in

Catat! Ini Cara Agar Wajah Tidak Kusam dan Penyebabnya

Sebenarnya, bagaimana cara agar wajah tidak kusam?

Setiap orang pasti akan mendambakan kulit yang sehat, cerah, dan juga bersinar. Namun sayangnya, ada sebagian orang yang masih berkutat dengan masalah kulit yang kusam dan tidak terlihat cerah, sehat, hingga memiliki bintik hitam.

Wajah yang terlihat kusam ini tentu saja dapat mengganggu penampilan karena membuat kita tidak percaya diri. Akibatnya, kulit kita juga akan terlihat lelah, tidak bercahaya, bahkan terlihat lebih tua dari umur kulit pada umumnya.

Sebenarnya, penyebab dari kulit wajah yang terlihat kusam ini sangat banyak dan bervariasi. Bisa dari tidak pernahnya menggunakan pelembap wajah, menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai, hingga terpapar sinar matahari tanpa adanya perlindungan. Di sisi lain, faktor internal, seperti kurang asupan air, kurang istirahat, stres, hingga kebiasaan merokok pun dapat menjadi penyebab dari kulit wajah yang terlihat kusam.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini cara agar wajah tidak kusam pun banyak yang bisa dilakukan. Kamu hanya perlu melakukan beberapa perawatan agar kulit kamu menjadi lebih sehat dan cerah lagi. Dan juga, merawat kulit wajah juga bukanlah sesuatu yang sulit.

 

Tetapi, hal yang perlu dicatat adalah melakukan perawatan wajah tidak bisa dilakukan secara sedikit-sedikit atau terputus-putus. Merawat wajah harus dilakukan secara terus menerus dengan tujuan agar bisa mendapatkan kulit cantik yang terhidrasi dengan baik. Maka dari itu, perawatan yang dilakukan pun harus konsisten.

Di sisi lain, produk yang digunakan untuk merawat wajah pun harus sesuai dengan tipe kulit kita. Jika hal ini dilakukan dengan benar, maka cara agar wajah tidak kusam pun akan tercapai.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut, berikut ini rangkuman informasi mengenai penyebab kulit kusam dan bagaimana cara agar wajah tidak kusam. Penasaran? Simak informasi selengkapnya, yuk!

Penyebab Mengapa Kulit Menjadi Kusam

Sumber: Pixabay.com/5882641

Kulit kusam adalah suatu kondisi dimana kulit tidak sehat yang ditandai dengan kulit yang terlihat kurang bercahaya sehingga tampak kelelahan dan tidak lagi bersemangat. Adapun beberapa tanda dari kulit wajah yang kusam adalah kulit yang terasa lebih kering dan warna kulit yang tampak lebih gelap dari warna yang biasanya.

Oleh karena itu, kita pasti ingin melakukan perawatan agar wajah tidak kusam lagi. Namun, sebelum mengetahui cara mengatasinya, kita perlu lebih dahulu tahu apa sebenarnya penyebab dari kulit kusam tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit kita semakin parah. Penyebab dari kulit kusam adalah sebagai berikut:

The Architecture of Love | Di balik Pena

1. Bertambahnya Usia

Salah satu penyebab dari berubahnya kulit wajah menjadi kusam adalah karena pertambahan usia. Seiring dengan bertambahnya umur, kulit wajah biasanya akan mengalami perlambatan proses regenerasi sehingga memungkinkan hilangnya elastisitas kulit.

Bukan hanya itu, pertambahan usia juga membuat kulit wajah secara alami mulai memproduksi minyak dengan lebih sedikit. Kondisi inilah yang mampu membuat kulit menjadi tampak kering, tidak bercahaya, munculnya garis halus, hingga munculnya keriput pada wajah.

2. Menumpuknya Sel Kulit Mati

Penyebab wajah menjadi kusam yang selanjutnya adalah menumpuknya sel kulit mati. Pada umumnya, secara alami sel kulit mati akan mengelupas untuk melakukan regenerasi sel baru setiap 28 hari atau lebih.

Namun, ada kalanya sel kulit mati tersebut tidak dapat mengelupas semuanya. Hal ini tentu dapat mengakibatkan kulit menjadi terasa bersisik, kering, menyumbat pori-pori, hingga membuat kulit terlihat kusam. Di sisi lain, kondisi kulit yang kering seperti psoriasis dan eksim juga berkontribusi terhadap menumpuknya sel kulit mati sehingga membuat kulit wajah tampak kusam.

3. Kurangnya Asupan Air

Setiap orang memiliki kadar asupan air yang harus dipenuhi setiap hari. Maka, apabila asupan air dalam tubuh tersebut kurang, kulit kusam pun tidak dapat dihindari. Karena, kekurangan asupan air dapat membuat kulit terasa kering dan tampak tidak cerah bercahaya lagi.

Jadi, jangan heran, jika saat wajah terlihat kusam, lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda akan terlihat sangat menonjol. Kamu pun akhirnya harus mencari cara agar wajah tidak kusam.

4. Terkena Paparan Sinar Matahari

Terkena paparan sinar matahari secara berlebihan ternyata sangat tidak baik, lho. Hal ini tak lain karena dapat menyebabkan kulit terasa kering dan tampak kusam. Pasalnya, terlalu sering melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit wajah.

Apalagi jika kamu tidak mengoleskan tabir surya atau sunscreen, kulit yang tampak lelah dan kusam pun tidak bisa dihindari. Hal ini karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat berisiko memecah kandungan protein yang terdapat dalam kulit sehingga berpotensi merusak lapisan kulit tersebut. Masalah kulit seperti noda hitam, kulit kasar, dan kulit kusam pun akan muncul dengan sendirinya.

5. Menggunakan Produk Skincare yang Tidak Cocok dengan Kulit

Beda jenis kulit beda juga produk perawatan kulit atau skincare yang harus dipakai. Jika kamu menggunakan produk yang tidak cocok dengan tipe kulit wajahmu, maka bukannya glowing, kulitmu malah akan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Hal yang perlu diingat, adalah produk skincare ini termasuk pada sabun pembersih, serum wajah, toner wajah, hingga pelembab wajah.

6. Tidak Rutin Mengoleskan Pelembab Wajah

Penggunaan pelembap wajah yang tidak dipakai atau dioleskan secara rutin pun bisa menjadi penyebab dari kusamnya kulit wajah. Hal ini dikarenakan kulit kehilangan kelembabannya sehingga kulit pun akan terlihat lebih kusam.

7. Kurang Tidur dan Istirahat

Jika kamu berpikir kurang tidur atau istirahat tidak berpengaruh pada kesehatan kulitmu, maka kamu salah besar. Sebab, kurang tidur juga dapat menjadi penyebab wajah tampak kusam dan kering.

Akibatnya, lingkaran hitam yang terletak di bawah kantung mata pun akan muncul seiring berjalannya waktu. Padahal, sejatinya kulit juga membutuhkan istirahat yang cukup sama seperti anggota tubuh yang lainnya.

8. Kebiasaan Lupa Menghapus Make Up

Jika kamu merasa lelah karena telah beraktivitas seharian, maka sempatkan lah untuk menghapus make up. Sebab, membawa make up saat tidur di malam hari, akan menjadi penyebab dari timbulnya masalah kulit.

Hal ini disebabkan karena kotoran dan make up akan menumpuk pada permukaan kulit dan menyumbat pori-pori. Penyumbatan pori-pori pun tentu saja akan membuat kulit menjadi tampak kusam dan kelelahan.

9. Mengalami Stres

Aktivitas sehari-hari yang sering kita lakukan sebenarnya dapat membuat kulit kita menjadi kusam. Salah satunya adalah saat kita mengalami stres. Oleh karena itu, kamu harus mulai mengelola pikiran dan stres yang kamu alami agar tidak mengganggu kesehatan kulit wajah yang dapat mempengaruhi penampilan.

10. Merokok

Kandungan zat yang ada dalam rokok dapat menyebabkan kerusakan pada struktur kulit dalam kurun waktu tertentu. Pasalnya, asap rokok dapat merusak kolagen dalam kulit, sehingga membuat kulit tampak pucat, kusam, hingga membuat munculnya kerutan dan garis halus pada wajah. Oleh karena itu, kamu harus mengurangi kebiasaan merokokmu sebagai salah satu cara agar wajah tidak kusam.

Cara yang Bisa Dilakukan Guna Mengatasi Kulit Wajah yang Kering dan Kusam

Sumber: Pexels.com/Shiny Diamond

Setelah kita mengetahui penyebab dari kusamnya kulit wajah, maka kita juga perlu untuk mengetahui cara agar wajah tidak kusam. Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk mengatasi kulit wajah yang kering dan kusam.

1. Memiliki Pola Hidup yang Sehat

Sebenarnya, untuk mengatasi kulit wajah yang kering dan kusam, itu tidaklah sulit. Cara pertama dan yang paling sederhana adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat ini dapat kamu lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari sebagaimana kebutuhan air dalam tubuh. Meskipun terdengar sebagai hal yang sepele, namun hal ini dapat membantu kamu untuk menjaga kulit agar tetap cerah, lembab, dan sehat dari dalam, lho.

2. Tidak Membasuh Wajah dengan Terlalu Kasar

Ketika kamu ingin membasuh wajah, maka kamu perlu memperhatikan bagaimana cara kamu membasuh wajah tersebut. Hal ini penting untuk diketahui agar kulit kusam yang dialami tidak menjadi semakin parah. Pasalnya, jika kamu membasuh wajah dengan terlalu kasar, maka lapisan kulit yang tipis pun akan menjadi kemerahan, terkelupas, hingga menjadi kering.

3. Menggunakan Pembersih Wajah yang Lembut untuk Kulit

Cara agar wajah tidak kusam yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pembersih wajah yang lembut untuk kulit. Karena terkadang, beberapa produk untuk pembersih wajah seperti facial foam dan facial cleanser justru memiliki kandungan yang dapat membuat kulit semakin kering dan kusam. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk keseimbangan kesehatan kulit wajah kita.

4. Menggunakan Pelembab Kulit Setiap Hari

Pengaplikasian pelembab kulit atau moisturizer yang rutin dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit kusam. Pasalnya, moisturizer memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit wajah.

Selain itu, moisturizer juga mampu melembutkan kulit, menghaluskan kulit, hingga mencerahkan kulit wajah. Namun, sebelum kamu menentukan produk moisturizer apa yang akan digunakan, maka ada baiknya untuk kamu melihat terlebih dahulu kandungan yang terdapat dalam produk itu. Jangan sampai produk tersebut justru tidak cocok dengan kulit wajahmu.

5. Rutin Memakai Masker Wajah

Selain pengaplikasian pelembab kulit atau moisturizer, kamu juga bisa mulai memakai masker wajah. Selain bisa menjadi teman yang baik saat melakukan me time, penggunaan masker yang rutin setiap dua kali dalam seminggu juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kering dan kusam.

Hal ini disebabkan karena masker wajah biasanya memiliki kandungan beauty serum yang mampu untuk mencerahkan, melembapkan, dan menyegarkan kulit wajah. Namun, saat kamu menggunakan masker wajah ini, pastikan kamu mengingat hal ini, ya. Yakni, pastikan kamu sudah melakukan double cleansing sebelum menggunakan masker dan tidak perlu mencuci muka setelah menggunakan masker.

6. Menggunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Pengaplikasian sunscreen atau tabir surya sering kali dilewati oleh sebagian besar orang. Padahal, penggunaan tabir surya sebelum melakukan aktivitas juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap lembap, cerah, dan pastinya sehat.

Apabila kamu melakukan aktivitas di luar ruangan tanpa mengoleskan sunscreen, maka sinar UV yang dipancarkan oleh paparan sinar matahari pun dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kulit wajah kamu.

Dampak yang dihasilkan dari tidak digunakannya sunscreen tersebut adalah munculnya sunspot, kulit kering, penuaan dini, kulit terbakar, hingga meningkatnya risiko terkena kanker kulit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk gunakan sunscreen setiap hari sebagai salah satu cara agar wajah tidak kusam.

7. Memiliki Istirahat yang Cukup

Karena kekurangan tidur dan istirahat menjadi salah satu penyebab dari kusamnya kulit wajah, maka istirahat yang cukup pun dapat menjadi satu dari sekian banyaknya cara untuk mengatasi agar kulit wajah tidak kusam lagi. Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi sebenarnya kulit juga membutuhkan waktu tidur yang berkualitas untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya.

Adapun lama waktu tidur yang dibutuhkan oleh kulit yang berkualitas untuk tidur adalah selama 7 sampai 9 jam per hari. Dengan istirahat yang cukup, kulit dapat membantu menstabilkan hormon stres yang terdapat pada kelenjar minyak di bawah kulit agar tidak berproduksi secara berlebihan.

Dengan demikian, alirah darah pun akan lancar dan produksi kolagen dalam kulit dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Hasilnya, kulit wajah pun akan tetap lembap, kenyal, dan cerah saat bangun tidur nanti.

8. Memakai Masker Alami

Menggunakan masker wajah atau sheet mask secara rutin memang mampu membuat tampilan kulit wajah yang kusam menjadi lebih cerah. Namun ternyata, beberapa bahan alami di sekitar kita juga dapat digunakan sebagai masker alami untuk mengatasi masalah kulit kusam ini. Adapun beberapa bahan yang dapat dipakai sebagai masker alami adalah sebagai berikut.

  • Campuran Pepaya dan Nanas

Ternyata, masker yang dibuat dari campuran buah pepaya dan nanas mampu mengangkat sel kulit mati dan kulit kering penyebab kulit kusam, lho. Caranya, yaitu campurkan satu sendok teh jus nanas yang segar ke dalam 1/4 cangkir pepaya mentah yang sudah dihaluskan, kemudian aduk hingga tercampur rata, masker alami dari pepaya dan nanas pun siap diaplikasikan. Kamu dapat menggunakan masker ini pada wajah dan leher selama kurang lebih 15 menit.

 

  • Putih Telur

Putih telur dapat dimanfaatkan sebagai masker alami. Caranya yaitu dengan mengocok putih telur sampai mengembang lalu oleskan ke kulit wajah secara merata. Tunggu hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.

 

  • Kunyit 

Bahan alami selanjutnya yang bisa dipakai sebagai cara agar wajah tidak kusam adalah kunyit. Kunyit sendiri mengandung sebuah senyawa bernama antioksidan dan antiinflamasi yang mampu membuat tampilan kulit lebih kenyal, lebih cerah, dan juga bercahaya.

Adapun cara yang dapat dipakai untuk menggunakan kunyit sebagai masker alami adalah dengan mencampurkan satu sendok teh kunyit dengan satu sendok teh masuk dan yogurt sebanyak satu sendok makan, lalu aduk hingga tercampur merata. Setelah itu, oleskan pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Kesimpulan

Kulit yang sehat, cerah, dan juga bersinar pastilah menjadi impian bagi semua orang. Namun sayangnya, sebagian orang masih mengalami masalah dengan kesehatan kulitnya, sehingga kulit wajah tersebut terlihat kusam dan tidak sehat.

Wajah yang kusam ini pun tentu dapat mengganggu penampilan karena dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara agar wajah tidak kusam lagi.

Seperti yang telah disebutkan dalam penjelasan di atas, sebenarnya penyebab kulit wajah kusam ini sangat banyak dan bervariasi. Mulai dari internal hingga eksternal tubuh. Faktor eksternal ini seperti terkena paparan sinar matahari, lupa menghapus make up, hingga penggunaan produk skincare yang tidak tepat. Sedangkan, faktor internal ini dapat berupa kurangnya asupan air, kurang istirahat, hingga pengaruh stres.

Meski penyebab kulit kusam ini cukup bermacam-macam, namun cara agar kulit tidak kusam lagi pun banyak dan bisa dilakukan dengan perawatan yang sederhana. Adapun cara agar wajah tidak kusam adalah dengan memiliki pola hidup yang sehat, rutin membersihkan wajah dan mengoleskan pelembab, hingga memiliki istirahat yang cukup.

Nah, itu dia penyebab kulit kusam dan bagaimana cara agar wajah tidak kusam yang telah dirangkum untuk #SahabatTanpaBatas semua. Semoga Bermanfaat dan jangan lupa diaplikasikan, ya!

Jika ingin mencari buku tentang kecantikan atau merawat kulit, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Nama penulis: Raden Putri

Sumber:

  • https://www.senka.id/senka-stories/mengatasi-kulit-wajah-kering-dan-kusam
  • https://www.merdeka.com/trending/9-cara-merawat-wajah-agar-tidak-kusam-dan-tetap-bersih-bercahaya-kln.html
  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-merawat-wajah-agar-tidak-kusam
  • https://www.alodokter.com/tips-mudah-atasi-kulit-kusam
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/kulit-kusam/
  • https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/3-penyebab-wajah-kusam-dan-cara-mengatasinya
  • https://www.alodokter.com/selamat-tinggal-wajah-kusam
  • https://www.merdeka.com/jateng/penyebab-kulit-kusam-setelah-pakai-skincare-ketahui-cara-mengatasinya-kln.html

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda