in

10 Model Jenggot Tipis Keren yang Bikin Kamu Auto Ganteng

Pria sering kali ingin menumbuhkan jenggot tipis agar terlihat lebih maskulin dan trendy. Bagi Grameds yang ingin memiliki jenggot, namun tidak terlalu lebat, cobalah mulai memelihara jenggot tipis agar tetap terlihat manly.

Banyak variasi jenggot tipis yang disukai kaum pria karena mudah perawatannya. Berikut adalah rekomendasi jenggot tipis yang keren, yuk, kita simak lewat artikel di bawah ini.

 

10 Model Jenggot Tipis Keren

Berikut adalah 10 model jenggot tipis keren yang bisa menjadi referensi kamu:

1. Chin Strap Beard

(Sumber foto: us.braun.com)

 

Chin strap beard adalah gaya jenggot yang menonjolkan garis rambut yang tipis dan rapi yang mengelilingi dagu dan rahang, mulai dari satu sisi wajah hingga sisi lainnya.

Gaya ini cocok untuk bentuk wajah persegi dan oval, karena membantu menonjolkan garis rahang yang kuat dan memberikan kesan lebih tegas pada wajah. Teknik pemotongan jenggot ini melibatkan mencukur bersih area pipi dan leher, hanya menyisakan garis rambut yang tipis di sepanjang rahang dan dagu.

Untuk mencapai bentuk yang presisi, gunakan alat cukur listrik atau pisau cukur dengan penjaga panjang yang sesuai, dan pastikan untuk memangkas secara merata di kedua sisi.

Perawatan jenggot chin strap meliputi mencukur secara teratur untuk menjaga garis tetap rapi, mencuci jenggot dengan sampo khusus jenggot untuk menjaga kebersihan, dan mengaplikasikan minyak atau balsem jenggot untuk menjaga kelembapan dan mencegah kulit iritasi. Selain itu, penyisiran rutin juga diperlukan untuk menjaga agar rambut tetap lurus dan teratur.

 

2. Circle Beard

(Sumber foto: www.pexels.com)

 

Circle beard adalah gaya jenggot yang menggabungkan kumis dan jenggot kecil di dagu, membentuk lingkaran yang sempurna di sekitar mulut. Gaya ini cocok untuk bentuk wajah oval, persegi, dan wajah dengan dagu yang lebih menonjol, karena memberikan kesan simetri dan membantu menyeimbangkan fitur wajah.

Circle beard membiarkan kumis tumbuh dan terhubung dengan jenggot kecil di dagu, kemudian mencukur bersih area pipi dan leher untuk menonjolkan bentuk lingkaran. Untuk memotongnya, gunakan alat cukur listrik dengan penjaga panjang yang sesuai untuk memangkas jenggot dan kumis ke panjang yang diinginkan, kemudian gunakan pisau cukur atau trimmer detail untuk membentuk lingkaran yang rapi di sekitar mulut.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

Perawatan circle beard meliputi pemangkasan rutin untuk menjaga bentuk lingkaran tetap rapi, mencuci jenggot dengan sampo khusus jenggot untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, serta mengaplikasikan minyak atau kondisioner khusus jenggot untuk menjaga kelembapan dan mencegah kulit iritasi.

Perawatan Kulit Kepala & Rambut

 

3. Goatee

(Sumber foto: www.pexels.com)

 

Goatee beard adalah gaya jenggot yang berfokus pada rambut di dagu, biasanya membentuk patch atau strip kecil yang tidak terhubung dengan kumis, meskipun variasi yang menghubungkan keduanya juga populer.

Gaya ini cocok untuk berbagai bentuk wajah, terutama wajah oval dan persegi, karena menambahkan panjang pada dagu dan membantu menyeimbangkan fitur wajah.

Teknik pemotongan goatee beard yakni membiarkan rambut tumbuh di dagu dan kadang-kadang di sekitar mulut, sementara area pipi dan leher dicukur bersih. Untuk memotongnya, gunakan alat cukur listrik atau gunting jenggot untuk memangkas rambut ke panjang yang diinginkan, lalu gunakan pisau cukur atau trimmer detail untuk membentuk garis tepi yang rapi dan mendefinisikan bentuk goatee.

Perawatan goatee beard mencakup pemangkasan rutin untuk menjaga bentuknya tetap rapi dan simetris. Mencuci jenggot dengan sampo khusus jenggot penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, sementara penggunaan minyak atau balsem jenggot membantu menjaga kelembaban dan mencegah iritasi.

 

4. Extend Goatee

(Sumber foto: brio4life.com)

 

Extended goatee beard adalah gaya jenggot yang menggabungkan goatee pada umumnya dengan rambut yang tumbuh memanjang ke arah rahang, tetapi tidak menyatu dengan cambang, sehingga memberikan penampilan yang lebih penuh di sekitar mulut dan dagu.

Gaya ini cocok untuk wajah berbentuk oval, persegi, dan wajah dengan dagu yang menonjol, karena membantu menyeimbangkan dan menambahkan definisi pada garis rahang. Teknik pemotongan extended goatee beard membiarkan rambut tumbuh di dagu dan kumis, serta memanjang sedikit ke arah rahang, sementara area pipi dan leher dicukur bersih.

Untuk memotongnya, gunakan alat cukur listrik atau gunting jenggot untuk memangkas rambut ke panjang yang diinginkan, lalu gunakan pisau cukur atau trimmer detail untuk mendefinisikan bentuk dan memastikan garis yang rapi.

Perawatan extended goatee beard meliputi pemangkasan rutin untuk menjaga bentuknya tetap simetris dan teratur. Mencuci jenggot dengan sampo khusus jenggot penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut,

Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri

button cek gramedia com

 

 

5. Stubble Beard

(Sumber foto: www.pexels.com)

Stubble beard adalah gaya jenggot yang menampilkan rambut pendek dan halus yang biasanya tumbuh selama beberapa hari setelah mencukur bersih. Gaya ini memberikan penampilan yang kasual dan maskulin. Gaya ini cocok untuk hampir semua bentuk wajah, terutama wajah bulat, persegi, dan oval, karena menambahkan tekstur tanpa menutupi fitur wajah.

Teknik pemotongan stubble beard yakni membiarkan rambut tumbuh selama 2-5 hari, kemudian memangkasnya secara merata menggunakan trimmer dengan pengaturan panjang 1-3 mm untuk menjaga panjang yang konsisten di seluruh wajah.

Perawatan stubble beard yakni mencuci wajah dengan pembersih secara teratur untuk menjaga kebersihan kulit dan rambut, serta mencegah penumpukan minyak dan kotoran.

Penggunaan scrub wajah secara berkala dapat membantu pengelupasan kulit mati dan mencegah rambut tumbuh ke dalam. Untuk menjaga kelembaban kulit di bawah jenggot, gunakan pelembab ringan atau minyak jenggot yang tidak terlalu berat.

Pemangkasan rutin setiap beberapa hari diperlukan untuk mempertahankan panjang yang diinginkan dan memastikan penampilan tetap rapi dan teratur. Mencukur atau memangkas garis leher dan pipi juga penting untuk mempertahankan tampilan yang bersih dan rapi.

 

6. Trim Short Beard

(Sumber foto: moquer.com)

 

Trimmed short beard adalah gaya jenggot yang mempertahankan panjang rambut antara ¼ inci hingga ½ inci, memberikan penampilan yang rapi dan terawat. Gaya ini cocok untuk hampir semua bentuk wajah, terutama wajah persegi dan oval, karena membantu menambah definisi dan struktur tanpa terlihat terlalu lebat.

Teknik pemotongan trimmed short beard melibatkan penggunaan trimmer dengan pengaturan panjang yang sesuai untuk memangkas seluruh jenggot secara merata, biasanya antara 4-7 mm. Mulailah dengan panjang yang lebih panjang untuk menghindari pemotongan terlalu pendek, lalu perlahan kurangi sesuai keinginan. Bentuk dan rapikan tepi jenggot di sekitar leher dan pipi untuk mempertahankan garis yang bersih dan tajam.

Perawatan trimmed short beard melibatkan beberapa langkah penting untuk menjaga kebersihan dan kerapihan. Pertama, cuci jenggot secara teratur dengan sampo khusus jenggot untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit di bawahnya. Gunakan kondisioner atau minyak jenggot untuk menjaga kelembutan dan kelembaban rambut, mencegah kekeringan dan kulit bersisik.

Sisir jenggot setiap hari untuk menjaga rambut tetap lurus dan bebas kusut. Pemangkasan rutin, sekitar sekali seminggu, diperlukan untuk mempertahankan panjang dan bentuk yang diinginkan. Jangan lupa untuk mencukur area di sekitar leher dan pipi secara teratur agar garis jenggot tetap terlihat rapi.

Rahasia Perawatan Kulit Wajah

button cek gramedia com

 

 

7. Anchor Beard

(Sumber foto: gillette.co.uk/

 

Jenggot jangkar atau anchor beard adalah gaya jenggot yang unik dan menarik, terkenal dengan penampilannya yang menyerupai bentuk jangkar kapal. Gaya ini cocok untuk berbagai bentuk wajah, terutama wajah oval atau persegi yang memiliki garis rahang yang tegas.

Anchor beard biasanya terdiri dari jenggot yang terkonsentrasi di dagu dengan garis tajam dan jelas, serta kumis yang dihubungkan dengan jenggot di dagu. Jenggot pada sisi-sisi dagu biasanya dicukur tipis atau dipangkas pendek untuk menekankan garis bentuk jangkar yang khas.

Teknik potong anchor beard meliputi pemotongan yang presisi untuk menciptakan garis tegas dan definisi yang jelas. Gunakan trimmer atau gunting jenggot dengan hati-hati untuk mengatur panjang dan membentuk garis dagu yang rapi.

Mulailah dengan menentukan panjang yang diinginkan untuk jenggot di dagu dan pastikan untuk menjaga simetri di kedua sisi. Kemudian, rapikan dan bentuk garis jangkar dengan teliti, memastikan tidak ada bagian yang terlalu panjang atau tidak merata

Untuk merawat jenggot jangkar, penting untuk menjaga garis dan bentuknya dengan baik. Bersihkan dan cuci jenggot secara teratur menggunakan sampo khusus jenggot untuk menghilangkan kotoran dan menjaga kebersihan rambut serta kulit di bawahnya.

Gunakan kondisioner jenggot atau minyak jenggot untuk melembutkan rambut dan mencegah kekeringan. Sisir jenggot setiap hari untuk menghilangkan kusut dan menjaga tatanan rambut tetap rapi. Pemangkasan rutin diperlukan untuk mempertahankan panjang yang diinginkan dan menghindari pertumbuhan rambut yang berlebihan di luar garis jangkar. Pastikan juga untuk mencukur atau memotong bagian tepi jenggot secara teratur agar garis jangkar tetap tajam dan terdefinisi dengan baik.

 

8. Balbo

(Sumber foto: beard.org.in_)

 

Jenggot Balbo adalah gaya jenggot yang menonjol dengan kombinasi kumis dan jenggot tipis yang dipisahkan di bawah bibir, tanpa terhubung ke kumis di samping. Gaya ini cocok untuk berbagai bentuk wajah, terutama wajah oval atau persegi dengan garis rahang yang tegas.

Jenggot Balbo biasanya memiliki ciri kumis yang cukup tebal dan terpisah jelas dari jenggot di dagu, yang dibentuk sedemikian rupa untuk menonjolkan struktur wajah.

Teknik potong jenggot Balbo dimulai dengan membiarkan kumis tumbuh tebal di atas bibir, seraya memastikan bahwa bagian bawah bibir tetap bebas dari rambut. Jenggot di dagu kemudian dipangkas sedemikian rupa untuk menciptakan bentuk yang tajam.

Gunakan trimmer atau gunting jenggot dengan hati-hati untuk menciptakan garis yang rapi dan simetris di kedua sisi dagu. Pastikan untuk mempertahankan panjang yang konsisten dan menyisir jenggot secara teratur untuk menghindari kusut.

Dalam merawat jenggot Balbo, penting untuk menjaga kebersihan dan kebersihan kulit di bawah jenggot. Cuci jenggot secara teratur dengan sampo khusus jenggot untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih.

Gunakan kondisioner jenggot atau minyak jenggot untuk menjaga kelembapan dan mencegah kekeringan. Sisir jenggot setiap hari untuk mempertahankan tampilan yang rapi dan memastikan bahwa jenggot tetap dalam bentuknya yang diinginkan.

Lakukan pemangkasan rutin untuk menghilangkan ujung rambut yang kusut dan mempertahankan garis tajam dari jenggot Balbo. Dengan merawat jenggot secara teratur, kamu dapat memastikan bahwa jenggot Balbo tetap tampak rapi dan terjaga dengan baik.

 

9. Ducktail

(Sumber foto: wisebarber.com)

 

Ducktail beard adalah gaya jenggot yang menonjol dengan ujung jenggot yang lebih panjang dan menyerupai bentuk ekor bebek yang terbuka. Gaya ini sering dipilih oleh mereka yang ingin tampil lebih berani dan unik dengan jenggot yang tetap rapi, namun memiliki karakteristik yang khas.

Gaya ini cocok untuk berbagai bentuk wajah, terutama wajah oval atau persegi yang memiliki garis rahang tegas. Jenggot ekor bebek biasanya dimulai dengan pertumbuhan jenggot yang merata di seluruh dagu dan pipi. Bagian yang paling menonjol dari gaya ini adalah ujung jenggot yang diarahkan ke bawah, membentuk pola yang menyerupai ekor bebek yang terbuka di bagian bawah dagu.

Teknik potong jenggot ducktail dimulai dari pemangkasan secara detil untuk menciptakan bentuk yang rapi dan simetris. Grameds dapat menggunakan trimmer atau gunting jenggot untuk memotong bagian-bagian yang tidak diinginkan dan mempertahankan panjang yang diinginkan di bagian bawah dagu. Pastikan untuk menjaga garis rahang dan kontur jenggot agar terlihat tegas.

Dalam merawat jenggot ducktail, Grameds harus membersihkan dan merawatnya secara teratur. Cuci jenggot dengan sampo khusus jenggot untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan mencegah kulit di bawah jenggot menjadi kering atau gatal.

Gunakan kondisioner jenggot atau minyak jenggot untuk menjaga kelembapan dan kehalusan rambut. Sisir jenggot setiap hari untuk memastikan minyak alami dari jenggot selalu terjaga dan agar tidak mudah kusut.

Memelihara jenggot ducktail membutuhkan konsistensi dalam perawatan agar tetap terlihat rapi dan terjaga dengan baik. Dengan merawat jenggot secara teratur, Grameds dapat memastikan bahwa gaya jenggot ini tetap menonjol dan memberi kesan yang menarik serta trendy.

 

10. Scruffy

(Sumber foto: beardstyle.net)

 

Jenggot scruffy cocok untuk berbagai bentuk wajah, tetapi efektif pada wajah oval dan persegi. Pada wajah oval, jenggot scruffy menambah tekstur dan dimensi tanpa mengubah proporsi wajah. Pada wajah persegi, gaya ini dapat melembutkan garis rahang yang tegas dan memberikan keseimbangan pada fitur wajah yang kuat. Pria dengan wajah bulat juga dapat menggunakan gaya ini untuk memberikan dimensi pada wajah.

 

Tips Menentukan Gaya Jenggot Sesuai Bentuk Wajah

Menentukan gaya jenggot yang sesuai dengan bentuk wajah penting untuk menonjolkan fitur terbaik dan menciptakan keseimbangan yang ideal.

Bagi pemilik wajah bulat, jenggot penuh hingga tepi rahang dan gaya Garibaldi dapat memberikan ilusi wajah lebih panjang.

Pemilik wajah oval sangat fleksibel dan cocok dengan hampir semua gaya jenggot, seperti stubble atau model jenggot penuh.

Pemilik wajah persegi dengan rahang kuat akan lebih seimbang dengan jenggot penuh atau Van Dyke yang memberikan kesan lembut. Wajah persegi panjang sebaiknya memilih jenggot pendek dan tebal untuk menambah lebar pada wajah, menghindari jenggot terlalu panjang.

Wajah diamond yang memiliki tulang pipi lebar bisa diimbangi dengan jenggot penuh atau chin strap untuk fokus pada bagian bawah wajah.

Sementara itu, wajah hati dengan dahi lebar dan dagu sempit akan terlihat lebih proporsional dengan jenggot penuh atau gaya Van Dyke yang menambah volume pada bagian bawah wajah.

Memilih gaya yang tepat tidak hanya mempertimbangkan bentuk wajah, tetapi juga tekstur dan ketebalan rambut jenggot serta kemudahan perawatan si pemilik.

 

Grameds, itulah model jenggot tipis keren yang bisa kamu coba agar penampilanmu makin maskulin. Sesuaikan model dengan bentuk wajah agar simetris. Jangan lupa melakukan perawatan agar penampilanmu lebih segar dan sehat. Intip koleksi buku perawatan diri melalui buku-buku best seller di Gramedia.com.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.2k
  • Tidak
    6% 6% 84 / 1.2k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Laila Wu