in

Model Rambut Pria 2022 dan Cara Perawatannya

Model Rambut Pria Terbaru – Menyambut tahun 2022, sudah saatnya Grameds mempersiapkan resolusi agar impianmu tercapai di tahun berikutnya. Tak salah jika Grameds mempersiapkan diri sambil mengubah tampilanmu agar lebih segar dan berbeda. Untuk kaum pria tak ada salahnya sedikit mengubah tatanan rambut agar lebih fashionable. Penampilan yang lebih trendy pastinya akan memberimu semangat dan percaya diri menggapai resolusi di tahun 2022 nanti. Seperti apa sih tatanan rambut yang akan populer di tahun 2022 nanti?

Prediksi Model Rambut Pria 2022 Terpopuler

Seperti apa sih tatanan rambut pria yang akan diminati untuk tahun 2022 nanti?

Dilansir dari blog.marthatilaarshop.com, tatanan rambut yang diprediksi populer adalah model yang menyesuaikan dengan gaya rambut sejak pandemi covid dimulai. Hal tersebut dikarenakan masih banyak orang yang enggan berlama-lama meluangkan waktu di salon. Mereka cenderung menyukai gaya yang simpel dan natural.

Berikut adalah gambaran model rambut trendy yang bisa Grameds jadikan inspirasi.

1. Comma hair

Comma hairSoompi

Bagi Grameds penyuka drama korea pasti sudah sering melihat tatanan rambut pria yang sempat booming di tahun 2019-an ini. Model Comma hair sangat mudah ditata dan cocok untuk wajah Asia. Grameds hanya perlu melakukan teknik blow dry untuk menciptakan lengkungan pada bagian poni menyerupai bentuk koma. Bagi Grameds yang suka dengan tatanan rambut yang trendy, comma hair sangat cocok untuk kamu.

2. Medium long hair

Medium long hair 1Pinterest

Medium long hair 2Pinterest

Adakah diantara kamu yang belum memotong rambut selama pandemi? Jangan khawatir, Grameds. Rambut yang sudah mulai gondrong pun bisa kamu tata agar lebih trendy.

Rambut gondrong tanggung ini bisa dibentuk dengan sentuhan layered untuk menonjolkan bentuk wajah. Kamu juga bisa mengecat rambutmu dengan warna natural atau gray blending, warna ini diprediksi masih populer di tahun 2022.

3. Man bun

Man bun 1Pinterest

Man bun 2Pinterest

Masih untuk opsi si rambut gondrong. Tatanan rambut man bun sangat praktis untuk kamu tiru. Caranya juga sangat mudah dan tak perlu ke salon. Grameds hanya tinggal menyisir rambut ke belakang lalu mengikatnya seperti gaya ponnytail, lalu dililitkan menjadi cepol. Jangan khawatir akan terlihat seperti wanita, justru gaya rambut man bun ini akan membuatmu terlihat manly. Gaya rambut ini diprediksi menjadi model rambut pria tahun 2022.

Pria Posesif Wanita Sensitif
Pria Posesif Wanita Sensitif

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

4. Mullet

MulletPinterest

Mullet 2Pinterest

Gaya rambut ini sempat populer pada tahun 80 – 90 an Grameds. Ciri rambut mullet adalah bagian pinggir dipotong pendek sementara bagian belakang dibiarkan panjang. Banyaknya Idol Korea yang memiliki tatanan rambut mullet sejak 2021, makan tren rambut ini akan berlangsung hingga 2022.

5. Samurai bun

Samurai bunPinterest

Samurai bun 1Pinterest

Hampir mirip dengan model man bun, tatanan rambut untuk pria berambut gondrong ini identik dengan gaya rambut cepol. Samurai bun memiliki potongan rambut dengan aksen layered, sehingga rambut terkesan lebih bervolume dan bertekstur. Grameds juga bisa menumbuhkan brewok agar wajahmu terkesan lebih tegas dan gagah.

Prediksi Model Rambut Pria 2022 Terpopuler

6. Undercut

UndercutPinterest

Undercut 2Pinterest

Tatanan rambut undercut tidak pernah lekang oleh waktu. Selain rapi penampilanmu akan nampak lebih stylish. Potongan rambut ini terkenal dengan bagian samping dan belakang dicukur pendek dan bagian atas dibiarkan tebal. Grameds tak perlu repot menyisir, hanya tinggal mengoleskan pomade agar rapi dan terkesan wet look. Model rambut undercut selalu menjadi favorit para pria di segala jaman, oleh karena itu model ini diprediksi akan menjadi model rambut pria di tahin 2022.

7. Pompadour

Pompadour 1Pinterest

Pompadour 2Pinterest

Grameds penyuka tatanan rambut yang dandy? Model rambut seperti David Beckham ini selalu membius kaum hawa karena terkesan rapi dan stylish. Bagi kamu pemilik rambut tebal – bergelombang sangat cocok dengan tampilan ini. Grameds tinggal menata bagian atas dengan teknik blow dry atau cukup menyisir rapi dan beri pomade untuk sentuhan akhir.

8. Buzz cut

Buzz cut 1Pinterest

Buzz cut 2Pinterest

Bagi Grameds yang suka dengan model potongan rambut pendek dan simpel, mungkin model buzz cut cocok untuk kamu. Model yang lebih dikenal sebagai potongan rambut cepak ala ABRI ini memiliki ciri potongan pendek di dan nyaris dicukur habis pada bagian samping dan bawah. Potongan rambut ini sangat cocok bagi pelajar dan pria yang menyukai tampilan praktis.

9. French crop

French crop 1Pinterest

French crop 2Pinterest

Nyaris sama seperti buzz cut,model rambut french crop ini memiliki potongan yang dicukur abis pada  bagian samping dan bawah, sementara bagian atas dibiarkan tebal. Gaya rambut ini biasanya dipotong kurang lebih 1,5 cm di atas alis dengan model lurus dan rata. Model ini juga cocok bagi kamu yang suka dengan tampilan praktis dan trendy.

10. Curtain bangs

Curtain bangs 1Pinterest

Curtain bangs 2Pinterest

banner-promo-gramedia

Model rambut yang sempat populer pada tahun 90-an ini sempat menjadi idola lho. Nyaris semua pria pernah dipotong dengan model seperti ini pada jamannya. Model rambut yang lebih familiar disebut model poni belah tengah ini memiliki ciri poni panjang yang tergerai hingga menyentuh alis.

Sesuai dengan namanya, model rambut ini memiliki poni belah tengah yang dibentuk terbuka seperti jendela. Grameds bisa memberi gel atau pomade agar lebih stylish atau membiarkan begitu saja agar terlihat natural. Gaya ini juga diprediksi akan kembali diminati menjadi model rambut pria 2022.

Prediksi Model Rambut Pria 2022 Terpopuler

11. High fade

High fade 1Pinterest

Potongan high fade adalah teknik pangkas cepak dengan cara menipiskan bagian bawah dan samping. Panjang rambut dibuat menipis dari bagian pelipis hingga ke bawah kepala.

Pria Begini, Wanita Begitu: Bagaimana Sih Biar Nyambung?
Pria Begini, Wanita Begitu: Bagaimana Sih Biar Nyambung?

tombol beli buku

12. Burr Cut

Burr CutPinterest

Model rambut yang juga dikenal sebagai butch cut, jar head, induction cut, atau number 0. Di Indonesia sendiri potongan ini bisa juga disebut gaya cepak ABRI karena model ini sangat umum di dunia militer. Bagi Grameds yang suka dengan gaya pendek, model ini bisa jadi pilihanmu.

13. Ivy League Cut

Ivy League CutPinterest

Ivy league cut memiliki ciri sisi samping yang dibuat lebih tipis dan bagian atas lebih panjang dan tebal. Potongan rambut ini sangat cocok untuk Grameds yang memiliki rahang tegas. Gaya rambut ini juga tak perlu banyak perawatan, tinggal tambahkan gel agar terkesan wet look saat acara formal.

14. Bowl cut

Bowl cutPinterest

Bagi Grameds yang suka tampilan edgy, model rambut bak mangkuk ini bisa kamu tiru agar tampilanmu menjadi unik dan berbeda. Potongan rambut ini memilki ciri rambut yang dipangkas bagian sisi samping dan hanya menyisakan bagian rambut bagian atas. Gaya edgy ini diperkirakan akan menjadi model rambut pria di tahun  2022.

15. Messy hair

Messy hairPinterest

Gaya rambut berantakan alias messy hair ini memiliki kesan santai dan tidak kaku. Pria yang memiliki potongan rambut dengan poni panjang ini bisa mencatok dan mengacak rambut dengan jari agar rambutmu menjadi sedikit terlihat berantakan dan bervolume.

Prediksi Model Rambut Pria 2022 Terpopuler

16. Soft layer

Soft layerPinterest

banner-promo-gramedia

Gaya rambut ini nyaris cocok untuk semua jenis bentuk wajah, oleh karena ini model soft layer tidak pernah ada matinya. Potongan layer di bagian atas memberi kesan tebal dan bertekstur, sementara rambut dibuat menipis di bagian bawah.

17. Side bangs

Side bangsSiapa bilang poni samping hanya identik untuk kamu hawa, kaum pria juga bisa memiliki gaya side bangs alias poni samping yang menawan. Grameds bisa menata poni ala curtain bangs seperti aktor Kim Seon Ho di serial Start up.

Cara merawat rambut pria

Keluhan rambut kering, rontok hingga rusak sering dialami juga oleh kaum pria. Meskipun pria memiliki rambut yang pendek, namun jangan sampai melewati perawatan rambut agar rambut tidak menjadi rontok. Berikut adalah tips merawat rambut bagi pria.

1. Jangan keramas setiap hari.

Meskipun tujuan keramas untuk membersihkan rambut dan memberikan kesegaran pada kepala, namun keramas tidak ideal jika dilakukan setiap hari. Sampo memiliki kandungan SLS yang akan mengurangi kelembaban alami pada rambut, maka rambut akan menjadi kering. Grameds bisa keramas dua hari sekali atau saat sehabis berolahraga saja.

2. Jangan menggosok rambut terlalu keras

Banyak pria yang menggosok-gosokan rambut terlalu keras saat sehabis keramas dengan tujuan rambut cepat kering. Hal ini akan mengakibatkan rambutmu cepat rontok dan merusak lapisan kutikula. Hindari juga pemakaian pengering rambut secara berlebihan, karena akan membuat rambut menjadi kering.

Grameds cukup menepuk-nepuk kepala dengan handuk secara perlahan, lalu diangin-anginkan hingga kering. Gunakan sisir bergigi jarang agar rambutmu tidak menjadi rontok.

3. Aplikasikan conditioner

Grameds bisa mengaplikasikan conditioner sehabis memakai sampo, lalu bilas hingga bersih. Bisa juga memberi conditioner tanpa bilas saat rambut setengah kering agar rambutmu selalu terjaga kelembabannya. Selain melembabkan rambut, conditioner juga berfungsi untuk melembabkan kulit kepala, dan memberikan kilau alami karena kandungan nutrisi di dalamnya.

4. Rutin memangkas rambut

Perawatan trimming (memangkas ujung rambut) juga harus dilakukan meskipun Grameds menyukai tampilan gondrong. Setidaknya potong ujung rambut untuk menghilangkan rambut rusak atau bercabang.

5. Jangan banyak menggunakan produk perawatan rambut

Batasi penggunaan produk perawatan rambut seperti gel, pomade, semprotan berwarna untuk tampilan sehari-hari. Produk tersebut memiliki kandungan kimiawi yang bisa membuat rambutmu rusak dan rontok. Grameds cukup mengaplikasikan conditioner untuk memberi tampilan segar sebagai pengganti pomade atau gel rambut.

6. Jangan terlalu sering mewarnai rambut

Bagi Grameds yang sering bereksperimen dengan warna rambut, sebaiknya istirahatkan rambutmu selama beberapa bulan setelahnya. Trimming ujung rambut, gunakan produk rambut yang memiliki kandungan nutrisi agar terhindar dari kerusakan.

7. Perhatikan asupan makanan

Zat gizi juga sangat penting untuk menjaga rambutmu tetap tebal dan kuat. Kekurangab zat gizi akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam pertumbuhan rambut. Berikut adalah zat gizi yang sangat diperlukan oleh rambut :

a. Protein

Protein bisa mencegah rambut kusut dan mengurangi kerontokan. Protein memberi kekuatan pada akar rambut dan akan membuat rambutmu terlihat indah dan alami. Sumber makanan yang mengandung protein dapat ditemukan pada kacang kedelai, susu, kacang-kacangan, telur, keju, daging sapi, daging ayam.

b. Vitamin C

Kekurangan vitamin C pada rambut akan mengakibatkan rambut kering dan pecah-pecah. Selain itu rambut akan rontok dan kepala akan mengalami kebotakan. Vitamin C dapat dengan mudah Grameds temukan pada buah-buahan seperti stroberi, mangga, pepaya, dan nanas. Sayuran yang tinggi vitamin terdiri dari tomat, timun, kembang kol dan bayam.

c. Zat Besi

Jangan remehkan zat besi untuk rambutmu karena zat besi merupakan penyuplai zat besi oksigen untuk rambut. Folikel rambut sangat membutuhkan oksigen, maka dibutuhkan zat besi agar oksigen agar gizi bisa sampai ke folikel rambut. Sumber zat besi bisa didapatkan dari sayuran hijau dan daging sapi.

d. Vitamin E

Vitamin berperan sangat penting dalam kesehatan rambut. Nyaris semua perawatan rambut memiliki kandungan vitamin E. Hal ini dikarenakan vitamin E dapat mencegah kerontokan, melancarkan sirkulasi aliran dalam di kulit kepala, menjaga produksi minyak di permukaan kulit agar rambut tidak kering.

Grameds bisa mengonsumsi vitamin E sintetis, yakni vitamin yang tersedia dalam bentuk kapsul. Namun vitamin sintetis cenderung sulit diserap oleh tubuh. Oleh karena itu Grameds bisa mendapatkan vitamin ini secara alami dengan mengonsumsi brokoli, bayam atau kacang tanah.

e. Hindari stres

Kaum pria rentan mengalami kebotakan daripada kaum wanita. Salah satu kebotakan pada pria dipengaruhi oleh faktor stres. Oleh karena itu Grameds dianjurkan untuk senantiasa mengelola stres agar kinerja organ tubuh tidak terganggu. Selain rambut menjadi rontok, serangan nyeri pada kepala, hingga gangguan lambung adalah kondisi kesehatan yang dipengaruhi oleh stres.

BACA JUGA:

Seni Memahami Pria
Seni Memahami Pria

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih