in

10 Manfaat Sungai bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Sungai bagi Kehidupan Manusia – Sungai menjadi salah satu bagian penting bagi manusia yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Sungai mendampingi kehidupan kita, baik di daerah pedesaan, pengunungan, dan daerah perkotaan.

Sungai dapat diartikan sebagai saluran alami yang terbuka di atas permukaan bumi untuk menampung air. Saluran alami tersebut menampung air dari bagian hulu menuju ke bagian hilir dan ke muara.

Sungai menjadi wadah atau alur alami maupun buatan yang berasal dari mata air mengalir di atas permukaan bumi. Kemudian aliran air sungai akan bertambah secara berangsur-angsur menyatu dengan banyak sungai lainnya.

Sungai terdiri atas tiga bagian kondisi lingkungan, yakni hulu, hilir, dan muara sungai. Ketiga bagian tersebut memiliki kualitas air yang berbeda-beda. Bagian hulu dikenal dengan kualitas airnya yang lebih jernih.

Variasi kandungan senyawa kimiawi dan biologis pada bagian hulu lebih rendah. Selanjutnya, bagian hilir berpotensi mengalami pencemaran air yang lebih besar. Variasi kandungan senyawa kimiawi pada bagian hilir lebih bervariasi.

Kemudian kandungan biologis sungai bagian hilir cukup tinggi sehingga diperlukan pengolahan secara lengkap. Sementara muara sungai memiliki arus air sangat lambat dengan volume air yang lebih besar.

Muara sungai menjadi pertemuan sungai-sungai lain yang letaknya hampir mencapai laut. Bagian muara sungai banyak mengandung bahan terlarut. Selain itu, warna aliran air di muara sungai sangat keruh dan dipenuhi lumpur dari hilir yang membentuk delta.

Sungai memiliki nama yang berbeda di setiap daerah, seperti bengawan, batang banyu, walungan, salu, tukad, dan lain sebagainya. Dalam bahasa Aceh, sungai dikenal dengan sebutan krueng. Sedangkan dalam bahasa Batak, sungai kerap disebut dengan nama binanga.

Sungai yang dibedakan berdasarkan sumber airnya terbagi menjadi tiga, yakni sungai hujan, sungai gletser, dan sungai campuran. Pertama, sungai dengan aliran air yang berasal dari proses presipitasi atau hujan dan keluar melalui mata air di bagian hulu disebut sungai hujan.

Ada beberapa sungai Indonesia yang dikategorikan sebagai sungai hujan, seperti Sungai Citarum, Sungai Bengawan Solo, dan Sungai Ciliwung. Kedua, sungai gletser kerap diartikan sebagai sungai dengan aliran air yang berasal dari es atau salju mencair.

Salah satu sungai gletser yang ada di Indonesia ialah Sungai Mamberamo dengan aliran air yang berasal dari es Puncak Jaya Wijaya, Papua. Ketiga, sungai campuran merupakan sungai dengan aliran air yang berasal dari proses presipitasi dan pencemaran es atau salju.

Salah satu sungai campuran di Indonesia adalah Sungai Digul yang mengalir di wilayah selatan Papua. Sungai menjadi permulaan sebagian besar peradaban dunia. Sampai saat ini sungai menjadi sumber penghidupan bagi banyak penduduk di dunia.

Manfaat sungai banyak digunakan oleh masyarakat, mulai dari mencuci, mandi, sebagai sumber air minum, hingga sumber mata pencaharian. Masyarakat juga kerap memanfaatkan sungai sebagai tempat penampungan air, sarana transportasi, rekreasi, dan sumber irigasi bagi pertanian.

Sungai menduduki peran yang penting untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia. Seperti yang terlihat saat ini, sungai bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan menguatkan ekonomi lokal. Aliran air sungai mampu membuat setiap makhluk bertahan hidup.

Manfaat sungai telah dikenal sejak zaman dahulu untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Masyarakat memiliki tanggung jawab yang besar untuk merawat dan menjaga kondisi sungai. Mengapa demikian? Karena sungai yang rusak akan membawa dampak buruk bagi lingkungan.

Grameds perlu mengetahui manfaat sungai untuk menyadari tanggung jawab dalam merawat dan menjaga kondisi sungai. Gramedia.com telah merangkum manfaat sungai dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

tombol beli buku

10 Manfaat Sungai bagi Kehidupan Manusia

Sungai dikenal sebagai sebuah komponen alam yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Bisa dibilang hampir seluruh aktivitas manusia bergantung pada keadaan sungai sekitarnya. Masyarakat dapat memperoleh manfaat besar dari sungai yang terjaga kebersihannya. Berikut ini beberapa manfaat sungai yang perlu Grameds ketahui.

1. Sumber Mata Pencaharian

Sungai dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian. Kondisi sungai yang terjaga kebersihannya dapat menjadi habitat baik bagi para ikan. Ikan dikenal sebagai salah satu makhluk hidup dengan insting yang kuat dalam mencari tempat tinggal di peraian bersih.

Sungai yang bersih dengan habitat ikan di dalamnya dapat menjadi sumber mata pencaharian bermanfaat bagi manusia. Sungai dapat menjadi sumber mata pencaharian dengan kandungan dan keanekaragaman hayati yang berlimpah.

Ikan-ikan yang hidup di sungai dapat dikonsumsi dan dijual untuk mendapatkan keuntungan. Tak hanya menjadi sumber mata pencaharian, keanekaragaman hayati yang ada di sungai dapat dikonsumsi.

Ikan air tawar menjadi bahan konsumsi yang paling umum ditemukan pada sungai. Kemudian ada beberapa jenis mata pencaharian yang memanfaatkan sungai, yakni penambang batu kali, nelayan pencari ikan, penambang pasir, penambang emas, penambang mineral, dan tambak ikan yang beternak ikan.

2. Sarana Transportasi

Sungai yang membentang luas dapat dimanfaatkan menjadi jalur transportasi air. Sungai menjadi jalur transportasi bagi beberapa daerah di dunia. Sementara di Indonesia, pulau Kalimantan dan Sumatera menjadi dua pulau yang dihubungkan oleh sungai-sungai besar.

Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini sungai-sungai tersebut masih dimanfaatkan masyarakat sebagai jalur transportasi. Selain itu, sungai juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk perdagangan.

Sungai berperan penting untuk memindahkan atau menghubungkan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Sungai dapat menjadi salah satu sarana transportasi yang murah dan tidak menimbulkan efek polusi udara.

3. Sumber Pembangkit Listrik

Selain menjadi sarana transportasi, sungai juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga terbarukan untuk pembangkit listrik. Sungai dengan aliran yang deras kerap dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik bagi manusia.

Melalui sungai beraliran deras, manusia dapat membuat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau yang disingkat PLTA. Derasnya air sungai sebagai sumper pembangkit listrik akan memutar kincir air. Nantinya kincir air yang digerakkan oleh aliran air sungai mampu menggerakkan atau mengaktifkan generator untuk menghasilkan listrik.

Setelah itu, listrik yang dihasilkan akan dialirkan ke rumah-rumah penduduk sekitar. Di Indonesia sendiri, hanya ada beberapa sungai yang dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Aliran listrik sendiri menjadi hal penting yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Derasnya aliran air sungai yang dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik akan menjadi sumber penerangan, sumber gerak, dan teknologi. Dapat dikatakan bahwa sungai menduduki peran yang penting dalam perkembangan dan kemajuan dunia.

tombol beli buku

4. Menampung dan Mengalirkan Air Hujan

Sungai sebagai komponen alam yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia bermanfaat untuk menampung dan mengalirkan air hujan. Sungai menduduki peran yang penting sebagai penampung debit air yang turun ke tanah melalui hujan.

Perlu diketahui bahwa air hujan yang turun akan berkumpul dan mengalir ke suatu tempat. Tempat penampungan air hujan yang dimaksud ialah sungai sebagai saluran air yang terbuka. Kemudian air hujan memiliki sifat bergerak dari tempat tinggi menuju tempat rendah.

Sifat air hujan tersebut membuat sungai menjadi tempat mengalirkan air dari hulu menuju hilir alias tempat bermuara. Kemampuan sungai untuk menampung dan mengalirkan air hujan bergantung pada badan sungai itu sendiri.

Jika badan sungai terganggu dengan bangunan liar, maka kemampuannya untuk menampung dan mengalirkan air hujan akan berkurang. Ketika itu semua terjadi, akan mengakibatkan banjir pada wilayah bantaran sungai.

Penting untuk menertibkan bangunan liar yang berpotensi mengganggu manfaat sungai sebagai penampung air hujan. Penertiban bangunan liar yang berlokasi di badan sungai bertujuan agar kemampuan sungai untuk mengalirkan air hujan dapat dikembalikan seperti sedia kala.

5. Tempat Rekreasi

Kondisi sungai yang bersih mampu meningkatkan kualitas hidup dan menguatkan ekonomi lokal. Sungai dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk menjadi tempat rekreasi. Saat merasa bosan dan penat dengan aktivitas sehari-hari, kamu bisa memanfaatkan sungai sebagai tempat rekreasi.

Ada berbagai jenis hiburan yang bisa Grameds dapatkan ketika berada di sungai. Grameds bisa mengunjungi sungai dan menikmati pemandangan indah yang ada di sekitar dengan mengajak keluarga berekreasi.

Beberapa jenis hiburan atau rekreasi yang bisa dinikmati ketika berada di sungai ialah bermain air, piknik, dan berenang. Selain itu, sungai dengan aliran air yang deras dapat dijadikan tempat rekreasi bermain arung jeram.

6. Sumber Mata Air Kehidupan

Sungai menjadi wadah atau tempat menampung air dari bagian hulu menuju ke bagian hilir dan ke muara. Namun, manusia sebagai makhluk hidup tentu membutuhkan air sepanjang hidupnya. Air akan selalu dibutuhkan oleh makhluk hidup, meski zaman telah berubah.

Sungai dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata air bersih untuk kelangsungan hidup manusia. Sungai dengan aliran air bersih berguna sebagai sumber air yang penting. Sungai memegang peran penting untuk mengakomodasi kehidupan sehari-hari.

Masyarakat sekitar sungai dapat mengambil air secara langsung tanpa harus takut tercemar oleh berbagai zat berbahaya. Aliran air sungai yang deras dan bersih dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti air minum, mandi, mencuci, dan kebutuhan lainnya.

7. Meningkatkan Kesejahteraan Mental

Selain menjadi sumber mata air bersih, sungai dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk memunculkan inspirasi dan meningkatkan kesejahteraan mental bagi individu. Beberapa orang kerap mencari ketenangan dan mendapatkan pencerahan dengan memanfaatkan sungai.

Sungai dengan suara riak airnya mampu memberikan ketenangan. Grameds dapat memanfaatkan sungai untuk meningkatkan kesejahteraan mental. Suara riak air sungai yang memberikan ketenangan dapat membuat perasaan menjadi rileks dan tebebas dari risiko stres.

tombol beli buku

8. Sumber Irigasi

Sarana penyediaan air untuk memenuhi kebutuhan bagi pertanian disebut irigasi. Sungai yang menjadi sumber penghidupan bagi banyak penduduk dapat dimanfaatkan untuk sumber irigasi pertanian.

Padi menjadi salah satu tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah besar agar bisa tumbuh dengan baik. Petani dapat memanfaatkan air sungai menjadi sumber irigasi bagi tanaman padi. Kekurangan aliran air dapat memberikan pengaruh yang buruk pada hasil panen pertanian.

9. Pusat dari Ekosistem

Suatu kumpulan tempat tinggal dari makhluk hidup dan segala pendukungnya disebut sebagai ekosistem. Secara umum, ekosistem terbagi menjadi empat bagian, seperti ekosistem laut, gurun, daratan, dan sungai.

Sungai mampu menjadi rumah bagi segala makhluk hidup yang tinggal dalam ekosistemnya dari segi biologis. Manfaat sungai sebagai pusat dari ekosistem menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis ikan dan tanaman air.

10. Mencegah Banjir

Salah satu faktor lingkungan yang dapat mengatur munculnya penyebab banjir atau air bah ialah sungai. Kondisi sungai dalam keadaan terawat dengan kedalaman tertentu dapat mengurangi risiko banjir pada suatu daerah.

Meluapnya air sungai akan mendatangkan kasus banjir. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang memanfaatkan sungai untuk berbagai aktivitas kehidupan perlu merawat dan menjaga kondisi sungai dalam rangka mencegah terjadinya banjir.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah 10 manfaat sungai bagi kehidupan manusia. Kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk merawat, menjaga, dan melestarikan keberadaan sungai agar menjadi lebih bermanfaat.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila