in

15 Model Rambut Ikal Pria yang Bikin Kamu Makin Gaya

unsplash.com

Model Rambut Ikal Pria – Kalau dipikir ulang, model rambut ikal pria itu menarik karena bisa jadi anugerah atau musibah. Jika diatur dengan baik, kamu bisa jadi terlihat keren dan ganteng. Sebaliknya, jika dibiarkan begitu saja, penampilanmu akan terlihat slebor alias kurang rapi.

Karena itu, beberapa pria memilih meluruskan rambut ikalnya agar lebih mudah ditata sehingga terlihat rapi. Bukan tindakan yang salah, sih, cuma sayang aja. Pasalnya, ada banyak model rambut ikal pria yang bisa dijadikan contoh.

Lagipula, rambut ikal mempunyai tekstur dan volume yang alami, sehingga bisa dimodifikasi sedemikian rupa tanpa harus mengeluarkan banyak usaha. Kamu cukup mencari potongan rambut yang tepat, lalu lakukan perawatan dengan baik, selesai.

By the way, mumpung lagi ngomongin rambut, apa Grameds sudah pernah membaca buku fiksi yang temanya salon? Kalau belum, coba baca buku Salon Tua: Hati-Hati dengan Rambutmu…! yang ditulis oleh Christina Juzwar, deh!

Salon Tua: Hati2 Dengan Rambutmu
Salon Tua: Hati2 Dengan Rambutmu

Rekomendasi Model Rambut Ikal Pria

Jika Grameds sedang mencari inspirasi potongan rambut yang tepat, beberapa model rambut ikal pria di bawah ini mungkin bisa membantumu. Pilih baik-baik, ya!

1. Pompadour

Model Rambut Ikal Pria
manofmany.com

Pompadour merupakan salah satu model rambut ikal pria yang dapat mengubah penampilan kamu menjadi terlihat keren. Dengan memangkas bagian kiri dan kanan rambut sampai pendek, dan menyisakan bagian atasnya, rambut ikal milikmu bakal jadi lebih bagus lagi. Setelah itu, cukup gunakan gel rambut dan sisir rapi ke atas untuk sentuhan akhirnya.

2. Messy Comb Over

Model Rambut Ikal Pria
hairstyles.com

Kalau kamu pernah mendengarkan lagu One Direction, pastinya tahu salah satu personilnya yang bernama Harry Styles, dong? Yup, dia adalah pria dengan rambut ikal dan menggunakan gaya messy comb over untuk potongan rambutnya.

Kelebihan dari gaya rambut yang satu ini adalah cocok untuk berbagai acara. Jadi, Grameds bisa tetap tampil gaya pada saat nongkrong bareng teman maupun bekerja. Tak hanya itu, messy comb over juga bisa membuat kamu terbebas dari rasa gerah.

Rambut ikal yang terlalu panjang dan tidak ditata dengan rapi memang merepotkan sebab bisa menutupi dahi dan juga mata. Nah, dengan potongan messy comb over ini rambut ikal milikmu akan lebih rapi.

Meskipun terkadang ada beberapa rambut yang keluar jalur saat disisir, namun hal ini bukan masalah yang besar. Sebaliknya, rambut kamu akan terlihat natural sekaligus keren.

3. Medium Length Curly

Model Rambut Ikal Pria
dmarge.com

Kalau Grameds ingin mempunyai rambut ikal yang panjang, coba pilih potongan medium length curly. Gaya rambut ini termasuk ke dalam kategori “gondrong nanggung” tapi mempunyai keunikannya tersendiri, lho.

Kamu hanya perlu memangkas bagian belakang agar lebih pendek dari bagian yang lainnya. Kemudian sisanya cukup biarkan menutup telinga seperti model rambut bob. Kamu bisa menggunakan sedikit gel lalu mengatur tekstur nya dengan jari setelah keramas agar hasilnya jadi lebih alami dan keren.

4. E-Boy Cut

Model Rambut Ikal Pria
otosection.com

Kalau yang ini lebih cocok buat Grameds yang tidak mau repot melakukan banyak perawatan pada rambut. Ciri khas gaya yang sedang digandrungi Gen-Z ini terletak pada poni curtain yang bikin penampilan semakin kece.

Untuk mendapatkan model rambut ikal pria ini, kamu tinggal membagi dua rambutmu seperti tirai yang dibuka kemudian buat panjangnya tidak melebihi telinga. Kalau ingin terlihat lebih rapi, kamu bisa menatanya dengan gaya slick back.

5. Bob Ikal Sebahu

Model Rambut Ikal Pria
pinterest.com

Siapa bilang potongan bob hanya cocok buat rambut lurus? Faktanya, pria berambut ikal pun bisa terlihat menawan dengan potongan rambut ini. Apalagi kalau kamu termasuk cowok yang senang dengan rambut gondrong.

Kalau sedang malas merapikan rambut yang menjuntai dan menusuk mata, kamu bisa mengikat bagian atas rambutnya saja. Bila dipadukan dengan pakaian formal, penampilanmu akan jauh lebih keren dan tetap rapi.

6. Classic Middle Part

Model Rambut Ikal Pria
manofmany.com

Kadang-kadang trend gaya rambut lama masih terlihat bagus meski digunakan di masa kini. Seperti gaya classic middle part ini. Dulu di medio 1990-an, gaya ini banyak digunakan oleh laki-laki yang berambut ikal.

Dengan potongan belah tengah dan poni yang melekuk membuat kamu jadi terlihat rapi dan teratur, apalagi kalau bagian kiri dan kanannya dibuat pendek.

7. Side Swept Part

Model Rambut Ikal Pria
menhairstyletrends.com

Side swept part merupakan model rambut ikal pria dengan aksen poni samping yang menjuntai. Gaya ini lebih cocok ditata dengan menggunakan krim khusus rambut kriting yang dapat menjaga kelembapan rambut, jadi kamu tidak akan terlihat lepek, Grameds.

Kamu juga bisa memadukannya dengan undercut di bagian belakang serta poni yang tidak terlalu pendek. Lalu atur poninya ke arah telinga agar memiliki kesan yang berbeda. Tapi ingat, rambut ini harus terlihat selalu lembap jadi buat kamu yang rambutnya cepat berminyak, sebaiknya lakukan keramas dengan rutin, ya!

8. Curly Fade

Model Rambut Ikal Pria
menhairstyletrends.com

Model rambut ikal pria yang berikutnya adalah curly fade. Biasanya, gaya ini banyak digunakan oleh mereka yang tidak mau ribet dan lebih senang mempunyai rambut pendek. Dengan gaya curly fade, kamu tidak akan repot-repot mengatur rambut yang mengganggu wajah.

Di sisi lain, penampilanmu akan terlihat lebih segar dan bersih, apalagi kalau di bagian kiri dan kanannya dipotong pendek sehingga tekstur yang ada di bagian atasnya lebih menonjol lagi.

Ada yang bilang bahwa rambut yang menempel ke wajah dapat menimbulkan jerawat. Namun benarkah demikian? Grameds bisa mencari tahu lebih lengkap mengenai hal ini di buku Perawatan Kulit Wajah Berpigmentasi dengan Teknologi yang ditulis oleh Sri Sudaryati.

9. Faux Hawk

Model Rambut Ikal Pria
allthingshair.com

Selain curly fade, faux hawk juga bisa jadi pilihan lain saat kamu malas melakukan perawatan rambut yang ribet. Selain itu, potongan ini juga cocok digunakan saat musim panas, lho.

Kamu akan terlihat lebih keren dan “berani” dengan model rambut faux hawk ini. Kalau mau dibikin lebih halus, coba potong bagian belakang menjadi lebih pendek lagi. Menariknya, faux hawk juga cocok buat kamu yang punya rambut keriting tapi ingin terlihat lebih bersih.

10. Caesar Cut

menshaircuts.com

Nah, kalau Grameds ingin terlihat lebih segar sekaligus enggan dibuat repot karena harus menata rambut terus-menerus, coba gunakan model caesar cut. Sebab, model ini membuat rambutmu jadi sangat pendek dengan panjang sekitar 1 – 2 cm saja. Jadi, kamu tidak akan merasa gerah meskipun sedang musim panas.

11. Crop Cut

pinterest.com

Buat Grameds yang ingin punya rambut pendek tapi tetap mempertahankan tekstur rambut ikalnya, kamu bisa mencoba gaya crop cut. Model ini sebenarnya mirip dengan caesar cut namun sedikit lebih panjang, terutama di bagian depan dan atas.

Garis rapi yang ada di bagian bawah akan membuatmu terlihat rapi dan berbeda. Seperti perpaduan antara berantakan dan halus. Ditambah lagi, perawatannya tidak terlalu ribet.

12. Fade Undercut

hairstylecamp.com

Model rambut ikal pria fade undercut ini akan membuat penampilanmu jadi lebih bersih dan teratur berkat bagian kiri dan kanan yang tipis namun tebal di bagian atasnya. Di Indonesia, gaya rambut ini banyak digunakan para pria karena bisa membuat rambut terlihat rapi.

13. Wavy Mohawk

hairstylecamp.com

Wavy mohawk adalah gaya yang tepat untuk rambut dengan panjang medium cenderung pendek. Kamu cukup menyisakan bagian atas lebih panjang dari bagian lainnya agar terlihat lebih rapi sekaligus elegan. Jadi buang jauh-jauh anggapan bahwa rambut ikal tidak cocok dengan potongan mohawk mulai dari sekarang, ya!

14. Korean Wavy Look

soompi.com

Kalau Grameds ingin mencoba tampil keren seperti artis-artis Korea, coba gunakan gaya rambut medium lalu biarkan rambutmu terurai secara alami. Dengan cara ini, gelombang pada rambut ikalmu jadi lebih menonjol.

Namun, kamu jangan terlalu berlebihan saat menyeka rambut dengan handuk karena justru akan membuat akar rambut jadi kempes. Cukup keringkan perlahan sambil di tata sampai terlihat rapi.

15. Comma Hair

kpopstuff.com

Model rambut ikal pria yang kelima belas adalah comma hair. Ini merupakan salah satu gaya rambut yang bisa digunakan dalam suasana apapun. Baik formal maupun kasual. Model ini sebenarnya lebih banyak digunakan oleh pemilik rambut lurus, namun bukan berarti pemilik rambut ikal tidak bisa menggunakannya.

Pada rambut ikal, model comma hair justru jadi terlihat lebih stylish dan keren tanpa harus melakukan terlalu banyak perawatan.

Tips Merawat Model Rambut Ikal Pria

Apapun model rambut ikal pria yang kamu pilih, tidak akan bertahan lama jika Grameds tidak tahu cara merawatnya. Sebab, rambut ikal memiliki tekstur yang lebih kasar dan lebih kering dibanding rambut lurus jadi memerlukan perhatian lebih. Untuk itu, berikut ini tips merawat rambut ikal yang bisa kamu lakukan.

1. Biarkan kering secara alami

Sebenarnya setiap orang bisa mengubah bentuk rambutnya menjadi model apa saja. Namun khusus buat kamu pemilik rambut ikal, mempertahankan bentuk alami merupakan pilihan yang lebih bagus.

Biasanya, pemilik rambut ikal kerap mengeluh saat rambutnya terlalu sering mengembang. Untuk mengatasinya, kamu bisa membiarkan rambut kering dengan sendirinya setelah keramas maupun membasahi rambut.

Handuk memang bisa menghilangkan air yang tersisa di rambut sehingga tidak membasahi baju. Akan tetapi, pada rambut ikal, mengeringkan rambut dengan handuk justru akan membuat rambut jadi lebih sering mengembang.

Kalau kamu ingin rambut kering lebih cepat, coba simpan handuk di rambutmu untuk menyerap air dan angkat setelah agar kering.

2. Jaga kelembapan rambut

Tips yang kedua adalah dengan menjaga kelembapan rambut ikalmu. Pada rambut ikal, kelembapan yang tidak terjaga dengan baik akan membuatnya lebih cepat mengembang sehingga mengganggu penampilan. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Gampang, cukup pakai kondisioner pada rambut setelah kamu keramas. Kondisioner merupakan cara yang tepat untuk merawat kelembapan rambut dan juga membuatnya jadi lebih sehat lagi.

3. Bersihkan secara teratur

Kadang-kadang, pria yang memiliki rambut ikal tidak terlalu memerdulikan penampilannya, sehingga cenderung mengabaikan rambut yang mengembang. Padahal rambut mengembang justru menandakan kamu tidak menjaga kebersihannya.

Karena itu, segera ubah kebiasaan ini dan lakukan perawatan secara teratur supaya rambut terjaga kebersihannya. Setidaknya, keramas dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel di rambut dan kulit kepala.

Tentunya pastikan kamu menggunakan shampo yang cocok dengan rambut ikal agar tidak merusak rambutmu.

4. Gunakan shampo yang tepat

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, kamu harus menggunakan shampo yang tepat untuk rambut ikalmu. Jika tidak, rambut akan lebih mudah rusak dan cenderung mengembang.

5. Pakai sisir rambut jarang

pixabay.com

Mungkin kamu terbiasa menggunakan sisir kecil saat menata rambut setelah mandi. Bagi pemilik rambut lurus, kebiasaan ini memang tepat karena akan membuat rambut lebih tertata. Namun, hal ini tidak berlaku bagi pemilik rambut ikal karena akan mengubah rambut jadi mengembang.

Maka dari itu, mulai sekarang lebih baik gunakan sisir jarang yang lebih cocok untuk rambut ikal. Tenang saja, meski disisir dengan sisir jarang, rambut ikalmu akan terlihat rapi, kok!

6. Lindungi rambut dari kotoran dan sinar matahari

Bagi sebagian orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, memperhatikan penampilan rambut merupakan hal yang sia-sia karena pasti akan berantakan pada ujungnya. Apalagi di jalan, debu dan sinar matahari tidak bisa dihindari.

Namun, tahukah kamu bahwa sinar matahari dan debu akan membuat rambut lebih cepat rusak? Bahkan, membuat rambut ikal jadi lebih sering mengembang. Oleh sebab itu, sebaiknya lindungi rambutmu dengan menggunakan topi atau penutup kepala yang lainnya. Tentunya kamu tidak ingin gajimu habis untuk mengembalikan kesehatan rambut, bukan?

7. Manfaatkan minyak zaitun untuk perawatan

pixabay.com

Khasiat minyak zaitun untuk merawat rambut memang tidak bisa disangkal lagi. Sejak jaman dulu, minyak zaitun dipercaya sangat efektif untuk perawatan rambut. Terutama bagi Grameds yang mempunyai rambut ikal.

Minyak zaitun dapat menjaga rambut kamu tetap terjaga dan tidak cepat mengembang. Caranya pun mudah, cukup tuangkan minyak zaitun secukupnya ke telapak tangan lalu usapkan ke seluruh rambut. Lakukan hal ini secara teratur agar hasilnya lebih maksimal lagi.

8. Gunakan bahan alami lainnya untuk merawat rambut

Tak hanya minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya dan minyak kelapa untuk merawat rambut. Kedua bahan alami ini sangat dianjurkan karena tidak menimbulkan efek samping meskipun tidak cocok dengan rambutmu.

Selain itu, bahan yang alami harganya lebih terjangkau, tidak membuat ketergantungan, dan mudah ditemukan. Yang paling penting, keduanya dapat mencegah rambut ikal milikmu jadi mengembang.

9. Keramas 3 hari sekali

pixabay.com

Di poin ketiga sudah dijelaskan bahwa kamu harus membersihkan rambut paling tidak 2 kali dalam satu minggu atau tiga hari sekali. Ini merupakan rentang waktu yang aman untuk keramas.

Pasalnya jika rambut terlalu sering dicuci dengan shampo, formula yang ada di dalam shampo akan membuat rambut ikal milikmu jadi lebih kering sehingga cenderung berantakan. Sebaliknya, jika tidak keramas lebih dari 3 hari, kulit kepala kamu jadi gatal dan memicu munculnya ketombe.

Itulah sebabnya, cuci rambut dengan keramas setiap 3 hari sekali. Dengan begitu, minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit kepala akan membantu rambut ikal kamu jadi lebih lembap setelah keramas.

Di samping keramas, kamu juga bisa menyemprotkan shampo kering ke rambut untuk mencegah rasa gatal dan menjaga rambut tetap wangi tanpa keramas. Seperti yang ditulis oleh Siti Sahida & Hidayani dalam buku Perawatan Kulit Kepala & Rambut.

Itulah beberapa rekomendasi model rambut ikal pria beserta dengan cara merawat model rambut ikal. Jadi, model rambut ikal pria seperti apa yang cocok untuk diri kamu, Grameds?

Jika ingin mencari buku yang berkaitan dengan perawatan rambut, maka kamu bisa mencarinya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda