in ,

Rekomendasi Masker untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Sumber: Pexels

Masker untuk menghilangkan bruntusan – Jerawat atau bruntusan adalah salah satu masalah kulit yang cukup sering terjadi. Meskipun sering terjadi, akan tetapi bruntusan lebih sulit dihilangkan atau sembuhkan.

Bruntusan akan membuat kulit wajah memiliki tekstur, sehingga kulit tampak tidak rata atau mulus. Selain tekstur, bruntusan juga membuat kulit menjadi gatal-gatal serta kemerahan. Bruntusan sendiri adalah istilah umum yang biasa digunakan untuk benjolan kecil yang muncul pada kulit.

Pada umumnya, bruntusan yang paling umum dan sering ditemui adalah bruntusan yang termasuk salah satu jenis jerawat atau disebut sebagai closed comedones atau whitehead. Tipe jerawat semacam ini memang terasa kasar dipegang, lalu permukaannya tertutup dan terlihat seperti biang keringat berwarna putih atau seperti warna kulit.

Penyebab dari bruntusan ada beragam dan biasanya beberapa jenis bruntusan sulit untuk dihilangkan. Meskipun sulit, akan tetapi bruntusan tetap bisa hilang dengan melakukan beberapa perawatan seperti rutin menggunakan masker wajah. Lalu, jenis masker wajah untuk menghilangkan bruntusan macam apa yang cocok? Simak rekomendasinya berikut ini ya!

https://www.gramedia.com/products/conf-atasi-jerawat-dengan-ektrak-kulit-manggis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-atasi-jerawat-dengan-ektrak-kulit-manggis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi Masker untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah

masker untuk menghilangkan bruntusan
Sumber: Pexels

Jerawat bruntusan memang sulit untuk dihilangkan, mungkin Grameds merasa sudah melakukan ini dan itu tetapi bruntusan masih betah menetap di wajah Grameds. Jika hal ini terjadi, maka Grameds bisa mencoba rekomendasi masker di bawah untuk menghilangkan bruntusan.

1. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

masker untuk menghilangkan bruntusan
Sumber: Innisfree.com

Rekomendasi pertama masker untuk menghilangkan bruntusan adalah masker dari brand Innisfree. Masker satu ini merupakan masker berbentuk clay mask dengan kandungan khusus yang telah dipatenkan oleh Innisfree yaitu Jeju Volcanic Cluster Sphere.

Kandungan tersebut diklaim memiliki daya serap sebum atau zat minyak lebih kuat hingga dua kali lipat, sehingga kandungan ini mampu merawat pori-pori kulit lebih intensif. Selain bermanfaat untuk menyerap dan mengontrol sebum, masker dari Innisfree ini juga bermanfaat untuk mengencangkan pori-pori serta membersihkan keratin dan debu-debu halus yang dapat menyumbat pori.

Seperti diketahui bahwa salah satu penyebab dari kulit bruntusan adalah karena pori-pori yang kotor dan tersumbat oleh debu atau kotoran. Sehingga masker Innisfree ini bisa menjadi andalan bagi Grameds yang sedang mengalami permasalahan kulit bruntusan.

Tekstur dari masker Innisfree ini khas seperti clay mask yang akan terasa seperti tanah liat dan lembut yang persis seperti krim padat akan tetapi cukup lentur. Jika dibandingkan dengan masker clay yang lainnya, tekstur clay mask Innisfree ini tidak terlalu tebal dan sangat mudah diaplikasi pada kulit wajah.

Ketika menyentuh wajah, maka Grameds akan merasakan cooling effect, kemudian setelah dibilas maka wajah pun akan terasa lebih segar. Aroma yang dihasilkan dari clay mask Innisfree seperti bau tanah liat dan samar tercium.

Grameds bisa menggunakan clay mask ini selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan efek yang lebih menenangkan, Grameds bisa membilas masker ini dengan air hangat. Karena clay mask, maka masker satu ini membutuhkan waktu lebih untuk membersihkannya agar tidak tersisa residu di wajah.

2. Emina Greentea Latte Face Mask

masker untuk menghilangkan bruntusan
Sumber: Shopee.co.id

Berbeda dengan rekomendasi masker yang pertama, Emina Greentea Latte Face Mask merupakan masker wajah yang berbentuk gel dan terbuat dari ekstrak teh hijau serta susu.

Teh hijau, mengandung senyawa polifenol epigallocatechin gallate atau EGCG dan dikenal mampu menghilangkan jerawat bruntusan di sekitar dahi dan mampu mengatasi kulit berminyak. Sementara itu, ekstrak susu serta kombinasi dari berbagai macam kandungan lainnya bekerja untuk memberikan sensasi pada kulit agar terasa lebih halus, segar, dan elastis.

Dari segi teksturnya, masker ini berbentuk gel yang cukup tebal akan tetapi terasa lembut seperti lotion. Warna gel dari masker ini adalah hijau muda dan dilengkapi dengan sedikit aroma matcha. Aroma matcha dari masker ini cukup menenangkan dan tidak terlalu menyengat, sehingga tidak akan mengganggu ketika sedang digunakan.

Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu dengan membalurkan masker ini di seluruh permukaan kulit wajah lalu diamkan masker ini selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas masker ini hingga bersih. Jangan tunggu hingga masker kering, sebab masker jenis gel seperti Emina ini tidak dapat kering dan harus segera dibilas.

Jika terkena air, maka kulit wajah pun akan terasa licin serta lengket, sehingga membutuhkan air dan waktu yang cukup banyak untuk membilas residu atau sisa-sisa masker yang ada pada wajah.

Untuk menghilangkan bruntusan pada wajah dengan masker Emina green tea, Grameds perlu menggunakan masker ini dengan rutin selama dua minggu untuk melihat hasilnya, pada beberapa orang efek yang dirasakan pun akan berbeda-beda bergantung pada jenis kulit.

Berbeda dengan jenis masker lain yang akan membuat kulit terasa kering, masker Emina green tea justru akan meninggalkan rasa lembab pada kulit setelah selesai digunakan.

3. The Body Shop Tea Tree Peel Off Mask

masker untuk menghilangkan bruntusan
Sumber: thebodyshop.com

Jika Grameds merasa masker yang harus dibilas cukup ribet dan tidak praktis, maka Grameds bisa mencoba masker tea tree dari The Body Shop untuk menghilangkan bruntusan. Pasalnya, masker dari The Body Shop satu ini tidak perlu dibilas melainkan cukup dikupas atau di-peel off saja.

Sesuai dengan namanya, masker ini memiliki kandungan aktif berupa tea tree oil yang mampu membersihkan kulit dari kotoran serta minyak-minyak berlebihan, mengurangi komedo serta menghaluskan pori-pori.

Kandungan dari tea tree oil memang telah lama diketahui memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan berperan sebagai antimikroba. Di samping itu, tea tree juga mampu membantu mengurangi produksi minyak. Kombinasi dari berbagai kandungan dalam masker satu ini juga diklaim ampuh melawan jerawat serta bruntusan pada kulit.

Masker peel off dari The Body Shop ini dikemas dalam kapsul sekali pakai dengan bentuk mangkok dan berukuran sedang. Isi masker di dalamnya sendiri berwarna hijau pudar dan masker ini perlu dicampur lebih dulu dengan air sebelum digunakan.

Setelah diaduk dengan rata, barulah masker tea tree ini bisa digunakan dan harus segera dioleskan pada wajah. Jika tidak segera digunakan, maka adona masker akan mengering dan tidak bisa digunakan.

Masker ini baru bisa dilepas atau di-peel off setelah didiamkan selama kurang lebih 15 menit atau hingga masker terasa mengering. Jika merasa masih ada masker basah yang tertinggal, maka Grameds cukup membasuh wajah dengan air bersih saja. Setelah pemakaian masker ini, maka Grameds akan merasakan sensasi segar dan menenangkan.

Meskipun kandungan tea tree oil dikenal ampuh dapat menyembuhkan jerawat, akan tetapi tidak disarankan menggunakan masker peel off ini ketika ada jerawat yang sedang meradang.

Untuk jerawat kecil tertutup dan bruntusan, masker ini dinilai cukup efektif sebab masker peel off memang berfungsi untuk menarik sel-sel kulit mati serta komedo yang menempel pada kulit.

4. Wardah Nature Daily Orange Pomelo Brightening Wash Off Capsule Mask

masker untuk menghilangkan bruntusan
Sumber: Stylo.ID- Grid.ID

Rekomendasi masker wajah untuk menghilangkan bruntusan selanjutnya adalah masker dari brand lokal yang cukup terkenal yaitu Wardah. Seperti masker The Body Shop sebelumnya, masker satu ini juga berbentuk kapsul dalam wadah mangkok kecil untuk satu kali pakai.

Ekstrak pomelo yang ada pada masker wajah ini dianggap mampu mencerahkan kulit kusam yang diakibatkan oleh bruntusan. Bentuk maskernya sendiri seperti gel yang mudah diratakan pada permukaan kulit wajah dan perlu dibilas setelahnya.

Setelah selesai pemakaian masker, maka Grameds akan merasakan sensasi sejuk, segar. Aroma jeruk sebagai ekstrak dari masker wajah ini cukup segar dan manis, meskipun begitu aroma dari masker tidak mengganggu ketika akan digunakan.

Jika Grameds memiliki tipe kulit sensitif, maka Grameds bisa menggunakan masker ini tanpa perlu khawatir merasa iritasi. Sebab tidak ada sensasi cekat-cekit ketika menggunakannya dan terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk kulit sensitif dan berjerawat. Setelah mendiamkan masker ini selama kurang lebih 15 menit, maka Grameds bisa langsung merasakan kulit yang terasa lebih halus serta lembut.

https://www.gramedia.com/products/cara-jitu-mengatasi-jerawat-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/cara-jitu-mengatasi-jerawat-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Masker dari Bahan Alami untuk Menghilangkan Bruntusan

masker untuk menghilangkan bruntusan
Sumber: Pexels

Jika Grameds memiliki budget terbatas dan ingin mendapatkan kulit glowing, cerah tanpa bruntusan, maka Grameds juga bisa mencoba menghilangkan bruntusan maupun jerawat dengan membuat masker alami menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut beberapa masker alami yang bisa Grameds buat untuk menghilangkan bruntusan.

1. Masker Tomat

Masker alami pertama yang dapat menghilangkan bruntusan adalah tomat. Tomat merupakan salah satu jenis buah sayur yang memiliki banyak kandungan antioksidan dan baik bagi kesehatan kulit wajah, termasuk ampuh untuk menghilangkan bruntusan pada wajah.

Grameds bisa membuat masker alami dengan cukup simpel. Hancurkan satu buah tomat atau secukupnya lalu balurkan ekstraknya ke wajah. Grameds juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti madu maupun perasan lemon. Akan tetapi menambahkan perasan lemon tidak disarankan jika ada jerawat yang sedang bernanah atau kulit sedang terluka.

2. Lemon

Bruntusan juga akan hilang dengan memanfaatkan lemon. Seperti yang diketahui bahwa lemon memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kulit maupun kesehatan tubuh. Bahkan, lemon dianggap dianggap sebagai salah satu super food karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal. Salah satunya adalah untuk kecantikan.

Untuk menghilangkan bruntusan menggunakan lemon, Grameds bisa mengambil ekstrak lemon dengan cara memerasnya. Ada baiknya, jangan hanya mengoleskan air perasan lemon saja, akan tetapi tambahkan pula bahan lainnya agar kulit tidak teriritasi. Salah satu bahan tambahan yang dapat Grameds gunakan adalah madu.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu minyak esensial yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kulit. Salah satu manfaatnya yang paling terkenal adalah untuk menghilangkan jerawat termasuk bruntusan.

Hal ini dikarenakan tea tree oil memiliki kandungan anti bakteri di dalamnya yang mampu mencegah infeksi karena bakteri. Selain dapat menghilangkan bruntusan, penggunaan tea tree oil juga mampu melembutkan kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati.

Tidak seperti bahan-bahan lainnya, tea tree oil biasanya cukup mahal dan lebih baik tidak dioleskan langsung ke permukaan kulit wajah. Sebab, bahan aktif tea tree oil dapat mengakibatkan kulit iritasi.

Jika ingin menghilangkan bruntusan dengan tea tree oil, lebih baik memilih produk-produk yang mengandung tea tree oil atau menguapkan wajah dengan essential oil dari ekstrak tea tree.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan beberapa waktu lalu, sempat viral produk yang terbuat dari lidah buaya dan mampu membuat kulit tampak lebih bersih, lembab dan terhindar dari jerawat.

Lidah buaya dipercaya mampu menghilangkan bruntusan, karena akan melembabkan kulit. Sebab, bruntusan dapat muncul tidak hanya karena kulit kotor atau pori-pori tersumbat saja, melainkan juga karena kulit kering.

Cara penggunaan masker lidah buaya pun cukup mudah. Grameds cukup memotong lidah buaya, kemudian bersihkan dan usapkan lidah buaya pada permukaan kulit yang bruntusan. Apabila digunakan secara rutin, maka jerawat bruntusan pun akan hilang.

5. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki segudang manfaat, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan tubuh, digunakan sebagai cairan pembersih hingga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan menjaga kebersihan kulit.

Seperti tea tree, cuka apel memiliki kandungan antibakteri serta antioksidan yang efektif untuk mengatasi bruntusan pada wajah. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu membersihkan pori-pori wajah dari debu dan kotoran yang menyumbat. Cuka apel juga mampu mengatasi kulit kering, asalkan tidak digunakan secara berlebihan.

Jika ingin menghilangkan bruntusan dengan cuka apel, ada baiknya jika Grameds tidak hanya mengoleskan cuka apel saja. Akan tetapi cairkan lebih dulu dengan air dengan perbandingan 1:1.

6. Teh Hijau

Bahan lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bruntusan adalah teh hijau. Teh hijau diketahui dapat membantu menghilangkan bruntusan dalam satu malam saja. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan tanin dan flavonoid yang memiliki kemampuan untuk melawan peradangan serta bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan EGCG yang tinggi. Tidak seperti tea tree, lemon maupun cuka apel, teh hijau cenderung lebih aman digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan bruntusan, sebab tidak akan membuat kulit iritasi. Selain itu, teh hijau juga sudah mudah ditemukan saat ini.

7. Madu

Madu dianggap sebagai salah satu obat alami yang mampu menyembuhkan jerawat termasuk bruntusan. Salah satu jenis madu yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bruntusan dan jerawat adalah madu manuka.

Jika menggabungkan madu dengan bahan-bahan alami lainnya seperti tomat, cuka apel, lemon maupun lidah buaya, maka akan menghilangkan bruntusan lebih cepat. Grameds bisa mengoleskan madu dengan campuran bahan lainnya pada kulit wajah dan mendiamkannya selama 8 hingga 10 menit untuk mendapatkan efek dari madu ini. Lalu jangan lupa bilas masker madu hingga bersih.

8. Oatmeal

Beberapa penelitian menunjukan bahwa oatmeal koloid memiliki sifat antioksidan serta antiradang yang dapat mengobat jerawat. Selain dapat mengobati jerawat, oatmeal juga mampu mengatasi peradangan kulit seperti biduran, infeksi virus, dermatitis atopik dan bruntusan.

Cara menggunakan masker oatmeal pun cukup mudah, Grameds hanya perlu menghaluskan oatmeal koloid kemudian tambahkan air hangat dan gunakan pada wajah. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

https://www.gramedia.com/products/conf-cara-mudah-merawat-kulit-wajah-sendiri?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

Itulah beberapa masker untuk menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat dan efektif. Grameds juga bisa mencari informasi lebih lanjut dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com seputar kesehatan kulit. Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Baca juga:

Written by M. Hardi