in

15 Manfaat Daun Kelor untuk Tubuh

Moringa leaves and blurred field background. Moringa leaves in nature light, alternative medicine plant

Manfaat Daun Kelor – Daun kelor adalah tumbuhan dengan banyak khasiat, manfaat daun kelor sangat banyak bagi kehidupan. Tidak hanya lezat dimakan, daun kelor memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. selain itu, daun kelor juga memiliki manfaat untuk wajah.

Tak heran bahwa daun kelor memiliki sebutan tumbuhan Ajaib. Hal itu karena khasiat serta manfaat daun kelor yang berlimpah. Lalu, apa saja manfaat daun kelor? Artikel ini akan membahas 15 manfaat daun kelor untuk wajah dan kesehatan.

Manfaat Daun Kelor Untuk Wajah

1. Menunda penuaan

manfaat daun kelor: Menunda penuaan
Edible moringa leaves close up

Manfaat daun kelor juga banyak untuk wajah. Salah satunya adalah menunda penuaan dini. Daun kelor dapat membantu membuat kulit wajah lebih terjaga.

Daun kelor dapat menghilangkan kerutan di wajah. Selain itu, noda hitam dan garis halus juga dapat menghilang. Ini adalah salah satu manfaat daun kelor.

Hal ini karena daun kelor dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu penyebab kerusakan pada kulit wajah.

2. Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Salah satu masalah pada wajah adalah warna kulit yang tidak merata. Sehingga akan terlihat kusam. Ini adalah salah satu masalah yang banyak terjadi pada banyak orang.

Oleh karena itu, banyak orang melakukan berbagai hal untuk meratakan warna kulit. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ini dapat diatasi melalui daun kelor,

Daun kelor dapat membantu meratakan warna kulit. Caranya adalah dengan membuatnya menjadi masker. Masker wajah dengan daun kelor dapat meratakan warna kulit. Selain itu, dapat mencerahkan warna kulit.

Manfaat daun kelor ini memang jarang diketahui orang banyak. Sehingga tidak ada yang menyangka daun kelor sangat bermanfaat untuk wajah.

Khasiat Ajaib Si Pohon Gaib, Mengupas Rahasia Tersembunyi Pohon Kelor
Khasiat Ajaib Si Pohon Gaib, Mengupas Rahasia Tersembunyi Pohon Kelor

tombol beli buku

Topik pembahasan dalam buku ini meliputi : Fakta pohon kelor, Mengenal Pohon kelor, Potensi Pohon kelor, Nilai ekonomi pohon kelor, Usaha budidaya pohon kelor, Masakan dari produk kelor. Masyarakat belum memandang pohon kelor sebagai pohon yang berarti. Citranya selalu terkait dengan hal-hal yang mistis. Buku ini membahas kisah sebenarnya dari pohon kelor, yang telah diteliti secara ilmiah dan dikembangkan sebagai pohon industri di berbagai negara. Buku ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berarti dalam upaya mengembangkan kekayaan sumber hayati di negeri ini.

3. Mengangkat komedo

manfaat daun kelor: Mengangkat komedo
Moringa leaves over white background

Grameds, siapa yang memiliki masalah dengan komedo? Komedo adalah salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu. Maka dari itu, komedo harus selalu dibersihkan.

Salah satu manfaat daun kelor adalah untuk mengangkat komedo. Daun ini dapat menghambat produksi minyak yang berlebih. Minyak yang berlebih akan menyebabkan timbulnya komedo.

Lakukanlah perawatan ini secara rutin. Kamu akan menghasilkan hasil yang maksimal. Sehingga komedo akan berkurang.

4. Mengatasi jerawat

manfaat daun kelor: Mengatasi jerawat
Moringa leaves with extract in a glass over white background

Salah satu masalah wajah yang sering muncul adalah jerawat. Tidak hanya mengganggu penampilan saja. Jerawat juga dapat menyebabkan rasa perih. Bahkan, tak jarang jerawat juga menimbulkan rasa nyeri.

Ketika jerawat meradang, anjurannya memang tidak boleh dipecahkan. Itu akan membuat masalah baru pada wajah. Sehingga kamu perlu cara lain untuk mengatasinya.

Biasanya, jerawat dapat diatasi dengan masker wajah atau obat-obatan seperti skincare. Bagi kamu yang belum tau, manfaat daun kelor adalah dapat mengatasi jerawat.

Salah satu sifat di dalam daun kelor adalah antimikroba. Sehingga daun kelor dapat membunuh bakteri penyebab dari jerawat.

5. Mengecilkan pori-pori

Kulit yang terlihat mulus serta halus umumnya memiliki pori-pori yang kecil. Jika pori-pori wajah besar, maka akan banyak debu serta partikel mikro lainnya yang menempel di wajah. Maka, banyak orang yang mengupayakan pori-porinya mengecil.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori. Nilai dari perawatan sampai penggunaan bahan alami. Semua memiliki manfaatnya masing-masing.

Salah satu bahan alami yang dapat mengatasi masalah ini adalah daun kelor. Manfaat daun kelor ternyata dapat mengecilkan pori-pori. Selain itu, daun kelor juga dapat membersihkan kotoran yang ada di pori-pori wajah.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Tanaman Kelor (Moringa oleifera): Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha
Tanaman Kelor (Moringa oleifera): Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha

tombol beli buku

Tanaman kelor, atau dengan nama ilmiah Moringa oleifera, merupakan tanaman yang multiguna, karena hampir seluruh bagiannya (akar, daun, polong/pods, dan kulit batang) dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan. Nilai gizi tanaman ini juga terbilang cukup baik sehingga mampu menjadi solusi atas masalah kurang gizi untuk masyarakat dengan perekonomian rendah. Tak hanya itu, tanaman ini juga dapat diolah menjadi berbagai jenis produk yang menarik untuk dicicipi. F. G. Winarno mengulas lebih lengkap hal-hal tersebut dalam Tanaman Kelor (Moringa oleifera): Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha. Tak hanya itu, teknik budi daya, pengolahan, hingga beragam manfaatnya juga dikupas tuntas dalam buku ini. Temukan beragam manfaat dan ide usaha melalui buku ini!

6. Masker alami untuk bibir

manfaat daun kelor: Masker alami untuk bibir
texture leaf from indonesia tree called kelor

Salah satu manfaat daun kelor yang juga jarang diketahui adalah menjadi masker alami bibir. Grameds, tidak hanya kulit wajah saya yang harus dirawat. Namun, bibir juga membutuhkan perawatan.

Bibir yang kering akan meninggalkan bekas-bekas seperti terkelupas. Tak jarang orang-orang akan membersihkannya. Kadang, ada orang yang membersihkannya secara langsung, yaitu mengelupasnya.

Itu merupakan hal yang berbahaya. Mengelupas bibir kering secara langsung akan membuat bibir menjadi perih. Bahkan, beberapa kasus membuat bibir berdarah.

Maka dari itu, penting untuk merawat bibir supaya tetap sehat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan daun kelor. Daun kelor dapat menjadi obat alami untuk menyehatkan bibir. Caranya adalah dengan menjadikannya masker berbentuk pasta.

Daun kelor mengandung asam oleat di dalamnya. Kandungan ini baok untuk melembabkan bibir kamu. Selain itu, kandungan ini akan membuat bibir menjadi lebih sehat. Bibir yang sehat akan terlihat jauh lebih cantik.

7. Mencegah diabetes

manfaat daun kelor: Mencegah diabetes
Herbal plants texture leaf from indonesia tree called kelor

Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak diderita di Indonesia. Diabetes menjadi momok tersendiri bagi sebagian besar masyarakat. Hal itu karena diabetes timbul akibat dari makanan yang tidak sehat dan terlalu banyak gula.

Diabetes adalah penyakit dengan resiko yang tinggi. Dapat dikatakan bahwa diabetes memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk disembuhkan. Awal mula terserang diabetes karena seseorang memiliki kadar gula yang terlalu tinggi di dalam tubuhnya.

Maka dari itu, diabetes harus segera diobati. Bahkan kita harus menerapkan hidup yang sehat supaya terhindar dari diabetes. Harus selalu dipastikan bahwa kadar gula di dalam tubuh tetap stabil sesuai yang semestinya.

Manfaat daun kelor bisa digunakan untuk mencegah diabetes. Daun kelor dapat menjaga kadar gula tetap rendah. Sehingga tubuh akan terhindar dari diabetes.

Hal itu karena di dalam diabetes memiliki kandungan yang baik. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kinerja dari hormone insulin. Hormone ini adalah hormone yang berperan dalam menjaga tubuh supaya tetap terhindar dari diabetes.

8. Mencegah hipertensi

manfaat daun kelor: Mencegah hipertensi
Moringa leaves isolate on white background

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah dapat mencegah hipertensi. Daun kelor dapat menjaga tekanan darah di dalam tubuh. sehingga tekanan darah dapat kembali normal.

Tekanan darah memang harus dijaga supaya tetap normal. Jika tekanan darah terlampau tinggi, dapat mengganggu kesehatan. Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah di dalam tubuh.

Penyakit dengan tekanan darah tinggi disebut dengan hipertensi. Hipertensi disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya adalah kandungan natrium di dalam tubuh terlampau banyak.

Salah satu manfaat daun kelor adalah untuk mencegah hipertensi. Hipertensi dapat dicegah dengan daun kelor, karena di dalam daun kelor terdapat kandungan yang baik.

Salah satu kandungan baiknya adalah antioksidan. Antioksidan memiliki peran baik dalam menjaga tekanan darah. Selain itu, kandungan kalium juga memiliki peran dalam menjaga tekanan darah.

9. Menjaga kesehatan otak

manfaat daun kelor: Menjaga kesehatan otak
Living tree of Malunggay or Moringa as a herb that has good healing capability

Otak adalah organ vital yang ada di dalam tubuh manusia. Ketika fungsi atau kinerja otak terganggu, maka kinerja tubuh juga akan ikut terganggu. Maka dari itu, kesehatan otak sangat penting dan harus selalu dijaga.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak bisa didapatkan melalui daun kelor. Manfaat daun kelor adalah untuk menjaga kesehatan otak, sehingga fungsi otak akan tetap terjaga. Tanaman herbal ini memiliki zat-zat baik di dalamnya.

Daun kelor adalah tanaman yang kaya akan antioksidan. Manfaat ini dapat digunakan untuk kesehatan otak. Sehingga akan membantu menurunkan risiko gangguan-gangguan pada otak. Contohnya seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.

Manfaat daun kelor memang cukup baik untuk kinerja otak. Daun kelor dipercaya dapat meningkatkan memori otak. Sehingga ingatan pada otak akan lebih tajam.

10. Mencegah kanker

manfaat daun kelor: Mencegah kanker
Moringa powder or super food in wooden spoon with moringa fresh leaves

Manfaat daun kelor memang banyak untuk kesehatan. Salah satunya dapat mencegah kanker. Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel abnormal. Sel tersebut tumbuh di dalam tubuh.

Pertumbuhan sel-sel abnormal tersebut terjadi secara tidak terkendali. Hal ini tentu akan mengganggu fungsi lain. Pertumbuhan sel abnormal dapat merusak sel-sel normal lainnya. Sehingga bagian tubuh juga akan terganggu.

Kanker adalah salah satu penyebab kematian kedua terbanyak di dunia. Hal itu dikarenakan kanker sering berujung pada kematian. Umumnya, penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya. Sehingga akan terdeteksi dan dapat diobati pada stadium lanjut.

Untuk mencegah sel abnormal terjadi, kamu bisa memanfaatkan daun kelor. Daun kelor adalah tanaman yang kaya akan antioksidan. Sehingga daun kelor dapat melawan radikal bebas penyebab dari kanker.

Manfaat daun kelor juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Seperti kanker payudara dan kanker usus besar. Kanker pankreas juga dapat dicegah melalui daun kelor.

Baca Juga:

11. Obat peradangan

Peradangan adalah sebuah respons alami di dalam tubuh. Respons ini terjadi ketika ada cedera atau infeksi. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan masalah pada kesehatan.

Masalah tersebut bisa berlanjut dan dalam jangka waktu yang lama. Peradangan yang dibiarkan dan berkelanjutan akan menyebabkan masalah kesehatan. Tak jarang masalah kesehatan yang ditimbulkan adalah masalah kronis.

Contohnya seperti penyakit jantung. Bahkan kanker juga dapat bermula dari peradangan. Inilah salah satu manfaat daun kelor. Daun kelor dapat membantu mengobati peradangan.

Daun kelor dapat mengobati nyeri. Misalnya nyeri yang diakibatkan dari rheumatoid arthritis. Sebetulnya, sebagian besar sayuran dan buah memiliki sifat anti inflamasi. Rempah-rempah juga memiliki sifat tersebut.

Akan tetapi, perbedaannya adalah sejauh mana makanan itu dapat mengatasi peradangan. Hal itu juga tergantung pada jenisnya. Jumlah kandungan senyawa anti inflasi juga menjadi perhitungan.

Para ilmuwan percaya, bahwa isothiocyanate merupakan senyawa anti inflamasi utama yang ada di dalam daun kelor. Selain itu, polong dan biji-bijian juga memiliki ini di dalamnya. Akan tetapi, tetap memerlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

12. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat daun kelor lain juga dapat dijadikan daya tahan tubuh. Daun kelor dapat menjaga daya tahan tubuh. Ini adalah salah satu manfaat daun kelor yang sangat besar.

Daya tahan tubuh memang harus selalu dijaga. Hal itu dikarenakan akan berpengaruh pada aktivitas. Daya tahan tubuh yang baik tentu akan melancarkan aktivitas.

Daun kelor memiliki manfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Daun kelor akan melindungi tubuh dari berbagai virus dan bakteri. Sehingga tidak ada lagi penyebab penyakit timbul. Hal ini akan berpengaruh pada imunitas tubuh.

13. Menjaga kesehatan mata

manfaat daun kelor
Moringa leaves with mortar and pestle

Manfaat daun kelor juga dapat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena terdapat banyak kandungan baik di dalamnya. Kandungan-kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan organ penglihatan.

Kandungan-kandungan tersebut antara lain seperti flavonoid, senyawa fenolik, betakaroten, lutein dan zeaxanthin. Kandung tersebut dapat membantu menjaga organ penglihatan. Kesehatan mata memang hal yang perlu dijaga dan dirawat.

Daun kelor dapat mengobati beberapa gangguan yang terjadi di mata. Terdiri dari 18 asam amino yang penting. Asam amino tersebut adalah penyusun protein. Daun kelor memiliki khasiat dalam hal penglihatan.

Ini juga berkat antioksidan yang tinggi di dalam daun kelor. Daun kelor dapat menghentikan pelebaran pembuluh retina. Selain itu, daun kelor juga dapat mencegah katarak. Penebalan membran kapiler juga dapat diatasi oleh daun kelor. Daun kelor juga dapat menghambat disfungsi retina.

14. Mengatasi asam lambung

Asam lambung juga dapat diatasi dengan daun kelor. Manfaat daun kelor ini memang jarang diketahui banyak orang. Daun kelor memiliki senyawa baik untuk lambung.

Senyawa baik tersebut seperti flavonoid dan tanin. Kedua senyawa itu dapat memberikan efek reda pada peradangan. Selain itu, iritasi juga dapat diatas. Gejala maag juga dapat diatasi oleh asam lambung.

Kemampuan mengatasi inilah yang merupakan manfaat dari daun kelor. Sehingga daun kelor adalah salah satu obat herbal dalam mengatasi asam lambung. Ini adalah salah satu manfaat daun kelor yang baik untuk organ pencernaan.

15. Mengurangi kolesterol jahat

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah mengurangi kolesterol jahat. Kolesterol adalah penyakit yang akan menimbulkan penyakit lain. Penyakit tersebut adalah penyakit jantung.

Penyakit jantung dapat bermula dari kolesterol. Seperti penyakit jantung coroner. Jantung koroner adalah kondisi dimana saluran darah menjadi sempit. Hal itu diakibatkan karena penumpukan plak di dalamnya. Penumpukan plak ini bisa diakibatkan dari kolesterol.

Daun kelor dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sehingga tubuh akan terhindar dari kolesterol jahat. Daun kelor adalah bahan alami yang dapat mengatasi masalah kolesterol.

Hal ini karena di dalam kolesterol terdapat berbagai senyawa baik. Senyawa tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya dengan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Itulah beberapa manfaat dari daun kelor. Melalui bahan alami ini, kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa. Jadi, ketika kamu memiliki daun kelor jangan menyia-nyiakannya. Gunakanlah daun kelor tersebut, karena sangat bermanfaat bagi tubuh.

Temukan beragam informasi kesehatan lainnya dalam www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel menarik. Gramdedia juga akan memberikan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Analisis Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera) Pada Pengobatan Diabetes Mellitus
Analisis Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera) Pada Pengobatan Diabetes Mellitus

tombol beli buku

Buku monograf ini berisi tentang informasi mengenai pengaruh pemberian ekstrak daun kelor dapat menurunkan kadar glukosa darah, memperbaiki nekrosis sel ? pankreas dan meningkatkan kandungan butir glikogen hati pada tikus hiperglikemia di laboratorium. Informasi serta data penelitian tersebut diharapkan agar ekstrak daun kelor dapat digunakan untuk mengobati diabetes mellitus. Harapan penulis semoga buku monograf ini dapat memberi informasi dan membantu pemerintah maupun ilmuwan dalam pengembangan obat herbal serta bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih