in

10 Manfaat Jogging Yang Perlu Diketahui

Manfaat jogging sangat banyak untuk tubuh – Selain untuk kesehatan, jogging juga bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi, masih banyak yang sulit membedakan antara jogging dan lari. Bahkan menganggap bahwa keduanya adalah satu aktivitas yang sama.

Perbedaan antara lari dan jogging terletak pada kecepatannya. Secara khusus, gerakan yang kurang dari 10 menit pada satu mil biasanya dianggap jogging. Hal sebaliknya, gerakan dengan kecepatan di atas 10 menit pada satu mil maka dianggap lari. Lalu, apa saja manfaat jogging? Artikel ini akan membahas 10 manfaat jogging untuk tubuh.

Manfaat Jogging

1. Meningkatkan energi

Manfaat jogging selanjutnya juga dapat meningkatkan energi. Setiap tubuh manusia tentu membutuhkan energi. Tubuh membutuhkan sebuah energi supaya setiap organ tubuh dapat berfungsi secara baik.

Energi tersebut dihasilkan dari proses metabolisme tubuh. Caranya adalah dengan mengubah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Melalui energi-energi tersebut, tubuh dapat menjalankan aktivitas secara baik.

Energi akan membuat tubuh lebih kuat. Itulah yang membuat kamu dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Contohnya seperti berjalan, berlari, bekerja dan lain sebagainya.

Selain hal di atas, ada hal lain yang dapat meningkatkan energi tubuh. Salah satunya adalah olahraga. Olahraga pada pagi hari akan meningkatkan stamina. Hal itu juga membuat kamu lebih berenergi ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

Salah satu olahraga yang dapat dilakukan di pagi hari adalah jogging. Manfaat jogging dapat membantu kinerja otak. Otak akan lebih fokus pada energi yang cenderung lebih tinggi untuk dihasilkan.

Saat melakukan jogging, maka tubuh akan melepaskan sebuah hormone. Hormone tersebut bernama hormone endorphin. Hormone endorphin akan membantu kamu mengangkat semangat di dalam tubuh.

Hal itu akan membuat kamu merasa menjadi lebih positif. Selain itu, kamu akan merasa lebih tenang. Manfaat jogging lainnya dalam hal ini juga akan membuat kamu merasa lebih segar.

Kamus Olahraga
Kamus Olahraga

tombol beli buku

Kamus ini akan memberi penjelasan pada kalian beberapa jenis olahraga dan istilah-istilah yang terkandung di dalamnya.

2. Mencegah stres

Stress adalah sebuah reaksi dari tubuh. Stress ini akan muncul ketika seseorang menghadapi sebuah  hal-hal yang kurang baik. Seperti mengalami tekanan, ancaman bahkan mengalami suatu perubahan.

Stress juga bisa terjadi karena sebuah situasi atau pikiran. Biasanya, hal itu akan membuat seseorang merasa lebih gugup, marah, bersemangat atau bahan merasa putus asa. Situasi itulah yang akan memicu respons dari tubuh.

Respons yang dikeluarkan dapat terjadi dalam hal fisik atau psikis. Contoh dalam fisik seperti sesak napas, detak jantung lebih cepat, tekanan darah menjadi meningkat dan otot-otot tubuh menjadi kaku.

Setiap orang dapat mengalami stress. Baik anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Kondisi stress ini tidak selalu berakhir dengan efek yang buruk.

Umumnya, stress terjadi atau bersifat sementara saja. Stress akan berakhir ketika sesuatu yang menyebabkan tekanan itu bisa dilalui. Akan tetapi, stress juga dapat terjadi secara berkepanjangan.

Stress yang terjadi secara berkepanjangan dapat mengganggu tubuh. Mulai dari keseharan fisik, melemahkan daya tahan tubuh dan hal lainnya. Stress dapat menimbulkan masalah kesehatan lain seperti gangguan pada sistem reproduksi dan sistem pencernaan.

Sebuah tinjauan studi yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa olahraga dapat menurunkan tingkat stress yang dialami seseorang. Olahraga tersebut seperti jogging dan aerobic. Manfaat jogging dan aerobic dapat membuat fungsi eksekutif meningkat.

Selain itu, manfaat jogging juga dapat melindungi otak dari penurunan. Penurunan tersebut berkaitan dengan penuaan dan stress. Manfaat jogging juga dapat menurunkan kadar kortisol.

Kadar kortisol adalah sebuah hormone yang akan dikeluarkan oleh tubuh. hormone ini adalah sebuah respons tubuh terhadap stress. Untuk itu, kamu bisa rutin melakukan jogging untuk menghindari atau menurunkan kadar stress.

Panduan Gizi Lengkap Keluarga Dan Olahragawan
Panduan Gizi Lengkap Keluarga Dan Olahragawan

tombol beli buku

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah adalah sebuah ukuran yang menentukan kinerja jantung. Melalui tekanan darah, kita dapat mengetahui seberapa kuat jantung dalam memompa darah. Darah yang dipompa jantung nantinya akan mengalir ke seluruh tubuh.

Tekanan darah tidak berjalan dalam jumlah yang pasti. Tekanan darah dapat berubah-ubah. Hal itu dikarenakan tekanan darah dapat bervariasi.

Tekanan darah berubah tergantung apa saja aktivitas yang sedang kamu lakukan. Contohnya seperti saat berolahraga, saat berbicara, saat berjalan dan ketika perubahan perubahan postur seperti duduk kemudian berdiri.

Meskipun dapat berubah-ubah, tetapi tekanan darah juga tetap harus dikontrol. Jangan sampai terlalu rendah, atau terlalu tinggi. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan sekaligus melakukan aktivitas yang dapat membantu menjaga tekanan darah.

Lakukanlah olahraga ringan, contohnya seperti jogging. Manfaat jogging ini baik untuk orang yang memiliki hipertensi. Penelitian juga menunjukkan manfaat olahraga pada penurunan tekanan darah yang lebih besar.

Manfaat jogging dapat menjaga tekanan darah. Jogging di pagi hari secara rutin akan membuat tekanan darah lebih terkontrol. Selain itu, salah satu mekanisme yang diaktifkan saat jogging adalah penurunan LDL atau kolesterol jahat yang ada di dalam darah.

BACA JUGA: 13 Manfaat Yogurt Untuk Tubuh

Manfaat Jogging

4. Tidur nyenyak di malam hari

Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia. Setiap manusia memerlukan waktu untuk tubuhnya beristirahat. Waktu tersebut bisa didapatkan ketika tidur.

Akan tetapi, terkadang tubuh tidak bisa beristirahat maksimal ketika tidur. Hal itu disebabkan karena beberapa hal. Seperti sulit untuk tidur, terus terbangun sampai tidur yang tidak nyenyak.

Beberapa hal tersebut juga terjadi karena hal lain. Salah satunya karena kurang berolahraga. Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat.

Kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih jauh dari jogging. Salah satunya adalah membantu pola tidur kamu menjadi lebih baik. Manfaat jogging secara rutin akan membuat kamu tidur nyenyak di malam hari.

Ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014. Studi tersebut diterbitkan di dalam Jurnal Vascular Health and Risk Management. Studi tersebut menemukan bahwa olahraga di pagi hari memiliki kontribusi pada waktu tidur.

Olahraga di pagi hari dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Hal ini berbeda dengan olahraga pagi sore hari atau malam hari. Salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di pagi hari adalah jogging.

Di dalam studi lain edisi 2017 yang diterbitkan di dalam Sleep Medicine juga mengungkapkan hal yang sama. Studi tersebut menunjukkan bahwa olahraga pada pagi hari akan sangat bermanfaat. Olahraga pada pagi hari akan meningkatkan kualitas tidur untuk orang yang merasakan sulit tidur.

5. Menguatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah sebuah sistem yang kompleks. Sistem ini terdiri dari beberapa hal. Di antaranya seperti jaringan, sel dan organ.

Ketiga hal tersebut saling bekerja sama di dalam tubuh. Tujuannya adalah untuk melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, akan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Inilah yang membuat tubuh tetap terjaga. Oleh karena itu, tubuh akan terlindung dari penyakit dan tetap sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan kekebalan tubuh adalah olahraga ringan.

Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging. Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin akan membantu menguatkan kekebalan tubuh. Hal ini tentu juga harus didampingi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Manfaat jogging ini akan membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu, manfaat jogging juga akan memperkuat respons tubuh pada penyakit yang datang. Contohnya seperti infeksi pada saluran pernapasan atas dan diabetes, yang termasuk penyakit jangka panjang.

Manfaat jogging juga akan membantu menghilangkan kelelahan. Jogging yang dilakukan secara rutin akan membangun kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, jogging juga akan meningkatkan produksi sel darah putih yang ada di dalam tubuh.

6. Membantu menurunkan berat badan

Selain melakukan diet, ada hal lain yang bisa dilakukan saat proses penurunan berat badan. Contohnya seperti melakukan olahraga. Diet yang tidak disertai dengan olahraga memang cenderung kurang baik.

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu proses penurunan berat badan. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah jogging.

Manfaat jogging untuk proses penurunan berat badan memang sudah diketahui banyak orang. Banyak orang yang rutin melakukan jogging untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena ketika jogging, lemak-lemak yang ada di dalam tubuh akan terbakar.

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2012 mengemukakan hal mengenai olahraga. Studi tersebut diterbitkan di dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise. Menurut studi tersebut, olahraga yang dilakukan selama 45 menit pada pagi hari akan membantu menurunkan nafsu makan. Selain itu juga akan mencegah makan secara berlebihan.

7. Menguatkan tulang

Tulang adalah salah satu anggota tubuh. tulang memiliki peran yang terbilang sangat penting untuk tubuh. Contohnya seperti melindungi organ yang ada di dalam tubuh, membentuk struktur tubuh dan menyimpan kalsium yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa hal yang menjadikan tulang memiliki fungsi yang penting. Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kekuatan tulang juga harus dijaga sejak usia sedini mungkin.

Ada beberapa hal yang dapat membantu menguatkan tulang, di antaranya adalah sebagai berikut:

a. Mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium

Kalsium merupakan mineral utama yang ada di dalam tulang. Peran kalsium ini sangat penting. Seperti menjadi sumber kekuatan tulang, menjaga struktur tulang, serta menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Untuk menjaga tulang tetap sehat, kamu harus mencukupi asupan kalsium. Asupan kalsium ini harus diterima tubuh secara rutin. Jumlah asupan kalsium yang dibutuhkan orang dewasa sekitar 1.000 sampai 1.200 mg. Sedangkan asupan kalsium yang dibutuhkan oleh anak-anak adalah 1.200 mg dalam satu hari.

b. Mencukupi asupan vitamin D

Selain asupan kalsium, tulang juga membutuhkan asupan vitamin. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin D. vitamin D akan memberikan nutrisi yang penting pada tulang.

Hal itulah yang membuat tulang menjadi tetap kuat. Vitamin D ini akan membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Akibatnya, tulang akan menjadi lebih kuat dan padat.

c. Rutin berolahraga

Cara menguatkan tulang juga dapat dilakukan dengan rutin berolahraga. Cobalah untuk rutin dab teratur dalam berolahraga. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membangun tulang menjadi lebih kuat.

Selain itu, pengeroposan pada tulang juga akan terjadi secara lambat. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan. Seperti berenang bersepeda, jalan santai, jogging, pilares, basket, tenis, dan yoga.

Kamu bisa melakukan jogging secara rutin di pagi hari. Manfaat jogging akan membuat kamu meningkatkan kekuatan tulang. Hal ini karena ketika jogging tulang akan ikut terlatih, terutama pada bagian kaki.

Manfaat Jogging

8. Membangun otot

Otot merupakan kumpulan sel-sel otot atau serabut otot. Otot akan membentuk sebuah jaringan di dalam tubuh. Fungsinya adalah untuk menggerakan organ-organ tubuh.

Melalui otot, rangka tubuh dapat digerakan. Hal itu terjadi karena otot adalah alat gerak yang aktif. Sementara rangka tubuh adalah sistem alat gerak yang pasif.

Setiap gerakan yang ada di dalam tubuh adalah hasil kerja otot. Otot akan berkontraksi, sehingga muncul sebuah gerakan. Tidak hanya itu, kontraksi pada otot akan membantu mengatur postur tubuh, produksi panas pada tubuh dan menjaga stabilitas pada sendi.

Dalam menjalankan beragam aktivitas, manusia akan mengandalkan otot. Otot-otot tersebut akan menggerakkan anggota tubuh. Itulah yang membuat tubuh mampu menjalankan aktivitas.

Salah satu cara membentuk otot adalah melakukan jogging. Manfaat jogging yang dilakukan secara rutin akan membuat otot lebih kencang. Selain itu, otot juga akan lebih kuat.

Jogging bekerja di otot-otot yang besar. Setelah itu, otot tersebut akan berkembang. Manfaat jogging memang bagus untuk otot gluteal, betis, otot paha belakang dan otot-otot yang terbilang penting lainnya. Tidak hanya itu, manfaat jogging juga akan menjaga ukuran serta fleksibilitas otot dan persendian.

9. Baik untuk sistem pernapasan

Manfaat jogging kali ini sama seperti Latihan aerobic lainnya. Jogging akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain itu, rutin jogging di pagi hari akan memperkuat otot-otot pada sistem pernapasan.

Hal ini akan memastikan bahwa paru-paru dapat mengambil lebih banyak oksigen untuk tubuh. Selain itu, ini juga akan membuat paru-paru menghilangkan karbon dioksida lebih efisien dari biasanya,

Manfaat jogging akan meningkatkan daya tahan otot pernapasan. Terlebih jika jogging di pagi hari. Mengingat bahwa udara pada pagi hari masih segar.

Udara pada pagi hari umumnya masih jauh dari polusi udara. Maka tidak akan menyebabkan gangguan pada pernapasan. Ini akan memberikan manfaat lebih banyak bagi tubuh.

10. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting untuk tubuh. Bahkan, dapat dikatakan bahwa jantung adalah organ utama di dalam tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah.

Darah tersebut akan mengalir ke seluruh tubuh. Seperti yang diketahui, di dalam darah terdapat banyak kandungan. Seperti nutrisi yang baik untuk tubuh.

Maka dari itu, kesehatan jantung harus selalu dijaga. Konsumsilah makanan yang baik untuk jantung. Kamu juga harus menghindari makanan yang terlalu berlemak, itu akan membuat kondisi jantung menjadi kurang baik.

Tidak hanya itu, sebaiknya kamu rutin berolahraga. Rutin berolahraga akan membuat kesehatan jantung terjaga. Kamu bisa melakukan olahraga seperti jogging.

Jogging merupakan latihan kardiovaskular. Inilah yang membuat manfaat jogging sangat baik untuk kesehatan jantung. Rutin jogging akan meningkatkan kesehatan pada jantung.

Rutin melakukan jogging di pagi hari akan mencegah masalah pada jantung. Jogging akan memastikan bahwa darah akan dipompa lebih cepat ke dalam jantung. Maka dari itu, tekanan darah akan tetap stabil dan terjaga.

Tidak hanya itu, manfaat jogging sangat baik untuk kesehatan. Jogging akan mengendalikan kolesterol. Rutin jogging di pagi hari juga akan mengendalikan kadar glukosa di dalam darah.

Itulah 10 manfaat jogging untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu harus melakukan jogging secara rutin. Selain tubuh menjadi lebih bugar, kesehatan juga akan terjaga.

Sehat Dan Bugar Di Usia Emas, Ragam Olahraga Di Usia 50-An
Sehat Dan Bugar Di Usia Emas, Ragam Olahraga Di Usia 50-An

tombol beli buku

Temukan hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku & Artikel



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih