in

Fungsi Toner dan Urutan Penggunaan Skincare yang Benar

https://www.sehatq.com/

Fungsi Toner – Toner merupakan bagian dari perawatan wajah yang tak boleh untuk dilewatkan. Produk kecantikan yang memiliki konsistensi cair ini pada mulanya dipakai dengan tujuan untuk membantu menghilangkan sisa kosmetik serta minyak berlebih yang ada pada kulit. Tidak mengherankan apabila toner banyak direkomendasikan bagi orang yang memiliki jenis kulit berminyak.

Beragam Fungsi Toner untuk Wajah

https://www.healthline.com/

Toner mempunyai beragam fungsi secara umum, tergantung pada komposisi dan kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa fungsi toner bagi kesehatan serta kecantikan kulit wajah adalah:

1. Mengangkat sisa kotoran

Toner memiliki fungsi membantu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan make up yang tak terangkat ketika menggunakan susu pembersih maupun sabun pembersih wajah.

2. Melembapkan kulit

Kandungan tertentu yang terkandung di dalam sabun pembersih wajah dapat membuat kulit menjadi kering. Toner dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit dengan cara mengoleskan toner secara merata usai mencuci muka. Fungsi toner untuk melembapkan kulit dapat diperolah dari toner yang memiliki kandungan asam amino, mineral oil, atau hyaluronic acid.

Fungsi toner yang satu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan segala jenis kulit wajah, terutama bagi pemilik jenis kulit wajah kering.

3. Mengatasi jerawat

Toner juga memiliki fungsi untuk mengatasi jerawat bila penggunaannya dibarengi dengan produk untuk mengobati jerawat. Kondisi jerawat yang masih tergolong ringan bisa diredakan dengan penggunaan toner yang memiliki kandungan asam salisilat atau benzoil peroksida.

Toner yang memiliki kandungan tersebut bisa membersihkan pori-pori serta mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

4. Menghilangkan bekas jerawat

Toner yang memiliki kandungan asam glikolat memiliki kemampuan untuk memudarkan noda hitam ringan yang merupakan bekas dari jerawat. Meski demikian, untuk bekas jerawat yang berat dan bahkan berlubang, penggunaan produk perawatan kulit tersebut tentu masih belum cukup. Untuk memudarkan bekas jerawat yang termasuk dalam kategori berat, diperlukan penanganan khusus dari dokter kulit.

5. Menghilangkan minyak di kulit

Jenis toner yang tergolong astringent telah terbukti ampuh untuk mengurangi sebum atau minyak yang ada pada permukaan kulit wajah. Toner jenis ini juga bisa mengurangi kilap, sehingga menjadikan riasan wajah semakin awet.

6. Menyeimbangkan pH kulit

Tingkat pH atau keasaman kulit atau bisa berubah sebagai akibat dari pengaruh produksi minyak, polusi, make up, maupun produk kecantikan lainnya yang mempunyai kandungan alkohol. Nah, jenis toner tertentu bisa membantu menyeimbangkan tingkat keasaman kulit di pH 5–5,5, sesuai dengan pH alami kulit.

Fungsi Toner Berdasarkan Jenisnya

Selain fungsi toner yang telah disebutkan dalam poin sebelumnya,  toner juga mempunyai berbagai ragam fungsi berdasarkan pada jenisnya. Pada masa kini, bahan aktif toner semakin beragam serta disesuaikan pada berbagai jenis kulit. Maka dari itu, fungsi toner tak lagi khusus bagi pemilik tipe kulit berminyak maupun berjerawat saja. Berikut, fungsi toner sesuai dengan jenisnya yang perlu Grameds ketahui!

The Architecture of Love | Di balik Pena

1. Hydrating Toner

Jenis toner pertama ada hydrating toner yang memiliki kandungan bahan humektan seperti hyaluronic acid dan glycerin acid. Fungsi toner yang satu ini ialah untuk membantu membuat kulit menjadi lebih lembap serta menjadikan wajah terasa lebih segar. Hydrating toner juga cocok digunakan untuk berbagai tipe kulit, mulai dari tipe kulit normal, berminyak, berjerawat, maupun kombinasi.

2. Exfoliating Toner

Jenis toner yang berikutnya adalah exfoliating toner. Fungsi toner ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga membuat wajah menjadi tampak lebih segar dan cerah. Pada umumnya, exfoliating toner mempunyai kandungan bahan aktif glycolic acid dan salicylic acid.

Apabila dibandingkan dengan hydrating toner, jenis toner yang satu ini mampu membersihkan wajah dengan lebih mendalam dan memiliki kandungan yang cukup berat sehingga tak disarankan untuk digunakan oleh orang yang sedang mempunyai masalah jerawat.

3. Treatment Toner

Sesuai dengan namanya, fungsi dari treatment toner ialah untuk membantu mengatasi masalah kulit tertentu. Misalnya, toner anti jerawat, anti penuaan, dan toner untuk mencerahkan kulit. Setiap jenis treatment toner tentu mempunyai kandungan yang berbeda, umumnya kandungan dalam toner tersebut disesuaikan dengan tujuan dari produk itu sendiri. Misalnya, toner yang dikhususkan untuk mencerahkan kulit mempunyau kandungan vitamin C aktif.

Sekian, fungsi toner yang sesuai dengan jenisnya dan banyak beredar di pasaran. Apabila Grameds mempunyai masalah kulit tertentu, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut, ya!

Tips Memilih Toner

Sebagai salah satu rangkaian perawatan kulit wajah, toner merupakan salah satu produk perawatan wajah yang perlu Grameds gunakan. Toner sendiri adalah cairan yang memiliki basis air dengan konsistensi seperti cuka serta memiliki kandungan berbagai bahan aktif yang berfungsi untuk membantu mengatasi permasalahan tertentu pada kulit.

Membersihkan wajah hanya dengan menggunakan sabun pembersih tidak akan cukup untuk mengangkat seluruh kotoran yang menempel di wajah. Terutama, bila Grameds merupakan tipe orang yang aktif berkegiatan di luar rumah, maka akan semakin banyak kotoran yang menempel di wajah. Kegunaan toner ini ialah untuk memaksimalkan pembersihan dari sisa riasan wajah serta kotoran yang masih menempel di kulit.

Dengan menggunakan toner secara rutin, keseimbangan pH pada kulit dapat tetap selalu terjaga. Kulit pun akan menjadi halus, bintik-bintik hitam berkurang, serta kuman yang dapat menyebabkan jerawat akan lenyap. Selain itu, dengan kulit yang bersih dan segar, produk perawatan-perawatan wajah yang lainnya, seperti serum maupun krim anti penuaan yang hendak digunakan setelahnya akan semakin mudah diserap oleh kulit.

Toner wajah yang hendak Grameds pakai pun tak boleh asal. Berbagai bahan yang terkandung di dalamnya harus sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Grameds. Maka dari itu, mari simak tips memilih toner yang sesuai dengan jenis kulit, berikut ini!

1. Untuk Kulit Kering

Supaya kulit Grameds tak menjadi semakin kering, hindarilah menggunakan toner wajah yang memiliki kandungan alkohol, sebab zat alkohol hanya akan menjadikan kulit Grameds semakin kehilangan kelembapan alaminya serta mempunyai kesan menjadi lebih kesat. Gunakanlah toner wajah yang menggunakan bahan losion dengan tujuan supaya membuat kulit Grameds menjadi lebih lembap, terhidrasi dengan baik, serta menjadikan tekstur kulit semakin lembut. Grameds juga bisa memilih toner yang memiliki kandungan bunga mawar dan geranium.

2. Untuk Kulit Berminyak

Karena banyaknya minyak yang ada di permukaan kulit, para ahli kecantikan menyarankan mereka yang tipe kulit berminyak untuk memakai toner yang memiliki kandungan bahan aktif untuk mengontrol minyak. Grameds bisa memilih toner yang memiliki kandungan zat Astringent yang dapat ditemukan di dalam mentimun atau toner yang memiliki kandungan rose, orange blossom, dan lemon. Berbagai zat tersebut akan menjadikan kulit lebih terasa segar serta memperkecil pori-pori.

3. Untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi, pada umumnya ditandai dengan kandungan minyak yang berlebih pada T-zone area (dahi, hidung, dan daerah pipi), sementara di luar daerah itu, kulit akan cenderung lebih kering. Maka dari itu, Grameds disarankan untuk memakai toner yang berbeda. Pilih toner khusus kulit berminyak untuk digunakan pada atra T-zone, sementara untuk area lainnya Grameds bisa memakai toner dengan bahan dasar losion.

Fakta Mengenai Toner

Terlepas dari tips memilih toner yang telah disampaikan sebelumnya, berikut ini ada beberapa fakta perihal jenis toner yang perlu Grameds ketahui:

  1. Penggunaan toner yang memiliki bahan produk dengankandungan alkohol dalam jangka waktu yang panjang dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif serta mengganggu metabolisme kulit. Oleh karena itu, pilihlah produk toner yang tidak menggunakan bahan dasar alkohol.
  2. Banyak orang yang menganggap bahwa air mawar cocok untuk digunakan sebagai toner, padahal kenyataannya tak seperti itu. Air mawar sebaiknya sekadar digunakan sebagai campuran dari lulur maupun masker.
  3. Mengaplikasikan toner dengan bantuan kapas akan membuatnya menjadi kurang maksimal karena sifat toner yang cari, akan membuatnya jadi lebih banyak meresap ke dalam kapas. Gunakanlah toner secara langsung dengan memakai tangan sembari ditepuk-tepuk atau dengan cara lain, yakni masukan toner ke botol semprot, lalu semprotkan pada wajah yang bersih.

Urutan Penggunaan Skincare Yang Benar

https://www.alodokter.com/

Penggunaan skincare wajah bagi banyak orang merupakan hal yang wajib dilakukan dan tak boleh untuk seharipun dilewatkan. Tujuannya tak lain ialah untuk menjaga kondisi kulit supaya selalu sehat serta terlihat awet muda.

Meski demikian, tahukah Grameds bila skincare untuk kulit wajah tersebut tak boleh dengan sembarangan diaplikasikan? Salah urutan dalam penggunaan skincare wajah bisa memberikan efek yang tidak maksimal bagi kondisi kulit. Bahkan, hal tersebut juga bisa memicu berbagai masalah baru di kulit wajah.

Selain itu, untuk jenis skincare wajah pada pagi hari dan malam hari juga mempunyai aturan penggunaan yang tidak sama, lho! Untuk Grameds yang rutin menggunakan skincare wajah setiap harinya, pasti sudah tak asing lagi dengan urutan penggunaan produk kecantikan tersebut. Akan tetapi, bagi Grameds yang masih awam maupun yang belum lama merawat kulit wajah, yuk cari tahu terlebih dulu urutan pemakaian skincare wajah di pagi dan malam hari berikut ini.

Urutan Pemakaian Skincare Pagi

Penggunaan skincare wajah pada pagi hari lebih difokuskan yang bertujuan menjaga kulit dari paparan radiasi sinar UV serta polusi udara. Supaya manfaat tersebut dapat diperoleh dengan optimal, berikut urutan penggunaan skincare pada pagi hari.

1. Sabun Pembersih Wajah (Facial Foam / Wash)

USai bangun tidur, usahakan untuk langsung mengaplikasikan sabun cuci muka supaya minyak dan kotoran yang mengendap semalaman dapat langsung dibersihkan. Dengan begitu, ketika kondisi wajah telah bersih, Grameds bisa dengan lebih mudah mengaplikasikan produk skincare berikutnya supaya bisa meresap dengan maksimal pada kulit.

2. Toner Wajah

Setelah menggunakan pembersih wajah, Grameds bisa menggunakan toner wajah supaya sisa minyak dan kotoran bisa terangkat. Selain itu, penggunaan toner wajah untuk Grameds yang mempunyai masalah jerawat juga bisa membantu mengecilkan jerawat, mencegah jerawat baru muncul, dan meredakan peradangan. Penggunaan toner juga bisa menjadikan pH kulit kembali normal serta membuat kulit menjadi lebih siap untuk menggunakan produk perawatan kulit berikutnya.

3. Essence

Pada urutan yang ketiga, essence menjadi salah satu produk skincare pagi yang wajib digunakan oleh para wanita. Essence memiliki kegunaan untuk melembapkan kulit dan memudahkan produk skincare wajah yang berikutnya untuk meresap ke dalam kulit.

Tak hanya itu, essence juga memiliki fungsi untuk menutrisi, menenangkan kulit, serta mencegah penuaan. Cara menggunakan essence ini juga cukup mudah, yaitu dengan menuangkan beberapa tetes produk tersebut di telapak tangan, lalu mengoleskan atau menepukannya dengan merata ke permukaan wajah.

4. Serum Wajah

Selanjutnya, Grameds bisa menggunakan serum wajah untuk rutinitas skincare di pagi hari. Dibandingkan dengan krim wajah maupun pelembap, serum wajah dianggap lebih baik untuk meresap ke kulit dengan lebih efektif. Cara penggunaannya juga tak jauh berbeda dengan essence, yaitu dengan menuangkan sedikit di permukaan tangan serta mengoleskannya dengan merata pada kulit wajah dan leher.

5. Moisturizer atau Pelembap

Fungsi dari produk perawatan kulit yang satu ini ialah untuk melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Bagi Grameds yang memiliki kondisi kulit wajah yang kering, usahakan untuk menggunakan pelembap yang mempunyai tekstur krim.

Sementara untuk Grameds yang memiliki tipe kulit berminyak, pelembap yang memiliki tekstur gel atau cair lebih cocok untuk digunakan. Penggunaan moisturizer bisa dilewati bila serum wajah atau toner dirasa telah mampu melembapkan kulit, khususnya bagi tipe kulit berminyak.

6. Sunscreen atau Tabir Surya

Urutan terakhir dari penggunaan skincare pagi hari ialah sunscreen atau tabir surya. Dengan mengaplikasikan skincare, kulit akan lebih terjaga dari radiasi sinar matahari yang dapat memicu terjadinya penuaan.

Supaya memberikan manfaat yang maksimal, usahakan untuk menggunakan sunscreen 15 hingga 30 menit sebelum melakukan aktivitas supaya mampu diserap sempurna oleh kulit. Barulah ketika tabir surya ini selesai dioleskan pada kulit, Grameds bisa menggunakan produk make up maupun riasan wajah seperti biasanya.

Urutan Pemakaian Skincare Malam

Berbeda dengan penggunaan pada pagi hari, pemakaian skincare pada malam hari memiliki fungsi untuk menenangkan kulit wajah. Meskipun urutannya tidak jauh berbeda dengan pengaplikasian di pagi hari, penggunaan skincare pada malam hari mempunyai beberapa tahapan tambahan. Untuk lebih jelasnya, berikut urutan yang tepat untuk pemakaian skincare malam.

1. Make Up Remover

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk rutinitas skincare di malam hari ialah dengan membersihkan kosmetik pada wajah setelah seharian melakukan berbagai aktivitas dengan make up remover. Tujuannya ialah supaya kesehatan kulit dapat terjaga serta terhindar dari efek samping produk kosmetik yang menempel di wajah.

Umumnya, Grameds bisa menggunakan make up remover dengan bahan dasar minyak supaya kosmetik yang memiliki kandungan minyak bisa dengan lebih mudah untuk dihilangkan. Meski demikian, bagi orang yang memiliki tipe kulit berminyak, pembersih make up dengan bahan dasar air mungkin lebih cocok untuk dipilih supaya kulit tak menjadi semakin berminyak.

2. Pembersih Wajah

Setelah make up di wajah sudah dibersihkan, Grameds harus membersihkan kembali kulit dengan pembersih wajah. Hal ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran, minyak, dan sisa kosmetik yang tertinggal di kulit wajah.

Tergantung pada jenis kulit, Grameds bisa menggunakan micellar water, cleansing milk, maupun cleansing oil untuk membersihkan wajah secara maksimal. Pastikan untuk membilas pembersih wajah ini hingga bersih dengan menggunakan air yang mengalir.

3. Eksfoliasi atau Scrub Wajah

Membersihkan kulit wajah dengan cara eksfoliasi atau scrub wajah dapat menyempurnakan tahapan penggunaan skincare wajah di malam hari. Dengan menggunakan produk tersebut, sel kulit mati du wajah akan turut terangkat. Meski demikian, pahami bahwa penggunaan eksfoliasi ini tidak boleh dilakukan setiap hari, cukup 1 kali saja dalam kurun waktu seminggu.

4. Toner

Tidak jauh berbeda dengan rutinitas penggunaan skincare pada pagi hari, Grameds bisa menggunakan toner usai mencuci muka. Dalam urutan skincare wajah kali ini, gunakan toner yang memiliki kandungan asam hialuronat, gliserin, serta asam laktat supaya kulit dapat menjaga kelembapannya selama semalam penuh.

5. Serum Wajah

Setelah menggunakan toner, serum wajah menjadi urutan yang berikutnya untuk perawatan kulit ketika malam hari. Serum wajah memiliki fungsi yang serupa dengan ketika diaplikasikan sebagai skincare pagi, yakni untuk melembapkan dan menghaluskan kulit di wajah.

6. Eye Cream atau Krim Mata

Tidak dilakukan ketika pagi hari, rutinitas skincare malam membutuhkan penggunaan eye cream atau krim mata. Penggunaan skincare yang satu ini cukup penting, terutama bagi Grameds yang memiliki masalah kantung mata dan kerutan. Tips untuk memilih eye cream, yaitu pastikan memakai produk yang memiliki kandungan konsentrat tinggi, sebagai contoh, antioksidan dan peptida.

7. Krim Malam

Tak hanya eye cream, penggunaan krim malam dan sleeping mask juga krusial untuk dilakukan ketika melakukan rutinitas skincare malam. Krim malam ini mempunyai fungsi yang serupa dengan pelembap yang dipakai ketika rutinitas skincare pagi hari. Meski demikian, produk perawatan kulit ini mempunyai peran tambahan, yaitu memudarkan flek dan noda hitam serta menyamarkan kerutan yang ada di wajah.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda