in

20 Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Nanas – Siapa yang tidak kenal dengan buah kuning berbentuk unik ini? Ya, buah nanas kerap dinikmati dalam berbagai olahan, seperti jus, salad buah, dan puding.

Apakah Grameds menyukai buah nanas? Perpaduan rasa asam dan manis menjadi ciri khas dari buah nanas yang menyegarkan. Buah nanas yang tak hanya menyegarkan ternyata memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin.

Nanas yang berasal dari Brazil dan Paraguay memiliki nama latin, yakni Ananas Comosus. Kemudian buah nanas dikenal pertama kali dengan kata pineapple pada tahun 1.398.

Nanas yang memiliki daging berwarna kuning dengan kulit sedikit tajam mengandung vitamin, nutrisi, dan mineral penting bagi tubuh agar bisa bekerja optimal. Buah nanas memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan antioksidan. Nanas memiliki beragam kandungan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, mangan, thiamin, magnesium, serat, sukrosa, dan natrium.

Nanas yang masuk ke dalam ordo Farinosae mengandung banyak nutrisi lain, yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C, kolin, zinc, selenium, dan bromelain. Grameds bisa mengonsumsi nanas segar yang telah matang dan dikupas untuk mendapatkan manfaatnya.

Buah nanas yang mudah ditemukan dapat dikonsumsi dalam bentuk kemasan sehingga kerap dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Ananas Comosus tergolong sebagai tanaman buah tahunan dengan susunan akar, batang, daun, bunga, dan buah.

Akar nanas sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni akar tanah dan akar samping. Buah nanas memiliki beragam varietas sesuai dengan pengembangannya di setiap negara.

Buah nanas yang ditanam dan dikembangan di dunia, yakni Cusen, Red Spanish, Abacaxi, dan Smooth Cayenne. Namun, Indonesia hanya mengembangkan dua jenis nanas, yakni golongan Cayenne dan golongan Queen.

Buah nanas golongan Cayenne yang dikembangkan di Indonesia umumnya memiliki permukaan daun halus dan tidak berduri. Contoh buah nanas Cayenne ialah buah nanas subang dengan ukuran buah besar dan bentuk menggelembung.

Sementara buah nanas golongan Queen yang dikembangkan di Indonesia memiliki permukaan daun pendek dengan duri tajam. Contoh buah nanas golongan Queen ialah nanas yang dapat ditemukan di daerah Bogor dan Palembang.

Nanas jenis ini memiliki ukuran buah yang kecil, daging berserat halus, dan rasa manis. Nanas dengan rasa asam dan manis yang menyegarkan ternyata tergolong buah rendah kalori, lho Grameds.

Nanas mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti meningkatkan kekuatan, daya tahan tubuh, dan kemampuan penyembuhan yang lebih baik. Kemudian nanas menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan hingga mengurangi gejala asma.

Nanas memiliki sifat anti-inflamasi yang dinilai bagus untuk penyembuhan. Penasaran apa saja manfaat buah nanas? Yuk, ketahui berbagai manfaatnya dengan menyimak ulasan berikut ini.

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas

1. Meningkatkan Gula Darah

Apakah Grameds adalah salah satu orang yang kerap mengeluhkan kadar gula rendah? Nanas bisa menjadi salah satu solusi keluhan kamu.

Nanas dengan rasa asam dan manis memiliki manfaat untuk mengatasi keluhan kadar gula darah yang rendah. Nanas yang tergolong buah dengan kadar gula tinggi dapat dikonsumsi untuk menambah kadar gula kamu.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nanas memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, yakni membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nanas dengan kandungan vitamin C menjadi sumber utama antioksidan. Kemudian nanas juga memiliki asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Vitamin C dan asam amino menjadi zat yang sangat diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas. Dengan begitu, nanas dapat menjadi salah satu buah yang membantu menjaga stamina agar tetap fit setiap saat.

3. Memperkuat Tulang

Nanas menjadi salah satu buah tropis yang baik dikonsumsi untuk mencegah osteoporosis. Buah yang satu ini memiliki kandungan mineral untuk membantu memperkuat tulang.

Nanas memiliki kandungan mineral mangan yang baik dalam memperbaiki jaringan-jaringan tulang. Meminum secangkir jus nanas akan memberi asupan mangan yang dibutuhkan manusia setiap harinya.

Buah nanas tak hanya bekerja untuk memperkuat tulang. Fakta menarik lainnya, buah nanas dapat memperkuat jaringan ikat, seperti ligamen, tendon, dan jaringan lainnya di sekitar tulang.

tombol beli buku

4. Melawan Radikal Bebas

Kandungan vitamin C yang ada pada nanas dipercaya menjadi salah satu antioksidan terpenting untuk sistem kekebalan tubuh. Nanas memiliki kandungan vitamin C yang dinilai efektif untuk menyingkirkan radikal bebas.

Hanya dengan meminum jus nanas setiap hari, Grameds dapat memetik manfaat nanas untuk kesehatan. Membangun kebiasaan tersebut akan membantu kamu mengurangi kerusakan tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Setelah ditelusuri, ternyata buah nanas memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting dalam mencegah oksidasi kolestrol.

Kandungan tersebut juga membantu mencegah perubahan plak penyumbat arteri. Kemudian kandungan potasium dan mineral di dalam buah nanas dapat membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan tubuh.

Kandungan natrium berlebih dan kalium yang belum tercukupi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Grameds bisa minum jus buah nanas secara rutin demi mendapatkan kalium yang cukup untuk memastikan elektrolit seimbang.

6. Anti Radang

Enzim bromelain dan enzim proteolik di dalam buah nanas menjadi zat utama yang bekerja efektif untuk mengantisipasi munculnya peradangan pada tubuh. Sementara itu, kandungan nutrisi yang ada di dalam buah nanas dapat mengatasi pembengkakan atau penyembuhan luka secara cepat.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, kamu perlu melindungi penglihatan mata yang berperan penting. Sel-sel pada mata cenderung rusak seiring bertambahnya usia.

Hal itu kerap disebut sebagai degenerasi makula. Meningkatkan asupan vitamin A dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah degenerasi makula. Kandungan beta karoten pada buah nanas dapat berubah menjadi vitamin A.

Grameds disarankan untuk mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin A untuk mengurangi risiko katarak. Dengan begitu, buah nanas memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan kesehatan mata.

8. Mencegah Kanker

Nanas dengan nama latin Ananas Comosus ternyata bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Tak hanya efektif memerangi radikal bebas, nanas sebagai buah tropis juga dapat menangani kanker. Kandungan beta karoten pada nanas terbukti efektif untuk melawan kanker prostat.

9. Meningkatkan Kesuburan

Buah nanas memiliki kandungan mineral, yakni tembaga, beta karoten, seng, folat, dan lain lain. Kandungan mineral tersebut dipercaya dapat membantu pria dan wanita untuk memiliki sistem reproduksi yang sehat. Grameds bisa mengambil cara sederhana dengan hasil optimal, yakni meminum jus nanas untuk meningkatkan peluang dalam memiliki keturunan.

banner-promo-gramedia

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Grameds dapat mengambil manfaat buah nanas bagi kesehatan dengan memakan buah nanas secara langsung atau meminum jus buah nanas. Dengan menerapkan kebiasaan tersebut, kamu dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Salah satu nutrisi yang paling penting untuk kesehatan kulit ialah vitamin C. Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi dapat menghasilkan kolagen dan elastin pada kulit. Kandungan vitamin C pada buah nanas dapat membantu mempercepat penyembuhan kulit dan memperbaiki tekstur kulit.

tombol beli buku

11. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Dengan memakan irisan nanas, Grameds akan menjaga kesehatan gigi dan gusi secara optimal. Mengonsumsi nanas dapat membantu kamu menghilangkan plak dan membuat gigi terlihat jauh lebih putih.

12. Anti Penuaan

Buah nanas ternyata memiliki manfaat sebagai anti penuaan. Menggunakan masker nanas di wajah dapat membantu Grameds mengurangi efek penuaan. Mengapa? Karena kandungan asam alpha-hydroxy dan antioksidan pada nanas dapat membantu mengilangkan radikal bebas perusak kulit.

13. Memperkuat Kuku dan Kutikula

Apakah Grameds salah satu orang yang kerap mengalami kulit kering dan kuku patah? Kini kamu tidak perlu khawatir lagi.

Nanas sebagai buah ajaib dapat membantu memperbaiki kekurangan vitamin dalam tubuh. Mengonsumsi buah nanas secara rutin dipercaya dapat menguatkan kuku dan kutikula.

14. Membantu Menghilangkan Bintik-bintik di Wajah

Tak hanya diolah sebagai makanan, nanas juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan alami perawatan kecantikan. Membantu menghilangkan bintik-bintik di wajah menjadi salah satu manfaat nanas untuk kesehatan kulit. Beberapa orang percaya bahwa nanas dapat membantu menghilangkan noda atau bintik-bintik gelap di wajah.

15. Mencegah Jerawat

Tak hanya berfungsi untuk kesehatan tubuh secara umum, ternyata nanas memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Nanas sebagai buah tropis dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat dan efektif untuk kesehatan kulit. Buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat mengecilkan pori-pori, menghilangkan komedo, dan mencegah munculnya bintik bekas jerawat.

 

16. Sebagai Sumber Energi

Selain mencegah jerawat, manfaat nanas untuk kesehatan, yakni sebagai sumber energi. Buah nanas memiliki kandungan vitamin B1 yang baik untuk mengubah gula menjadi energi. Grameds disarankan untuk mengonsumsi buah nanas secara rutin demi mendapatkan manfaat yang optimal.

17. Meredakan Batuk

Untuk mengobati batuk, buah nanas diyakini dapat mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Kandungan bromelain dalam buah nanas dapat membantu mengurangi gejala batuk. Selain itu, nanas memiliki kandungan vitamin C yang dipercaya mampu mempercepat pemulihan.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

18. Mengurangi Sembelit dan Kembung

Selain berguna untuk meredakan batuk, olahan jus nanas dipercaya dapat mengatasi masalah pencernaan. Jus nanas memiliki kandungan bromelain yang dapat memecah protein lebih cepat dalam proses pencernaan. Dengan begitu, jus nanas dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan kembung.

19. Menurunkan Berat Badan

Sering mengeluhkan berat badan yang tak kunjung turun? Jika Grameds sedang menjaga berat badan atau mencoba menurunkannya, buah nanas dapat menjadi pilihan yang tepat untuk masuk ke dalam menu diet sehari-hari.

Nanas yang kaya akan serat dan rendah kalori bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buah nanas dapat membantu meningkatkan proses metabolism lemak. Proses tersebut akan membuat berat badan lebih mudah terkontrol.

20. Membantu Mengatasi Asma

Buah nanas ternyata bermanfaat untuk mengatasi asma, lho Grameds. Buah nanas sebagai makanan nabati memiliki kandungan beta karoten yang dapat membantu menurunkan risiko asma dan peradangan pernapasan.

Polusi, racun, gizi buruk, penyalahgunaan antibiotik, dan stres menjadi beberapa faktor yang berperan besar dalam perkembangan asma. Kemampuan detoksifikasi yang dimiliki buah nanas dapat membantu mengurangi peradangan. Dengan begitu, berbagai kandungan dalam buah nanas diyakini mampu mengatasi penyakit asma.

Rekomendasi Buku dan Artikel Tentang Manfaat Buah

Nah Grameds, itulah segudang manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh. Grameds disarankan untuk mengonsumsi buah secukupnya untuk mendapatkan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila