dalam mengatasi alergi.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah beragam manfaat tanaman porang di berbagai macam bidang, mulai dari kesehatan hingga industri. Tanaman porang yang memiliki sejuta manfaat diharapkan dapat menjadi komoditi ekspor andalan baru dari Indonesia.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila