in

15 Potongan Rambut Keriting Pria yang Stylish dan Cocok Buat Kamu!

Potongan Rambut Keriting Pria – Bicara soal potongan rambut tidak selamanya harus identik dengan wanita, tetapi pria juga perlu memerhatikan potongan rambutnya. Hal ini perlu dilakukan agar tampilan pria menjadi lebih kece. Terlebih, potongan rambut pria sebaiknya disesuaikan dengan jenis rambutnya, sehingga bisa terlihat lebih kekinian.

Bagi kamu yang memiliki rambut dengan jenis keriting, maka bisa simak ulasan tentang potongan rambut keriting pria yang akan dibahas dalam artikel ini. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Tentang Rambut

 

Sebelum kita membahas mengenai potongan rambut keriting pria, ada baiknya kita mengetahui dulu tentang seluk beluknya rambut. Rambut adalah salah satu organ manusia yang wujudnya mirip benang yang tumbuh di kulit.

Pengertian rambut menurut Basuki (1981), rambut adalah helaian serupa dengan benang yang pipih yang berasal dari bawah kulit; dibentuk oleh susunan lapisan sel tertutup yang lapisan luarnya memiliki bentuk mirip sisik ikan; serta mengandung keratin.

Rambut muncul dari lapisan epidermis meski asalnya dari folikel rambut yang terletak jauh di bawah lapisan dermis kulit. Unsur penyusun rambut atau komponen rambut terdiri atas keratin sebanyak 70% hingga 80%, senyawa minyak sebanyak 3% hingga 6% senyawa minyak, pigmen melanin dan pheomelanin sebanyak 1%, kelembapan air sebanyak 15% dan selebihnya berupa unsur mineral juga karbohidrat.

Ada yang menyatakan bahwa jumlah rambut di kepala manusia mencapai sekitar 100 ribu helai rambut. Rambut merupakan bagian tubuh manusia yang tumbuh paling cepat yang di mana setiap bulannya panjang rambut akan bertambah panjang 10 mm sehingga keseluruhan rambut manusia setiap harinya tumbuh 20 meter/hari. Namun, rambut mudah mengalami kerontokan.

Pada fase pertumbuhan, pori-pori kepala dapat mendorong rambut keluar, sehingga rambut menjadi rontok. Rambut yang tidak sehat dapat mengalami kerontokan hingga 100 helai/hari. Sejak dulu, rambut disebut dengan mahkota wanita dan kini juga bagi kaum pria.

100 Pertanyaan Pria Tentang Busana & Aksesori
100 Pertanyaan Pria Tentang Busana & Aksesori

Ciri-Ciri Rambut Sehat

Organ tubuh manusia yang satu ini memiliki ciri-ciri yang menandakan kalau rambut kamu sehat. Berikut ini ciri-ciri rambut sehat.

  1. Memiliki siklus pertumbuhan yang cukup panjang.
  2. Memiliki kelembapan yang cukup.
  3. Dasar rambut memiliki cukup kandungan sel melanosit guna memproduksi melanin yaitu pigmen rambut dan sel yang mensintesis keratin keras sebagai dasar dalam membentuk rambut, sehingga rambut berwarna hitam berkilau, mudah ditata serta memiliki akar rambut yang kuat.

Fungsi Rambut Manusia

Bukan hanya memiliki ciri-ciri saja, tetapi rambut juga memiliki fungsinya. Rambut manusia mempunyai fungsi yaitu sebagai berikut:

1. Rambut Manusia Sebagai Pelindung

Rambut berfungsi untuk melindungi kepala dan dengan rambut yang subur, maka dapat meminimalisir akibat dari beragam gesekan juga benturan yang terjadi.

Selain itu, rambut juga melindungi kulit dari berbagai faktor yang berasal dari luar, seperti debu atau kotoran; kerusakan kulit yang disebabkan sinar matahari juga angin. Kandungan pada akar rambut berkaitan langsung dengan ujung saraf perasa yang dapat menghantarkan sinyal ke otak, sehingga manusia bisa bereaksi ketika rambut dicabut atau ketika ketarik.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Apabila secara mendadak menjadi takut atau tegang, maka otot penegak rambut akan mengkerut lalu rambut akan berdiri sebagai pertanda reaksi pada hal instingtif harus dihindari.

2. Rambut Sebagai Penghangat Tubuh

Rambut akan memberikan kehangatan pada tubuh manusia. Rambut akan membentuk sejenis insulator alami yang menjaga kestabilan suhu kulit kepala dari pengaruh suhu yang disekelilingnya. Jika suhu udara meningkat, maka akan menyebabkan suhu kulit kepala meningkat.

3. Rambut Sebagai Pengalih Keringat dan Air

Rambut akan menyerap keringat pada kulit, sehingga iritasi yang disebabkan karena gesekan merupakan pengalihan keringat dan bagian tubuh tertentu bisa cepat kering dan terlindungi.

4. Rambut Sebagai Pembeda dan Keindahan

Rambut digunakan sebagai pembeda gender yang bisanya laki-laki menumbuhkan rambut di wajah sedangkan wanita tidak. Perawatan dan pengaturan gaya rambut untuk keindahan atau membuat tampilan lebih kece.

Klasifikasi Rambut

Rambut diklasifikasikan menjadi empat, diantaranya yaitu:

  1. Rambut halus seperti rambut betis, punggung, perut, lengan, dahi dan pipi.
  2. Rambut panjang agak kasar seperti rambut kepala.
  3. Rambut agak kasar tapi tak sepanjang rambut kepala seperti rambut ketiak.
  4. Rambut agak kasar tapi pendek seperti rambut alis.

Struktur Anatomi Rambut

Susunan anatomi rambut terbagi menjadi beberapa bagian seperti:

1. Akar Rambut

Akar rambut termasuk bagian terdalam rambut yang terletak pada lapisan kulit juga tertahan dalam folikel rambut.

2. Batang Rambut

Batang rambut merupakan bagian terluar rambut yang terletak pada luar kulit, seperti benang halus yang terdiri atas keratin.

3. Ujung Rambut

Ujung rambut merupakan bagian rambut yang memiliki bentuk runcing yang biasanya ada pada rambut yang belum pernah dipotong dan rambut yang baru tumbuh.

Penyusun Akar Rambut

Akar rambut merupakan bagian rambut yang terletak dalam kulit jangat. Posisi akar rambut terletak pada lapisan dalam tertanam miring. Akar rambut tersusun atas beberapa bagian, diantaranya:

1. Folikel

Kantong rambut atau dikenal dengan folikel rambut merupakan bagian akar rambut berupa saluran yang mirip dengan kantong yang menjaga bakal rambut juga tertanam pada lapisan dermis.

2. Umbi Rambut

Umbi rambut (matriks) merupakan bagian akar rambut yang berada dibawah folikel yang memiliki mulut seperti corong yang memanjang vertikal dari lapisan dalam kulit hingga lapisan terluar kulit. Fungsi umbi rambut adalah sebagai penyerap udara dan menimbun sebum juga kotoran.

3. Papil Rambut

Papil rambut merupakan bagian akar rambut yang berfungsi sebagai lokasi pembuatan sel tunas rambut dan juga sel pigmen atau zat warna melanin rambut.

4. Pembuluh Darah

Pembuluh darah berfungsi sebagai saluran perembesan cairan zat makanan yang dibutuhkan sel lapisan epidermis.

5. Kelenjar Minyak

Kelenjar minyak berfungsi sebagai saluran untuk membuat rambut menjadi halus.

6. Kelenjar Keringat

Kelenjar keringat berfungsi sebagai tempat sel keringat bermuara.

7. Sel Melanin

Pigmen melanin merupakan zat penentu warna rambut.

8. Batang Rambut

Batang rambut merupakan bagian rambut terluar kulit berupa benang-benang halus dengan kandungan keratin atau sel tanduk. Struktur batang rambut manusia dapat menentukan bentuk rambut seperti rambut lurus, rambut bergelombang atau rambut keriting.

An Innocent Fashion
An Innocent Fashion

Penyusun Batang Rambut

Batang rambut tersusun dari beberapa bagian, diantaranya yaitu:

1. Cuticula

Cuticula atau kulit ari atau selaput rambut adalah lapisan terluar dari batang rambut yang terdiri atas susunan keratin yang pipih dan bening. Cuticula yang pipih dan bening, sehingga tembus cahaya maka warna rambut bisa dilihat.

Penyasakan rambut dapat menyebabkan susunan rambut saling menutupi, sehingga cairan dapat dengan mudah masuk ke dalam rambut.

2. Cortex

Kulit rambut atau cortex merupakan bagian batang rambut yang berada diantara cuticula dan medula, bagian ini terdiri dari benang fibrin yaitu benang yang sangat halus, sehingga tak kasat mata dan untuk melihatnya diperlukan mikroskop.

Benang-benang fibrin terbentuk dari molekul fibril dengan kandungan pigmen melanin, sel tanduk yang membentuk fibrin memiliki kandungan sulfur berpengaruh pada obat cat dan obat keriting rambut. Setiap molekul keratin berbentuk ikatan spiral untuk mempertahankan bentuk rambut yang telah dibuat.

3. Medula

Medula atau sumsum rambut merupakan bagian tengah batang rambut yang terbentuk oleh zat tanduk berbentuk anyaman berongga udara.

Bentuk penampang melintang rambut lurus adalah bundar atau lonjong berombak menebal di salah satu sisinya, sedangkan bentuk penampang melintang rambut keriting tak tentu.

Potongan Rambut Keriting Pria

Gaya rambut menjadi salah satu elemen penting yang menentukan penampilan. Bagi pemilik rambut keriting tentunya punya style yang berbeda-beda agar bisa tampil keren dengan rambut bergelombangnya. Namun tenang saja, ada banyak model rambut keriting pria yang bisa dipilih untuk memaksimalkan penampilan.

Jika Anda masih berpikir memiliki rambut ikal itu susah diatur, mungkin itu tidak sepenuhnya benar. Rambut keriting juga bisa ditata dengan stylish mengikuti karakter rambut dan bentuk wajah. Model rambut ikal pria itu seperti pedang bermata dua, antara kelihatan keren atau kelihatan berantakan banget.

Jangan sampai model rambut ikal pria milik kamu jatuh ke kategori kedua, takutnya malah bikin orang ilfeel. Pemilik rambut ikal itu nggak boleh minder, karena rambut ikal itu unik dan kalau ditata dengan baik, bisa membuat tampilan benar-benar keren.

Panduan Kesehatan Pria; Dari Seksualitas Hingga Manajemen Stres
Panduan Kesehatan Pria

Rekomendasi Rambut Keriting Pria

Ada banyak banget model rambut keriting pria yang bisa dicoba, tapi kamu tidak perlu bingung memilih. Berikut ini beberapa model rambut ikal pria yang unik, keren, dan mudah untuk Anda tata di rumah yaitu:

1. Comma Hair

Potongan Rambut Keriting Pria
Atome

Salah satu model potong rambut pria keriting yang cukup populer adalah comma hair. Potongan rambut ini tidak terlalu pendek dengan belahan yang berada sedikit ke samping. Model rambut comma hair ini cocok untuk kamu yang memiliki rambut ikal maupun lurus.

2. The Textured Crew

Potongan Rambut Keriting Pria
cashbac.com

Model rambut klasik untuk Anda yang tidak menyukai potongan rambut terlalu pendek. The textured crew ini merupakan model rambut dengan variasi potongan yang sedikit lebih panjang bagian atasnya.

3. Wavy Curly Style

Potongan Rambut Keriting Pria
modelrambutpria.com

Dengan sedikit penataan, model rambut ikal yang longgar (loose curly) dapat membuat tampilan menjadi bergelombang. Wavy curly style merupakan salah satu gaya rambut pria yang keriting atau ikal. Tampilannya berbeda dengan yang lain karena model rambut ini lebih longgar.

Gaya rambut wavy curly menjaga rambut tetap ikal dan juga membuatnya tampak lebih halus dan lebih mudah diatur. Selain itu, model rambut ini juga memberikan kesan yang lebih stylish dan trendy dengan keriting halus yang mudah untuk diatur.

4. Loose Curly + Undercut Fade

Potongan Rambut Keriting Pria
Orami

Model potongan rambut yang cocok untuk pria dengan rambut keriting berikutnya adalah loose curly + undercut fade. Variasi dari gaya rambut ikal yang lebih longgar dan fade dengan teknik undercut.

Grameds bisa menata rambut model ini dengan minyak rambut atau gel rambut agar bagian atasnya tetap bagus dan terlihat bervolume.

5. Bleached Curls

Potongan Rambut Keriting Pria
tokopedia.com

Bleached curls adalah salah satu model rambut yang populer di era 90-an. Gaya rambut retro ini banyak dipakai oleh pria termasuk selebritis ternama seperti Justine Timberlake. Model potongannya tidak banyak keunikan hanya warna rambutnya saja yang berbeda dari warna rambut aslinya.

6. Tousled Top with Short Sides

Potongan Rambut Keriting Pria
pinterest.com

Model berikutnya adalah tousled top with short sides yang memiliki tampilan keren dan segar. Untuk tampilan ini, potong bagian samping rambut lebih pendek dari bagian atas. Gaya ini dapat memberikan kesan awet muda dan juga tidak memerlukan banyak usaha untuk menatanya.

Jika Anda menginginkan penampilan yang terlihat lebih muda, potongan rambut ini bisa dicoba. Bagian belakangnya lebih rapi yang berbeda dengan bagian depan yang dibiarkan memanjang hingga membentuk poni natural. Dengan begitu, gaya rambut ikal pria ini pas bagi kamu yang senang bepergian tanpa harus ribet.

7. Curly Man Bun

Potongan Rambut Keriting Pria
Orami

Jika Anda memiliki rambut keriting yang panjang, style ini mungkin bisa menjadi pilihan agar tetap tampil modis. Mengikat semua rambut menjadi sanggul adalah cara yang mudah dan modis untuk mengatur rambut ikal.

Model semacam ini memberikan kesan unik dan simpel. Meski demikian, rambut panjang selalu menuntut perawatan yang ekstra agar tetap bersih dan halus. Model rambut yang dibuat seperti ini dapat memberikan tampilan yang keren stylish.

8. Short Messy Style

Potongan Rambut Keriting Pria
harimanstyles.com

Selanjutnya, ada model potongan rambut pria keriting yang keren dan stylish. Jika Anda menyukai model rambut ikal yang bertekstur dengan rambut pendek, maka model rambut ini paling cocok.

Namanya adalah potongan rambut short messy style yang cocok untuk kamu penyuka potongan rambut pendek. Bagian atas yang lebih bervolume memberikan tampilan ‘berantakan’ yang trendy.

Untuk penampilan yang lebih baik, ikat rambut bagian atas untuk memberikan tekstur dan volume pada rambut.

9. Side Swept Curl

Potongan Rambut Keriting Pria
Orami

Model side swept curl ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin tampil rapi dengan rambut keriting. Mulailah dengan rambut yang sedikit basah atau lembab, lalu gunakan pengering rambut dan sisir rambut ikalmu ke satu sisi.

Bagian samping yang dipotong lebih pendek memberikan kesan yang lebih stylish. Sementara itu, bagian atas dan depan tidak dipotong, sehingga rambut keriting alaminya tetap terlihat.

10. Tangled Curly Style

Potongan Rambut Keriting Pria
tokopedia.com

Jika kamu menginginkan model rambut yang memamerkan tekstur ikal, gaya tangled curly adalah jawabannya. Model rambut ini dibuat dengan cukup menarik pada bagian atasnya yang digulung-gulung mengikuti bentuk rambut keriting.

Bagian sampingnya lebih rapi dengan potongan rambut yang lebih bersih. Rambut ikal yang digulung dan disatukan memberikan look volume rambut sempurna. Kalau kamu menginginkan gaya rambut untuk menonjolkan kesan ikal, model rambut ini bisa menjadi pilihannya.

Sehat&Bugar Untuk Pria : Panduan Nutrisi Untuk Pria
Sehat & Bugar Untuk Pria

11. Medium Curly Quiff

Widyanata Digital Creative

Berikutnya adalah medium curly quiff yang merupakan model potongan yang cocok untuk pemilik rambut ikal atau keriting.

Salah satu model rambut keriting pendek pria ini memberikan tampilan yang stylish dan rapi karena bagian sampingnya yang cukup bersih. Sedangkan bagian atasnya tidak banyak dipotong agar rambut dapat mengikal alami dan terlihat menarik.

12. Classic Taper and Scissor Crop

Seperti namanya, model rambut ini merupakan variasi dari potongan classic taper dengan scissor crop. Bagian atas yang dibuat lebih tinggi yang memberikan kesan lebih maskulin. Sementara, bagian samping bawah lebih bersih dengan rambut yang pendek.

13. Caesar Cut

All Things Hair

Jika kamu mencari model potongan rambut keriting pria yang anti ribet, caesar cut ini bisa menjadi pilihannya. Potongannya cukup rapi untuk rambut keriting dengan bagian samping yang sedikit lebih panjang. Model rambut ini juga memiliki poni pendek yang memberikan aksen tambahan.

14. Thin Curly Style

Potongan Rambut Keriting Pria
gatsby.co.id

Bagi Anda yang memiliki rambut tipis, tetapi tetap ingin tetap terlihat stylish, maka kamu bisa menggunakan potongan thin curly style. Jika kamu memiliki model rambut ini, sisirlah rambut atas ke belakang. Dengan begitu, rambut keriting dan tipis tetap bisa tampil stylish dengan model rambut yang sesuai.

Potongan rambut thin curly style yang cocok untuk kamu yang memiliki rambut ikal dan tipis. Kamu bisa membuat model rambut keriting pria ini dengan cara tertentu. Trik agar rambut terlihat lebih berisi adalah menyisir rambut ke arah atas dan belakang. Hal itu dilakukan agar rambut terlihat keren di bagian samping rambut yang tipis akan memberikan kontras yang bagus.

15. E-Boy Cut

Teras Jabar

Potongan rambut model e-boy cut adalah salah satu model rambut pria keriting yang kekinian. Populer di kalangan gen Z, model rambut ikal ini dikenal dengan bagian belakang yang dibiarkan memanjang hingga mencapai telinga. Bagian rambut depannya juga tidak dipotong hingga memanjang membentuk poni.

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi seputar lifestyle dan kesehatan pria dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela G

Dunia fashion memang tak ada matinya, bahkan hampir setiap tahun akan muncul tren fashion terbaru. Selain fashion penampilan rambut pun memang tak ada habisnya.