in

10 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Nurse holding Blood bag for patient in hospital

Manfaat donor darah tidak hanya diterima oleh orang yang didonorkan. Akan tetapi, pendonor juga akan menerima manfaat dari donor darah. Tahukah kamu bahwa donor darah memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh? Artikel ini akan membahas 10 manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh.

Apa itu Donor Darah?

close up asian chinese nurse drawing blood from female chinese patient arm’s vein in the clinic

Donor darah adalah sebuah prosedur sukarela. Akan tetapi, prosedur ini memiliki manfaat yang besar. Melalui donor darah, nyawa seseorang dapat diselamatkan.

Darah yang berasal dari setiap pendonor akan dikumpulkan. Pengumpulan dilakukan melalui jarum steril yang hanya sekali pakai. Setelah itu, darah akan ditampung di dalam kantong steril.

Umumnya, donor darah akan mengambil sekitar 500 ml darah kamu. Itu adalah jumlah dari kurang lebih 8% dari total keseluruhan darah yang ada di tubuh kamu.

Prosedur donor darah ini juga dapat dilakukan tanpa menyumbangkan darah utuh. Kamu dapat menyumbangkan komponen darah tertentu. Contohnya seperti plasma atau trombosit.

Jumlah yang diberikan dalam donor darah komponen darah tertentu akan berbeda. Semua tergantung pada berat badan dan tinggi badan pendonor. Selain itu, trombosit juga akan mempengaruhi dalam jumlah donor darah.

Apakah Donor Darah Diperbolehkan?

Close-up of young woman lying on the couch with mobile phone while donating blood at the laboratory

Donor darah di Indonesia sudah memiliki izin resmi dari pemerintah. Peraturan mengenai donor darah diatur di dalam Peraturan Pemerintah No 2 Tahun 2011. Mengenai pelayanan donor darah yang diatur oleh Palang Merah Indonesia atau PMI sebagai tujuan sosial dan kemanusiaan.

Prosedur ini di bawah pengawasan PMI juga dijamin oleh UU No. 36/2009 tentang Kesehatan, bahwa pemerintah bertanggung jawab atas pelaksanaan pelayanan donor darah yang aman, mudah diakses, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu, tercantum juga pada Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 2011 mengenai Pelayanan Darah mendefinisikan Pelayanan darah sebagai upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial. Penyediaan darah adalah rangkaian kegiatan pengambilan dan pelabelan darah pendonor, pencegahan penularan penyakit, pengolahan darah, dan penyimpanan darah pendonor.

BACA JUGA:  10 Manfaat Kacang Tanah untuk Tubuh

Syarat Donor Darah

Applying adhesive bandage on cotton wool on female hand after collecting blood sample from vein, health care and medicine concept

Donor darah ini adalah salah satu tindakan yang mulai. Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukan donor darah. Adapun syarat donor darah yang harus dipenuhi pendonor adalah sebagai berikut:

  • Usia minimal 17 tahun
  • Usia maksimal 70 tahun
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Nilai tekanan darah normal atau berkisar antara 90/60–120/80 mmHg
  • Kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL dan tidak lebih dari 20 g/dL
  • Jarak waktu donor darah terakhir minimal 3 bulan atau 12 minggu (jika sebelumnya sudah pernah menjadi pendonor darah)
  • Tidak sedang dalam kondisi sakit atau memiliki keluhan tertentu. Seperti lemas dan demam
  • Bersedia menyumbangkan darah secara sukarela dengan menyetujui informed consent.

Seseorang yang ingin mendonorkan darah harus memperhatikan kesehatannya. Hal ini karena menyangkut keselamatan orang lain. Pendonor tidak boleh menderita sakit tertentu, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menderita penyakit tertentu: kanker, penyakit jantung, diabetes, masalah paru-paru serta gangguan fungsi ginjal
  • Memiliki tekanan darah rendah atau tinggi
  • Menderita epilepsi atau sering kejang-kejang
  • Menderita penyakit menular atau berisiko tinggi terkena penyakit menular. Seperti HIV/AIDS, sifilis,  hepatitis B, hepatitis C, atau malaria
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Sedang menjalani pengobatan tertentu
  • Memiliki gangguan perdarahan, seperti hemofilia
  • Memiliki riwayat penggunaan narkoba dalam bentuk suntik
  • Memiliki kecanduan minuman keras

Manfaat Donor Darah

Close up of man hand on blood donation

1. Meningkatkan produksi darah

Manfaat donor darah adalah dapat meningkatkan produksi darah. Ketika kamu rutin donor darah, makan akan merangsang produksi sel darah yang baru. Oleh sebab itu, produksi darah akan meningkat.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan dari rutin mendonor darah. Tubuhmu akan menjadi tetap sehat. Selain itu, kamu juga akan merasa melakukan sesuatu secara efisien.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat donor darah ternyata dapat mengurangi penyakit jantung. Orang yang rutin melakukan donor darah akan membuat jantungnya tetap sehat. Hal ini karena donor darah akan meningkatkan zat gizi di dalam darah. Selain itu, orang yang rutin donor darah akan mengurangi risiko menderita penyakit jantung.

Penanganan Penyakit Jantung Bawaan Tanpa Operasi
Penanganan Penyakit Jantung Bawaan Tanpa Operasi

tombol beli buku

3. Menurunkan risiko kanker

Manfaat donor darah selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko terkena kanker. Seperti kanker hati, kanker paru-paru, kanker perut, kanker usus besar dan kanker tenggorokan.

Hal ini karena zat besi yang berlebihan di dalam tubuh akan hilang. Zat besi yang berlebihan akan dikeluarkan oleh tubuh melalui donor darah. Inilah yang membuat donor darah aka menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Zat besi yang berlebihan di dalam darah adalah salah satu masalah. Hal itu akan meningkatkan radikal bebas di dalam tubuh. ini adalah salah satu risiko terjangkit penyakit kanker dan masalah penuaan.

4. Membakar kalori

Manfaat donor darah juga dapat membantu membakar kalori. Melalui donor darah, kalori di dalam tubuh akan ikut terbakar. Akibatnya juga berat badan ikut menurun.

Ketika orang dewasa memberikan sekitar 450 ml darahnya, maka otomatis kalori juga akan ikut terbakar. Sebanyak 650 kalori akan ikut terbakar selama donor darah.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

5. Menurunkan kolesterol

Manfaat donor darah yang dilakukan secara rutin akan membantu kamu menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol di dalam tubuh akan menurun akibat dari donor darah. Ada sebuah penelitian yang menguji hal ini.

Diketahui bahwa donor darah dapat mengurangi tingkat kekentalan pada darah. Ini akan membantu kamu untuk menurunkan kadar LDL. LDL adalah kolesterol yang bisa menimbulkan masalah pada kesehatan.

Contohnya seperti terjadinya sumbatan di peredaran darah. Kondisi ini akan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Tidak hanya itu, aka nada penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah lainnya.

6. Menurunkan risiko penyakit pembuluh darah

Donor darah yang dilakukan dengan teratur akan menurunkan tingkat kekentalan pada darah. Darah yang terlalu kental adalah hal yang tidak baik. Pasalnya, darah yang terlalu kental akan membuat kamu menjadi lebih mudah terkena penyakit pembuluh darah.

Inilah manfaat donor darah. Donor darah dapat menurunkan risiko penyakit pembuluh darah. Gesekan yang terjadi di pembuluh darah akan merusak sel dinding pembuluh darah. Hal ini akan berisiko menyumbat pembuluh darah.

Ada sebuah penelitian yang menunjukan manfaat donor darah pada penyakit jantung. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kemungkinan orang terkena penyakit pembuluh darah lebih kecil jika rutin mendonorkan darahnya. Mereka yang rutin donor darah, memiliki kemungkinan penyakit jantung 88% lebih rendah.

Ketika melakukan donor darah, kadar zat besi akan terpengaruh. Kadar zat besi akan menjadi lebih stabil. Inilah yang membuat kamu memiliki tingkat kemungkinan yang menurun untuk terkena penyakit pembuluh darah.

Penyakit Jantung & Pembulu Darah : Diagonis, Solusi, Dan Pencegahannya
Penyakit Jantung & Pembulu Darah : Diagonis, Solusi, Dan Pencegahannya

tombol beli buku

Buku ini mengupas tuntas berbagai jenis penyakit jantung yang umum dijumpai di masyarakat. Menggunakan bahasa awam yang mudah dipahami, buku ini sangat cocok untuk pembaca yang ingin mengenal lebih jauh mengenai penyakit jantung yang harus diwaspadai.

7. Salah satu cara dalam memeriksa kesehatan

Hal ini juga terjadi secara tidak langsung. Manfaat donor darah juga merupakan salah satu cara dalam memeriksa kesehatan. Ketika kamu mendonorkan darah, maka darah tersebut dapat digunakan untuk pemeriksaan kesehatan kamu sendiri.

Darah yang kamu donorkan akan masuk ke dalam laboratorium. Di dalam laboratorium, darah kamu akan diperiksa. Rekan-rekan medis akan memeriksa apakah kamu memiliki sebuah penyakit.

Jika hasilnya adalah kamu negative dari semua penyakit, maka darah kamu dapat disumbangkan. Darah kamu akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkannya. Jika memang hasilnya tidak baik, maka tim medis akan memberitahukan kepada kamu.

8. Mempercepat proses pemulihan luka

Manfaat donor darah selanjutnya adalah dapat mempercepat proses pemulihan luka. Ketika kamu donor darah, maka akan terjadi sebuah penyesuaian di dalam tubuh. Penyesuaian tersebut adalah berkurangnya sel darah merah.

Penyesuaian tubuh ini dibutuhkan saat kamu sedang terluka dan mengakibatkan kurangnya sel darah. Maka dari itu, salah satu manfaat donor darah adalah dapat menyembuhkan luka menjadi lebih cepat.

9. Membuat pikiran lebih stabil

Grameds, tahukah kamu bahwa donor darah dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih stabil? Ini adalah salah satu manfaat donor darah yang jarang diketahui. Beberapa orang merasa lebih bahagia ketika habis donor darah.

Mereka akan merasa bahagia sekaligus damai. Hal itu karena melalui donor darah, mereka secara tidak langsung sudah membantu orang lain. Membantu orang lain denga napa yang mereka miliki di dalam tubuh.

Ada sebuah penelitian di bidang psikologi yang membahas mengenai ini. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tujuan donor darah adalah untuk menolong orang. Orang yang memiliki tujuan seperti itu memiliki risiko kematian yang rendah.

Ini berbeda dengan orang yang donor darah untuk dirinya sendiri. Bahkan, orang yang belum pernah donor darah sekalipun.

10. Menjadi lansia yang sehat

Manfaat donor darah juga dapat menjadikan kamu lansia yang sehat. Banyak lansia yang saat ini memiliki kesehatan yang baik. Meskipun usianya sudah lanjut, kesehatannya tetap prima.

Salah satu alasannya adalah karena donor darah. Mereka rutin melakukan donor darah sejak muda. Itulah sebabnya mereka tetap sehat diusia lanjut.

Itulah beberapa informasi mengenai donor darah. Mulai dari pengertian donor darah, izin donor darah, syarat donor darah sampai manfaat donor darah. Banyak manfaat donor darah yang akan kamu dapatkan. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin melakukan donor darah.

Donor Darah Terbukti Turunkan Risiko Penyakit Jantung & Stroke
Donor Darah Terbukti Turunkan Risiko Penyakit Jantung & Stroke

tombol beli buku

Temukan informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku menarik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih