in

10 Tips dan Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

unsplash.com

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami – Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk dapat meluruskan rambut secara alami. Salah satu bahan ini diantaranya adalah kombinasi antara minyak zaitun serta telur. Minyak zaitun mengandung hidroksitirosol serta vitamin E yang dapat menutrisi rambut.

Sementara itu, telur sendiri mengandung vitamin, mineral, serta asam lemak yang juga penting untuk pertumbuhan rambut. Bagi sebagian orang, memiliki rambut lurus, yang indah dan modis mungkin akan menjadi sebuah kebutuhan. Sebab, rambut yang lurus akan lebih mudah ditata, jika dibandingkan dengan rambut yang ikal atau keriting.

Alhasil, banyak cara dilakukan untuk mendapatkan rambut lurus idaman secara instan. Seperti diantaranya dengan menggunakan alat untuk meluruskan rambut dengan suhu panas serta bahan-bahan kimia.

Sayangnya, metode ini kemudian dilakukan secara terus-menerus dana akan berbahaya bagi rambut. Salah satu bahayanya diantaranya adalah rambut rontok secara berlebihan. Agar dapat terhindar dari bahayanya, kamu sesungguhnya akan meluruskan rambut dengan menggunakan berbagai bahan alami yang lebih sehat.

Lalu apa saja bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut? Berikut beberapa cara meluruskan rambut secara alami.

Ragam Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

1. Gunakan Campuran Susu dan Madu

Protein dari susu akan sangat bermanfaat dalam menambah kekuatan serta kesehatan pada tubuh. Susu juga mengandung banyak lemak yang akan membantu menghaluskan serta melembutkan madu. Sementara itu, madu kemudian dikenal juga sebagai pelembab alami yang akan menambah kilau pada area rambut.

Untuk menggunakannya, ambillah satu sendok makan madu, serta campurkan dengan susu untuk melembutkan dan meluruskan rambut. Kombinasi dari keduanya juga dapat kamu masukan ke dalam botol semprot. Kamu dapat menyemprot rambut dengan menggunakan larutan tersebut setelah keramas.

Lalu, biarkan selama kurang lebih dua menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kemudian bilaslah dengan menggunakan air biasa.

2. Rambut Lembut dengan Telur dan Susu

Cara membuat rambut lurus berikutnya adalah dengan menggunakan susu dan telur. Telur dengan kandungan protein tinggi yang mampu melemaskan rambut, serta membuatnya jatuh dengan lembut.

Caranya mudah saja, siapkan 3-4 telur (bergantung kepada panjang rambut), lalu pisahkan bagian putihnya. Campurkanlah dengan 3 gelas susu kemudian aduk hingga mengental. Oleskan masker mulai dari akar hingga ke bawah rambut.

Untuk hasil yang maksimal, bungkuslah rambut dengan menggunakan handuk hangat atau shower cap. Diamkan rambut dalam waktu 20-30 menit kemudian bilas dengan menggunakan air dan sampo sampai bersih.

3. Atasi Rambut Kering dengan Pisang

Dilansir dari Health Shots, pisang memiliki berbagai sifat yang dapat melembutkan rambut. Selain itu, pisang juga baik digunakan untuk rambut yang kering serta keriting. Sebab, pisang tak hanya akan membantu meluruskan rambut secara alami, tetapi juga akan memberikan nutrisi mendalam untuk rambut.

Untuk menggunakannya, ambilah dua buah pisang matang sebelum akhirnya menjadi busuk. Haluskan pisang ini dengan menggunakan garpu serta campurkan dengan madu, yoghurt, dan minyak zaitun masing-masing dua sendok makan banyaknya.

Kemudian, blender campuran ini hingga membuatnya menjadi lebih halus seperti sebuah pasta. Oleskan secara merata pada rambut, dan bungkus dengan menggunakan shower cap agar tidak berantakan. Biarkan selama kurang lebih setengah jam, lalu bilas dengan menggunakan air.

4. Telur dan Minyak Zaitun untuk Menutrisi Rambut

Minyak zaitun sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk dapat meluruskan rambut. Alasannya adalah minyak zaitun mengandung hidroksitirosol serta vitamin E, yang sama-sama dapat menutrisi rambut. Tak hanya itu, struktur kimia pada minyak alami tubuh juga memiliki kesamaan dengan minyak zaitun.

Sementara itu telur mengandung kandungan vitamin, mineral, serta asam lemak yang baik bagi kesehatan rambut. Untuk menggunakannya, kamu juga dapat mencampur dua butir telur dengan minyak zaitun. Lalu, oleskan pada rambut merata kemudian biarkan selama kurang lebih 20 menit. Ketika waktunya sudah cukup, cucilah rambut hingga bersih.

5. Telur dan Yoghurt untuk Melemaskan Rambut

Susu bukanlah satu-satunya bahan alami yang berguna untuk meluruskan rambut keriting. Olahan susu seperti yoghurt ini juga sangat berguna dalam melemaskan rambut serta membuatnya menjadi lebih lembut!

Langkahnya cukup mudah, pisahkan 3 putih telur kemudian campurkan dengan 3 cangkir yogurt tawar. Aduk hingga konsistensi masker rambut berubah menjadi pasta. Balurkan pada seluruh bagian rambut kemudian tutup dengan menggunakan handuk hangat. Tunggu hingga handuk dingin dan bilas dengan menggunakan sampo dan air dingin sampai bersih. Lakukan sebanyak seminggu 3 kali.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami
unsplash.com

6. Gunakan Telur dan Tepung Beras Dua Kali Seminggu

Susu bukanlah satu-satunya bahan yang dapat kamu kombinasikan dengan telur. Bahan lainnya adalah tepung beras. Pisahkan satu putih telur kemudian campurkan dengan lima sendok makan tepung beras. Aduk masker rambut organik ini hingga mengental.

Aplikasikan pada seluruh bagian rambut, dari ujung sampai bawah. Pijat kepala dengan gerakan memutar selama kurang lebih dua sampai tiga menit. Diamkan masker di rambut selama kurang lebih satu jam. Bilas dengan menggunakan air hangat dan sampo sampai bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali seminggu.

7. Pepaya dan Madu Ampuh untuk Pertumbuhan Rambut

Pepaya kaya dengan berbagai vitamin serta mineral yang baik digunakan untuk pertumbuhan rambut. Meski Aromanya tidak begitu sedap, namun terbukti ampuh. Caranya Siapkan satu potong pepaya (sesuaikan dengan panjang rambut). Potong-potong serta blender buah pepaya hingga halus, lalu campurkan dengan dua sendok teh madu hingga mengental.

Oleskan pada seluruh bagian rambut dari akar hingga ke ujungnya. Tunggu selama satu setengah jam sebelum kamu membilasnya dengan menggunakan sampo serta air dingin sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin selama seminggu sekali.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami
unsplash.com

8. Ekstrak Lidah Buaya untuk Rambut Lebat dan Lembut

Lidah buaya ataupun aloe vera akan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat serta dapat membuatnya menjadi lebih halus dan lembut. Tak hanya itu, gel atau ekstrak lidah buaya juga dakan dengan mudah meresap ke dalam setiap helai rambut dan menjaga tingkat kelembaban kulit kepala dengan lebih alam.

Maka dari itu, lidah buaya kemudian dapat dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk meluruskan rambut. Jika ingin menggunakannya, campurkan setengah cangkir masing-masing gel lidah buaya serta minyak zaitun hangat. Lalu, pijat campuran ini ke rambut serta kulit kepala, biarkan meresap ke setiap helai rambut.

Tutupi rambut dengan shower cap kemudian biarkan selama sekitar satu sampai dua jam. Selanjutnya, cucilah rambut dengan menggunakan sampo ringan, diikuti dengan penggunaan kondisioner setelahnya.

9. Minyak Kedelai dan Minyak Jarak sebagai Pelurus Rambut

Cara membuat rambut lurus selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kedelai serta minyak jarak. Kedua bahan ini kemudian mampu membuat rambut keriting lebih lurus serta halus. Kamu juga tidak usah khawatir dengan permasalahan rambut lainnya, semuanya kemudian dapat kamu atasi dengan masker rambut ajaib ini.

Caranya mudah saja, yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan minyak jarak serta satu sendok makan minyak kedelai (yang boleh diganti menjadi dua sendok jika rambutnya panjang). Panaskan campuran kedua bahan ini dalam 3 sampai 5 menit.

Tiriskan masker rambut organik sebelum akhirnya dioleskan ke seluruh bagian rambut. Diamkan dalam waktu 30 menit dan kemudian bilas menggunakan sampo dan air hangat.

10. Sedikit Air dan Cuka untuk Rambut Tampak Bersinar

Campuran air serta cuka yang akan menjadikan cara agar rambut menjadi lurus secara alami. Kandungannya sendiri tidak terlalu terlalu keras serta akan membuat rambut terlihat lebih bersinar. Cara membuatnya sendiri mudah hanya dengan mencampurkan empat tetes cuka dengan menggunakan segelas air, dan aduk sampai merata.

Oleskan juga pada batang rambut dengan tidak terlalu banyak serta tidak terlalu tipis. Diamkan dalam waktu 10 sampai 15 menit dan Bilas rambut menggunakan sampo sampai bersih.

11. Tips Lainnya

Selain bahan-bahan alami di atas, kamu juga dapat mencoba cara agar rambut lurus lainnya. Langkah-langkah berikut ini dapat kamu lakukan hanya dengan waktu semalam. Hasilnya hampir sama dengan pergi ke salon untuk smoothing atau rebonding!

Berikut ini adalah cara meluruskan rambut keriting dengan cepat secara permanen dalam semalam saja.

  • Cuci rambut dengan menggunakan sampo, dan pilih sampo yang sesuai dengan kebutuhan, baik itu untuk rambut yang rontok atau rambut yang berketombe.
  • Gunakan conditioner serta diamkan selama kurang lebih 2 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Gunakan sisir gigi yang sangat berguna untuk rambut ikal dan bergelombang. Menyisir dengan menggunakan sisir ini sendiri tidak akan membuat rambut mengembang dan menjadi tetap lurus.
  • Hindari hair dryer panas, hindari mengeringkan rambut dengan menggunakan udara panas. Biarkan rambut kering sendirinya dengan menggunakan temperatur ruangan
  • Gunakan hair roller dan gulung rambut ke dalam, bukan sebaliknya dengan menggulung rambut keluar kemudian hanya akan membuatnya keriting, bukan lurus.
  • Tidur dengan rambut setengah basah, tak perlu menunggu rambut kering sampai pagi. Kamu dapat tidur dengan rambut setengah basah.
  • Masker rambut – manfaatkan masker rambut dari toko terdekat jika kamu tidak percaya dengan masker DIY. Kami Pilihlah yang mengandung deep conditioning agar rambut menjadi lebih mudah lurus.
  • Minyak esensial – cara membuat rambut lurus secara permanen selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak esensial. Gosokkan minyak esensial ini pada ujung rambut dan biarkan hingga kering. Lakukan seminggu 3 kali.

Demikian bahan alami yang dapat digunakan untuk meluruskan rambut. Perlu diingat bahwa dengan meluruskan rambut butuh proses yang konsisten serata tidak instan dan menjadi lurus.

Namun, hal ini tentunya lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan pelurus rambut dengan suhu panas secara berlebihan karena dapat merusak rambut.

Buku-Buku Terkait

1. Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan (Fc)

Madu seperti yang kita kenal sejak lama merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah. Madu begitu populer di masyarakat, karena beragam khasiatnya yang dikenal sejak ribuan tahun yang lalu untuk menyembuhkan penyakit, bahkan menjaga kecantikan kulit.

Khasiat madu telah disebutkan di dalam Alquran sejak ribuan tahun yang lalu. Buku ini menyajikan segala hal tentang madu secara lengkap, mulai dari pengenalan madu, khasiat madu, tip memilih dan menyimpan madu, sampai aneka resep ramuan untuk menyembuhkan penyakit maupun merawat kecantikan kulit dengan madu.

Buku ini dilengkapi juga dengan sejumlah nama dan alamat peternak lebah di Indonesia, jika Anda masih penasaran dengan madu asli, Anda dapat langsung berkunjung ke peternakan lebah ini guna mendapatkan madu yang benar-benar 100% asli.

2. Perawatan Kecantikan Kulit

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Panduan Perawatan Kecantikan Kulit Wajah Saat ini semakin banyak perempuan yang menyadari bahwa kulit wajah yang sehat terawat adalah dasar kecantikan yang hakiki.

Karena itu mereka memberi perhatian khusus pada perawatan wajah, baik yang dilakukan sendiri maupun dengan bantuan terapis di tempat perawatan kecantikan. Tempat-tempat perawatan kecantikan pun akhirnya berkembang pesat seiring kesadaran perempuan untuk merawat kecantikan mereka.

Tak pelak, hal ini menyebabkan semakin besarnya kebutuhan akan terapis kecantikan yang terampil dan mumpuni. Buku ini ditulis bagi mereka yang berminat memasuki dan memperdalam pengetahuan serta keterampilan dalam bidang cosmetology dan aesthetic treatment, mulai dari tingkat yang paling dasar hingga perkembangan terkini.

Di dalamnya disajikan dasar-dasar perawatan kecantikan secara komprehensif. Mulai dari dasar yang harus diketahui para terapis dalam menjalankan tugasnya, menggunakan berbagai alat penunjang dengan tepat dan terampil, hingga sikap tubuh yang tepat dalam berinteraksi dengan pelanggan.

Singkat kata, buku ini benar-benar pegangan yang tepat bagi para terapis kecantikan maupun siapa saja yang bergerak di dunia kecantikan. Buku ini disusun secara cermat, berdasarkan metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun.

Meskipun padat informasi, materi disajikan dalam bahasa yang lugas dan sederhana, yang mudah dipahami serta dipraktikkan.

3. Sehat, Cantik, Bugar dengan Herbal dan Obat Tradisional

Buku ini menjelaskan berbagai cara pencegahan, pengobatan penyakit, maupun cantik alami dengan herbal dan obat tradisional lainnya. Buku ini juga menjelaskan secara lengkap cara-cara mengkonsumsi herbal dan obat tradisional agar aman dan efektif.

Selain itu disertakan pula lampiran profil berbagai jenis herbal yang populer di masyarakat berikut foto pendukungnya sehingga menjadi penuntun yang sangat praktis bagi Anda yang ingin meramu sendiri herbal yang diinginkan.

Dengan mengkonsumsi herbal dan obat tradisional secara tepat tentu manfaat maksimal bagi kesehatan dan kecantikan alami akan Anda rasakan.

4. Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Kulit yang sehat, halus serta bersih sudah pasti menjadi dambaan semua wanita termasuk Anda. Kulit sehat membuat wanita terlihat lebih fresh, cantik serta awet muda. Tentu untuk mendapatkan kulit sehat senantiasa dibutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana langkah untuk perawatan kulit dengan benar? Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis dan mudah.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi BPOM. Jangan sampai produk yang berbahaya ini masih ada di tangan Anda dan digunakan untuk perawatan sehari-hari. Bisa jadi bukan kulit sehat yang Anda dapatkan justru sebaliknya.

5. Bioteknologi Penuaan: Peran Pangan dalam Peremajaan Kulit

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Ingin tetap tampil prima di usia senja? Hal ini sangat bergantung pada komitmen seseorang dalam menjaga kesehatan tubuhnya, terutama sejak muda. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Namun, hanya sedikit orang yang memahami cara yang tepat untuk menjaga kondisi tubuh. F. G. Winarno melalui Bioteknologi Penuaan: Peran Pangan dalam Peremajaan Kulit mengajak Anda untuk memahami cara mengenali tubuh sehingga Anda dapat memilih perlakuan yang tepat bagi tubuh Anda.

Buku ini memaparkan beberapa hal secara mendetail, mulai dari proses kematian sel (apoptosis), sarcopenia, atropi otot, pengerutan otak dan Alzheimer, evolusi kulit, pelebaran pinggul wanita, bioteknologi keremajaan, proses penuaan, sampai genetic editing.

Demikian beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang bisa Grameds coba. Kamu juga bisa membaca buku-buku terkait kesehatan dan kecantikan dengan mengunjungi Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda