in

20+ Rekomendasi Undercut Gaya Rambut Pria, Dijamin Semakin Keren

Jika berbicara mengenai gaya rambut pria yang tidak ada matinya, maka gaya undercut merupakan salah satu yang bisa Anda coba. Gaya rambut ini sudah ada sejak tahun 1910 dan terus populer sampai tahun 1940. Undercut gaya rambut pria kemudian populer lagi di era tahun 80-an dan pada akhirnya muncul lagi pada tahun 2010 lalu. Seiring dengan perkembangan zaman, gaya rambut undercut ini hadir dalam berbagai macam variasi. Para selebriti dunia seperti David Beckham, Johnny Depp, dan juga Jared Leto juga pernah tampil dengan percaya diri menggunakan gaya rambut undercut ini. Namun, mengapa undercut gaya rambut pria ini selalu menjadi pilihan?

Gaya rambut undercut ini dapat membuat tampilan rambut menjadi lebih rapi, unik, dan juga macho. Kepala akan terasa lebih ringan karena pada bagian samping, bawah, dan juga belakang kepala akan ditipiskan. Rambut bagian atas saja yang nantinya akan disisakan. Tak hanya itu saja, gaya rambut yang satu ini juga tergolong cocok dengan berbagai macam bentuk wajah pria. Untuk Anda yang sedang mencari inspirasi undercut gaya rambut pria, di bawah ini kita akan membahas mengenai berbagai macam rekomendasi gaya rambut undercut yang bisa Anda coba.

Rekomendasi Undercut Gaya Rambut Pria

Seperti yang kita tahu bahwa gaya rambut undercut merupakan model potongan rambut yang memisahkan bagian atas rambut dengan bagian samping dan bagian bawah. Umumnya, rambut bagian atas akan lebih panjang atau tebal dibandingkan dengan rambut bagian samping atau belakang. Akan tetapi, model rambut undercut ini dapat dikatakan sedikit boros, karena Anda perlu mencukur setidaknya satu bulan sekali untuk menjaga kerapiannya. Namun hal tersebut sepadan dengan hasilnya yang akan membuat penampilan Anda menjadi semakin keren.

Untuk Anda yang masih ragu dengan gaya rambut yang satu ini. Anda bisa melihat beberapa rekomendasi undercut gaya rambut pria yang ada di bawah ini.

1. Disconnected Undercut

Jika Anda ingin tampil lebih berani dan beda dari biasanya, maka Anda bisa mencoba gaya disconnected undercut agar penampilan Anda terlihat lebih edgy. Gaya rambut yang satu ini memang terlihat cukup nyentrik karena di bagian atas rambut yang penuh dengan rambut, sedangkan pada bagian samping benar-benar polos tanpa adanya fading sama sekali. Selebriti dunia seperti David Beckham dan juga Brad Pitt pernah menggunakan gaya rambut disconnected undercut. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih jenis gaya rambut ini.

Sementara itu, gaya rambut ini semakin populer melalui serial TV Peaky Blinders yang mana salah satu karakter utamanya yang bernama Tommy Shelby (diperankan oleh Cillian Murphy) tampil dengan gaya yang sangat keren menggunakan gaya rambut disconnected undercut. Sebagai tips, Anda dapat menata rambut bagian atas membentuk quiff untuk tampilan yang lebih modern ataupun slicked back untuk tampilan yang lebih formal. Jika Anda ingin mempertahankan gaya rambut yang satu ini, maka usahakan untuk rutin mengunjungi barbershop.

2. Faux Hawk Undercut

Untuk Anda yang mengaku fans sepak bola, tentu sudah tidak asing lagi dengan model rambut yang satu ini, yakni faux hawk undercut. Gaya rambut yang satu ini dulunya dipopulerkan oleh bintang sepak bola dunia yaitu Neymar dan Cristiano Ronaldo. Tampilan dari gaya rambut ini akan membuat Anda terlihat lebih macho tapi tetap tidak membosankan. Tak hanya itu saja, gaya undercut ini juga akan membuat bagian atas rambut terlihat lebih tinggi. Hal itulah yang semakin memperkuat akses faux hawk pada rambut Anda. Keuntungan atau kelebihan dari gaya rambut ini yaitu sangat mudah untuk ditata atau di stylish. Anda hanya perlu menggunakan pomade, kemudian ratakan di telapak tangan, dan langsung sisirkan ke rambut dengan menggunakan tangan untuk mengangkat bagian atas rambut agar membentuk faux hawk.

Dengan begitu, dijamin gaya rambut Anda akan semakin terlihat keren dan pastinya tahan seharian. Tapi Anda perlu pahami bahwa faux hawk dan quiff atau pompadour itu berbeda. Adapun ciri khas dari faux hawk undercut yaitu pada bagian ujung rambut dibuat lancip seperti gaya rambut mohawk. Selain bisa menggunakan pomade, Anda juga bisa menggunakan gel rambut untuk mendapatkan gaya rambut yang lebih tahan lama.

3. Slicked Back Undercut

Siapa nih yang ingin punya rambut dengan gaya undercut yang keren namun tidak mau ada helaian rambut yang menghalangi wajah? Jika iya, maka Anda bisa memilih gaya rambut yang satu ini yakni slicked back undercut. Gaya rambut ini sangat cocok untuk diterapkan pada pria yang mempunyai rambut panjang, medium, atau pendek. Kuncinya yaitu ada pada produk styling rambut yang dipakai agar bisa menjaga tatanan rambut tetap rapi seharian. Sebagai salah satu tips, Anda dapat menggunakan pomade yang memiliki finish shiny agar rambut terlihat lebih klimis.

Gaya rambut slicked back undercut ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin tampil unik tapi tetap terlihat profesional jika diperlukan. Terdapat beberapa varian gaya slicked back undercut yang bisa Anda coba. Mulai dari V cut di bagian belakang kepala, potongan rambut long top dan bertekstur, shaved design di bagian samping, deep side parted, dan juga fading agar tampilan terlihat lebih bold.

4. Side Part Undercut

Undercut gaya rambut pria berikutnya yang bisa Anda jadikan referensi adalah side part undercut. Gaya rambut yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang malas pergi ke barbershop. Sebab, begitu rambut Anda sudah mulai panjang, maka Anda dapat langsung menyisir ke arah samping, entah itu ke bagian kanan ataupun kiri mengikuti bentuk wajah Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan gaya over bomb untuk mendapatkan tampilan yang lebih rapi.

Jika Anda ingin bergaya lebih kasual, maka Anda hanya perlu menyisir rambut ke bagian samping wajah dan semprotkan hairspray secukupnya. Side part undercut ini akan terkesan lebih keren untuk pria di segala umur, baik itu yang masih sekolah ataupun yang sudah bekerja. Tidak perlu khawatir dengan rambut yang mulai panjang, karena Anda bisa menatanya dari side part undercut menjadi side swept undercut.

5. Man Bun Undercut

Siapa yang bilang jika gaya rambut man bun undercut hanya bisa dilakukan jika rambut kita sudah panjang sebahu? Itu salah besar ya. Anda bisa tetap tampil dengan keren menggunakan gaya rambut man bun yang dikombinasikan dengan gaya undercut. Gaya rambut yang satu ini sempat menjadi salah satu gaya rambut andalan Zayn Malik. Agar bisa memiliki gaya rambut ini, Anda hanya cukup meminta barber untuk memotong rambut dengan bagian atas rambut yang lebih panjang dan tebal.

Kemudian, Anda langsung mengikat rambut dengan membentuk man bun ataupun top knot dengan kunciran. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan efek garis pada bagian undercut untuk tampilan yang lebih menarik. Kreasikan juga gaya rambut man bun ini dengan bentuk cepolan yang unik, bahkan jika rambut Anda sudah cukup panjang, maka Anda bisa mengkombinasikan gaya rambut man bun dengan french braid. Satu tips untuk Anda, yakni pastikan untuk rutin menggunting ujung rambut agar rambut tidak bercabang dan terlihat kering ketika dicepol.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Perawatan Kulit Kepala & Rambut
karya Siti Sahida & Hidayani

Perawatan Kulit Kepala & Rambut
Perawatan Kulit Kepala & Rambut

 

6. Undercut dengan Rambut Keriting

Untuk Anda yang mempunyai rambut keriting, tenang saja, Anda tetap bisa mencoba gaya rambut undercut tanpa perlu khawatir terlihat aneh. Undercut yang satu ini memang cukup populer karena selain terlihat lebih keren, potongan rambut tersebut juga bisa menjadi pilihan untuk pria yang kesulitan dalam menata rambut. Seperti yang sudah kita pahami bahwa rambut keriting memiliki volume yang besar, efek mengembang, dan juga terkadang dapat terlihat kusut bila tidak diatur dengan benar.

Jika Anda merasa tidak memiliki banyak waktu untuk rambut keriting, maka segeralah untuk pergi ke barbershop dan mintalah potongan undercut. Dengan memotong rambut yang ada di bagian samping dan belakang, maka volume dari rambut keriting akan terpusat di bagian atas kepala. Pastinya gaya rambut ini dapat membuat rambut keriting Anda menjadi lebih keren dan rapi dan membuat wajah Anda terkesan lebih fresh. Cocok sekali untuk Anda yang memiliki bentuk wajah kecil.

7. Quiff Undercut

Gaya rambut yang satu ini memang sudah banyak digunakan oleh para pria. Akan tetapi, Anda dapat mengkreasikannya dengan potongan undercut untuk mendapatkan tampilan yang lebih edgy. Adapun titik fokus dari gaya rambut ini yaitu kesan clean cut di bagian samping dan juga belakang dengan jambul ataupun quiff yang bervolume di bagian atas. Untuk menatanya, Anda memerlukan produk styling seperti pomade yang mempunyai finish matte dan tidak berminyak.

Anda hanya perlu menyisir rambut ke atas dengan rapi. Panjang dari gaya rambut quiff ini sebenarnya terserah pada selera Anda. Sesuaikan saja dengan bentuk wajah. Nantinya, gaya rambut quiff undercut ini akan membuat wajah Anda terlihat lebih tajam dan pastinya bisa memperbaiki siluet tubuh karena Anda akan terlihat lebih tinggi.

8. Pompadour Undercut

Kira-kira, perbedaan antara pompadour dengan quiff undercut apa ya? Jadi, perbedaan dari kedua gaya rambut tersebut adalah ada pada cara menatanya. Dimana gaya rambut quiff hanya cukup menyisir bagian depan rambut ke raha atas dan juga belakang. Sedangkan untuk pompadour yaitu memerlukan keseluruhan rambut untuk disisir ke arah atas dan belakang.

Gaya rambut yang satu ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki bentuk wajah bundar atau persegi. Sebab, efeknya sendiri dapat membuat wajah Anda terlihat lebih panjang dan proporsional. Hampir mirip dengan gaya rambut quiff, Anda juga perlu memastikan bahwa styling product yang Anda gunakan tidak meninggalkan efek glossy atau shiny dan juga tidak berminyak supaya pompadour ini tetap bertahan seharian. Selain itu, Anda juga bisa menatanya dengan bantuan hair dryer untuk menambah volume rambut.

9. Caesar Undercut

Untuk Anda yang menyukai street style, maka tentunya sudah tidak asing lagi dengan gaya rambut yang satu ini, yakni caesar undercut yang terinspirasi dari Julius Caesar, seorang Jenderal di zaman Romawi. Adapun hal yang membuat gaya rambut ini menjadi populer yaitu karena bisa membuat tampilan Anda menjadi lebih lembut tapi tetap terlihat macho. Terlebih lagi bila rambut caesar ini Anda kombinasikan dengan potongan undercut, tentu gaya Anda akan terlihat semakin keren.

Jika Anda ingin terlihat unik dan menarik, maka Anda bisa mengkombinasikan caesar undercut dengan disconnected undercut yang sudah kita bahas di atas. Selain itu, Anda juga bisa meminta barber untuk menambahkan aksen low fade. Kemudian Anda tidak perlu menunggu hingga rambut Anda mulai panjang, karena gaya rambut yang satu ini dapat digunakan ke rambut pendek sekalipun. Untuk menata gaya rambut ini, Anda bisa menggunakan pomade atau wax rambut agar bisa menambah tekstur rambut yang akan membuat penampilan Anda tidak terkesan boring.

10. Fringe Undercut

Undercut gaya rambut pria yang satu ini memang agak mirip dengan gaya rambut caesar undercut. Akan tetapi, terdapat sedikit perbedaan yang harus Anda phami. Fringe undercut cenderung lebih panjang dibandingkan caesar undercut. Biarkan rambut Anda dipotong sampai menutupi keseluruhan dahi, sedangkan di bagian samping dan juga belakang dipangkas atau bisa ditipiskan. Gaya rambut ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bentuk ajah cukup panjang seperti diamond atau oval.

Tak hanya itu saja, wajah Anda juga akan terlihat lebih youthful dengan menggunakan gaya rambut ini. Banyak orang yang menilai bahwa gaya rambut dengan fringe akan semakin membuat para pria berkacamata terlihat lebih tampan. Untuk penataannya sendiri, Anda bisa menggunakan pomade ataupun wax untuk menambahkan tekstur.

11. Buzz Undercut

Akan ada waktunya Anda memiliki dorongan yang besar untuk memangkas rambut menjadi potongan buzz cut. Akan tetapi, gaya rambut yang satu ini terkadang cukup membosankan. Belum lagi jika harus menunggu waktu yang cukup lama untuk memanjangkan rambut lagu dan bisa ditata ulang. Bagaimana jika Anda mencoba gaya rambut buzz cut ini? Gaya rambut yang satu ini tergolong mudah untuk ditata tanpa perlu hairdryer. Anda hanya perlu menggunakan sedikit pomade ataupun wax untuk mendapatkan merapikan rambut bagian atas supaya tidak ada yang berantakan dan berdiri melawan arah.

Potongan buzz undercut ini akan memperlihatkan bagian samping yang dipangkas habis, sedangkan pada bagian atas akan dipotong sampai pendek dan tipis tapi tetap terlihat full. Jangan lupa juga untuk meminta barber merapikan bagian tepi rambut agar terlihat lebih rapi. Gaya rambut yang satu ini sangat populer di kalangan musisi raper seperti Drake, Jay-Z, dan juga Eminem.

12. Two Blocked Undercut

Awalnya, gaya rambut two blocked undercut ini dipopulerkan oleh idol K-Pop yang kini sedang menjadi trendsetter dunia. Anda tidak perlu khawatir jika gaya rambut yang satu ini akan membuat penampilan Anda tidak terlihat macho. Sebab, pada kenyataannya gaya rambut ini akan tetap membuat penampilan Anda terlihat maskulin apabila dipadukan dengan gaya rambut undercut. Mengapa disebut dengan gaya rambut two blocked undercut?

Jadi, sebutan itu dilontarkan karena terlihat adanya area yang terpisah. Dimana bagian separuh bagian samping dan juga belakang rambut dibuat lebih tipis dibandingkan dengan separuh bagian atas. Sehingga rambut Anda akan terlihat penuh tapi di bagian sisi samping dan belakang yang dipangkas tipis tetap membuat tampilan Anda lebih fresh.

Menariknya lagi, Anda dapat mengubah tatanan rambut dengan sesuka hati. Buat tampilan ala heartthrob, Anda dapat membiarkan rambut terjuntai ke bawah membentuk poni. Jika Anda ingin tampilan yang lebih rapi, maka Anda hanya perlu menyisir rambut ke atas dan tata dengan wax ataupun moving rubber.

 

13. Classic Undercut.

Classic Undercut

Gaya klasik yang satu ini bisa menonjolkan ciri khas dari undercut yang sesungguhnya, yakni pada penipisan di sisi kepala. Untuk bagian atasnya potongan pendek atau medium, lurus atau bergelombang, semuanya akan tetap terlihat cocok!

Apabila tidak ingin terlihat tipis secara keseluruhan, kamu dapat pilih model fade yang terdapat gradasinya. Untuk menciptakan dengan gaya rambut fade, umumnya rambut yang dicukur secara vertikal supaya rambut akan benar-benar habis.

Apabila ingin lebih tipis kembali, komunikasikan kembali kepada barber untuk dapatkan cukuran yang bersih rambut di bagian bawah.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Tata Rias Wajah Dan Rambut Keluarga Pengantin Modern
karya M. Deddy

Tata Rias Wajah Dan Rambut Keluarga Pengantin Modern
Tata Rias Wajah Dan Rambut Keluarga Pengantin Modern

 

14. Comb Over.

Comb Over

Comb over merupakan sebuah cara styling rambut pria dengan disisir ke arah samping atas. Tanpa memerlukan skill khusus. Gayanya sendiri mirip dengan side-parted yakti belah pinggir. Untuk perbedaannya, comb over terlihat lebih kasual serta tidak begitu memperlihatkan pada perbedaan panjang rambut yang terlihat kontras.

Jenis gaya rambut pria undercut ini sering dipadukan dengan undercut. Salah satunya yang membuat potongan ini kian populer yakni karena sering kali digunakan pemain bola. Kita dapat menata gaya rambutnya dengan menggunakan pomade atau wax.

Potongan jenis undercut rambut pria seperti ini akan cocok untuk kita yang menyukai model rambut undercut pendek. Bagian atasnya ditata dengan menggunakan wax rambut. Gaya ini kerap disebut dengan potongan Mandarin.

 

15. Kombinasi Crew Cut dengan Potongan Rambut Pria Undercut.

Kombinasi Crew Cut dan Potongan Rambut Pria Undercut

Crew cut sendiri punya ciri khas pada bagian atas rambut yang panjangnya seragam alias rata, dengan sisi samping yang pendek. Secara umum, bagian depan maupun poninya ditata ke atas.

Untuk menata gaya faux hawk, kita memerlukan sebuah gel rambut yang cukup kuat yang dapat mengangkat rambut serta memberikan ketahanan yang luar biasa dalam waktu lama.

Jangan pernah berhenti pada tatanan rambut, kita juga dapat berekspresi dengan menggunakan warna rambut. Cobalah dengan warna yang cukup ekstrem, seperti warna abu-abu. Warna yang satu ini dijamin dapat akan menunjang rambut faux hawk milikmu.

 

16. Spike Undercut.

Spike Undercut

Berbeda dengan jenis gaya rambut faux hawk, model rambut jenis spike ini memiliki ujung rambut yang dibentuk lancip ke atas. Sangat cocok sekali untuk yang punya wajah chubby.

 

17. French Crop dengan Undercut.

French Crop dengan Undercut

French crop merupakan sebuah potongan rambut yang lebih modern dibanding dengan Caesar cut. Fokus gaya rambut pria ini terletak pada bagian atas rambut yang memiliki panjang medium, agak tebal dan bertekstur.

Agar fokus pada bagian atas rambut, diperlukan potongan undercut agar bagian bawah rambut rapi dan tak terlihat ‘gondrong’. Efek dramatis dari paduan tebal dan tipis ini akan membuat kontras yang nyata, dan membuatmu jadi pusat perhatian. Berani gak untuk mencobanya?

 

18. Undercut dengan Aksen Garis.

Undercut Pada Rambut Keriting

Potongan rambut pria undercut pendek pria ini dapat dicoba pada hampir semua model rambut. Jenis gaya rambut cepak ini membuatmu terfokus pada bagian atas rambut. Karena tentunya masih ada sisa rambut, kita bisa mencoba gaya skin rambut keren yang terdapat berbagai motif pada samping maupun bagian potongan rambut pria dari sisi belakang.

Apabila masih ragu-ragu bermain dengan garis, coba dahulu konsultasikan dengan hairstylist mengenai gaya atau aksen garis sesuai dengan bentuk kepala serta model rambut undercut pilihanmu. terdapat juga yang menggunakan jenis aksen garis pada bagian sampingnya sangat tipis.

 

19. Hidden Undercut

Hidden Undercut

Untuk yang ingin terlihat unik, kamu bisa mencoba gaya rambut hidden haircut. Gaya rambut jenis ini yang biasanya menutupi bagian undercut di sisi belakang kepala dengan rambut yang lebih panjang. Jadi, undercut baru tentunya akan terlihat apabila kamu mengikat rambut. Boleh dicoba untuk kita yang ingin terlihat berbeda.

 

20. Faded Undercut

Faded Undercut

Faded undercut menjadi salah satu gaya rambut unik dengan cara memotong bagian samping serta pada belakang rambut. Salah satu bentuk model rambut dari model faded undercut yaitu high fade.

Gaya rambut hidh faded undercut menghasilkan kesan yang ramping karena terdapat kontras di bagian atas serta samping. Keuntungan lainnya pada gaya rambut ini yaitu tidak memerlukan perawatan yang ekstra serta cocok untuk kita yang malas styling maupuan sisiran. Akan tetapi tetap terlihat berkelas serta tampan.

 

21. Layered Undercut

Faded Undercut

Sesuai dengan namanya, gaya rambut undercut yang satu ini akan memberikan potongan ber-layer sehingga akan membuat rambut terlihat lebih berisi atau bervolume. Kita dapat meminta kepada hair stylist untuk memilih bagaimana lapisan yang akan diaplikasikan.

Perlu diperhatikan, karena rambut pria lebih mudah panjang yang setidaknya kita perlu memotongnya dalam kurun waktu sebulan sekali. Hal tersebut bertujuan supaya rambut tetap rapi serta tidak akan merusak bentuknya akibat rambut yang terlalu panjang.

 

22. Mohawk Undercut

Mohawk Undercut

Mohawk undercut ini akan tampak sangat keren untuk kita yang memiliki berjiwa bebas. Karakter mohawk ini dibentuk dari rambut yang mana dibiarkan panjang di bagian atasnya serta mencukur pendek pada bagian samping kanan kiri. Dengan tambahan sedikit penataan menggunakan hairspray, yang mana akan membuat gaya undercut mohawk yang lebih rapi dan keren.

 

Demikian penjelasan mengenai berbagai rekomendasi undercut gaya rambut pria yang bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin potong rambut. Cobalah salah satu dari rekomendasi di atas dan sesuai dengan gaya serta bentuk wajah Anda ya.

 

Apakah French Crop cocok di semua kepala?

French crop adalah model rambut pria yang belakangan ini menjadi tren karena potongannya yang cukup simpel dan cocok untuk semua bentuk kepala.

Undercut seperti apa?

Gaya rambut undercut adalah model yang memisahkan bagian atas rambut dengan bagian bawah dan samping. Biasanya, pada rambut bagian atas lebih panjang/tebal dibandingkan bagian samping maupun belakang.

Apa bedanya undercut dan Uppercut?

Uppercut memiliki karakteristik yaitu potongan rambut bagian samping sampai bagian tengah lebih pendek dari bagian atasnya. Sedangkan gaya rambut undercut hanya memotong bagian samping hingga belakang lebih pendek lalu bagian tengah hingga atas tetap panjang.

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah