in

Menghilangkan Bau Ketiak Secara Efektif

Menghilangkan bau ketiak seringkali menjadi salah satu kesulitan dari banyak orang. Memiliki ketiak yang bau menyengat bukanlah suatu hal yang sepele dan bisa diabaikan begitu saja ya. Justru mencari tahu cara menghilangkan bau ketiak penting untuk kita lakukan. Hal tersebut bertujuan agar kita lebih nyaman ketika bergaul dengan orang lain karena tidak mengganggu kenyamanan mereka dengan bau ketiak kita.

Perlu dipahami bahwa bau tidak sedap yang berasal dari badan kita bisa timbul karena adanya bakteri yang bercampur dengan keringat. Sadar atau tidak, bau badan memang bisa menyebabkan rasa percaya diri menjadi menurun. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan berbagai cara menghilangkan bau ketiak dan bau badan dengan menggunakan parfum ataupun deodoran dalam jumlah yang banyak. Padahal kenyataannya, bau wangi yang berasal dari parfum hanya bisa bertahan selama beberapa saat saja. Setelah wanginya hilang, bau badan pun mulai muncul kembali. Untuk itu, kamu harus tahu bagaimana caranya agar bau ketiak hilang secara alami.

A. Mengapa Ketiak Bisa Mengeluarkan Bau yang Tidak Sedap?

Setiap tubuh manusia dilapisi oleh kulit yang mempunyai kelenjar keringat yang disebut dengan ekrin dan apokrin. Kedua jenis kelenjar ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Kelenjar ekrin hampir menutupi mayoritas kulit yang ada di tubuh kita. Sedangkan kelenjar apokrin biasanya ada di area kulit yang ditumbuhi oleh rambut, seperti ketiak, selangkangan, dan juga sekitar payudara.

Jadi, ketika suhu tubuh meningkat, kelenjar keringat akan otomatis mendinginkan tubuh dengan cara mengeluarkan keringat. Keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar apokrin ini memiliki kandungan lemak dan mudah diurai oleh bakteri daripada keringat kelenjar ekrin yang berbasis air. Itulah mengapa, area ketiak, sekitar payudara, dan selangkangan lebih sering mengeluarkan bau yang tidak sedap.

B. Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Munculnya bau yang menyengat dari ketiak bisa berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang. Akan tetapi, sekarang tidak perlu khawatir lagi apabila memiliki masalah bau ketiak. Sebab, ada banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi bau menyengat dari ketiak. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa kamu lakukan di rumah.

tombol beli buku

1. Mandi Minimal Dua Kali Sehari

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa salah satu penyebab munculnya bau tidak sedap dari tubuh kita adalah karena bakteri yang bercampur dengan keringat. Oleh sebab itu, sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bau ketiak secara alami yaitu dengan mandi. Cobalah untuk mandi secara rutin minimal dua kali dalam sehari untuk menghilangkan kuman yang menjadi munculnya bau tidak sedap. Selain itu, mandi juga bisa membersihkan tubuh dari keringat. Sehingga tubuh kita dapat beraktivitas kembali dengan lebih nyaman tanpa gerah. Jika tubuh kita dalam kondisi bersih, tentu kita juga akan lebih percaya diri ketika berdekatan dengan orang lain. Namun jika kamu tidak yakin apakah air yang digunakan untuk mandi bersih atau tidak, kamu bisa menambahkan cairan antiseptik ke dalam bak mandinya. Kemudian pastikan untuk memilih produk antiseptik yang berkualitas. Jangan lupa juga baca petunjuk pemakaian sebelum menuangkannya ke dalam bak mandi.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Mandi tidak hanya dapat menghilangkan kuman yang menempel di tubuh.Tapi juga bisa mencegah berkembangnya bakteri yang menjadi penyebab munculnya bau tidak sedap. Untuk memastikan hal tersebut, cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya yaitu dengan mandi menggunakan sabun antibakteri yang sesuai dengan jenis kulit kita. Sekarang ini sudah ada banyak sekali merk sabun antibakteri yang dijual dipasaran. Baik dalam bentuk cair maupun dalam bentuk batangan. Untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif, cobalah untuk memilih sabun yang mengandung moisturizer. Sehingga dapat sekaligus menjaga kelembutan kulit kamu. Selain itu, pilihlah sabun yang bisa menjaga pH kulit agar tetap normal. Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan sabun antibakteri di tempat yang kering. Supaya tidak tercemar kuman yang dapat menularkan penyakit.

tombol beli buku

3. Mengeringkan Tubuh Dengan Cara Yang Tepat

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau ketiak yaitu dengan memastikan bahwa tubuh sudah dibilas dengan bersih dan kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih. Pilihlah handuk yang memiliki daya serap tinggi. Supaya sisa air yang menempel di tubuh dapat diserap secara maksimal. Sebab, tubuh yang terlalu lembab dapat memicu munculnya bakteri dan kuman yang berkembang dengan cepat. Setelah handuk digunakan, pastika kamu menjemurnya di bawah sinar matahari agar tidak ada jamur yang menempel. Sebab, banyak orang yang tidak menyadari kalau handuk juga bisa menjadi sarang penyakit. Terlebih jika handuk yang kamu gunakan tidak dijaga kebersihannya.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

4. Selalu Gunakan Deodoran

Setelah memastikan bahwa tubuh sudah bersih dan kering, cara selanjutnya untuk menghilangkan bau ketiak yaitu dengan selalu memberikan perlindungan ekstra di area tersebut dengan menggunakan deodoran. Cobalah untuk memilih deodoran atau antiperspiran dengan varian yang sesuai dengan selera kamu. Ada banyak sekali merk dan jenis deodoran yang beredar di pasaran. Misalnya saja deodorant spray atau roll dengan berbagai aroma yang wangi dan menyegarkan. Namun, pastikan untuk memilih produk yang tidak hanya bisa melindungi tubuh dari bakteri ataupun kuman yang menyebabkan bau ketiak, tapi juga pilihlah produk yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, kamu juga perlu memilih deodorant yang tidak meninggalkan bekas di pakaian. Supaya tidak ada bekas noda kekuningan di area ketiak.

5. Menggunakan Pakaian Yang Longgar

Salah satu cara untuk mencegah bau ketiak adalah dengan menggunakan baju longgar atau baju yang tidak ketat. Gunakan pakaian yang terbuat dari kain yang mudah menyerap keringat, seperti kain katun dan linen. Kedua kain tersebut dinilai bisa menyerap keringat lebih maksimal dan membuat penggunanya selalu merasa nyaman dan tidak mudah gerah. Dengan begitu, tubuh kamu akan tetap dingin dibandingkan dengan menggunakan pakaian yang ketat dan terbuat dari kain yang tidak bisa menyerap keringat.

6. Rutin Mencukur Bulu Ketiak

Sebuah penelitian yang diunggah di Journal of Cosmetic Dermatology pada tahun 2016 mengungkapkan bahwa mencukur ataupun waxing bulu ketiak secara rutin dan signifikan dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bau ketiak secara alami. Sebab, keringat yang kumpul di area rambut ketiak dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi, kamu bisa mencoba untuk rutin mencukur bulu ketiak agar terhindar dari bau ketiak.

7. Mengubah Pola Makan

Makanan pedas dan minuman yang mengandung kafein atau berbau menyengat bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak keringat. Sehingga tubuh kamu akan memunculkan bau yang lebih kuat daripada biasanya. Jika sudah seperti itu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau ketiak yaitu dengan mengubah pola makanmu. Cara ini sudah terbukti bisa membantu tubuh dalam mengurangi produksi keringat yang menyebabkan timbulnya bau tidak sedap. Oleh sebab itu, ubahlah pola makan dan hindari jenis makanan atau minuman yang bisa membuat tubuh mengeluarkan bau tak sedap. Namun, untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu bisa berkonsultasi dulu dengan dokter ahli gizi mengenai pola makan yang baik dan benar.

makan tepat badan sehat

makan tepat badan sehat

8. Minum Obat Khusus Jika Memiliki Keringat Berlebih

Apabila kamu memiliki produksi keringat yang berlebih, maka cobalah untuk konsultasikan kepada dokter agar badan kamu tidak lagi menimbulkan bau yang tidak sedap. Biasanya, dalam kasus seperti itu, dokter akan menyarankan untuk menggunakan obat antikolinergik. Tapi perlu kamu pahami bahwa cara ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Jadi, tetap harus dalam pengawasan dokter ya. Obat antikolinergik ini dapat membantu dalam menghentikan produksi keringat berlebih pada seseorang. Sehingga umumnya tidak akan cocok untuk seorang atlet atau orang-orang yang tinggal di daerah dengan iklim panas. Adapun efek samping dari mengonsumsi obat-obatan tersebut antara lain:

a. Mata menjadi kering
b. Mulut kering
c. Pandangan terlihat kabur
d. Detak jantung menjadi tidak normal

Jadi, kamu harus konsultasi dulu ke dokter ahli untuk mengetahui cara menghilangkan bau ketiak dengan minum obat.

9. Hindari Rasa Cemas

Rasa cemas dan juga stress terkadang bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak keringat. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya bau yang tidak sedap dari tubuh. Adapun cara menghilangkan bau yang tidak sedap dari tubuh secara alami yaitu dengan menghindari rasa cemas yang berlebihan dan harus bisa mengelola stres dengan baik. Apabila kamu mengalami gangguan kecemasan berlebih, maka tubuh akan memproduksi keringat secara berlebihan dan tidak bisa dikendalikan, terkadang hal itu bisa terjadi tanpa adanya alasan tertentu. Beberapa orang mengalami masalah tersebut karena genetika, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau riwayat kesehatan yang mereka punya. Menurut sebuah studi, kecemasan dan juga stress memang saling berkaitan. Banyak orang yang memiliki bau badan karena sering mengalami stress. Terlebih jika keringat berlebih dapat mempengaruhi kepercayaan diri mereka.

10. Menggunakan Air Mawar Untuk Mandi

Air mawar tidak hanya bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah saja. Tapi juga bisa untuk menghilangkan bau ketiak. Cara menggunakan air mawar untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan mencoba air mawar untuk mandi dan berendam. Air mawar sendiri merupakan zat antibakteri alami dan bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Beberapa orang bahkan ada yang mencampurkan air mawar dengan minyak tea tree untuk dijadikan wewangian saat mandi ataupun setelah mandi.

11. Menghilangkan Bau Ketiak Menggunakan Perasan Buah Lemon

Jika kamu ingin menghilangkan bau ketiak dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di sekitar rumah, maka kamu bisa menggunakan buah lemon. Asam sitrat yang ada di dalam buah lemon bisa membantu untuk membunuh bakteri yang ada di area-area penghasil keringat yang menyebabkan timbulnya bau tidak sedap. Buah yang satu ini juga mempunyai efek astringent ringan yang hampir sama dengan efek menutup pori-pori dari bahan aktif antiperspiran. Aroma lemon yang segar mampu menghilangkan bau tidak sedap yang berasal dari ketiak.

12. Menghilangkan Bau Ketiak Menggunakan Minyak Esensial

Jika kamu punya minyak esensial di rumah, kamu bisa menggunakannya sebagai cara untuk menghilangkan bau ketiak. Bahkan, kamu juga membuat ramuan deodoran sendiri menggunakan minyak esensial yang kamu punya di rumah. Minyak esensial seperti cengkel, jeruk, cypress, lavender, dan juga geranium sangat baik untuk menghilangkan bau tidak sedap pada ketiak. Tak hanya itu, minyak esensial juga berfungsi untuk mencegah berkembangnya bakteri dan mencegah keringat.

13. Menghilangkan Bau Ketiak Memakai Cuka Apel

Cuka apel sepertinya sudah banyak digunakan untuk perawatan tubuh. Salah satunya yaitu untuk mengatasi bau ketiak secara alami. Kamu bisa memanfaatkan cuka apel untuk menghilangkan bau ketiak loh. Cukup gunakan lima sendok cuka apel dan campurkan dengan 10 sendok air bersih. Kemudian masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot dan gunakan secara rutin dengan cara disemprotkan pada ketiak setiap hari sebelum tidur. Lalu pada keesokan harinya, kamu bisa membersihkan ketiakmu menggunakan air hangat. Lakukan cara tersebut setiap hari secara rutin agar bau ketiak menghilang secara alami.

14. Menghilangkan Bau Ketiak Menggunakan Irisan Kentang

Mencoba berbagai macam cara untuk menghilangkan bau ketiak memang tidak ada salahnya. Termasuk mencoba cara yang satu ini, yaitu dengan menggunakan irisan kentang. Cara yang satu ini dipercaya bisa membantu dalam menghilangkan bau tak sedap pada ketiak. Kamu hanya perlu iris tipis kentang, kemudian gosokkan pada area ketiak selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih dan bau ketiak akan berkurang seketika. Akan tetapi, hal tersebut harus dilakukan secara rutin dan berulang kali supaya bau badan benar-benar hilang secara alami.

15. Menghilangkan Bau Ketiak Menggunakan Air Tomat

Selain menggunakan irisan kentang, kamu juga bisa coba menggunakan air tomat untuk mengurangi bau ketiak secara alami. Caranya cukup dengan campurkan air tomat dengan lemon di dalam botol kosong. Kemudian oleskan ramuan tersebut di area ketiak dan diamkan selama 10 menit saja. Setelah itu bilas dengan air dingin. Cara tersebut akan memberikan sensasi yang menyegarkan dan bisa menghilangkan bau ketiak seketika.

16. Menghilangkan Bau Ketiak Menggunakan Baking Soda

Baking soda tidak hanya bermanfaat sebagai bahan adonan roti saja, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau ketiak. Caranya cukup mudah, berikut adalah beberapa step yang harus kamu lakukan untuk menggunakan baking soda sebagai penghilang bau ketiak.

a. Tuangkan 2 sdm baking soda dan 1 sdm air perasan lemon di dalam mangkuk
b. Aduk hingga rata dan membentuk pasta
c. Setelah itu oleskan pada area ketiak dengan gerakan memijat
d. Diamkan selama 10 menit dan setelah itu bilas dengan air mengalir

Cara di atas tidak bisa dilakukan sekali saja, tapi kamu perlu mengulanginya berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Akan tetapi untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif, tidak disarankan menggunakan cara ini ya.

17. Menghilangkan Bau Ketiak Menggunakan Lidah Buaya

Menurut Iranian Journal of Medical Sciences, mengungkapkan bahwa lidah buaya atau aloevera mempunyai kandungan yang berfungsi untuk melembabkan sekaligus memberikan efek aroma wangi pada kulit. Sehingga bahan alami tersebut dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi bau ketiak. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung lidah buaya untuk melakukan cara tersebut. Cara cukup oleskan produk lidah buaya ke area ketiak, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih sampai kulit terasa tidak lengket.

18. Menghilangkan Bau Ketiak Menggunakan Alkohol

Alkohol dipercaya bisa membunuh kuman dan juga bakteri penyebab bau ketiak. Senyawa organik yang ada di dalam alkohol lebih terjangkau dibandingkan dengan deodorant pada umumnya. Untuk cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan botol yang sudah diisi dengan alkohol ke area ketiak. Gunakan secukupnya untuk mencegah bau badan berlebih.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa kamu coba. Apabila cara diatas tidak berhasil menghilangkan bau badan kamu, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Menghilangkan Bau Ketiak



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Humam

Saya Emka Humam dan biasa dipanggil Umam. Saya suka membaca banyak hal terutama yang berkaitan dengan bahasa Indonesia, IPA, dan Biologi.

Kontak media sosial Instagram Profile: Emka Humam