in

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kandungan Minyak Zaitun

Sumber: Pexels

Manfaat minyak zaitun untuk wajah – Minyak Zaitun sangat bagus untuk perawatan kulit, terutama kulit wajah. Bagi mereka yang memang cocok memakai minyak Zaitun, minyak ini dapat dijadikan sebagai skincare yang digunakan sebelum tidur. Minyak Zaitun ini sangat kaya vitamin E yang bagus bagi kulit. Juga terdapat antioksidan yang dibutuhkan oleh kulit wajah.

Oleh sebab itu, minyak zaitun bisa dibilang sebagai salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan terutama bagi para wanita. Terlebih lagi, saat ini, minyak zaitun sudah mudah untuk didapatkan, baik itu secara offline atau online.

Meskipun begitu, supaya lebih yakin dalam membeli minyak zaitun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan teman yang sudah ahli dalam bidang kecantikan. Hal ini perlu dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat minyak zaitun untuk waja? Nah, jika ingin mengetahui apa saja manfaat minyak Zaitun untuk wajah, simak ulasan artikel berikut sampai selesai ya.

Ada baiknya, kita membahas tentang takaran minyak zaitun terlebih dahulu. Takaran ini perlu digunakan agar minyak zaitun yang kamu gunakan tidak berlebihan.

Takaran yang Tepat dalam Memakai Minyak Zaitun

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk digunakan. Begitu juga dengan minyak Zaitun. Memang, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari minyak ini, terutama bagi kulit wajah Anda. Namun, penggunaannya juga harus sesuai dengan takaran. Sebab, jika berlebihan, justru akan membuat kulit menjadi tidak sehat.

Penggunaan minyak Zaitun yang bagus adalah tidak terlalu banyak, cukup beberapa tetes saja sampai terlihat berkilap di telapak tangan, baru kemudian dioleskan ke wajah. Lapisan minyak sebaiknya hanya berupa lapisan tipis saja dan jangan sampai ketebalan.

Jika penggunaannya berlebihan, maka justru dapat menyumbat pori-pori, dan menyebabkan munculnya jerawat pada beberapa jenis kulit. Jadi, gunakan minyak zaitun untuk wajah secukupnya saja ya. Hal ini perlu dilakukan supaya manfaat yang didapatkan tercukupi. Apalagi jika kulit wajah kalian sensitif, gunakan perlahan dan secukupnya saja.

Kandungan pada Minyak Zaitun

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Sumber: Pixabay

Minyak Zaitun adalah produk yang diolah dari ekstrak buah Zaitun. Ada banyak sekali khasiat pada minyak Zaitun, terutama untuk kulit dan wajah. Bahan alami ini juga sudah terkenal dan
terbukti menjadi obat alami, sumber makanan, dan juga dipercaya dalam beberapa upacara adat keagamaan.

Minyak yang didapatkan dari perasan buah Zaitun ini sudah diolah kurang lebih 6000 tahun yang lalu di daerah Iran, Palestina, dan kawasan Mediterania. Minyak yang memiliki nama Olive Oil ini juga dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan jantung. Oleh sebab itu, sudah banyak penderita jantung yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun. Biasanya dicampurkan pada bahan makanan, seperti salad.

Adapun kandungan gizi pada olive oil yakni 884 kalori, 100 gram lemak dalam 100 mililiter minyak. Jumlah tersebut sudah memenuhi 153% kebutuhan lemak harian setiap orang. Nah, mungkin kandungan lemaknya memang tergolong tinggi, tetapi lemak tersebut adalah lemak baik atau asam lemak tak jenuh tunggal.

Nah, untuk cara produksinya sendiri didapat dari buah Zaitun yang sudah matang dari pohon. Kemudian, diekstrak dengan cara tradisional atau modern. Umumnya, setelah dipetik, akan dibuat menjadi pasta, lalu dituang ke wadah. Kemudian, melalui proses sentrifugasi, cairannya akan terpisah dengan ampasnya. Setelah itu, minyak Zaitun akan disimpan dalam wadah guna menjaga kualitasnya.

Berikut adalah kandungan nutrisi pada sesendok minyak Zaitun secara rinci:

  • 9,9 gram asam lemak baik atau asam lemak tak jenuh tunggal
  • 0 gram = gula
  • 119 kalori
  • 0 gram = karbohidrat
  • 1,9 gram = lemak jenuh
  • 1,4 gram = lemak tak jenuh ganda
  • 13,5 gram = lemak
  • 0 gram = protein
  • 0 gram = serat

Sementara itu, manfaat Olive Oil bagi wajah didapat dari kandungan vitamin yang terkandung didalamnya. Di antaranya adalah vitamin A, vitamin D, vitamin K, dan juga vitamin E. Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan beragam cara, baik mengoleskan langsung pada kulit, mencampurnya dengan bahan lain lebih dulu, atau dikonsumsi langsung.

Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Sumber: Pexels

Seperti yang sudah disebutkan di atas, minyak Zaitun baik untuk kesehatan kulit wajah. Jadi, jika belum pernah mencoba, silakan untuk mulai menggunakannya. Kandungan vitamin E dan antioksidannya bagus untuk kulit wajah. Jadi, tak perlu banyak biaya untuk membuat kulit nampak lebih sehat dan terang alami.

Jika ingin merawat wajah lebih baik, cobalah juga untuk membaca buku Gramedia berjudul Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri.

https://www.gramedia.com/products/conf-cara-mudah-merawat-kulit-wajah-sendiri?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-cara-mudah-merawat-kulit-wajah-sendiri?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi .

Nah, berikut adalah beberapa manfaat minyak Zaitun untuk kulit wajah yang perlu Anda ketahui.

1. Membuat Kulit Wajah Lebih Kencang

Manfaat minyak Zaitun untuk wajah yang pertama adalah mengencangkan kulit. Kandungan zat linoleic acid pada minyak ini dapat membuat kulit terasa lebih kencang. Lalu, antioksidan yang ada juga dapat melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan. Untuk mendapat manfaat tersebut, Anda bisa mencampurkan minyak Zaitun dengan madu. Lalu, aplikasikan campuran minyak dengan madu ke wajah, tunggu sampai kering sekitar 5-15 menit, kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat.

Selain dengan campuran madu, cobalah untuk mencampurnya juga dengan lemon. Campurkan perasan lemon dengan minyak Zaitun. Jangan lupa tambahkan sedikit garam. Jika sudah, aplikasikan ke wajah dan pijat-pijat wajah Anda dengan lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silakan ulangi membuat dan memakai masker tiga kali seminggu.

2. Memperkecil Pori-Pori

manfaat minyak zaitun untuk wajahSumber: Pexels
Sumber: Pexels

Kedua, minyak Zaitun juga dipercaya mampu mengecilkan pori-pori. Jika pori-pori pada wajah terlihat besar, tentu Anda akan merasa kurang percaya diri. Selain itu, juga memiliki efek munculnya banyak minyak di wajah dan komedo.

Namun, tak usah khawatir, karena dengan bahan alami minyak Zaitun, Anda bisa mengecilkan pori-pori. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak Zaitun pada wajah setelah dibersihkan. Terutama pada bagian yang berpori besar dan berminyak. Jika Anda melakukannya dengan rutin, maka pori-pori wajah pun akan menjadi kecil.

3. Menjadi Scrub Bagi Kulit Kering Dan Bersisik

Manfaat minyak Zaitun juga dapat dirasakan oleh Anda yang memiliki kulit kering dan cenderung bersisik. Minyak Zaitun memiliki zat yang memberikan kelembapan ekstra bagi kulit. Termasuk juga menjadi obat bagi kulit yang meradang, kering, dan bersisik. Untuk mendapatkan hasil maksimal, cobalah untuk mencampur minyak Zaitun dengan garam laut, kemudian dijadikan sebagai scrub bagi wajah. Untuk takaran yang digunakan, sebaiknya adalah 3:5 atau 3 untuk minyak zaitun dan 5 untuk garam laut.

Setelah diaplikasikan ke wajah, lalu pijat-pijat dengan pelan, mulai dari atas ke arah hidung, dan di kulit yang kering. Campuran dua bahan alami tersebut akan membantu mengelupas kulit yang kering, juga menambah kelembapan kulit wajah.

4. Membantu Menghaluskan Kulit Wajah

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Sumber: Pixabay

Minyak Zaitun juga dapat dijadikan sebagai bahan alami pemutih wajah. Anda tentu akan berpikir ulang untuk membeli produk non alami yang dipakai untuk memutihkan wajah. Pasalnya, produk tersebut kerap memakai bahan-bahan yang berbahaya. Justru, bahan tersebut dapat merusak kesehatan kulit wajah. Maka dari itu, bahan alami pemutih wajah menjadi pilihan paling tepat.

Hasil yang maksimal bisa Anda dapatkan ketika mencampurnya dengan pepaya. Pepaya mengandung enzim papain, yang sangat bagus untuk membantu meregenerasi kulit. Adapun berbagai vitamin (vitamin A, E, dan C) yang terkandung juga dapat membantu melembabkan, menutrisi, serta menghaluskan kulit wajah. Pepaya juga sudah lama dipercaya sebagai tabir surya alami, yang melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Jadi, campuran keduanya tentu akan membuat kulit wajah lebih cepat halus dan cerah. Cara membuat campurannya yaitu:

  1. Haluskan pepaya lebih dulu, lalu masukkan ke wadah yang bersih.
  2. Setelah itu, masukkan dua sendok minyak zaitun.
  3. Selesai, campuran tersebut sudah bisa diaplikasikan ke wajah. Anda bisa mengoleskannya secara merata ke wajah, lalu biarkan kering kurang lebih 30 menit.
  4. Jika sudah, bilas dengan air hangat dan rasakan perbedaannya.

5. Menjadi Sunblock Alami

Manfaat berikutnya adalah sebagai sunblock alami. Minyak zaitun mampu melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari secara langsung, sehingga Anda tak perlu takut kulit wajah menghitam atau rusak ketika keluar rumah. Cukup gunakan minyak Zaitun secara merata untuk melindungi kulit. Adapun zat antioksidan serta antiradang pada minyak Zaitun juga dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah Anda. Jadi, tak usah ragu lagi dengan manfaat baik dari minyak Zaitun untuk wajah ya.

Nah, jika ingin memiliki kulit sehat alami, Anda juga bisa membaca buku Gramedia berjudul The Little Book of Skin Care

https://www.gramedia.com/products/the-little-book-of-skin-care-rahasia-kecantikan-korea-untu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/the-little-book-of-skin-care-rahasia-kecantikan-korea-untu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

6. Melindungi Kulit Wajah dari Radang

Seperti yang kita ketahui, vitamin E sangat bagus untuk kulit. Vitamin E pada minyak Zaitun bermanfaat sebagai anti inflamasi pada kulit yang telah terpapar sinar matahari. Termasuk juga untuk mengurangi pembengkakan pada kulit wajah yang mengalami peradangan.

7. Minyak Zaitun Memudarkan Bekas Jerawat

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Sumber: Pixabay

Kandungan vitamin E pada minyak Zaitun sangatlah tinggi, maka minyak ini juga bermanfaat untuk membuat bekas jerawat di wajah memudar. Tentu sangat menyebalkan ketika bekas jerawat terus muncul dan tak kunjung hilang bukan? Nah, rutin memakai minyak Zaitun dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Anda hanya perlu mengoleskannya pada bagian yang menghitam karena jerawat secara teratur.

8. Membantu Menghapus Make Up Atau Riasan di Wajah

Setelah memakai make up, tentu Anda harus membersihkannya sebelum tidur. Nah, ada beberapa jenis make up yang tidak bisa hilang hanya dengan dibilas air. Dengan kata lain, Anda membutuhkan bahan lain untuk membantu menghilangkannya. Minyak Zaitun menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba.

Caranya juga tidaklah sulit, cukup pakai kapas yang diberi minyak Zaitun untuk menghapus riasan. Setelah itu, bilas dengan memakai handuk yang sudah dimasukkan ke air hangat. Jika ingin memakai sabun muka atau facial foam, pilihlah yang mengandung minyak Zaitun supaya hasilnya lebih bersih.

9. Memberikan Kesehatan pada Kulit Bermasalah

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Sumber: Pixabay

Kemudian, manfaat minyak Zaitun untuk wajah adalah menjadi solusi bagi kulit wajah Anda yang bermasalah. Kandungan oleocanthal pada minyak Zaitun dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada wajah akibat peradangan. Jadi, bagi Anda yang mengalami kulit kering, meradang, atau gatal, cobalah memakainya. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memasukkan sesendok minyak Zaitun pada air hangat. Lalu, gunakan untuk membilas muka.

10. Bermanfaat untuk Pijat Wajah

Pijat wajah dapat memberikan pengaruh baik kepada kesehatan kulit, seperti mengurangi kerutan di wajah dan membuat kulit tampak lebih muda serta kencang. Anda bisa memakai setetes minyak Zaitun untuk memijat wajah setiap hari sebelum tidur. Sifat antibakteri pada minyak Zaitun ini juga bagus untuk kulit dermatitis atopik.

11. Bagus untuk Mata

Minyak Zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan kulit di sekitar mata. Anda bisa memakai minyak ini untuk mengurangi kerutan dan garis-garis yang ada di sekitar mata. Caranya hanya dengan mengoleskan sedikit minyak ke sekitar mata ketika hendak tidur. Kulit di sekitar mata pun akan lebih halus dan lembut.

Selain itu, Anda juga dapat menyimpan sedikit minyak Zaitun di lemari es dan menggunakannya sebagai krim mata. Perawatan alami ini akan terasa lebih menyegarkan, apalagi saat diaplikasikan di sekitar mata.

12. Melembapkan Bibir

Minyak Zaitun juga bagus untuk kesehatan bibir. Apalagi jika Anda memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah. Sebagai bahan alami, penggunaannya pada bibir tentu tak perlu dikhawatirkan. Lakukan perawatan bibir kering dan pecah-pecah dengan mengoleskan sedikit minyak ke bibir setiap hendak tidur. Dengan memakainya secara rutin, masalah bibir pun akan segera teratasi. Meski begitu, ketika Anda tidak memiliki masalah bibir, menggunakan minyak ini juga dapat menyehatkan bibir.

13. Menjadi Antioksidan yang Melindungi Kulit

Selanjutnya, minyak Zaitun juga berperan sebagai antioksidan pada kulit wajah, atau zat yang dapat mencegah oksidasi. Oksidasi sendiri merupakan sebuah proses yang kemudian menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas ini berupa bahan kimia yang dapat menyebabkan perkembangan kanker akibat rusaknya sel-sel pada kulit wajah.

Jika Anda mengoleskan minyak ini, manfaat lainnya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

14. Sebagai Scrub untuk Bibir

Selain bagus untuk scrub kulit wajah, minyak Zaitun juga dapat menjadi scrub alami bagi bibir. Anda bisa menambahkan satu sendok minyak dengan gula, lalu mengoleskan pada bibir. Anda juga dapat mencampurkan sedikit jus lemon pada campuran gula dan minyak.

15. Masker dengan Campuran Minyak Zaitun

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Sumber: Pixabay

Kemudian, minyak Zaitun juga dapat digunakan sebagai campuran masker. Anda bisa mencampurnya dengan madu, oat, atau dengan putih telur. Nah, dengan masker tersebut, maka kulit wajah Anda akan lebih lembut, halus, dan lembap. Selain itu, minyak zaitun cocok juga dipakai bagi mereka yang memiliki kulit kering.

Jika ingin tahu manfaat lain dari minyak zaitun, cobalah untuk membaca buku Gramedia berjudul Fakta dan Manfaat Minyak Zaitun.

https://www.gramedia.com/products/khasiat-minyak-zaitun-satu-minyak-banyak-manfaatnya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/khasiat-minyak-zaitun-satu-minyak-banyak-manfaatnya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Nah, itulah tadi beberapa manfaat minyak Zaitun untuk wajah yang harus Anda ketahui. Sayang sekali, jika Anda tidak memanfaatkan minyak Zaitun untuk perawatan wajah. Namun, dalam penggunaannya, tak perlu berlebihan. Itu artinya, gunakan secukupnya saja supaya hasilnya maksimal. Minyak Zaitun yang bagus untuk digunakan adalah minyak yang tidak dimurnikan, serta diproduksi tanpa melalui penyulingan kimia.

Demikian pembahasan tentang manfaat minyak zaitun untuk wajah. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu ingin melakukan perawatan wajah menggunakan minyak zaitun?

Jika kamu ingin mencari tahu lebih banyak informasi tentang kecantikan melalui buku atau artikel, maka bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Badriyah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi