in

10 Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

10 Manfaat Senam Irama – Mendapatkan tubuh yang sehat bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Ada beragam jenis olahraga yang bisa Grameds lakukan, mulai dari jogging hingga bersepeda.

Olahraga sebagai aktivitas fisik memliki beragam cabang yang bisa dipilih dan dipelajari. Jika ingin mencari sesuatu yang berbeda, senam irama bisa menjadi solusi yang layak untuk dicoba.

Senam irama atau senam ritmik merupakan jenis gerakan senam yang diiringi dengan musik. Senam irama juga tergolong sebagai olahraga aerobik yang memadukan gerakan senam, tari, dan musik. Terdengar menyenangkan, bukan?

Sebagai olahraga yang menyenangkan, senam irama dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Senam irama merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup populer di kalangan banyak orang karena menggunakan latar lagu untuk mengiringinya.

Satu hal yang pasti, senam irama membutuhkan ketangkasan, kelenturan, kelincahan, dan daya tahan tubuh. Sebagai informasi, awalnya pada abad ke-18 senam irama digagas oleh Francois Delsarte, Rudolf Bobe, dan Jean-Georges Noverre.

Mereka percaya akan pentingnya ekspresi dan keindahan suatu gerakan yang dilakukan oleh tubuh. Kemudian gerakan senam irama yang kita kenal dikembangkan oleh Peter Henry Ling, Hinrich Medau, dan Catharine Beecher.

Senam irama dalam perkembangannya menarik perhatian para penggemar dari Amerika, Jepang, Indonesia, dan seluruh belahan bumi lainnya. Sedangkan di Indonesia sendiri, senam mulai berkembang pada tahun 1963 menjelang pesta olahraga Ganefo (Games of The New Emerging Forces).

Perkembangan senam irama di tanah air bersamaan dengan penetapan pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah. Cabang olahraga yang satu ini melibatkan kekuatan, kecepatan, dan keserasian gerakan tubuh.

Senam menjadi olahraga yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Senam irama sebagai latihan fisik sistematis dapat diartikan sebagai pengungkap jiwa yang datang secara spontan untuk bergerak dan meningkatkan rasa seni.

Senam irama juga bisa dilakukan dengan alat-alat yang dipegang (hand aparatus), seperti tali, bola, pita, topi, simpai, dan gada. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara melompat, putaran tangan, berlari, berjalan, dan ayunan.

Irama musik yang mengiringi akan membentuk suatu koordinasi gerakan senam irama. Senam irama dikategorikan sebagai jenis olahraga senam umum yang mudah untuk diikuti, melibatkan banyak peserta, tidak membutuhkan biaya mahal, dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Secara garis besar senam irama terdiri atas tiga bagian, yakni pemanasan (warming up), inti (core), dan pendinginan (cooling down). Pada tahap pemanasan, gerakan senam irama dilakukan dengan tujuan untuk menyiapkan kondisi tubuh secara fisiologis dan psikologis.

Pemanasan dilakukan guna menyiapkan sistem pernapasan, otot, peredaran darah, dan persendian. Pada tahap inti atau core, dilakukan gerakan pembelajaran motorik kasar untuk melatih kelenturan, kekuatan, kelincahan, dan koordinasi otot-otot.

Pada tahap pendinginan atau cooling down, gerakan senam dilakukan dengan tujuan untuk menetralisir metabolisme tubuh setelah melakukan gerakan inti. Tahap pendinginan pada senam irama dapat melenturkan otot, mengatur pernapasan, dan menenangkan kondisi tubuh agar kembali rileks.

Kemudian senam irama memiliki unsur-unsur penting yang menarik untuk dipelajari, seperti keluwesan, kontinuitas, fleksibilitas, dan ketepatan irama. Dapat disimpulkan bahwa senam irama merupakan rangkaian gerak senam yang diiringi oleh suatu irama atau musik.

Senam irama merupakan jenis olahraga yang kerap dijadikan aktivitas rutin pada Jumat pagi di sejumlah kantor, sekolah, hingga rumah sakit. Terlepas dari itu semua, senam irama menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Kombinasi ketangkasan, kelenturan, dan daya tahan tubuh dalam senam irama membuat berbagai masalah penyakit pergi. Setiap gerakan yang diterapkan dalam senam irama tentu mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan.

Penasaran apa saja manfaat yang bisa dipetik melalui senam irama? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

tombol beli buku

Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan Fisik dan Mental

1. Membakar Lemak Berlebih

Grameds ingin memiliki berat badan yang ideal? Melakukan senam irama secara rutin dapat membantu kamu mewujudkan cita-cita untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Seperti olahraga lainnya, senam irama juga memiliki manfaat yang baik untuk membakar lemak berlebih. Alih-alih melakukan olahraga yang berat, Grameds bisa mencoba senam irama untuk menurunkan berat badan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Senam irama sebagai olaharaga aerobik yang melakukan banyak gerakan akan menguras tenaga dan membuat tubuh bermandikan keringat. Gerakan senam irama membutuhkan keseimbangan fisik, keluwesan, dan kelincahan untuk mengikuti irama lagu yang mengiringi.

Senam irama menuntut fisik untuk terus bergerak hampir tidak terputus dari satu gerakan ke gerakan lainnya. Durasi senam irama akan memengaruhi pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh.

Gerakan dalam melakukan senam irama telah dirancang untuk menyentuh hampir semua bagian tubuh. Hal tersebut bertujuan agar lemak dalam tubuh terbakar secara merata. Sertakan senam irama sebagai olahraga pendukung program diet, ya.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat senam irama yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Senam irama ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, lho Grameds. Kapasitas senam irama memiliki gerakan yang beragam dan tempo bervariasi.

Variasi tempo lambat hingga cepat berfungsi untuk melatih otot jantung secara bertahap. Jadi, jantung kamu tidak langsung dipaksa untuk bekerja terlalu keras. Kemudian perubahan tempo dalam senam irama membuat kinerja jantung tidak terlalu terbebani.

Saat lagu berada dalam tempo yang lambat, gerakan senam akan ikut melambat menuntut keluwesan tubuh. Sebaliknya, saat lagu berada dalam tempo yang cepat, gerakan senam akan menjadi cepat dan menuntut kelincahanmu. Gerakan senam irama yang seimbang, baik dalam tempo lambat dan cepat dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Memperkuat Otot dan Tulang

Tulang akan kehilangan kekuatan seiring dengan bertambahnya usia. Sejumlah masalah kesehatan akan datang saat kamu memiliki masalah pada tulang.

Untuk menopang bobot tubuh dalam menjalani aktivitas harian, Grameds membutuhkan tulang yang sehat dan kuat. Peran olahraga cukup bermain dalam mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

Senam irama yang dilakukan secara rutin dapat membantu mencegah tulang keropos. Selain itu, kesehatan tulang dan kekuatan otot juga akan terjaga dengan baik.

Dengan melakukan senam irama, otot akan menjadi lebih lentur dan kuat secara otomatis. Kelenturan dan kekuatan otot juga dapat meningkatkan jangkauan gerak tubuh.

Memiliki otot dan tulang yang kuat di usia senja bukan hal mustahil jika diiringi dengan pola makan sehat. Senam irama secara tidak langsung membantu otot dan tulang tetap bugar dan mencegah kerapuhan.

tombol beli buku

4. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Senam irama sebagai olahraga aerobik memiliki gerakan yang cukup bervariasi. Beberapa gerakan dirancang khusus untuk memperbaiki keseimbangan tubuh.

Melatih keseimbangan tubuh dikenal bagus untuk memperbaiki postur. Selain itu, senam irama juga dapat menghindari risiko pembengkokan tulang belakang.

5. Tubuh Tidak Mudah Cedera

Semua aktivitas fisik atau olahraga tentu menyimpan risiko cedera. Melakukan gerakan yang salah dapat menimbulkan cedera otot, keseleo, hingga patah tulang.

Cedera otot dapat dihindari saat kamu memiliki tubuh yang fleksibel. Manfaat senam irama berkaitan langsung dengan kelenturan gerakan senam.

Melakukan senam irama secara rutin dapat mengurangi risiko cedera karena tubuh akan semakin lentur. Gerakan senam irama yang tersusun atas pemanasan, inti, dan pendinginan mampu meminimalisasi risiko cedera.

6. Membantu Mengatasi Stres

Semua orang tentu pernah mengalami stres yang tidak bisa dihindari. Stres dapat dikatakan sebagai kondisi alamiah yang dapat menimbulkan komplikasi serius bagi kesehatan tubuh.

Penyebab stres cukup beragam, mulai dari urusan keluarga, pekerjaan, asmara, dan sebagainya. Stres yang berlarut-larut akan mendatangkan gangguan pada kesehatan.

Senam irama dapat menjadi opsi terbaik untuk mengatasi stres. Tubuh akan memproduksi hormon endorfin saat melakukan senam irama. Hormon endorfin akan membantu kamu mengurangi stes berlebih.

Melakukan senam irama secara rutin dapat menghindari stres yang berlarut-larut. Manfaat jangka panjang yang bisa Grameds dapatkan ialah kesehatan mental akan lebih terjaga.

7. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Selain membantu mengatasi stres, senam irama mendatangkan manfaat untuk mengoptimalkan dan merawat fungsi otak. Senam irama menuntut pikiran berkoordinasi dengan tubuh dalam melakukan gerakan senam.

Koordinasi tersebut akan melibatkan stimulus sensori dalam pembelajaran aktif. Gerakan senam irama yang diiringi alunan musik dipercaya efektif untuk menurunkan kadar hormon kortisol dan epineprin.

Kedua hormon tersebut dapat dikatakan sebagai hormon pemicu timbulya stres. Seperti olahraga lainnya, senam irama bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental yang mendorong gaya hidup aktif.

Gaya hidup aktif akan membantu kamu mengurangi risiko penyakit. Grameds dapat melakukan senam irama secara rutin untuk menghindari penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer.

8. Mengencangkan Tubuh

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, senam irama dapat menjadi solusi terbaik bagi Grameds yang memiliki tubuh bergelambir dan kendur. Melakukan senam irama secara rutin dapat menghilangkan lengan, paha, dan betis yang bergelambir menjadi kencang. Melalui senam irama, bagian tubuh yang bergelambir akan musnah dengan sendirinya karena lemak dalam tubuh akan diolah menjadi tenaga.

tombol beli buku

9. Menyehatkan Mental

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, senam irama juga dapat menyehatkan mental. Rutin melakukan senam irama dapat membuat Grameds memiliki kemampuan memecahkan masalah dan fokus yang lebih baik.

Musik yang mengiringi senam irama dapat membuat mental menjadi lebih sehat dan siap karena memiliki efek relaksasi. Senam irama dapat memengaruhi kondisi mental Grameds ketika suasana hati sedang buruk.

Dalam kondisi tersebut, senam irama mampu meningkatkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan dalam tubuh. Bagi anak-anak, senam irama bermanfaat untuk membuat nilai akademik lebih memuaskan. Sedangkan bagi orang dewasa, senam irama bermanfaat untuk mengurasi stres yang menghantui.

10. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat senam irama dari perspektif kesehatan mental dapat membangun kepercayaan diri seseorang. Senam irama mendatangkan manfaat fisik, mental, dan sosial untuk mengatasi masalah kepercayaan diri.

Dengan menguasai teknik dan gerakan senam, individu akan merasa lebih bahagia dan percaya diri. Selain itu, senam irama menjadi cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan sosial. Dalam melakukan urutan gerakan, senam irama melibatkan dinamika kelompok dan interaksi sosial.

Baca Juga:

Itulah beragam manfaat senam irama yang perlu kamu ketahui. Manfaat senam irama tak perlu diragukan lagi. Kini saat yang tepat bagi Grameds untuk melakukan senam irama secara rutin agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari stres berlebih.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila