in

Cara Membuat Kulit Putih dengan Cara dan Bahan-bahan Alami

Kulit kusam dapat disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, dehidrasi atau kulit kering, sel kulit mati, ataupun kurang kelembaban. Oleh karena itu, untuk mengatasi kulit kusam, perempuan biasa akan menggunakan produk pencerah kulit. Saat ini, kulit putih dan cerah menjadi idaman bagi kaum perempuan, terutama di Indonesia. Selain menggunakan produk pencerah, ada juga cara membuat kulit putih secara alami menggunakan bahan yang mudah kita dapatkan di sekitar kita.

Cara membuat kulit putih secara alami memang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Akan tetapi, cara tersebut juga memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Sehingga, memutihkan kulit tidak bisa dilakukan dengan cepat. Kita hanya bisa menerapkan beberapa cara membuat kulit putih secara alami. Apabila sudah memperoleh kulit yang putih dan cerah, kita hanya perlu merawatnya supaya tidak kembali kusam dan gelap.

Mungkin ada beberapa produk pencerah atau pemutih yang menawarkan hasil instan, tapi biasanya mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit. Oleh sebab itu, cara membuat kulit putih secara alami dipercaya lebih aman dibandingkan dengan produk pencerah instan karena bahan alami hanya memberikan efek samping yang minim.

Cara Membuat Kulit Putih Secara Alami

Perlu dipahami, pada dasarnya ada beberapa hal yang menentukan warna kulit seseorang seperti genetik dan juga paparan pada sinar matahari. Akan tetapi, apabila kamu menginginkan cara supaya kulit terkesan lebih putih secara permanen dan tanpa adanya efek samping. Terdapat beberapa cara sederhana dan juga alami yang dapat dilakukan di rumah.

Seperti yang sudah kita baha di atas bahwa kebanyakan orang Indonesia sangat terobsesi dengan kulit putih. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang mencari cara supaya permanen dan tanpa adanya efek samping. Warna kulit alami juga bergantung pada zat yang disebut dengan pigmen melanin, yang mana merupakan zat yang diproduksi oleh melanosit yang ada di dalam sel-sel kulit dan memainkan peran utama dalam menentukan warna kulit seseorang menjadi terlihat lebih gelap. Apabila kamu penasaran terkait bagaimana cara membuat kulit putih secara alami, berikut ini adalah beberapa cara membuat kulit putih secara alami, antara lain:

1. Makan-makanan Bergizi

Faktor pertama dan juga penting yang bisa menentukan kulit yang sehat dan bercahaya yaitu asupan makanan. Pastikan untuk selalu mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan juga produk susu rendah lemak dalam diet harian supaya kulit bersinar dari dalam. Hindari gorengan, makanan kemasan, makanan pedas, makanan olahan yang bisa membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Bahkan, makanan tidak sehat tersebut juga bisa menyebabkan munculnya jerawat, bruntusan, dan kulit jerawat melepuh secara tiba-tiba.

2. Minum Air Secukupnya

Dermatologis mengungkapkan bahwa tidak ada yang bekerja seperti air dalam menjaga kulit tetap cerah dan sehat. Oleh karena itu, minum setidaknya 8 gelas air setiap harinya untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Sebab, hal itu juga akan membuat tubuh kamu terhidrasi dan memberikan cahaya alami pada kulit. Selain itu, konsumsi juga buah-buah segar seperti apel, pisang, dan juga milkshake buah untuk membantu memperoleh warna kulit yang lebih putih dan cerah.

3. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Tak hanya minum air putih yang cukup, tapi kamu juga akan memperoleh warna kulit yang lebih cerah dengan cara tidur dan istirahat yang cukup. Pastikan untuk tidur dengan nyenyak selama 8 jam untuk menghindari kulit kusam, berjerawat, lingkaran hitam pada kantung mata, dan kulit menjadi gelap. Pastikan juga untuk berbaring di seprai dan juga sarung bantal yang lebih bersih untuk menghindari berbagai masalah kulit.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

4. Lakukan Detoks Pembersihan Rutin

Jadwal pagi yang sehat memang sangat penting untuk menjaga kulit yang cerah dan bersih. Minum segelas air hangat dengan sedikit jus lemon dan juga sedikit madu ketika perut masih kosong akan bekerja dengan baik dalam memurnikan hati, membersihkan aliran darah, ginjal, saluran kemih dari racun yang berbahaya, dan lainnya. Selain itu, antioksidan vitamin C dalam lemon dan juga sifat antimikroba dari madu menumbuhkan kulit harus, sempurna, lembut, dan bercahaya.

5. Lakukan Pijat Minyak Relaksasi

Pijat seluruh tubuh untuk membantu melepas lelah setelah sebulan stres di tempat kerja. Sebab, pijat akan membantu mengendurkan simpul ketat di otot bahu dan juga punggung serta membantu meredakan ketegangan yang ada pada otot-otot wajah. Pada akhirnya, hal itu akan meningkatkan sirkulasi darah dan juga nutrisi, merangsang produksi kolagen untuk pembentukan sel-sel kulit baru yang halus dan juga jaringan untuk cahaya segar yang alami.

6. Banyak Mengonsumsi Buah Tinggi Vitamin C

Vitamin C akan bekerja dengan cara meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit kencang dan bercahaya. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa penggunaan produk skincare mengandung vitamin C selama 12 minggu bisa menunda gejala penuaan dini. Vitamin ini sudah terbukti mengurangi keriput, mencegah kerusakan kulit, dan juga meningkatkan produksi kolagen yang bisa menyokong jaringan kulit. Selain itu, kulit juga bisa memperoleh manfaat tersebut dengan cara mengonsumsi pepaya, jeruk, jambu biji, dan mangga.

7. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Apabila kamu mendambakan kulit yang sehat dan bercahaya, jangan biarkan kulit kamu terlalu lama terkena sinar matahari. Sebab, paparan sinar ultraviolet dari matahari bisa menyebabkan kulit kusam dan membuat rona warna kulit menjadi tidak merata. Oleh sebab itu, selalu lindungi kulit kamu dengan cara mengoleskan produk tabir surya ataupun sunscreen mengandung SPF 30 setiap kali akan keluar rumah. Pakai tabir surya di bagian wajah dan juga lengan yang lebih sering terpapar sinar matahari.

8. Olahraga Secara Rutin

Olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh, termasuk juga jaringan kulit. Kulit yang menerima cukup asupan oksigen dan juga nutrisi akan terlihat lebih sehat, lembab, dan cerah bersinar. Kamu bisa memperoleh manfaat tersebut cukup dengan melakukan olahraga ringan. Olahraga terbaik untuk kulit antara lain berjalan, jogging, berenang, dan juga bersepeda. Lakukan rutin setidaknya tiga hari dalam seminggu untuk memperoleh hasilnya.

9. Makan Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin

Kulit membutuhkan banyak sekali nutrisi dan antioksidan untuk mempertahankan bentuk dan juga fungsinya, menangkal radikal bebas, dan juga memproduksi kolagen. Vitamin B, vitamin C, dan jug vitamin E merupakan beberapa jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit. Kamu dapat memperoleh semua zat gizi dari makanan sehat berupa buah, sayuran, dan juga kacang-kacangan. Beberapa contoh makanan terbaik untuk kulit antara lain:

– tomat,
– wortel,
– sayuran hijau,
– madu,
– anggur,
– alpukat,
– minyak zaitun, dan
– kacang almond.

10. Menjaga Diet Seimbang dan Sehat

Apa yang kita makan akan mempengaruhi kondisi kulit. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola diet yang sehat dan juga seimbang supaya kulit senantiasa sehat. Hindari konsumsi makanan manis, berminyak, dan juga pedas secara berlebihan. Lebih baik konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C, E, asam lemak omega, dan juga karotenoid.

Cara Membuat Kulit Putih dengan Bahan-bahan Alami

Berbagai macam bahan alami dipercaya bisa membantu memutihkan kulit. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat kamu coba, antara lain:

1. Kunyit

Kunyit adalah bumbu dapur yang sejak zaman dulu sudah digunakan sebagai campuran lulur ataupun masker untuk mencerahkan kulit. Faktanya, kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit mempunyai efek mencerahkan, terlebih pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Untuk memperoleh kulit yang terlihat lebih putih, campurkan parutan kunyit dengan madu dan juga yogurt, kemudian aplikasikan sebagai masker. Supaya kulit cerah dengan maksimal, kamu bisa menggunakan masker kunyit ini selama minimal 4 kali dalam seminggu.

2. Kedelai

Isoflavon yang terkandung di dalam kedelai mempunyai efek pencerah, anti penuaan dini, dan juga antioksidan. Selain itu, kedelai juga bisa melindungi kulit dari kekusaman dan juga kerusakan akibat paparan sinar UVB matahari. Sebuah studi mengungkapkan bahwa penggunaan pelembab wajah yang mengandung ekstrak kedelai selama 12 minggu bermanfaat untuk meratakan warna kulit, memudarkan bintik hitam, dan juga garis-garis halus, serta memperbaiki tekstur kulit.

Sebagai cara membuat kulit putih secara alami, kamu bisa menumbuk ataupun blender kedelai sampai halus. Kemudian, campurkan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta kedelai pada kulit, kemudian diamkan beberapa menit, setelah itu bilas sampai bersih.

3. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang bisa mengurangi bercak hitam dan meredakan jerawat. Cara membuat kulit putih secara alami menggunakan cuka apel bisa dilakukan secara rutin, yakni 1 hingga 2 kali sehari. Untuk caranya, encerkan cuka apel menggunakan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, oleskan larutan tersebut ke kulit, lalu diamkan selama 2 hingga 3 menit, setelah itu bilas.

4. Teh Hijau

ECGC atau Epigallo-catecchin-3-gallate adalah salah satu zat aktif yang ada di dalam teh hijau. Zat yang satu ini memiliki sifat antioksidan dan mempunyai kemampuan sebagai pencerah kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau bisa mengobati melasma ataupun bintik-bintik hitam di wajah. Selain itu, teh hijau juga bisa membantu mengatasi kerusakan DNA akibat paparan sinar UV, mencegah penuaan dini, kemerahan, dan juga melembabkan kulit.

Cara membuat kulit putih secara alami dengan menggunakan teh hijau dapat dilakukan dengan cara mengolahnya menjadi masker. Campurkan satu sendok makan bubuk teh hijau dengan satu sendok makan madu dan satu sendok makan gula pasir. Kemudian, oleskan masker tersebut ke seluruh wajah, diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung aloin, yakni senyawa yang bisa membuat kulit putih dengan cara menghambat pembentukan melanin. Untuk memutihkan kulit secara alami, maka kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya murni sebelum tidur. Kemudian bilas menggunakan air hangat keesokan harinya.

6. Minyak Zaitun

Cara yang dapat kamu lakukan berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Selain baik untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun ini juga bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Hal itu karena minyak zaitun ini bisa mengangkat lapisan kulit mati. Tak hanya itu saja, minyak zaitun juga bisa melembabkan kulit sehingga kulit tidak akan terlihat kusam dan kering.

Cara Membuat Kulit Putih dengan Rutinitas Skincare

Manfaat dari perubahan gaya hidup yang kamu jalani akan menjadi lebih maksimal jika diiringi dengan rutinitas skincare. Berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan rutinitas penggunaan produk skincare yang dapat membantu mengatasi kulit kusam.

1. Rajin Mandi dan Mencuci Muka

Salah satu penyebab kulit terlihat kusam adalah tersumbatnya pori-pori. Sehingga kamu harus menjaga kebersihan kulit dengan mandi sedikitnya sehari sekali dan mencuci muka dua kali sehari. Aktivitas tersebut dapat membantu mencegah tersumbatnya pori-pori akibat minyak dan kotoran. Saat mandi atau mencuci muka, pilih sabun pembersih yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Gunakan sabun yang berbahan lembut dan minim bahan kimia tambahan supaya kulit tidak menjadi kering.

2. Menggunakan Pelembab

Pelembab merupakan salah satu syarat penting untuk memperoleh kulit yang lebih cerah. Gunakan pelembab dalam 2 hingga 3 menit setelah mandi dan mencuci muka supaya kandungan yang ada di dalamnya bisa langsung meresap ke dalam kulit. Selain itu, pastikan kamu memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Bahkan, apabila kulit kamu berminyak, kamu harus tetap menggunakan pelembab. Hanya saja, tentunya kamu perlu memilih pelembab khusus untuk kulit berminyak yang tidak menyumbat pori-pori. Pilihlah pelembab yang mengandung xylitol yang bisa meningkatkan kelembaban dan juga kecerahan kulit.

3. Menggunakan Produk yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C ini dapat membantu mencegah penuaan kulit dan menyamarkan bercak hitam dan coklat yang ada pada kulit. Selain itu, vitamin ini juga bisa mengurangi produksi melanin berlebih yang mungkin saja bisa memperparah masalah kulit kusam di beberapa orang. Sehingga jangan lupa untuk menambahkan vitamin C ke dalam rutinitas skincare kamu. Pilih produk dengan kandungan vitamin C tinggi dan gunakan secara rutin untuk memperoleh hasil yang optimal.

Penggunaan pelembab dan juga serum wajah yang sesuai secara rutin bisa memberikan hasil yang optimal. Selain bisa melembabkan, formula pada rangkaian ini skincare yang mengandung niacinamide bisa membantu mencerahkan kulit dan mengurangi bintik hitam.

4. Gunakan Asam Kojic

Banyak orang yang menggunakan cara membuat kulit putih dengan cara memanfaatkan asam kojic. Senyawa yang satu ini biasanya digunakan sebagai zat pencerah kulit karena bisa menahan fungsi enzim tertentu yang dibutuhkan dalam pembentukan melanin. Kamu bisa menemukan asam kojic ini dalam berbagai macam produk, termasuk juga masker dan sabun cuci muka. Secara umum, dibutuhkan waktu 2 hingga 6 minggu untuk bisa melihat efeknya pada kulit yang kusam.

5. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam mencerahkan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, maka hal itu bisa mengangkat lapisan sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam dan kering. Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan dua cara, yaitu secara mekanik menggunakan scrub atau secara kimiawi dengan menggunakan toner yang mengandung AHA dan BHA. Lakukan eksfoliasi secara rutin yakni satu kali dalam seminggu untuk memperoleh wajah yang lebih putih.

6. Jangan Berlebihan

Jangan menggunakan produk perawatan kulit atau kecantikan secara berlebihan. Hal itu dapat membuat kulit tidak sehat karena produk kecantikan yang kamu beli belum tentu cocok untuk kulit kamu, terlebih jika kamu mempunyai kulit yang sensitif.

Demikian penjelasan mengenai berbagai cara membuat kulit putih secara alami. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang cara merawat kesehatan kulit lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda