in

7 Bahaya Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan

7 Bahaya Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan – Bahaya mandi di malam hari kerap tidak disadari. Banyak orang yang mandi di malam hari karena beberapa alasan. Seperti baru menyelesaikan pekerjaannya atau karena gerah dan gatal.

Namun, perlu diingat bahwa bahaya mandi di malam hari ini sering dilupakan. Maka dari itu, sebaiknya jangan terlalu sering mandi di malam hari. Artikel ini akan membahas mengenai tujuh bahaya mandi di malam hari.

Bahaya Mandi di Malam Hari

1. Memicu asam urat

Bahaya mandi di malam hari selanjutnya adalah dapat memicu asam urat. Asam urat adalah sebuah kondisi yang akan menyebabkan gejala nyeri. Nyeri yang dirasakan juga seringkali tidak tertahankan.

Selain itu, akan adanya sebuah pembengkakan. Rasa panas di sekitar persendian juga akan terjadi. Sebetulnya, semua sendi yang ada di tubuh memiliki risiko terkena asam urat.

Akan tetapi, sendi yang paling sering terkena asam urat adalah jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jari tangan. Umumnya, asam urat lebih sering menyerang para pria. Khususnya pria yang sudah berusia di atas 30 tahun.

[algolia_carousel]

Ada beberapa gejala asam urat yang bisa kamu amati, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Terasa sangat sakit di area sendi. Rasa sakit tersebut terjadi secara mendadak.
  • Mengalami kesulitan berjalan. Hal tersebut karena rasa sakit yang mengganggu. Kesulitan ini akan sering terjadi pada malam hari.
  • Rasa nyeri akan berkembang dengan cepat. Bahkan dalam hitungan jam.
  • Perkembangan rasa nyeri disertai dengan pembengkakan, nyeri yang hebat, rasa panas dan munculnya kemerahan pada lapisan kulit.
  • Kulit pada area sendi akan bersisik dan berkelupas. Hal itu terjadi ketika gejala mereda.
  • Bengkak akan mengempis ketika gejala mereda. Selain itu, akan disertai dengan rasa gatal

Gejala asam urat terkadang dapat mereda dengan sendirinya. Akan tetapi, tetapi harus dilakukan pengobatan. Hal ini untuk mencegah risiko kambuh dengan gejala yang semakin parah.

Mandi pada malam hari akan memicu serangan asam urat. Asam urat sebenarnya akan timbul ketika tubuh terlalu banyak dimasuki oleh zat purin. Hal itu akan menyebabkan asam urat meningkat.

Ini juga akan menyebabkan ginjal tidak dapat menampung atau membuang zat itu. Maka dari itu, untuk menghindari pemicu asam urat disarankan untuk tidak sering mandi di malam hari.

Cara Jitu Mengatasi Asam Urat
Cara Jitu Mengatasi Asam Urat

tombol beli buku

Buku singkat Cara Jitu Mengatasi Asam Urat ini menjadi penting untuk dibaca. Buku ini mengulas secara ringan dan komprehensif segala hal yang perlu diketahui oleh orang awam seputar asam urat , dari mulai pengertian , gejala-gejala, pencegahan, hingga penanganannya secara medis sehingga seseorang dapat hidup dengan tenang dan bahagia, meskipun terkena asam urat. Buku ini juga menyajikan berbagai tip dan trik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, dengan demikian diharapkan setiap orang dapat mulai menjaga kesehatannya secara terarah dan tidak lagi khawatir untuk datang kepada dokter, jika diperlukan.

2. Membuat nyeri pada otot

Bahaya mandi di malam hari salah satunya adalah dapat membuat nyeri pada otot. Hal ini karena air dingin yang masuk ke dalam tubuh. Air tersebut masuk melalui pori-pori. Itulah yang menyebabkan nyeri pada otot.

3. Menyebabkan penyakit radang sendi

Salah satu bahaya mandi di malam hari adalah dapat menyebabkan penyakit radang sendi. Penyakit radang sendi ini juga dapat disebut rematik. Rematik atau yang memiliki nama lain rheumatoid arthritis merupakan salah satu penyakit autoimun.

Penyakit ini akan menyebabkan peradangan di sendi-sendi. Peradangan terutama akan berada di lapisan sendi atau synovium. Hal ini akan menyebabkan kerusakan di sendi secara sepenuhnya.

Umumnya, kerusakan sendi dapat terjadi pada kedua sisi tubuh. Ini diawali dari jari tangan dan jari kaki. Setelah itu, peradangan akan menyebar.

Penyebarannya mencapai pergelangan kaki, kaki, lutut, pergelangan tangan, siku, bahu bahkan pinggul. Sendi-sendi yang mengalami peradangan dapat memunculkan beragam gejala.

Gejala tersebut akan mengganggu aktivitas. Salah satu penyebab dari rematik adalah seringnya mandi pada malam hari. Selain itu, menurut para ahli penyakit rematik ini juga disebabkan karena kelalaian genetic yang menyerang orang produktif.

Ada beberapa gejala rematik yang bisa kamu waspadai. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Rasa nyeri pada sendi-sendi
  • Area sendi terasa hangat ketika tersentuh.
  • Area sendi akan terasa kaku pada pagi hari.
  • Adanya kemerahan pada bagian sendi.
  • Adanya memar pada bagian sendi.
  • Penurunan pada fungsi sendi.

Meskipun penyakit ini tidak dikategorikan pada penyakit yang berbahaya, tetapi harus dicegah. Hal ini karena rematik akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mencegahnya, cobalah untuk mengurangi mandi pada malam hari.

Selain itu, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan air hangat. Selain dapat membantu meredakan rematik, mandi air hangat di malam hari juga akan membuat tidur terasa lebih lelap.

Mencegah Dan Mengatasi Berbagai Penyakit Sendi, Asam Urat, R
Mencegah Dan Mengatasi Berbagai Penyakit Sendi, Asam Urat, R

tombol beli buku

Buku ini akan menjelaskan  dengan gamblang berbagai penyakit sendi dan apakah rematik itu. Bagaimana hubungan atau perbedaan rematik, artritis, gout, artritis reumatoid serta penyakit sendi dan otot lainnya dan penyakit lain mirip rematik seperti pseudogout, bursitis, tendinitis dan tenosinovitis, demam rematik, polimialgia, penyakit lyme, ankylosing spondylitis, artritis septik akut, fibromyalgia, kondromalasia, osteochondritis dissecans.

Bahaya Mandi di Malam Hari

4. Gangguan pada metabolisme tubuh

Bahaya mandi di malam hari juga akan menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh. Hal ini terjadi karena suhu tubuh akan cenderung mulai melemah. Selain itu, tubuh akan membutuhkan istirahat.

Berikut ini adalah beberapa gejala gangguan pada metabolisme tubuh:

  •   Tubuh akan terasa lebih lemas dari sebelumnya
  •   Merasa sangat mual, bahkan ingin muntah
  •   Tidak selera makan
  •   Merasa sakit perut
  •   Bah nafas, air liur, urin dan keringat tidak sedap
  •   Kulit dan mata berubah warna menjadi lebih kekuningan
  •   Perkembangan fisik akan lebih lambat dari sebelumnya
  •   Sesekali akan merasakan kejang

Saat mandi dan pori-pori terbuka, maka air akan masuk ke dalam tubuh. Inilah yang membuat hormon tubuh terganggu. Akan tetapi, ini dapat diatasi. Kamu bisa menggunakan air hangat untuk mandi di malam hari.

BACA JUGA: Hati-Hati Ladies! Ini Jenis Makeup yang Pantang Dipinjamkan & Bahayanya

5. Hidung akan meler

Bahaya mandi di malam hari selanjutnya adalah dapat membuat hidung menjadi meler. Grameds, apakah kamu pernah mengalami kondisi hidung yang meler? Pada kondisi ini, hidung akan mengeluarkan lendir secara terus menerus.

Hal tersebut biasa terjadi pada malam hari. Salah satu penyebabnya dapat karena terlalu sering mandi di malam hari. Saat malam hari, tubuh membutuhkan istirahat.

Akan tetapi, saat tubuh yang seharusnya istirahat malah disiram dengan air dingin. Ini akan membuat suhu tubuh menjadi naik. Tak jarang bahkan menjadi demam.

[algolia_carousel page=2]

6. Mengalami demam

Bahaya mandi di malam hari juga akan mengakibatkan demam. Demam umumnya terjadi karena adanya reaksi dari sistem imun. Sistem imun akan melawan jamur, bakteri, infeksi virus, bahkan parasite penyebab penyakit.

Ada beberapa penyakit yang sering mengakibatkan demam. Seperti radang tenggorokan, flu, infeksi saluran kemih dan lain sebagainya. Demam ini dapat terjadi pada siapapun baik anak-anak maupun orang dewasa.

Demam akan ditandai dengan suhu tubuh yang tinggi. Ketika demam, suhu tubuh akan lebih dari 380C dibandingkan dengan suhu tubuh normal. Umumnya antara 36,10C sampai 37,20C.

Demam juga akan disertai dengan gejala-gejala. Beberapa gejala demam di antaranya adalah merasa sakit kepala, tubuh akan berkeringat, tetapi tubuh akan terasa dingin sampai menggigil. Di samping itu, akan kamu akan merasakan lemas yang disertai dengan nyeri otot dan hilangnya nafsu makan.

Ketika malam hari, suhu tubuh cenderung akan panas. Tubuh yang panas dan tersiram air akan meningkatkan suhu tubuh. Maka akan mengakibatkan demam. Demam ini biasanya akan terasa pada malam saat tidur, atau saat bangun tidur.

Berteman Dengan Demam
Berteman Dengan Demam

tombol beli buku

Buku Bersahabat dengan Demam akan memberikan bekal ilmu kesehatan sehari-hari yang harus dimiliki semua orang yang terlibat dalam pengasuhan anak, khususnya orangtua.

7. Mengalami penuaan dini

Grameds, bagi kamu yang suka mandi di malam hari harus berhati-hati. Salah satu bahaya mandi di malam hari adalah karena akan mengalami penuaan dini. Hal ini karena kondisi tubuh setiap orang berbeda.

Hal ini akan mengakibatkan tidak semua orang akan tahan saat mandi di malam hari. Terlebih jika mandi menggunakan air yang dingin. Mandi di malam hari akan mengakibatkan adanya peningkatan metabolisme tubuh.

Maka tubuh akan membutuhkan suplai oksigen dan kalori yang tinggi. Itu berguna untuk menstabilkannya. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan air hangat ketika mandi di malam hari.

Grameds, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja bahaya mandi di malam hari. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mulai menghindari kebiasaan mandi di malam hari. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan air hangat.

Temukan informasik menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Bahaya Mandi di Malam Hari

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih