in

Ketahui Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah 

Manfaat jeruk nipis untuk wajah – Grameds pasti tak asing lagi sama jeruk nipis, bukan? Tapi, sejauh mana Grameds tau manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan? Ya, jeruk nipis biasanya sering digunakan untuk bahan pelengkap masakan atau makanan lain, misalnya soto, sambal, dan lain lain. Selain itu, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk campuran obat herbal.

Selain itu, jeruk nipis ternyata ada beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu, lho. Buah ini kaya akan folat, gula, zat besi, karbohidrat, vitamin A, serat, vitamin C, dan antioksidan.

Nah, berbagai nutrisi tersebutlah yang memberikan beragam khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu. Apa saja kandungan dan manfaat jeruk nipis ini? Yuk, langsung cek manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, Grameds!

Kandungan Gizi Jeruk Nipis

Jeruk nipis biasanya dijadikan untuk pelengkap masakan atau penambah cita rasa pada masakan, misalnya seperti mie kocok dan soto. Rasanya asam tapi aromanya sangat segar. Ternyata jeruk nipis menyimpan sederet manfaat yang baik untuk tubuh.

Jeruk dengan nama latin Citrus aurantifolia ini memiliki banyak sebutan atau nama. Misalnya saja jeruk pecel, lemau nepi, kelangsa, atau jeruk alit. Tapi masih banyak orang yang mengira bahwa jeruk nipis itu sama dengan jeruk lemon atau limau.

Padahal, jeruk nipis sedikit lebih kecil dibanding jeruk lemon, dan punya bentuk lebih bulat, sedangkan lemon berwarna kuning dan berbentuk sedikit oval. Sebelum mengetahui manfaat jeruk nipis, Grameds perlu tau dulu apa kandungan gizinya.

Berdasarkan Data KPI atau Komposisi Pangan Indonesia dalam jeruk nipis mengandung berbagai gizi dan zat yang baik untuk kesehatan tubuh, dari 100 gram jeruk nipis mengandung:

  • Energi : 44 kalori
  • Lemak : 0,2 gram
  • Serat : 0,4 gram
  • Protein : 0,5 gram
  • Fosfor : 22 miligram
  • Abu : 0,4 gram
  • Karbohidrat : 10,0 g
  • Natrium : 3 miligram
  • Kalsium : 18 miligram
  • Seng : 0.1 miligram
  • Karoten Total : 4 microgram
  • Beta-Karoten : 23 mikrogram
  • Kalium : 108.9 miligram
  • Riboflavin : 0.03 microgram
  • Besi : 0.2 miligram
  • Niasin : 0.2 microgram
  • Tembaga : 0.06 miligram
  • Thiamin : 0.01 microgram
  • Vitamin C : 20 mikrogram

Itulah kandungan gizi dalam jeruk nipis yang perlu kamu tahu. Lalu, apa saja manfaat jeruk nipis ini?

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan 

pixabay.com/Shutterbug75

Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, diantaranya :

1. Baik Untuk Sistem Pencernaan 

Air jeruk nipis memiliki sifat asam dan bisa membantu saliva (air liur) dalam memecah makanan. Selain itu, senyawa flavonoid pada air jeruk nipis bisa merangsang produksi enzim-enzim penting pencernaan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jika kamu mengalami sembelit, sifat asam jeruk nipis ini bisa merangsang pergerakan usus, dan sisa makanan dalam perut pun mudah terdorong, sehingga pembuangan feses pun lebih lancar.

2. Menurunkan Berat Badan

Asam sitrat pada jeruk nipis bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini juga akan membantu tubuh membakar kalori, sehingga berat badan lebih ideal. Selain itu, vitamin C pada jeruk nipis memiliki manfaat membantu pembakaran lemak tubuh.

Tapi, perlu diingat, kamu tidak boleh hanya mengandalkan cara ini saja untuk menurunkan berat badan. Tentunya, diperlukan usaha seperti menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga secara rutin.

3. Memperkuat Sistem Imun tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada jeruk nipis juga bisa memperkuat sistem imun tubuh kamu Grameds. Manfaat vitamin C ini bekerja dengan meningkatkan produksi sel sehat dan membunuh mikroba penyebab penyakit.

Hal itu bisa mempersingkat waktu saat kamu terinfeksi mikroba. Oleh karena itu, minum air perasan jeruk nipis ini akan membuat kamu tidak gampang sakit.

4. Anti Kanker 

Kanker merupakan penyakit mematikan yang ditakuti semua orang. Kanker terjadi saat ada pertumbuhan sel abnormal, dan sel abnormal tersebut berkembang di bagian tubuh seperti paru-paru, liver, ginjal, payudara, dan lainnya.

Jika sel abnormal tersebut dibiarkan, sel kanker dapat menyebar ke seluruh jaringan tubuh lainnya sehingga membahayakan jiwa. Dengan minum air jeruk nipis, bisa membantu menurunkan resiko penyakit kanker. Ini karena kandungan antioksidan yang membantu meningkatkan fungsi sel tubuh dan memperkuat pertahanan sel-sel dari ancaman radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Jantung 

Jeruk nipis juga sebagai sumber kalium dan magnesium yang berfungsi memelihara kesehatan jantung. Kalium bisa melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah dengan alami. Hal ini tentu membantu terhindar dari resiko stroke dan serangan jantung.

Selain itu, banyak penelitian yang dilakukan, menemukan bahwa dalam jeruk nipis terdapat senyawa yang bernama limonin. Senyawa ini diyakini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

6. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh 

Perasan air jeruk nipis yang dicampur air punya manfaat yang penting nih, yaitu bisa mencegah dehidrasi. Jika minum air yang dicampur perasan jeruk nipis rasanya pun lebih segar dibanding minum air putih biasa.

Tapi, biasanya minuman sari jeruk nipis yang kamu pesan di rumah makan atau restoran mengandung tambahan gula. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membuatnya sendiri dirumah, dengan takaran gula yang sesuai atau bisa diganti dengan madu.

  1. Sebagai Anti Peradangan

Penyakit peradangan seperti artritis (radang sendi) memang sangat menyakitkan, dan ini bisa dikurangi gejalanya jika kamu mengonsumsi air perasan jeruk nipis. Kandungan vitamin C jeruk nipis bisa membantu meredakan gejala peradangan.

Air perasan jeruk nipis juga bisa mengurangi kadar asam urat yang tinggi lho, yakni sisa pemecahan makanan yang tinggi purin, seperti kacang-kacangan, daging, jamur, hati, buncis, dan lainnya.

Grameds, sedang mencari buku tentang merawat kecantikan yang bisa dilakukan di rumah? Jika iya, maka buku dengan judul Buku Pintar Merawat Kecantikan Di Rumah ini bisa kamu jadikan sebagai referensi. Buku ini berisi aneka tips perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki secara alami dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh di pasaran.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

pixabay.com/PublicDomainPictures

Selain sederet manfaat untuk kesehatan, jeruk nipis juga punya manfaat untuk kecantikan wajah kamu lho, Grameds. Apa saja ya? Yuk, cek penjelasan selengkapnya di bawah ini, Grameds!

1. Meremajakan Kulit Wajah

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang harus Grameds tau yaitu bisa menghidrasi kulit secara maksimal, hal ini berkat kandungan vitamin C pada jeruk nipis. Jika rutin mengoleskan air jeruk nipis untuk masker minimal seminggu sekali, pasti kulit wajah Grameds akan lebih lembab dan terhindar dari masalah kulit kering. Selain digunakan untuk masker, Grameds bisa membuatnya menjadi jus jeruk nipis. Manfaat dari jus jeruk nipis ini bisa menghidrasi kulit wajah dan peremajaan kulit.

2. Melawan Penuaan Kulit

Dengan bertambahnya usia dan juga paparan radikal bebas seperti sinar UV, membuat melanin yang berfungsi memberi warna pada kulit bisa menumpuk di kulit. Hal ini bisa menimbulkan flek hitam atau tanda penuaan kulit lainnya.

Nah, manfaat jeruk nipis ini juga bisa menghambat produksi zat melanin pada kulit lho. Sehingga kulit tetap terlihat bersih. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi juga dipercaya memiliki manfaat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kulit mengalami penuaan lebih cepat. Penuaan kulit yang bisa diatasi, seperti flek hitam, keriput, garis-garis halus, hingga mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

3. Mencegah Jerawat

Jerawat merupakan masalah umum diderita sebagian orang, khususnya dengan jenis kulit berminyak. Jerawat muncul disebabkan karena adanya penyumbatan minyak yang menumpuk pada pori-pori kulit. Semua orang, khususnya kaum hawa pastinya menginginkan kulit wajah yang mulus bebas jerawat.

Nah, untuk mewujudkannya, Grameds bisa menggunakan air perasan jeruk nipis lho. Sebab jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi dan zat anti bakteri. Kombinasi kedua zat tersebut punya khasiat untuk mengatasi dan mencegah permasalahan jerawat yang membandel. Kandungan asamnya pun bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih.

Manfaat jeruk nipis seperti ini telah lama dipercaya dan telah menjadi metode yang dilakukan banyak orang. Campurkan madu dengan perasaan air jeruk nipis bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit.

Ingin kulit yang mulus dan bebas jerawat? Bagaimana caranya ya? Tenang, kamu tak perlu bingung lagi untuk mencari tahu informasi tersebut. Buku Cara Jitu Mengatasi Jerawat bisa memudahkan kamu dalam mengatasi jerawat. Buku ini dengan jelas memberikan informasi dan pengetahuan akan jerawat, sehingga penderita jerawat tidak perlu panik bila jerawat timbul dan tidak sembarangan dalam penanganannya.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Tampilan wajah yang kusam pasti membuat Grameds tidak percaya diri. Tenang Grameds, kini ada solusi dari khasiat jeruk nipis ini bisa untuk kecantikan kulit wajah kamu lho.

Menurut studi Researchgate, buah jeruk nipis dipercaya bisa mencerahkan kulit wajah. Hal ini karena jeruk nipis mengandung AHA atau Hydroxy Acids yang bisa meregenerasi kulit wajah, sehingga kulit terlihat lebih cerah bercahaya. Buktinya, kini banyak beredar produk kecantikan khususnya krim untuk pencerah wajah yang didalamnya terdapat AHA sebagai bahan utamanya.

  1. Mengencangkan Pori-pori Kulit

Jeruk nipis juga dipercaya bisa mengencangkan pori-pori kulit wajah. Hal ini karena jeruk nipis mengandung senyawa astringent yang efektif dapat mengencangkan otot kulit. Itulah mengapa senyawa astringent ini sering dipakai dalam produk perawatan dan kecantikan kulit untuk mencerahkan wajah, termasuk mengencangkan pori-pori wajahmu.

Sifat astringent yang digunakan bisa mengencangkan kulit wajah dan mengurangi produksi minyak. Selain itu, bisa memberikan warna kulit wajah yang lebih halus dan cerah.

6. Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan lainnya yaitu dianggap bahan pencerah alami sebab kandungan asamnya. Air perasan jeruk nipis dipercaya bisa digunakan untuk memudarkan bintik bintik hitam di wajah.

Yang perlu grameds lakukan yaitu pakailah bola kapas yang dicelupkan dalam perasan air jeruk nipis dan letakkan di bagian kulit kusam atau gelap, lalu biarkan selama 30 menit. Namun, pastikan Grameds menghindari paparan sinar matahari langsung.

Air jeruk nipis bisa membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar UV, tapi kamu tetap harus menggunakan tabir surya jika ingin bepergian. Selain bisa menyamarkan noda hitam pada wajah, rupanya jeruk nipis bisa mencerahkan kulit ketiak yang gelap lho.

7. Memperbaiki Lapisan Kulit

Kandungan antioksidan pada buah jeruk nipis bermanfaat untuk kecantikan kamu Grameds, antioksidan ini mampu memperbaiki lapisan kulit yang rusak. Jeruk nipis bisa membantu meremajakan kulit dan juga melindungi kulit dari infeksi, ini karena bersifat desinfektan, antioksidan, dan antibakteri.

Untuk mendapatkan manfaat kulit yang cerah bercahaya, kamu perlu rutin minum air hangat yang dicampur perasan jeruk nipis dan sedikit madu di pagi hari. Hasilnya kamu bisa rasakan setelah rutin melakukan, wajahmu akan terlihat sehat dan cerah alami.

 8. Mengangkat Sel Kulit Mati

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan semakin kusam, hal ini karena terjadi penumpukan sel kulit mati di wajah. Meskipun pada akhirnya kulit mati akan lepas dengan sendirinya, tapi Grameds bisa mempercepat prosesnya dengan jeruk nipis ini.

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis ini mampu membantu kulit mati terlepas lebih cepat. Sehingga pertumbuhan sel kulit baru pun lebih cepat. Selain mengangkat sel kulit mati, senyawa asam pada jeruk nipis juga bisa mencegah pembentukan jerawat atau noda.

Senyawa tersebut bekerja dengan mencegah sel kulit mati menumpuk, sehingga menyumbat pori-pori wajah, yang akhirnya memicu timbulnya jerawat. Dengan memanfaatkan khasiat jeruk nipis ini, wajahmu akan tampak lebih cerah, sehat, dan berkilau.

9. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan lainnya yaitu bisa menstimulasi pertumbuhan rambut baru. Jeruk ini telah lama digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok, penipisan rambut, hingga kebotakan selama berabad-abad.

Nutrisi utama yang membantu menstimulasi pertumbuhan rambut yaitu kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang cukup tinggi. Penambahan perasan air jeruk nipis yang dicampur aneka minyak rambut, bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

10. Mencegah Ketombe

Ketombe memang sangat mengganggu dan gatal. Semua orang bisa terkena ketombe. Ketombe merupakan kondisi adanya pengelupasan kulit kepala secara berlebihan dan menimbulkan efek gatal.

Manfaat jeruk nipis ini ternyata bisa mencegah ketombe loh Grameds. Beberapa produk shampo anti ketombe menggunakan ekstrak jeruk nipis. Hal ini karena kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis telah terbukti bermanfaat dan efektif dalam mengatasi masalah ketombe.

Untuk mencegah ketombe, gosokkan irisan jeruk dikulit kepala secara merata, atau bisa juga membilas langsung rambut dengan air jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan ketombe. Akan tetapi, untuk jus jeruk nipis sebenarnya bisa membuat kulit kepala terasa kering. Oleh sebab itu, kamu perlu menggunakan pelembab alami seperti minyak almond, minyak zaitun, atau minyak kelapa.

Ingin tahu rahasia perawatan kulit wajah mudah dan efektif?  Bagaimana caranya? Biar nggak penasaran lagi, maka kamu bisa membaca buku Rahasia Perawatan Kulit Wajah. Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis dan mudah. Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi BPOM.

Efek Samping Jeruk Nipis

Walaupun jeruk nipis punya banyak manfaat, tapi konsumsilah jeruk ini secara wajar alias tidak berlebihan, sebab bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apa dampak buruknya?

1. Menyebabkan Asam Lambung Naik

Jeruk nipis ini mengandung asam sitrat yang tinggi dibandingkan dengan buah jeruk yang lain yang memiliki rasa manis. Dalam beberapa kasus, jika kebanyakan mengonsumsi air jeruk nipis yang bersifat asam, bisa menyebabkan perut mulas. Sementara itu, pada orang yang punya pencernaan sensitif , biasanya jika mengonsumsi makanan asam seperti halnya jeruk nipis, dapat menyebabkan asam lambung naik.

2. Menyebabkan Gigi Rusak

Tak hanya makanan manis, tapi minuman yang punya cita rasa asam pun bisa berdampak buruk pada kesehatan gigi. Minnesota Dental Association menjelaskan bahwa lapisan enamel atau lapisan pelindung bagian luar gigi dapat menipis akibat minuman atau makanan yang memiliki pH 4.

Lapisan enamel pada gigi, berfungsi untuk melapisi sekaligus melindungi gigi dari kerusakan, jika lapisan enamel gigi semakin menipis, tentu hal ini akan membuat gigi jadi rapuh dan mudah rusak.

Kesimpulan 

Nah, itulah beberapa manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit. Jadi, untuk mendapatkan berbagai manfaatnya, kamu bisa minum jus jeruk nipis atau menggunakan setiap bagian jeruk nipis ini sebagai bahan kecantikan dan kesehatan.

Meskipun memiliki banyak khasiat yang melimpah, kamu tidak boleh mengonsumsi jeruk nipis secara berlebihan, karena akan berdampak buruk untuk kesehatan. Jadi, konsumsilah dengan wajar, dan pastikan Grameds tetap bijak dalam mengambil manfaat dari jeruk nipis ini, ya Grameds. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan :

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-jeruk-nipis-untuk-wajah

https://www.halodoc.com/artikel/selain-mencerahkan-ini-4-manfaat-jeruk-nipis-untuk-wajah

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-jeruk-nipis-untuk-kecantikan

https://www.alodokter.com/ini-fakta-pemakaian-jeruk-nipis-untuk-wajah.

https://www.google.com/amp/s/katadata.co.id/amp/redaksi/berita/6108b8906e3c9/15-manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan-tubuh-dan-wajah

https://www.google.com/amp/s/www.viva.co.id/amp/gaya-hidup/kesehatan-intim/1468913-manfaat-jeruk-nipis-untuk-wajah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah