in

15 Manfaat Berjemur di Pagi Hari Untuk Kesehatan

Solar panels fields on the green hills

Manfaat berjemur di pagi hari jarang sekali diketahui. Banyak orang yang berjemur hanya karena agar lebih sehat. Namun, ada banyak manfaat berjemur di pagi hari.

Manfaat-manfaat ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Artikel ini akan membahas mengenai 10 manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan. Selain itu, akan dibahas pula mengenai tips berjemur di pagi hari.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Green rice fild with evening sky

1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat berjemur di pagi hari juga didapatkan oleh otak. Berjemur di pagi hari akan membantu meningkatkan fungsi otak. David Llewellyn, seorang ilmuwan saraf dari University of Cambridge menjelaskan sesuatu mengenai hal ini.

Ia menyebutkan bahwa kadar vitamin D pada sekitar lebih dari 1.700 laki-laki dan perempuan di Inggris memiliki fungsi kognitif yang terus berkurang. Ini lihat pada laki-laki dan perempuan yang berumur kurang lebih 65 tahun. Fungsi kognitif yang berkurang karena tingkat dari vitamin D orang tersebut cenderung rendah.

Ada beberapa penelitian lain yang membahas mengenai ini. Penelitian tersebut menemukan bahwa sinar matahari bisa membantu pertumbuhan sel saraf. Sel saraf yang dimaksud adalah yang berada di hippocampus.

Ini adalah salah satu bagian dari otak. Bagian ini memiliki tiga tugas utama. Tugas-tugas tersebut antara lain adalah membentuk memori, mengatur memori serta menyimpan memori.

2. Membantu menghilangkan depresi ringan

Ini adalah manfaat berjemur di pagi hari yang jarang disadari. Manfaat berjemur di pagi hari akan membantu kamu dalam menghilangkan depresi ringan. Seperti diketahui, depresi adalah kondisi ketika kamu mengalami gangguan suasana hati.

Depresi tidak boleh dibiarkan. Depresi yang didiamkan akan lebih berbahaya. Hal itu karena depresi dapat mempengaruhi pikiran seseorang, sekalipun untuk berbuat hal-hal yang berbahaya.

Jika tubuh kamu kekurangan sinar matahari, maka akan menyebabkan sebuah gangguan. Gangguan tersebut dinamakan Seasonal Affective Disorder atau SAD. SAD adalah salah satu jenis dari depresi.

SAD ini adalah depresi yang terkait dengan adanya perubahan musim. SAD akan dimulai dan diakhiri pada waktu yang cenderung sama. Ini bisa terjadi setiap tahun.

Seperti dari akhir musim gugur sampai berakhirnya musim dingin. Hal ini juga dikenal dengan nama SAD pola musim dingin. Bisa juga disebut dengan depresi musim dingin.

Bahkan, ada beberapa kasus yang lebih parah. Beberapa orang kemungkinan akan mengalami “episode” dari depresi tersebut saat musim semi atau musim panas. Kondisi ini disebut dengan SAD pola musim panas, atau dapat disebut depresi musim panas.

Kondisi SAD ini akan menimbulkan perasaan sedih. Namun, tidak hanya itu saja yang akan ditimbulkan. SAD dapat mempengaruhi perilaku bahkan pikiran. Maka akan berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara untuk mengatasi SAD ini adalah dengan berjemur. Cobalah untuk rutin berjemur di pagi hari selama 10-15 menit. Kamu juga bisa melakukannya dengan dibarengi meditasi.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat berjemur di pagi hari dapat menurunkan tekanan darah. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti asal University of Edinburgh. Penelitian tersebut membahas mengenai hal ini.

Ditemukan bahwa terdapat senyawa yang disebut nitric oxide. Senyawa ini bisa dilepaskan ke dalam pembuluh darah. Hal ini terjadi setelah kulit tersentuh oleh sinar matahari.

Senyawa ini memiliki fungsi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penemuan ini dirasa sangat penting. Hal ini karena sebelumnya, banyak orang yang menganggap bahwa satu-satunya manfaat berjemur di pagi hari hanyalah untuk merangsang produksi dari vitamin B.

The Miracle Of Vitamin D
The Miracle Of Vitamin D

tombol beli buku

Buku ini akan membahas mengenai vitamin D. Vitamin D adalah aspek yang penting. Ini akan mempengaruhi nyaris semua sistem dalam tubuh serta penting untuk pencegahan sekaligus pengobatan berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan autoimun, gagal ginjal, depresi, dan masih banyak lagi. Bahkan, temuan terbaru membuktikan bahwa vitamin D mampu mencegah dan mengurangi risiko kematian akibat COVID-19.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat di pagi hari juga akan membantu meningkatkan kesehatan tulang. Seperti yang sudah diketahui bahwa terdapat vitamin D pada sinar matahari pagi. Vitamin D akan merangsang proses penyerapan kalsium.

Selain itu, vitamin D juga akan membantu merangsang fosfor. Keduanya akan membuat tulang menjadi kuat. Tak hanya itu, vitamin D3 memiliki peran yang sangat penting.

Vitamin D3 berperan dalam hal kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah jenis vitamin yang akan larut di dalam lemak. Pembentukannya terjadi selama proses dari pembuatan vitamin D.

Hal tersebut terjadi saat sinar matahari menyentuh kulit. Ini akan mengatur proses penyerapan kalsium. Jika kamu memiliki vitamin D3 yang lebih tinggi di dalam darah, ini akan membuat kamu memiliki lebih kecil kemungkinan patah tulang.

5. Membantu menyembuhkan kelainan kulit

Manfaat berjemur di pagi hari juga tentu akan didapatkan oleh kulit. Sinar matahari pagi akan membantu menyembuhkan kelainan di kulit. Ada beberapa kelainan kulit akan sembuh akibat kulit yang terpapar sinar matahari. Contohnya seperti penyakit kuning, jerawat, psoriasis, infeksi jamur dan eksim.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kacang Tanah untuk Tubuh

6. Membantu meningkatkan pertumbuhan anak

Manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan pertumbuhan anak-anak. Anak-anak terutama bayi dapat memanfaatkan sinar matahari dalam proses pertumbuhannya. Hal ini karena sinar matahari memiliki kandungan yang baik untuk kulit.

Sinar matahari yang mengenai kulit bayi akan memberikan sebuah efek. Sinar matahari tersebut dapat mempengaruhi seberapa tingginya akan tersebut nanti. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan orang tua menjemur bayi mereka.

Mereka mengharapkan anak akan bertambah tinggi dengan baik. Selain itu, orang tua juga akan berharap bahwa anak mereka mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Waktu yang dibutuhkan untuk menjemur bayi cukup 10 sampai 15 menit saja. Selain itu, sebaiknya menjemur bayi sebelum pukul 10 pagi.

Canggung Merawat Bayi?
Canggung Merawat Bayi?

tombol beli buku

Buku ini akan menampilkan segala informasi yang tepat tentang perawatan bayi 0-24 bulan dengan infografis menarik dan full color.

7. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur juga bisa didapatkan dari berjemur. Manfaat berjemur di pagi hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena sinar matahari yang menyentuh mata.

Ketika sinar matahari terkena mata, maka akan mengirimkan sebuah pesan. Pesan tersebut dikirim ke kelenjar pineal. Kelenjar pineal terletak di bagian otak.

Kelenjar pineal ini bertugas untuk memproduksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang akan membuat tubuh menjadi mengantuk. Selain itu, hormone ini juga berfungsi untuk membantu agar tertidur.

Prosesnya akan tertutup ketika matahari terbenam. Sinar matahari dapat membuat gambaran yang jelas pada tubuh. Gambaran tersebut adalah menyadarkan bahwa saat itu bukan malam hari.

Berkat sinar matahari, maka tubuh dapat mempertahankan ritme sirkadian yang tetap normal. Saat di luar mulai berubah menjadi gelap, maka tubuh akan mendapat gambaran lagi. Ini akan membuat tubuh merasa lelah serta mengantuk ketika tiba waktu untuk tidur.

8. Mengurangi gejala alzheimer

Manfaat berjemur di pagi hari juga ternyata dapat membantu mengurangi gejala alzheimer. Sebuah penelitian menjadikan ini objek penelitian. Menurut penelitian tersebut, pasien Alzheimer yang terpapar sinar matahari memiliki mental yang cenderung lebih baik.

Ini dilihat pada pasien yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Dari pukul 9 pagi, sampai pukul 6 sore. Hal ini diikuti dengan kegelapan malam.

Tidak hanya itu, ada sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam Journal of American Medical Association. Penelitian ini menjelaskan bahwa ditemukan pasien penderita Alzheimer yang lebih sedikit memiliki gejala depresi. Hal tersebut karena pasien tersebut terkena cahaya matahari.

Pasien yang disebutkan tersebut adalah pasien yang terpapar cahaya matahari secara terang. Selain itu, mereka juga akan terjaga pada malam hari. Tidak hanya itu, mereka akan lebih sedikit kehilangan fungsi dan agitasi. Hal ini berbanding terbalik dengan pasien yang tidak terpapar cahaya matahari.

9. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat berjemur di pagi hari juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. sinar maharani pagi dapat menekan sistem imun. Sistem imun yang terlalu aktif akan diredakan oleh sinar matahari.

Ini adalah salah satu jawaban dari pengaruh sinar matahari terhadap penyakit autoimun. Contohnya seperti psoriasis. Sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit autoimun.

Selain itu, sel darah putih akan mengalami sebuah peningkatan. Peningkatan terjadi ketika kulit terkena sinar matahari pagi. Hal ini akan membantu tubuh dalam berperang dengan penyakit.

Tubuh juga akan tercegah dari adanya infeksi. Inilah salah satu manfaat berjemur di pagi hari. Jika kamu rutin berjemur di pagi hari, maka kekebalan tubuh akan terjaga.

10. Mengurangi risiko penyakit kanker

Manfaat berjemur di pagi hari juga akan mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Hal ini karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D. Vitamin D adalah salah satu vitamin yang baik untuk tubuh.

Tubuh yang kekurangan vitamin D memiliki risiko terkena penyakit kanker lebih mudah. Tidak hanya itu, tubuh jadi lebih mudah terkena kanker payudara serta kanker usus besar. Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang memiliki lebih banyak vitamin D.

Oleh sebab itu, kamu bisa mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari pagi. Melalui berjemur pada pagi hari, maka risiko terkena penyakit kanker akan lebih rendah.

Dr. Frank dan Cedric Garland yang berasal dari University of California melakukan pada pasien kanker. Mereka mengatakan bahwa pasien kanker usus besar di New York lebih tinggi dari pasien kanker usus besar du Mexico. Ketinggian harganya bisa mencapai 3 kali lipat.

Selain itu, mereka juga menyebutkan manfaat dari suplementasi vitamin D. Menurutnya, vitamin D sudah terbukti dapat menurunkan risiko pengembangan segala jenis kanker. Pengembangannya bisa mencapai sekitar 60%.

Kenali Kanker Serviks Sejak Dini
Kenali Kanker Serviks Sejak Dini

tombol beli buku

Buku ini akan memberikan berbagai informasi kepada anda secara lengkap tentang segala hal yang berkaitan dengan kanker serviks, dimulai dari pengenalan mengenai organ intim wanita, apa itu kanker, apa itu kanker serviks, penyebab kanker serviks, faktor resiko terkena kanker serviks, cara mendeteksi secara dini kanker serviks, pencegahan dan pengobatan jika anda sudah terkena kanker serviks.

 

11. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Sinar matahari pagi adalah salah satu teknik pengobatan alami untuk meningkatkan sistem metabolisme atau sistem pencernaan. Jadi, berjemur di bawah sinar matahari pagi secara langsung bisa membantu tubuh dalam meningkatkan nafsu makan.

Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan kuat mengapa orang-orang harus rajin berjemur dengan rutin kurang lebih lima hingga lima belas menit setiap harinya pada waktu yang tepat. Jangan sampai kamu berjemur di waktu yang salah ya. Sebab, tanpa pengetahuan yang benar, berjemur di waktu yang tidak tepat akan menimbulkan risiko kanker kulit dan penyakit lainnya.

 

12. Memunculkan Rasa Bahagia

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, sinar matahari pagi ternyata juga bisa memunculkan rasa senang atau bahasa yang timbul dari hormon serotonin atau hormon kebahagiaan dan hormon dopamin serta beta endorfin. Hormon tersebut berperan dalam membantu untuk memunculkan rasa bahagia dan mengurangi efek stres. Selain itu sinar matahari pagi juga bisa menekan hormon melatonin yang bisa membuat kita mudah terlihat lesu.

tombol beli buku

13. Mencegah Terinfeksi Virus Corona

Di tengah pandemi covid-19, kegiatan berjemur di pagi hari menjadi salah satu cara untuk mencegah risiko terinfeksi virus tersebut. Sebab, sinar matahari pagi bisa memicu produksi vitamin D yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information atau NCBI juga menunjukkan bahwa jika paparan dari sinar matahari pagi mempunyai korelasi yang signifikan terhadap pemulihan penderita Cobid-19, khususnya di area Jakarta. Efek tersebut muncul karena sinar matahari pagi memiliki kandungan UVB yang bisa meningkatkan asupan vitamin D dalam tubuh.

14. Mencegah Diabetes

Penelitian terbaru menemukan bahwa dengan memperoleh paparan sinar matahari yang cukup, bisa membantu tubuh dalam mencegah diabetes tipe 1, khususnya pada anak-anak. Selain itu, beberapa penelitian juga menilai bahwa vitamin D3 yang terkandung di dalam sinar matahari pagi juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang penyimpanan kadar gula darah yang ada di dalam otot dan juga hati.

15. Detoksifikasi Tubuh

Tak hanya bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Paparan sinar matahari pagi juga bisa membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dengan cara memperbaiki fungsi pada hati. Selanjutnya racun-racun tersebut akan dibersihkan secara otomatis melalui aliran darah.

Tips Berjemur di Pagi Hari

Solar panels energy field at singapore public park with blue sky, New alternative energy from natural, Singapore

Sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan. Akan tetapi, kamu memerlukan sebuah  persiapan. Persiapan tersebut bisa kamu lakukan sebelum berjemur di pagi hari.

Salah satunya adalah menggunakan produk pelindung sinar matahari. Gunakanlah produk lotion yang di dalamnya memiliki kandungan SPF atau sun protection factor. SPF akan menghalangi terbakarnya kulit karena sinar UV.

Berikut ini adalah beberapa tips berjemur di pagi hari:

  • Menggunakan lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung sekurang-kurangnya SPF 24. Di atasnya maka akan lebih baik.
  • Gunakanlah lotion SPF antara 20 menit sampai 30 menit sebelum keluar rumah. Hal ini dilakukan supaya tersedianya cukup waktu untuk kulit dalam menyerap lotion, sehingga lotion bekerja lebih efektif.
  • Simpanlah lotion SPF di tempat yang sejuk. Kamu juga harus menghindari dari sorotan matahari secara langsung.
  • Perlu kamu ingat bahwa lotion SPF hanya dapat melindungi kulit dari terik matahari dalam waktu yang tidak lama. Maka dari itu, jangan sampai kamu lupa untuk mengoleskan kembali lotion setelah beberapa berjemur.

Itulah 10 manfaat berjemur di pagi hari dan tips berjemur di pagi hari. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin berjemur di pagi hari. Akan tetapi, jangan sampai lupa untuk tetap menjaga kulit dengan menggunakan lotion yang memiliki kandungan SPF ya, Grameds.

Temukan hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel terbaik dan memberikan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih