in

Rekomendasi Sunscreen Untuk Remaja dan Tips Memilihnya

Sunscreen untuk remaja – Penggunaan sunscreen telah menjadi suatu tahapan wajib dalam merawat kulit. Terlebih lagi, kesadaran akan bahaya yang disebabkan karena terkena sinar UV membuat orang menjadi semakin giat untuk mencari produk yang satu ini. Saat ini sendiri ada banyak sekali berbagai merek sunscreen yang beredar di pasaran, baik sunscreen luar maupun lokal.

Namun, terkadang bagi para remaja masih belum mengetahui cara yang tepat untuk memilih sunscreen untuk remaja. Bagi kamu yang berusia remaja atau ingin membelikan sunscreen untuk adik kamu, maka bisa simah artikel ini, Grameds

Berikut di bawah ini beberapa cara memilih sunscreen serta 9 rekomendasi sunscreen yang aman digunakan untuk para remaja.

Kegunaan Sunscreen untuk Remaja

Sebelum membahas tentang cara memilih sunscreen untuk remaja, ada baiknya kita mengetahui kegunaan dari penggunaan sunscreen.

Sunscreen atau dikenal juga sebagai tabir surya. Produk yang satu ini memang paling sering digunakan karena kemampuannya dalam melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sunscreen sendiri bekerja dengan cara menyerap sinar matahari agar tak masuk ke lapisan kulit. Perlu diketahui bahwa sinar matahari yang berlebihan akan merusak serat kolagen kulit dan elastin lho.

Jika hal ini dibiarkan dan terjadi secara terus menerus, maka kulit akan tampak kendur, keriput, serta pori-porinya akan tampak membesar. Tak hanya itu, sinar matahari yang berlebihan juga mampu menyebabkan penuaan kulit, dan menyebabkan efek jangka panjang yang sangat berbahaya yaitu kanker kulit.

Penggunaan sunscreen pada remaja sendiri umumnya membutuhkan 1 ons sunscreen untuk diaplikasikan ke seluruh tubuh. Jadi selain bagian wajah, jangan lupa juga untuk mengaplikasikan sunscreen di bagian tangan, kaki, leher, serta area telinga ya. Baik sunscreen untuk remaja maupun pada orang dewasa sendiri mampu bertahan rata-rata 2 jam dalam sekali pemakaian.

Cara Memilih Sunscreen untuk Remaja

sunscreen untuk remaja
Sumber: hijabista.com.my

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin memilih sunscreen untuk remaja, berikut beberapa diantaranya:

Sunscreen yang Tahan Air

Sunscreen yang tahan air akan menawarkan perlindungan yang lebih baik saat remaja melakukan aktivitas di dalam air. Namun perlu diperhatikan, jangan sampai sunscreen ini luntur dan terkena mata ya. Penting juga untuk dipahami bahwa tidak ada sunscreen yang benar-benar tahan air. Jadi, pilihlah sunscreen dengan durasi perlindungan terhadap matahari lebih lama dari produk yang lain.

Spray Sunscreen

Sunscreen dalam bentuk spray atau semprot kian populer karena dinilai lebih praktis. Terlebih bagi, mereka yang sering beraktivitas luar ruangan. Namun, Consumer Reports lebih menyarankan untuk memakai sunscreen dengan bentuk krim. Hal ini dikarenakan sunscreen dalam bentuk spray bisa saja menghasilkan berbagai bahan kimia yang membahayakan ketika dihirup oleh anak.

Pilihan yang Berbahan Alami

Sebuah studi melaporkan bahwa sunscreen yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar mineral tak akan bekerja sebaik tabir surya yang memakai bahan kimia aktif. Nah, sunscreen dengan label “natural” ataupun “alami” dibuat dengan menggunakan bahan bakar mineral.

Jika kamu mencari sunscreen dengan bahan mineral, maka sebaiknya yang menggunakan bahan dasar minyak zaitun atau minyak kelapa. Studi yang berjudul Pharmacognosy Research menemukan bahwa sunscreen dengan bahan dasar minyak zaitun ataupun minyak kelapa akan memberikan proteksi yang jauh lebih baik. Minyak zaitun dan minyak kelapa sendiri mengandung berbagai perlindungan SPF alami di dalamnya.

Pemilihan SPF

Kamu juga perlu mengetahui bahwa terdapat banyak tabir surya yang tidak bekerja sesuai klaimnya. Jadi, kamu harus berhati-hati ketika memilih sunscreen untuk remaja. Sebenarnya, tidak ada sunscreen yang dapat memproteksi lebih dari SPF 50. Jadi, tak sedikit juga ada produk yang mengaku SPF 50 padahal kandungannya yang kurang dari itu.

Bagi kamu yang belum tahu, SPF merupakan kependekan dari Sun Protection Factor. Dalam sunscreen, SPF sendiri akan membantu untuk melindungi kulit dari serangan radiasi matahari yang berlebihan. Ketika kamu dan remaja pergi ke luar rumah, kulit bisa diserang radiasi matahari.

Bahkan, ketika kamu berada di dekat jendela saja, sinar matahari berlebihan pun bisa membahayakan. Radiasi yang berlebih akan menyebabkan kulit terbakar serta memberikan berbagai efek negatif lainnya.

Kandungan SPF ini juga akan membantu kulit dalam mempertahankan kelembapan serta kesehatan kulit meski terkena sinar matahari. Misalnya, SPF 15 yang berguna dalam melindungi kulit 15 kali lebih kuat dari kekuatan kulit normal tanpa menggunakan pemakaian sunscreen. Semakin tinggi nilai SPF-nya, maka akan semakin baik juga proteksinya bagi kulit. Oleh karena itu, kamu harus memilih sunscreen untuk remaja serta dewasa yang terbaik.

Rekomendasi Sunscreen

Penggunaan sunscreen menjadi hal yang wajib untuk merawat kulit. Kesadaran bahaya terkena sinar UV dapat membuat orang kian giat dalam mencari produk yang satu ini. Saat ini, ada banyak sekali berbagai merek sunscreen yang beredar di pasaran baik dari luar maupun lokal. Jika masih bingung ingin memilih sunscreen yang mana, berikut di bawah ini beberapa rekomendasi untukmu, simak yuk!

1. Acnes UV Tint

sunscreen untuk remaja
Sumber: review.soco.id

Merupakan UV lotion dengan kandungan SPF 35 dan PA+++. Krimnya yang berwarna hijau akan membantu mengurangi rona kemerahan pada wajah yang diakibatkan oleh jerawat. Produk ini juga mengandung anti bakteri yang berguna dalam melawan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, sunscreen ini juga dapat dijadikan sebagai base make up, karena akan membantu menyamarkan noda pada kulit. Tak hanya itu, produk ini juga akan membantu menjaga kelembapan kulit dengan kandungan Vitamin E dan B6. Harga untuk sunscreen ini hanya sekitar 55 ribuan.

2. Wardah UV Shield Aqua Fresh

sunscreen untuk remaja
Sumber: wardahbeauty.com

Sunscreen ini sangat cocok banget digunakan untuk remaja saat beraktivitas di outdoor seperti saat berenang, berjemur di pantai, liburan, dan lainnya. Penggunaan sunscreen ini juga akan turut membantu kulit dalam mengurangi warna kusam dari paparan sinar UVA, UVB, bahkan dari blue light.

Produk ini juga sekaligus akan mencegah penuaan dini, serta menghindari munculnya bintik hitam di wajah. Poin plusnya dari sunscreen ini juga waterproof dan sweatproof serta tak akan menimbulkan white cast. Harga yang ditawarkan hanya sekitar 60 ribuan saja.

3. Biore UV Aqua Rich Watery Gel

sunscreen untuk remaja
Sumber: watsons.co.id

Ketiga, ada Biore UV aqua rich watery gel. Produk dengan SPF 50 ini merupakan sunscreen yang memberi perlindungan secara menyeluruh dengan formula micro defense. Teksturnya yang sangat ringan, seperti air juga akan membantu melindungi kulit wajah dan tubuh dari efek buruk sinar UV. Meskipun saat baru diaplikasikan, tak akan membuat kulit terasa lengket. Harga produk ini sendiri bisa didapat dengan Rp.108 ribuan.

4. Skin Aqua 9

sunscreen untuk remaja

Sunscreen ini memiliki SPF 50+, dan PA+++ yang akan memberikan perlindungan lebih lama dari sinar matahari. Diperkaya juga dengan improved hyaluronic acid (AcHA), collagen serta vitamin E yang bermanfaat dalam melembabkan dan melembutkan kulitmu. Formulanya yang lengkap juga akan membuat produk ini dapat digunakan sebagai dasar make up.

5. Avoskin The Great Shield Sunscreen

sunscreen untuk remaja
Sumber: shopee.co.id

Beri perlindungan kulit remaja dengan produk Avoskin the great shield sunscreen SPF 50 PA ++++. Sunscreen ini akan bekerja secara optimal dalam menjaga kulit dari efek paparan sinar UVA dan UVB. Dilengkapi juga dengan berbagai kandungan zinc oxide, niacinamide, centella asiatica, dan vitamin C.

Kandungan tersebut juga akan berguna untuk menenangkan kulit, meminimalisir efek buruk paparan polusi, dan aman bagi kulit sensitif. Sunscreen ini sebagai produk hypoallergenic, bebas paraben, dan bebas pewangi sehingga sangat aman bagi pemilik kulit sensitif.

6. Sunplay High UV Defense

sunscreen untuk remaja
Sumber: watsons.co.id

Keenam, ada Sunplay ultra protect sunscreen lotion dengan SPF50+ PA++++ yang akan membantu melindungi lewat High UV Defense (UVA dan UVB). Produk dari Rohto ini sangat tahan air dan keringat, sehingga sangat cocok untuk outdoor terutama aktivitas di air. Tekstur krimnya yang terasa ringan seperti air, serta sangat lembut dan tak lengket. Ukurannya juga mini dan kemasannya yang menarik, sangat cocok untuk menemani waktu traveling.

7. WhiteLab

sunscreen untuk remaja
Sumber: ceklist.id

Sunscreen gel pertama yang akan membantu memberi perlindungan broad spectrum dari pengaruh buruk sinar UVA dan UVB, blue light, serta berbagai radikal bebas. Sedangkan niacinamide dan hyaluronic akan membantu untuk merawat dan melembabkan kulit. Diperkaya juga dengan ekstrak ray kami serta mugwort sebagai antioksidan alami untuk kulit.

Produk ini dengan tekstur gel jadi lebih cepat meresap kedalam kulit jadi sangat mudah diaplikasikan serta no white cast. Plusnya lagi, produk ini juga tidak akan memicu munculnya komedo serta bebas pewangi jadi aman digunakan oleh semua jenis kulit.

8. Emina Sun Battle SPF 45 PA+++

sunscreen untuk remaja
Sumber: review.soco.id

Emina sun battle SPF 45 PA+++ dengan tekstur ringan serta cepat meresap dan membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Memiliki kandungan ekstrak grape leaf dikenal sebagai bahan anti-polusi yang berperan juga sebagai antioksidan. Sunscreen ini juga dapat digunakan baik untuk aktivitas outdoor atau daily di indoor. Dengan kemasannya yang unik membuat sunscreen ini sangat travel friendly.

9. Azarine Hydramax C Sunscreen

sunscreen untuk remaja
Sumber: reviews.femaledaily.com

Tabir surya dengan bentuk krim gel akan membantu melembabkan sekaligus melindungi kulit dari sinar UV, bluelight, serta polusi. Produk dengan 11 tipe hyaluronic ini juga akan turut membuat kulit tetap sehat. Sedangkan Vitamin C dan E berperan sebagai antioksidan. Selain itu, produk ini juga bebas dari alkohol, pewangi, dan mineral oil. Sunscreen ini sangat ringan dan cepat meresap.

Buku-Buku Terkait

Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Rahasia Perawatan Kulit Wajah
Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Kulit yang sehat, halus serta bersih sudah pasti menjadi dambaan semua wanita termasuk Anda. Kulit sehat membuat wanita terlihat lebih fresh, cantik serta awet muda. Tentu untuk mendapatkan kulit sehat senantiasa dibutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit. Yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana langkah untuk perawatan kulit dengan benar?

Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis dan mudah. Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi BPOM. Jangan sampai produk yang berbahaya ini masih ada di tangan Anda dan digunakan untuk perawatan sehari-hari. Bisa jadi bukan kulit sehat yang Anda dapatkan justru sebaliknya.

Membuat Mata Lebih Cantik Lengkap Aksesorisnya

Membuat Mata Lebih Cantik Lengkap Aksesorisnya
Membuat Mata Lebih Cantik Lengkap Aksesorisnya

Buku ini menyajikan informasi seputar rahasia membuat mata lebih cantik dan dilengkapi aksesorisnya. Diantara tips yang tersaji dalam buku ini adalah;

  • Blefaroplasti,
  • Cara Aman Mempercantik Mata;
  • Menghilangkan Kantung Mata;
  • Atasi Kelainan Medis;
  • Mata Sahabat Proporsional;
  • Persiapan Melakukan Blefaroplasti;
  • Mata Cantik dengan Eyeliner Tepat;
  • Beragam Eyeliner dan cara pemakaiannya;
  • Tips Membuat Keriting Bulu Mata Lentik;
  • Solusi perawatan bulu mata;
  • Bersihkan bulu mata;
  • Sikatlah bulu mata;
  • Tips Merapikan dan Merawat Alis Mata;
  • Tips membuat mata sipit tampak menjadi lebih besar;
  • Tips Mencegah
  • Kerutan Halus Sekitar Mata;
  • Solusi Hilangkan Lingkar Hitam & Kantung Mata;
  • Soft Laser Therapy; Tahap-Tahap Terapi;
  • Tips Merawat Kesehatan Mata.

Dapatkan segera buku ini dan temukan manfaatnya. Selamat membaca, semoga bermanfaat!!

Cantik, Segar, & Mempesona di Hari Pernikahan

Cantik, Segar & Mempesona di hari pernikahan
Cantik, Segar & Mempesona di hari pernikahan

Bagi setiap orang pernikahan adalah salah satu peristiwa istimewa di dalam episode kehidupannya. Di hari penting tersebut semua wanita pasti ingin tampil spesial, bagaikan putri-putri dalam dongeng. Secantik Lady Diana (alm) ketika menikah dengan Pangeran Charles, atau putri-putri cantik lainnya. Penampilan yang mencuri perhatian seluruh tamu, dan yang paling penting tentu mempesona pendamping Anda, yaitu pengantin pria. Namun untuk memperoleh penampilan yang sempurna, perlu perawatan yang tentunya tidak bisa disulap seketika. Setidaknya lakukan perawatan rutin 6 (enam) bulan sebelum hari H tersebut. Lamanya waktu yang diperlukan membuat Anda memperoleh pesona yang lebih alami dan sehat.

Buku ini sengaja disajikan sebagai petunjuk langkah demi langkah yang dapat Anda kerjakan sendiri di rumah dengan cara sederhana namun tepat. Tentu saja cara ini lebih hemat dan pribadi. Ikutilah agendanya dengan seksama agar mendapat manfaat maksimal. Selain perawatan, ikuti pula berbagai tip dan trik untuk menutupi kekurangan tubuh, memilih busana pengantin, memilih alas kaki agar nyaman dikenakan selama menjalani proses, tiara yang cocok untuk wajah Anda, dan sebagainya. Semoga bahagia.

45 Lulur Alami, Murah, Mudah, Sehat dan Cantik

45 Lulur Alami, Murah, Mudah, Sehat dan Cantik
45 Lulur Alami, Murah, Mudah, Sehat dan Cantik

Sekarang ini, luluran telah menjadi kegiatan rutin perempuan dewasa, terutama di kota-kota besar. Laki-laki ada juga yang membiasakan dirinya luluran, tetapi jumlahnya tidak banyak. Umumnya laki-laki yang luluran sering dianggap lelaki pesolek metroseksual. Padahal sebenarnya luluran penting untuk kebersihan dan kesehatan, seperti halnya mandi.

Hal ini berkaitan erat dengan polusi yang tinggi. Kulit dan badan harus rajin dibersihkan agar tetap sehat dan berseri. Cara mendapatkan kulit sehat salah satunya dengan luluran. Dampaknya, produk-produk lulur sangat banyak dan mudah ditemukan di pasaran. Terutama jenis-jenis lulur yang mengklaim dapat memutihkan kulit dalam waktu cepat.

Selain banyaknya produk, banyaknya salon kecantikan juga harus membuat kita cerdas dan selektif dalam memilih jasa layanannya. Pilih-pilih yang baik dan aman. Konsultasikan dengan dokter kulit dan ahli kecantikan terpercaya. Jangan mudah tergiur bujukan mengubah warna kulit secara instant. Sayangi kesehatan dan kecantikan alami yang sudah diberikan Tuhan. Di dalam buku ini diulas berbagai jenis lulur yang dapat dibuat secara alami, mudah, murah, dan sehat.

Siapa saja bisa membuat dan menggunakannya. Selain tidak perlu menguras kantong, lulur-lulur alami ini tidak memiliki efek samping. Semua bahan yang digunakan adalah bahan alami dan mudah didapatkan di sekitar kita. Kita harus sabar untuk dapat melihat hasil dan manfaatnya. Dalam jangka panjang tentu kita akan melihat dan merasakan hasilnya. Selamat membaca. Selamat mencoba dan merasakan manfaatnya.

Penutup

Demikian rekomendasi sunscreen untuk remaja yang cocok dan tidak membahayakan. Selain melindungi dari sinar UV, kandungan pada sunscreen bisa juga membantu merawat kulit. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat, Grameds!

Bagi para wanita mungkin masalah kecantikan dan perawatan kulit akan sangat diperhatikan. Jika kamu ingin mencari rekomendasi buku tentang kecantikan dan perawatan kulit, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi