in

Mengenal Cara Glow Up Untuk Diri Sendiri yang Perlu Kamu Ketahui

Sumber: Pexels

Cara glow up – Grameds, siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah lembut, tidak kusam, tidak kering atau berminyak, atau bahkan terbebas dari jerawat. Ada juga yang ingin memiliki tubuh yang ramping dan kulit yang lembut. Saat ini, siapapun bisa glow up dan tentunya setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda untuk meng-upgrade dirinya.

Glow up yang sering kita dengar pasti tentang bagaimana bertransformasi menurunkan berat badan, memiliki perubahan dalam gaya hidup yang lebih positif, atau cara merawat kulit yang baik.

Sudah menjadi hal umum apabila seseorang sangat berharap untuk bisa glow up, tetapi tak semua orang memahami cara glow up yang tepat. Kamu tak perlu khawatir karena pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang glow up hingga cara glow up yang bisa kamu lakukan di rumah. Jadi, tunggu apalagi, simak artikel ini sampai habis, ya, Grameds.

Perawatan Kecantikan Kulit

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kecantikan-kulit?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dietkenyang-dengan-cooking-hypnotherapy?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Apa Glow Up Itu?

cara glow up
Sumber: Pexels

Menurut Urban Dictionary, glow up bisa diartikan sebagai transformasi mental, fisik, dan emosional ke arah yang lebih baik. Glow up bisa terjadi dalam waktu yang singkat atau dalam waktu yang lama. Namun sebenarnya glow up sendiri adalah hal yang berbeda untuk setiap orangnya.

Bagi sebagian orang glow up akhirnya bagaimana cara mempercantik diri seperti menghilangkan lemak, menggunakan berbagai jenis obat-obatan untuk tetap menjaga kesehatan kulit dan masih banyak lainnya. Hingga akhirnya pengertin glow up hanya condong pada hal fisik dan berakhir dengan risiko bisa membandingkan diri dengan orang lain yang adalah hal yang negatif dan seharusnya tidak perlu untuk dimiliki.

Jadi kamu bisa glow up tidak hanya secara fisik tetapi secara mental dan sikap. Sebenarnya keduanya saling berkaitan lho Grameds, jika kita meningkatkan kesehatan mental maka juga ada perbedaan besar dalam penampilan diri kamu sepenuhnya.

Langkah-Langkah Menuju Glow Up

cara glow up
Sumber: Pixabay

Jika kamu ingin glowing dalam semalam seperti cinderella, tentu kamu tidak akan dapat mewujudkan keinginan kamu. Glow up terjadi karena rutinitas yang dilakukan setiap harinya. Tidak ada kata terlambat untuk kamu bisa menjadi glow up. Kamu cukup melakukan beberapa kebiasaan simpel yang ternyata memiliki manfaat besar untukmu.

1. Menetapkan Goals

Jika kamu ingin mencapai sesuatu, kamu pasti perlu untuk membuat goals atau tujuan kamu. Kamu bisa memulai dengan mengambil jurnal atau menuliskan pada kertas kosong yang kamu tempel di tembok kamar dan kamu bisa melihatnya setiap hari. Renungkan dan tuliskan prioritas kamu, hal-hal yang penting untuk kamu dan apa yang kamu ingin capai sebagai motivasi kamu mencapai tujuan.

Kamu juga boleh menetapkan tujuan jangka panjang atau pendek, yang penting kamu bisa mengukur kembali dengan kemampuan yang kamu miliki. Ingat ya, grameds jangan dipaksakan karena nanti hasilnya bisa saja mengecewakan.

2. Memperhatikan Asupan Makanan

Memiliki pola makan dan memakan makanan yang sehat adalah bagian penting untuk memulai gaya hidup sehat. Jika kamu ingin menjalani diet, kamu tetap harus makan makanan yang tetap memiliki nutrisi sehingga kamu memiliki energi untuk menjalani aktivitas. Kamu bisa mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang kaya akan Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B Kompleks, Kalsium, dan Zat Besi. Contoh buahnya adalah stroberi, blueberry, pisang. Sayur yang bisa kamu makan seperti brokoli, bayam dan selada air.

Ingat ya grameds, jangan menjalankan diet kilat dengan cara tidak makan sama sekali atau menggunakan obat-obatan. Penuhi asupan makanan dengan baik agar badan kamu sehat dan bugar. Temui dokter atau belajar dari pakar diet untuk mengetahui pola makanmu.

2. Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Tubuh kita memiliki kandungan air sebanyak 60% hingga 70%. Air berguna dan sangat penting bagi kinerja organ tubuh. Karena, meminum air putih yang cukup bisa membantu kulit terhidrasi dengan baik dan membantu tubuh kamu melawat racun dengan lebih baik. Kamu bisa mengkonsumsi air putih sebanyak 6-8 gelas per hari atau sekitar 2 liter per hari.

Jika kamu adalah tipe orang yang lupa untuk minum air putih, kamu bisa men-download aplikasi untuk mengingatkan jadwal minum dan mencatat asupan minum kamu. Kamu juga bisa menggunakan catatan kecil yang di tempel di pintu atau kulkas.

3. Rutin Berolahraga

Berikutnya yang bisa kamu coba untuk glow up adalah mengeluarkan keringat dari tubuh kamu. Dengan berolahraga kamu bisa menurunkan atau bahkan menambah berat badan. Ketika kita olahraga tubuh kita akan mengeluarkan racun bersamaan dengan keringat, serta meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada tubuh, termasuk kulit wajah.

Olahraga yang bisa kamu lakukan bisa dimulai dari yang ringan seperti menari, yoga. Jika kamu suka yang berat bisa kamu mulai dengan angkat beban atau lari. Dengan berolahraga kamu bisa melancarkan metabolisme loh. Kamu bisa rutin berolahraga 3-5 kali dalam seminggu.

4. Coba Gaya Rambut Baru

Pernah mendengar istilah rambutmu adalah mahkotamu? Untuk memperbaharui penampilan, kamu bisa mencoba gaya rambut baru loh. Mungkin kamu akan terlihat menjadi orang yang berbeda setelah mengubah gaya rambutmu. Kamu bisa memulainya dengan mengganti model potongan rambut atau bahkan mewarnai rambut dengan warna yang tidak biasa.

Jika kamu belum pernah berponi, mungkin kamu bisa menggunakan poni untuk tampilan baru kamu ini. Kamu bisa saja menemukan kepercayaan diri baru dengan gaya rambut yang tidak biasa. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa minta rekomendasi kepada teman atau kepada karyawan salon langganan.

5. Memperhatikan Kebersihan Diri

Kebersihan adalah peran yang paling utama dalam membuat penampilan kamu menjadi menawan. Hal-hal sederhana yang perlu diperhatikan dalam kebersihan seperti menyikat gigi pagi dan malam, keramas 2 hari sekali. Jika lawan bicara mu melihat gigimu bersih rambutmu wangi pasti akan terlihat nyaman.

6. Istirahat yang Cukup

Tidur adalah salah satu cara kita agar kita bisa beristirahat dari kegiatan atau aktivitas yang kita jalankan selama seharian penuh. Jika kamu memiliki kebiasaan untuk mengerjakan tugas atau nonton Netflix hingga subuh mungkin kebiasaan ini perlu kamu tinggalkan sekarang. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik kamu harus tidur selama 7-9 jam per hari. Jika kamu memiliki waktu tidur yang cukup maka kulitmu juga akan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan regenerasi.

Regenerasi kulit bertujuan agar kulit mu tetap kencang, cerah dan terlihat segar. Jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat maka kulit kamu akan memproduksi hormon penyebab stres seperti kortisol yang menyebabkan peradangan pada kulit seperti jerawat. Oleh karena itu, mulai sekarang usahakan untuk tidur dengan tepat waktu.

7. Belajar Merias Diri

Jika kita ingin berpenampilan berbeda dengan diri kita yang dulu, kita harus membuat perubahan besar pada diri kita tentunya. Jika kamu perempuan kamu bisa memulai dengan menabung untuk membeli alat-alat makeup dan pelajari cara merias diri di youtube atau media sosial lainnya. Kamu juga bisa mencari inspirasi pakaian yang cocok denganmu dan mencoba pakaian yang belum kamu pernah pakai sebelumnya.

Jika kamu laki-laki, kamu bisa mencoba dengan gaya rambut baru, kamu juga bisa merias diri dengan mengganti cara berpakaian kamu sehingga lebih fashionable. Selain itu, kamu bisa menggunakan pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh, atau menggunakan baju yang memiliki motif garis vertikal membuat kamu terkesan lebih langsing nah kalau moti horizontal bisa menonjolkan lekuk tubuh. Kamu bisa menggunakan sepatu bot agar kamu terlihat lebih tinggi.

8. Mencintai Diri Sendiri

Ini adalah bagian penting jika kita ingin berubah menjadi lebih baik. Kita harus mencintai diri kita sendiri dan percaya pada diri sendiri. Jika kita mencintai diri sendiri dan percaya diri maka aura yang akan kita pancarkan juga lebih positif sehingga orang-orang yang berada di sekitar kita pun akan melihat dirimu dengan apa adanya dirimu. Kamu juga bisa melakukan afirmasi positif untuk menentang hal-hal negatif yang mengganggu mu. Contoh afirmasi positif yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengucapkan pada diri sendiri bahwa kamu berhak bahagia, kamu cantik, kamu keren, kamu ganteng dan kamu bisa meraih cita-cita kamu.

9. Selalu Bersyukur dan TIdak Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Selain memiliki goal untuk glow up, kita juga perlu untuk mengembangkan budaya bersyukur loh. Dengan bersyukur kita bisa melepaskan stres dan tetap tenang serta meningkatkan fokus. Bersyukur kamu bisa dapat dipraktikkan dalam beberapa cara seperti mengelola stres dengan baik, mengembangkan kesadaran dalam situasi sulit atau mulai menulis jurnal. Kamu juga jangan mudah untuk membandingkan dirimu dengan orang lain.

Meskipun terkadang temanmu memiliki karir yang luar biasa atau semua teman sebayamu berpacaran dan kamu single atau bahkan teman mu berhasil menurunkan berat badan. Ketika kamu mencapai titik ini, kamu hanya perlu mempercayai jalan hidup yang ditakdirkan. Jadi, jangan bandingkan kehidupan dan pencapaianmu dengan pencapaian orang lain.

Itulah 9 langkah yang bisa kamu lakukan agar bisa glow up. Semua cara di atas, sebaiknya dilakukan secara rutin dan penuh kesabaran. Hal ini karena untuk glow up tidak bisa dilakukan begitu saja atau lebih tepatnya membutuhkan waktu.

Setelah membahas tentang cara glow up, maka pembahasan yang akan dibahas adalah cara merawat kulit, Grameds.

#Dietkenyang Dengan Cooking Hypnotherapy

https://www.gramedia.com/products/dietkenyang-dengan-cooking-hypnotherapy?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dietkenyang-dengan-cooking-hypnotherapy?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Merawat Kulit

Tidak hanya melakukan pola hidup sehat, kamu juga perlu melakukan perawatan kulit dari luar loh. Ada beberapa tahap yang bisa kamu lakukan untuk melakukan perawatan kulit dari luar agar menjaga kesehatan kulit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Memakai Sunscreen

Memakai sunscreen ketika ingin beraktivitas sangat lah penting, Grameds. Meski kamu tidak beraktivitas diluar dan terpapar sinar matahari secara langsung, kamu tetap harus menggunakan sunscreen pada siang hari. Bagi kamu yang beraktivitas di luar dan langsung terpapar sinar matahari, dengan memakai sunscreen kamu akan meminimalisir exposure terhadap sinar UV yang berlebihan. Sinar UV ini sangat tidak baik untuk kulit, Grameds, kulit kamu bisa menjadi kering dan kehilangan vitamin bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Rutin untuk Double Cleansing

Grameds, apakah kamu sudah mengetahui jenis kulitmu? jika kamu belum mengetahui jenis kulitmu, kamu harus mengetahui apakah kulit kamu kering atau berminyak atau kombinasi. Jika kamu sudah mengetahui jenis kulitmu, maka kamu bisa memilih produk untuk melakukan double cleansing.

Jika kamu memiliki tipe kulit yang kering, kamu bisa menggunakan cleanser yang berbahan minyak seperti cleansing oil dan cleansing balm. kamu juga bisa menggunakan cleanser dengan berbahan dasar susu yaitu milk cleanser. Sedangkan jika kamu memiliki kulit berminyak kamu bisa menggunakan cleanser yang berbahan air seperti cleansing foam, atau micellar water.

3. Melakukan Eksfoliasi Rutin Setiap Minggu

Double Cleansing saja ternyata tidak cukup lho grameds, kamu juga harus melakukan eksfoliasi kulit yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang mengendap pada kulit wajah.

Kamu tidak bisa melakukan step ini setiap hari ya grameds, jika kamu melakukan step ini terlalu sering maka akan membuat skin barrier kamu menjadi rusak dan menipis yang akan menimbulkan masalah kulit lainnya seperti jerawat, iritasi dan kemerahan. Kamu cukup melakukan eksfoliasi seminggu dua kali atau seminggu sekali. Kamu bisa menggunakannya selama 10 menit sambil digosok perlahan kemudian basuh dengan air bersih.

Jika kamu tidak ingin menggunakan eksfoliasi dengan jenis produk perawatan kulit, kamu bisa menggunakan eksfoliasi dengan cara alami yaitu scrub muka mu dengan kopi dan gula untuk mengangkat sel kulit mati. Cara pemakaiannya sama dengan eksfoliasi dengan menggunakan produk perawatan kulit.

4. Memakai Sheet Mask

Sheet mask berguna untuk tetap menjaga kelembaban kulit wajahmu dan membantunya agar tetap cerah. Kamu bisa menggunakan sheet mask dengan bahan alami atau menggunakan sheet mask dengan merk masker yang biasa kamu gunakan. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan sheet mask seminggu 2 kali ya Grameds.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak kamu bisa membuat masker alami dengan paduan madu dan putih telur, stroberi, jeruk, lemon atau perpaduan madu dan pisang.

Jika kamu berjerawat kamu bisa membuat masker dengan nanas, putih telur, teh basi, lidah buaya, tomat dan juga pepaya. Kamu bisa mencoba dengan bahan yang ada dirumahmu.
Jika kamu memiliki kulit kering, kamu bisa menggunakan masker dari minyak zaitun, madu, susu dan lidah buaya.

5. Gunakan Skincare Sesuai dengan Kulit

Untuk kulit yang glowing dan juga bersinar, kamu bisa memulai menggunakan rangkaian skincare mulai dari toner, serum, moisturizer hingga krim malam dan siang. Lakukan rutinitas ini agar kulit kamu tetap terawat, Grameds.

All About Skincare

https://www.gramedia.com/products/all-about-skincare?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/all-about-skincare?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Dari semua pembahasan di atas dapat dikatakan bahwa salah satu cara untuk glow up ini bisa dilakukan dengan mencintai diri sendiri. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk menerima kekurangan yang kita miliki.

Nah itu dia grameds cara glow up yang bisa kamu lakukan di rumah. Ingat ya grameds, glow up tidak terjadi secara instan, maka dari itu kamu perlu bersabar menjalani prosesnya. Jadi, kapan kamu akan ada rencana untuk glow up?

Jika Grameds ingin mencari tahu lebih banyak tentang diet atau glowing dan buku-buku lainnya, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi