in

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Melon

Buah melon menjadi salah satu buah yang sangat enak disantap apalagi di saat cuaca panas. Buah yang satu ini juga sangat mudah didapatkan di mana saja. Juga dapat disajikan menjadi berbagai macam bentuk olahan, seperti jus, sop buah dan lainnya.

Selain rasanya yang dinilai enak, buah melon juga memiliki kandungan yang banyak sekali manfaat untuk tubuh. Kandungan air di dalam melon yang tinggi dapat membantu tubuh mengalami dehidrasi dikarenakan kekurangan cairan di bawah terik matahari.

Honeydew Melon atau disebut sebagai Melon saja merupakan buah yang termasuk salah satu kelompok suku labu-labuan ataupun Cucurbitaceae. Nama ilmiah Melon ini disebut dengan Cucumis melo L.

Honeydew Melon ini memiliki daging yang terbilang tebal dengan rasa manis dan aroma yang harum. Di Indonesia, kerap sering kali menemukan buah melon yang berdaging warna oranye dan hijau muda. Buah yang berbentuk bulat ini biasa dimakan segar ataupun juga dapat diolah menjadi jus melon.

Fakta menarik tentang Melon

  1. Melon merupakan jenis tanaman memanjat atau merayap dengan daun yang besar dan bunga kuning. Melon masuk golongan dalam keluarga Cucurbitaceae (blewah dan semangka). Melon akan menghasilkan buah musim panas yang sangat manis dan menjadi buah yang akan menghasilkan sumber vitamin, serat, dan nutrisi yang sangat baik.
  2. Ada berbagai jenis melon, termasuk dalam varietas dengan jenis daging atau kulit berwarna hijau, putih, oranye atau kuning, dan dalam bentuk bundar berbentuk oval juga mentimun.
  3. Melon merupakan tanaman dalam periode tahunan hangat. Melon akan lebih suka hidup di daerah hangat untuk tumbuh dengan baik dan juga tidak memiliki toleransi terhadap embun beku.
  4. Hingga saat ini, melon ditanam di hampir seluruh daerah tropis juga subtropis. Negara Cina merupakan produsen melon terbesar. Turki dan negara-negara di sekitar Mediterania juga menjadi negara penghasil melon.
  5. Butiran dalam serbuk sari yang dihasilkan oleh bunga melon relatif berat dan tidak dapat ditransfer secara memadai oleh angin. Penyusunan buah bergantung pada aktivitas lebah dan juga serangga yang bermanfaat lainnya mendistribusikan serbuk sari. Di pertanian melon komersial besar, menempatkan 2 hingga 3 sarang lebah kuat per hektar pada saat sebelum berbunga hampir diperlukan.
  6. Ketika memanen melon dari menanam dari benih, akan membutuhkan rata-rata 100 hingga 130 hari. Sebagian besar varietas yang siap dipanen 78-90 hari setelah tanam. Jika kita bisa dapat menarik batang dari buahnya dengan mudah, maka melon sudah siap untuk dipanen.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Asyiknya Menanam Melon Di Rumah

Karya ABDUL KARIM

Asyiknya Menanam Melon Di Rumah
Asyiknya Menanam Melon Di Rumah

 

 

Kandungan Gizi Buah Melon

Dibawah ini adalah daftar tabel kandungan Gizi Buah Melon di dalam setiap 100 gramnya.

No. Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
1 Kalori (Energi) 36kcal (150kJ)
2 Karbohidrat 9,09g
3 Gula 8,12g
4 Serat 0,8g
5 Air 89,82g
6 Protein 0,54g
7 Lemak 0,14g
8 Vitamin A
9 Vitamin C 18mg 22%
10 Vitamin D
11 Vitamin E
12 Vitamin K 2,9µg 3%
13 Vitamin B1 (Thiamine) 0,038mg 3%
14 Vitamin B2 (Riboflavin) 0,012mg 1%
15 Vitamin B3 (Niacin) 0,418mg 3%
16 Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,155mg 3%
17 Vitamin B6 0,088mg 7%
18 Vitamin B9 (Folat) 19µg 5%
19 Kalsium 6mg 1%
20 Zat Besi 0,17mg 1%
21 Magnesium 10mg 3%
22 Manganese 0,027mg 1%
23 Fosfor 11mg 2%
24 Potassium (Kalium) 228mg 5%
25 Seng (Zinc) 0,09mg 1%

 

Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil

Manfaat dari buah melon cukup banyak, khususnya pada ibu hamil. Kandungan nutrisi yang berada pada buah melon juga bagus untuk Ibu hamil, terutama saat trimester pertama.

Sensasi dingin yang ada pada saat mengkonsumsi buah melon dapat memberikan efek pemulihan di dalam perut. Sehingga untuk seorang ibu hamil pada trimester awal disarankan untuk lebih konsumsi buah melon agar dapat mengurangi mual serta muntah di pagi hari atau biasa yang disebut morning sickness.

Selain dapat mengurangi mual, manfaat buah melon juga bisa membantu ibu hamil ketika mengalami dehidrasi. Seperti yang sudah diketahui, wanita hamil sering kali mengalami dehidrasi saat memasuki trimester pertama karena kekurangan cairan.

banner-promo-gramedia

Hal tersebut dikarenakan ibu hamil membutuhkan air yang lebih banyak untuk mendukung proses perubahan metabolisme di dalam tubuhnya. Kandungan air yang banyak di dalam buah melon bisa menggantikan air mineral untuk mencegah dehidrasi.

Selain itu, manfaat buah melon juga tinggi akan kalium yang bisa menjaga kesehatan jantung untuk para ibu hamil. Namun, ibu hamil juga perlu memperhatikan jumlahnya saat mengkonsumsi buah melon. Selain itu, jangan minum air lebih 30 menit setelah memakan buah melon karena dapat menyebabkan perut diare.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Seri Sehat Vegetarian Ibu Hamil Vegan, Berbagai Tip Kesehatan Untuk Ibu Hamil
karya Dr.Susianto,M.KM., Dan drg.Chindy Tanjung

Seri Sehat Vegetarian Ibu Hamil Vegan, Berbagai Tip Kesehatan Untuk Ibu Hamil
Seri Sehat Vegetarian Ibu Hamil Vegan, Berbagai Tip Kesehatan Untuk Ibu Hamil

 

 

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi yang berada di dalam buah melon juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mencegah banyak penyakit hingga baik untuk kesehatan. Berikut merupakan 12 macam manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

1. Mencegah Kanker

Manfaat buah melon salah satunya yaitu untuk kesehatan adalah mencegah penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan buah melon memiliki kandungan karotenoid yang bisa membantu menghindari tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Karotenoid merupakan sebuah zat warna alami yang ada di dalam buah dan sayuran.

The American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa karotenoid diketahui juga memiliki sifat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker serta juga meningkatkan imunitas dalam tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi melon bisa membantu melindungi tubuh dari kanker payudara serta juga prostat.

2. Mencegah Serangan Jantung

Manfaat dari buah melon selanjutnya yaitu dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Hal tersebut terjadi dikarenakan buah melon mengandung zat adenosine.

Selain mencegah pertumbuhan sel kanker, adenosine juga bisa mencegah terjadinya pengendapan darah yang mengakibatkan terjadinya penyebab serangan jantung juga stroke. Adenosine juga bisa membantu sel darah. Zat ini juga bisa membantu melancarkan sel darah sehingga dapat menurunkan risiko terkena stroke serta serangan jantung.

Jurnal Transaction of the American Clinical and Climatological Association mengatakan bahwa adenosine menjadi peran penting di dalam patofisiologi gagal jantung dan juga perlindungan miokard seama iskemia dan reperfusi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel, ternyata manfaat buah melon juga bisa untuk menjaga kesehatan mata. Melon juga mengandung dua antioksidan yang sangat potensial untuk tubuh, yaitu lutein juga zeaxanthin. Senyawa pada karotenoid ini diketahui bisa membantu menjaga kesehatan mata dan juga mencegah dari kebutaan dini.

Penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan ini secara teratur selayaknya pada buah melon, dapat juga menjaga fungsi mata dengan baik bahkan hingga seumur hidup.

Dengan rajin mengkonsumsi melon telah terbukti menurunkan risiko katarak hingga 15 persen. Beta-karoten yang ditemukan di dalam buah melon diubah menjadi vitamin A, yang akan membantu penglihatan malam dan juga fungsi umum pada mata lainnya.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Di dalam satu porsi lemon yang setara 177 gram mengandung 1,4 gram serat, dibutuhkan untuk membantu mengatur pencernaan serta kadar kolesterol di dalam tubuh.

Asupan serat yang sesuai dapat mengurangi respon gula darah dan meningkatkan kinerja usus secara teratur dan juga menumbuhkan bakteri baik.

Studi menyatakan bahwa dalam sebuah sistem pencernaan yang baik dapat juga mengurangi racun di dalam tubuh. Dalam pencernaan yang baik juga bisa mengatur kadar kolesterol juga lemak di dalam tubuh.

Manfaat yang ada pada buah melon memiliki serat larut dan tidak larut sehingga dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama dan juga menambah masa pada tinja sehingga membantu mengurangi masalah sembelit.

banner-promo-gramedia

Meskipun ada banyak buah lain yang mengandung banyak serat, melon menjadi salah satu yang terbaik. Fakta berbicara, bagi banyak orang dengan gangguan pencernaan, buah melon menjadi makanan yang lebih mudah ditolerir dibandingkan dengan makanan tinggi serat lainnya.

5. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C di dalam buah melon bisa menyehatkan kulit. Melansir healthline, vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan sebuah zat yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit dan juga pengelupasan sel-sel mati.

Selain itu, vitamin C juga kaya akan antioksidan. Di dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa vitamin C juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, menyembuhkan luka, menjaga elastisitas dan perbaikan kulit secara umum.

Mengonsumsi buah melon secara rutin bisa membantu meningkatkan kebutuhan vitamin C harian dalam diri sehingga kulit semakin sehat, kencang dan bercahaya.

6. Melawan Radikal Bebas

Buah melon sendiri juga diperkaya dengan zat flavonoid antioksidan, seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin serta cryptoxanthin. Antioksidan sangat berguna untuk menjaga tubuh dari radikal bebas.

Jurnal Indian J Clin Biochem menyebutkan bahwa radikal bebas menjadi salah satu penyebab penyakit seperti pada Alzheimer-AD, diabetes melitus, Parkinson, Multiple Sclerosis, asma, katarak, hipertensi, dan berbagai jenis penyakit kanker, seperti prostat, paru-paru, payudara,dan juga kandung kemih.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan diuretik yang berada pada buah melon membantu melancarkan buang air kecil. Sehingga bisa membantu kerja ginjal pada saat melepaskan sisa air di dalam tubuh.

Mengutip nature.com diuretic adalah zat agen yang biasa digunakan pada penyakit yang ditandai dengan lebihnya cairan ekstraseluler seperti pada penyakit ginjal kronis, sirosis, sindrom nefrotik, dan juga gagal jantung.

Untuk para penderita penyakit ginjal, mereka bisa mencoba konsumsi buah melon dan dicampur dengan jeruk nipis setiap paginya sebelum sarapan untuk ginjal dapat kembali sehat.

8. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Umumnya rajin mengkonsumsi buah serta sayuran dapat menurunkan risiko darah tinggi dan juga penyakit jantung. Bukti lain menunjukan bahwa diet rendah natrium dan juga mendapat asupan kalium yang cukup sehingga secara positif mempengaruhi regulasi tekanan darah.

Karena melon merupakan buah memiliki natrium rendah dan kaya akan kalium, melon juga dapat membantu menjaga tekanan darah. Jika ingin meningkatkan potassium, coba tambahkan buah melon pada menu makanan penutup di rumah.

9. Membantu Kesehatan Tulang

Buah melon memiliki kandungan  beberapa nutrisi yang sangat penting untuk memperbaiki dan juga memelihara tulang agar bisa semakin kuat seperti folat, vitamin K dan juga Magnesium. Secara khusus, buah melon merupakan sumber folat yang baik.

Folat sangat amat penting untuk menjaga kadar homosistein atau juga kepadatan mineral tulang dari waktu ke waktu. Walaupun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hubungan antara folat dan juga kesehatan tulang, namun mengkonsumsi buah pada melon dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan memastikan kadar homosistein tetap pada kisaran normal.

Tak hanya folat, vitamin K juga memiliki keterkaitan dalam produksi protein pada struktural utama dalam tulang atau lebih dikenal osteocalcin. Maka, asupan vitamin K yang cukup sangat amat penting untuk kesehatan tulang.

banner-promo-gramedia

Kemudian, mengonsumsi satu porsi buah melon atau juga setara dengan 177 gram dapat memenuhi sekitar 4% kebutuhan kalsium harian. Sel-sel bertanggung jawab untuk membangun serta merusak jaringan tulang membutuhkan magnesium sehingga bisa berfungsi dengan baik. Sehingga, magnesium adalah nutrisi lain yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Tak Hanya itu, buah melon juga mengandung sejumlah nutrisi yang menjadi penunjang kesehatan pada tulang termasuk kalsium, fosfor dan seng.

10. Mengontrol Gula Darah

Manfaat pada buah melon selanjutnya yang telah dibuktikan oleh beberapa kali penelitian, yang menunjukan bahwa dengan mengonsumsi buah-buahan seperti melon secara teratur dapat bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Jurnal Plos Medicine mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi buah segar sangat kecil resikonya untuk mengalami diabetes, dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi buah-buahan.

Melansir verywellfit, konsumsi buah 3 kali dalam setiap minggu dapat menurunkan resiko komplikasi hingga 28 persen pada penderita diabetes. Risiko tersebut terbilang sangat amat rendah dibandingkan yang tidak mengkonsumsi buah kurang dari satu kali perminggu.

Anggapan pada buah manis seperti melon ini seringkali dinilai tidak baik untuk para penderita diabetes itu salah. Karena, pada indeks glikemik dalam buah melon tergolong sedang yaitu 62 sehingga baik serta aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh manusia sangat kompleks dan membutuhkan berbagai nutrisi agar berfungsi dengan baik. Vitamin C merupakan bagian terpenting saat terbentuknya sistem kekebalan dalam tubuh.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat mencegah dan mengobati berbagai infeksi saluran pernapasan dan sistemik, seperti pneumonia dan flu biasa. Manfaat buah melon lainnya, yaitu mengandung vitamin C. Jadi, jika ingin daya tahan tubuh kuat bisa mulai dengan mengkonsumsi buah melon sebagai makanan penutup.

12. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah dan juga sayuran menjadi makanan yang sangat disarankan ketika sedang menjalani program diet. Buah melon menjadi salah satu buah yang sangat disarankan untuk yang sedang menjalani program diet.

Kandungan kalori rendah pada buah melon dapat membantu menjalankan program diet rendah kalori. Mengutip dari mayo clinic, satu porsi melon atau setara dengan 177 gram melon yang berisi sekitar 53 kalori, sehingga akan sangat baik dikonsumsi untuk yang sedang menjalankan program diet.

Selain itu, buah melon juga banyak mengandung serat sehingga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Namun, perlu memperhatikan kembali saat memilih melon selama menjalankan program diet.

Pastikan memilih buah melon yang sudah matang sempurna. Karena dengan melon yang masih mentah atau terlalu matang akan membuat rasa melon berubah dan tidak enak kembali untuk dikonsumsi. Melon juga dapat dinikmati dengan cara dimakan langsung atau pun dibuat berbagai macam menu, seperti campuran salad, smoothies atau jus.

 

Kamu bisa mempelajari tentang EXO – The Best Melon
karya Redaksi Trubus

EXO – The Best Melon
EXO – The Best Melon

 

Bahaya buah melon jika dikonsumsi secara berlebih

Meskipun melon berisi tinggi nutrisi dan juga manfaat melon untuk kesehatan sangat banyak, buah melon tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Pada kondisi kesehatan tertentu, mengonsumsi buah melon secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan kesehatan, seperti:

1. Gangguan pencernaan

Mengkonsumsi buah melon secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan pencernaan karena fungsinya pada sistem cerna dapat terganggu jika akan dikonsumsi dengan jenis makanan lain.

Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi semua jenis melon, baik melon hijau ataupun melon jingga, tanpa dicampurkan dengan buah ataupun makanan lainnya guna untuk menghindari bahaya buah melon pada sistem cerna yang mungkin terjadi.

2. Diare

Sejumlah ahli menyatakan bahwa mengkonsumsi buah melon berlebih bisa meningkatkan risiko diare. Ini karenakan melon mengandung zat sorbitol, atau senyawa gula, yang bila dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan perut kembung dan juga diare.

3. Mengganggu metabolisme

Melon menjadi  salah satu buah tinggi gula, yakni di dalam satu buah bisa mengandung mencapai 9 gram gula. Kandungan gulanya yang tinggi, jika dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu atau merusak metabolisme tubuh.

4. Risiko Kehilangan Makronutrien Penting Lainnya

Bahaya pada buah melon tidak akan datang jika kita mengkonsumsinya secukupnya saja. Makan melon saja dapat membuat terlalu kenyang untuk makan makanan yang kaya akan nutrisi penting lainnya seperti lemak serta protein yang sehat. Padahal di dalam tubuh pun tetap membutuhkan semua nutrisi dalam persentase tertentu untuk menjaga dan menjadi sehat.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Ubi Jalar

Begitulah penjelasan mengenai Manfaat hingga dampak negatif mengkonsumsi melon berlebih. Manfaat buah melon amat beragam, termasuk untuk kendalikan tekanan darah hingga sehatkan kulit. Ada pula efek samping yang kurang baik yang mungkin didapatkan jika mengkonsumsi buah melon secara berlebihan atau di kondisi tertentu.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rafi