in

Ini Cara Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Bikin Rambut Sehat

Sumber: kumpulanberita.web.id

Cara cepat memanjangkan rambut – Rambut Panjang menjadi dambaan banyak perempuan. Sayangnya, proses memanjangkan rambut membutuhkan waktu yang tidaklah sebentar. Kabar baiknya, terdapat segudang cara untuk memanjangkan rambut yang dapat kamu coba tanpa harus pergi ke salon.

Sebelum mencoba banyak langkah memanjangkan rambut, kenali dahulu siklus pertumbuhannya. Siklus pertumbuhan rambut sendiri terbagi menjadi tiga bagian, dimulai dari katagen, anagen, dan telogen. Anagen sebagai fase ketika pertumbuhan rambut terjadi secara aktif serta memakan waktu bertahun-tahun.

Namun, dengan banyak fase anagen ini kemudian berlangsung tergantung pada faktor genetik. Setelahnya rambut kemudian akan berhenti tumbuh secara terpisah dari folikelnya, yaitu struktur di bawah kulit yang kemudian menahan rambut.

Fase yang disebut katagen ini kemudian dapat terjadi dalam waktu 10 hari. Jika fase katagen selesai, folikel rambut kemudian akan beristirahat selama dua sampai tiga bulan, lalu rambut pun rontok atau proses telogen.

Pada Fase anagen berikutnya akan tumbuh lagi pada folikel yang sama. Berikut ini beberapa Langkah yang dapat kamu lakukan untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kulit-kepala-rambut?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kulit-kepala-rambut?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Normalnya, kamu akan kehilangan 50 – 100 rambut dalam satu hari ketika mengalami siklus ini. Jika siklus menumbuhkan rambut terganggu atau folikel rambut mengalami kerusakan maka rambut akan mengalami kerontokan dalam waktu yang lebih cepat.

Akibatnya, rambut pun menjadi lebih tipis. Setiap orang sesungguhnya dapat memanjangkan rambut sekitar 15 cm per tahun.

Namun ada perbedaan kecepatan pertumbuhan rambut pada setiap orang. Contohnya pertumbuhan rambut pada wanita dan pria akan memiliki jangka waktu yang berbeda. Wanita akan tampak lebih mudah saat memanjangkan rambut serta tidak memerlukan waktu yang lama. Tak seperti pria yang harus menunggu waktu lebih lama agar rambutnya lebih panjang.

Sementara Kerusakan rambut sendiri dapat terjadi karena berbagai hal mulai dari paparan sinar matahari, pewarna rambut, hingga cara-cara merawat rambut yang salah. Beberapa orang sendiri baru menyadari bahwa rambut menjadi rusak ketika sudah parah.

Lantas, apa saja ciri-ciri rambut rusak? Ciri-ciri rambut rusak dapat diketahui mulai dari kelenturan, warna, hingga kekuatan rambut.

Faktor-faktor yang membuat rambut lebih cepat panjang, di antaranya hormon gonadotropin, hormon androgen, dan hormon tiroid.

Makanan juga akan mempengaruhi fungsi tubuh, termasuk pertumbuhan rambut, selain itu cara merawat rambut dan Faktor genetic juga akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan rambut.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar rambut tumbuh dengan lebih cepat:

Cara Cepat Memanjangkan Rambut yang Bisa Kamu Praktikkan

Penuhi Asupan Nutrisi Tubuh

Salah satu cara alami memanjangkan rambut adalah dengan memenuhi berbagai asupan nutrisi tubuh. Asupan yang kamu makan dan minum ternyata akan berpengaruh besar dalam proses pertumbuhan rambut.

Karenanya pola makan sehat dan bergizi penting akan sangat berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Usahakan juga untuk menghindari diet yang akan mengurangi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika kamu mengikuti diet vegetarian, pastikan juga untuk mendapatkan semua jenis nutrisi dan berbagai protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kamu juga dapat menambah asupan mineral dan vitamin di bawah diantaranya zat besi untuk mencegah kerontokan parah, Omega-3 untuk kulit kepala serta rambut yang lebih sehat.

Pyrithione zinc yang akan menghilangkan ketombe dan membantu menyuburkan rambut. Jika kamu bingung, diskusikan masalah ini dengan ahli gizi serta dokter spesialis kulit untuk dapat mengatur pola makan yang tepat agar rambut tumbuh dengan lebih cepat.

Tidak Keramas Setiap Hari

Beberapa orang mungkin percaya bahwa keramas setiap hari menjadi salah satu cara alami memanjangkan rambut. Faktanya hingga saat ini belum terbukti jika sering keramas dapat menumbuhkan rambut lebih cepat.

Kabar buruknya, sering keramas kemudian akan menyebabkan kulit kepala rapuh, sehingga rambut tidak bertumbuh dengan sempurna. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga akan mempengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut.

Pasalnya, rambut yang rapuh kemudian akan berdampak pada kesehatan rambut secara keseluruhan. Oleh karenanya cuci rambut setidaknya 2 – 3 hari sekali. Selain itu, bilas juga rambut dengan air dingin untuk melembutkan serta mencegah rambut kering dan terdapatnya kutikula rambut.

Gunakan Kondisioner Setelah Keramas
Kondisioner berfungsi mengganti protein dan lemak pada bagian dalam batang rambut, sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut. Kondisioner peranan lain dalam menjaga kesehatan rambut, seperti mengencangkan rambut, mencegah kerusakan pada rambut dan menambah elastisitas rambut.

Biasanya, kondisioner digunakan setelah keramas. Jika digunakan secara rutin, kondisioner dapat menjadi salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Rutin Memotong Ujung Rambut

Berbanding terbalik dengan keramas, potong ujung rambutmu secara rutin sebagai salah satu cara alami memanjangkan serta melebatkan rambut. Mengapa demikian?

Meski tidak berdampak secara langsung, cara ini akan membuat rambutmu tampak lebih sehat serta terhindar dari kerusakan, seperti rambut bercabang dan mudah patah.

Cara cepat memanjangkan rambut
Sumber: res.cloudinary.com

Gunakan Minyak Esensial Rambut

Tahukah kamu minyak esensial di sekitar rumah dapat menjadi salah satu cara memanjangkan rambut? Tak hanya memiliki wangi yang harum, minyak esensial seperti minyak biji labu juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Hal ini kemudian dibuktikan juga lewat penelitian yang dipublikasikan di Hindawi. Penelitian ini juga melaporkan dengan memberi dosis 400 miligram minyak biji labu dalam bentuk kapsul kemudian akan membantu menumbuhkan rambut.

Setelah 24 minggu, para peserta yang mengkonsumsi minyak biji labu kemudian mengalami peningkatan jumlah rambut sebesar 40%. Selain minyak biji labu, kamu juga dapat mencoba berbagai jenis minyak lainnya, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa yang akan membuat Rambutmu tampak lebih indah dan berkilau!

Tak hanya berguna bagi kesehatan, minyak kelapa ternyata juga dapat digunakan sebagai perawatan rambut. Pasalnya, minyak yang berasal dari buah tropis ini dapat memenuhi protein di rambut.

Sering Memijat Kulit Kepala

Teknik keramas yang tak boleh dilewatkan serta dapat menjadi cara alami memanjangkan rambut adalah dengan memijat kulit kepala. Pasalnya, memijat kulit kepala akan memperlancar sirkulasi darah pada area bawah kulit yang akan mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Meski belum ada penelitian khusus tentang hal ini, tak ada salahnya memijat kulit kepala saat keramas. Selain dapat menumbuhkan rambut, cara ini juga akan membuatmu lebih rileks dan kulit kepala menjadi lebih bersih.

Batasi Penggunaan Alat yang Merusak Rambut

Jika menggunakan hair dryer atau catokan rambut setiap hari, sebaiknya batasi kebiasaan ini mulai sekarang. Pasalnya, kedua alat ini akan memengaruhi pertumbuhan rambut serta membuatnya lebih mudah rapuh dan rontok.

Selain itu, produk rambut dengan kandungan bahan kimia, seperti pewarna rambut, juga akan merusak rambut. Bahan kimia pada pewarna rambut juga dipercaya akan membuat rambut lebih lemah serta mudah patah, sehingga lebih sulit untuk panjang.

Hindari Menyisir Rambut Saat Basah

Menyisir rambut dalam keadaan basah ternyata akan menyebabkan kerusakan karena rambut basah masih terlalu lemah serta mudah rontok. Karenanya jika kamu ingin mendapatkan rambut panjang dan indah, hindari menyisir rambut saat masih basah.

Untuk menjaga rambut tetap sehat, keringkan juga rambut basah terlebih dahulu. Kamu dianjurkan tidak menggunakan hairdryer karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Gunakan juga sisir yang sesuai dengan jenis rambut serta pastikan sisir ini tidak menarik rambut dengan terlalu keras serta menyebabkan kerontokan.

Cara cepat memanjangkan rambut
Sumber: tempo.co

Kurangi Perawatan dengan Bahan Kimia

Cara memanjangkan rambut berikutnya yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan kimia untuk dapat merawat rambut.

Banyak di antara kita yang kemudian tergoda melakukan berbagai perawatan rambut seperti coloring, bleaching, serta perawatan dengan bahan kimia lainnya.

Penggunaan bahan kimia yang dilakukan secara terus menerus kemudian akan menyebabkan kerusakan pada rambut serta berpotensi menghambat pertumbuhan rambut yang sehat.

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi salah satu cara memanjangkan rambut secara cepat dan alami. Karena kandungan dalam lidah buaya yaitu vitamin, mineral, asam amino, serta berbagai senyawa lainnya yang membantu merawat rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Lidah buaya juga dipercaya mampu meningkatkan aliran darah pada area kulit kepala serta mencegah berbagai masalah kerusakan rambut seperti kerontokan serta ketombe yang membandel. Bahan alami pada lidah buaya juga akan memperkuat rambut, menghilangkan minyak, serta mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

Kandungan vitamin A, C, dan E di dalamnya juga akan membantu pertumbuhan sel yang lebih sehat. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai cara memanjangkan rambut kamu juga dapat langsung mengoleskan daging lidah buaya dari kulit kepala hingga ke ujung rambut.

Diamkan dalam kurun waktu 30 menit, kemudian bilaslah dengan air bersih. Kamu juga dapat melakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan dengan Cuka Apel

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk memanjangkan rambut alami yaitu cuka apel. Cuka apel ini akan membersihkan kotoran-kotoran pada rambut dan kulit kepala. Jika kotoran di kepala terangkat, maka rambut akan lebih mudah bertumbuh serta kulit kepala pun akan menjadi lebih sehat.

Kamu juga dapat mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan dua gelas air. Kemudian gunakan setelah selesai keramas. Gunakan cuka apel ini secara rutin untuk hasil maksimal, namun jangan terlalu berlebihan. Jika kulit kepala sensitif, hindari menggunakan perawatan jenis ini karena berisiko iritasi.

Manfaatkan Putih Telur

Putih telur ternyata dapat digunakan untuk memanjangkan rambut secara alami. Kandungan protein, sulfur, zinc, serta zat besi yang tinggi akan membuat bahan-bahan ini menjadi satu di antara sekian cara membuat rambut panjang dengan lebih cepat.

Kamu juga dapat mencampurkan putih telur dengan minyak zaitun serta madu. Kemudian aplikasikan pada rambut serta kulit kepala. Diamkan dalam waktu 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin setelahnya cuci bersih menggunakan shampo. Lakukan cara ini beberapa kali setiap minggunya agar kemudian mendapatkan hasil yang optimal.

https://www.gramedia.com/products/pemangkasan-dan-pewarnaan-rambut-untuk-smkmak-kelas-xi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/pemangkasan-dan-pewarnaan-rambut-untuk-smkmak-kelas-xi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Demikian tips memanjangkan rambut dengan cepat dan alami yang dapat kamu lakukan. Cara-cara ini akan aman untuk dilakukan serta membuat rambut tampak lebih panjang nan cantik.

Buku-Buku Terkait Perawatan Diri dan Tata Rias

1. Perawatan Kecantikan Kulit

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kecantikan-kulit?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kecantikan-kulit?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Saat ini semakin banyak perempuan yang menyadari bahwa kulit wajah yang sehat terawat adalah dasar kecantikan yang hakiki. Karena itu mereka memberi perhatian khusus pada perawatan wajah, baik yang dilakukan sendiri maupun dengan bantuan terapis di tempat perawatan kecantikan.

Tempat-tempat perawatan kecantikan pun akhirnya berkembang pesat seiring kesadaran perempuan untuk merawat kecantikan mereka. Tak pelak, hal ini menyebabkan semakin besarnya kebutuhan akan terapis kecantikan yang terampil dan mumpuni. Buku ini ditulis bagi mereka yang berminat memasuki dan memperdalam pengetahuan serta keterampilan dalam bidang cosmetology dan aesthetic treatment, mulai dari tingkat yang paling dasar hingga perkembangan terkini.

Di dalamnya disajikan dasar-dasar perawatan kecantikan secara komprehensif. Mulai dari dasar yang harus diketahui para terapis dalam menjalankan tugasnya, menggunakan berbagai alat penunjang dengan tepat dan terampil, hingga sikap tubuh yang tepat dalam berinteraksi dengan pelanggan.

Singkat kata, buku ini benar-benar pegangan yang tepat bagi para terapis kecantikan maupun siapa saja yang bergerak di dunia kecantikan. Buku ini disusun secara cermat, berdasarkan metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun.

Meskipun padat informasi, materi disajikan dalam bahasa yang lugas dan sederhana, yang mudah dipahami serta dipraktikkan.

2. Tata Rias Wajah dan Rambut Keluarga Pengantin Modern

https://www.gramedia.com/products/conf-tata-rias-wajah-dan-rambut-keluarga-pengantin-modern?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-tata-rias-wajah-dan-rambut-keluarga-pengantin-modern?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Di buku ini terdapat inspirasi penerapan make-up yang sesuai untuk wanita usia matang (di atas 35 tahun), wanita usia 20-an, dan remaja putri yang pas dan elegan sesuai dengan tataran usia dan gaun pesta yang dikenakan.

3. Tata Rias Wajah & Sanggul Pengantin Nasional

https://www.gramedia.com/products/conf-tata-rias-wajah-sanggul-pengantin-nasional-apsari-dewi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-tata-rias-wajah-sanggul-pengantin-nasional-apsari-dewi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kreasi tata rias rambut dan wajah untuk pengantin dalam buku ini adalah untuk pengantin yang memilih jenis tata rias pengantin nasional, yaitu tata rias modifikasi yang tidak mengenakan cunduk mentul dan tiba dada.

Tata rias ini tetap merupakan hasil perpaduan dan modifikasi berbagai jenis sanggul dan aksesoris khas Indonesia yang biasa dikenakan bersama kebaya modifikasi yang saat ini sangat booming di pasaran.

Sepasang pengantin yang berasal dari dua etnis berbeda, seringkali memilih tata rias ini. Pilihlah kreasi-kreasi tata rias wajah dan rambut dari sang maestro dalam buku ini untuk diterapkan bagi para pengantin di hari bahagia mereka.

Demikian cara cepat memanjangkan rambut yang bisa Grameds praktikkan. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait cara memotong rambut juga perawatan diri dan tata rias di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik untuk Grameds.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi