in ,

Mengenal Buah Namnam dan Beragam Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Namnam – Sobat Grameds mungkin sudah banyak mencoba berbagai jenis buah-buah di pasaran atau minimarket yang dijual secara bebas dan tentunya rasanya nikmat di lidah. Buah sendiri memang sangat baik dikonsumsi karena mengandung berbagai macam manfaat dan khasiat alami yang bagus untuk tubuh terutama bagi kalian yang sedang membatasi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh agar mendapat bentuk tubuh yang ideal.

Mengkonsumsi buah memang bukanlah hal yang biasa lagi bahkan beberapa produk buah dijual dalam bentuk kemasan agar bisa lebih tahan lama. Namun, dari sekian banyak jenis buah apakah sobat Grameds pernah mendengar yang namanya buah namnam? Ya, buah namnam memang bukan buah yang umum dikonsumsi terutama bagi masyarakat Indonesia selain itu keberadaannya juga sangat langka.

Buah namnam memiliki cita rasa yang agak asam dan manis dalam satu waktu, karena itu biasanya buah namnam dikonsumsi dengan cara dibuat olahan asinan, rujak dll. Walaupun keberadaannya yang langka tidak menampik fakta bahwa buah ini memiliki berbagai macam manfaat baik bagi tubuh jika dikonsumsi.

Untuk itu pada pembahasan kali ini agar sobat Grameds dapat mengenal lebih jauh tentang keberadaan buah namnam dan manfaatnya kami telah merangkum berbagai informasi terkait buah namnam yang baik dikonsumsi serta mengetahui berbagai manfaat alami apa saja yang dapat diperoleh tubuh ketika mengkonsumsinya.

Apa saja manfaat dan khasiat pada buah namnam tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Mengenal Buah Namnam

Namnam atau koirat atau sawo pancukan adalah nama pohon buah-buahan yang termasuk dalam famili Leguminosae alias Fabaceae. Nama ilmiahnya adalah Cynometra cauliflora, yang mengacu pada bunga dan buah pada batang (cauliflora).

Buah Namnam merupakan buah langka yang biasa ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain di Indonesia, buah ini juga terdapat di India, Sri Lanka dan Malaysia.

Di Indonesia sendiri, buah namnam memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya di daerah Bima, buah Namnam dikenal dengan nama Puci Anggi. Buah ini sekarang disebut pukihi dalam bahasa sunda.

Di daerah Manado buah namnam disebut Namu-Namu, di Ternate disebut Namo-Namo, dan di Halmahera disebut Namet. Nah, nama dari namnam itu sendiri biasanya terdapat di daerah Jawa. Buah namnam termasuk dalam famili kacang-kacangan (Leguminosae/Fabaceae).

Tanaman namnam biasa digunakan untuk penghias taman karena dedaunannya yang rimbun dengan bunga berwarna merah muda yang indah. Sedangkan buah namnam sendiri banyak digunakan untuk membuat asinan, rujak dan sambal. Hal ini dikarenakan buah tersebut memiliki rasa yang khas yaitu asam, manis dan segar.

Namun seperti buah pada umumnya, namnam juga bisa dimakan langsung. Tidak seperti kayu keras, tanaman ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan gasing mainan anak-anak, menurut Valensi Chemical Journal.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Ciri Fisik Buah Namnam

Buah namnam berbentuk setengah bulat dan lonjong mirip ginjal Permukaan buah ini juga tidak rata, yaitu. bergelombang dan kuning kecoklatan saat matang. Namun, buahnya berwarna hijau saat masih mentah.

Nah, dagingnya berwarna putih. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan agar buah namnam matang sempurna. Jika diukur, tinggi pohon namnam biasanya sekitar 3-15 meter. Pohon ini dapat tumbuh subur di negara tropis dan subtropis, terutama di dataran rendah yang lembab.

Di bawah sinar matahari penuh, pertumbuhan bunga dan buah Namnam mungkin lebih baik.

Berbentuk perdu atau pohon kecil, tinggi 3-15 m. Batang berkerut, dengan kulit umbi halus, kecoklatan atau abu-abu. Mahkotanya cukup rapat dan dan ranting memutar secara zig-zag.

Daun majemuk dengan sepasang anak daun, tangkai daun 2-8 mm. Daun lonjong sampai lonjong, miring tidak beraturan, 5,5-16,5 x 1,5-5,5 cm, hampir sessile, mirip daun, terjumbai, hijau tua mengkilat. Daun mudanya berwarna putih atau merah jambu dan menggantung di ujungnya seperti sapu tangan.

Karangan bunga seperti tandan kecil dengan daun pelindung baris, 4-5 tandan, dipadatkan pada tonjolan pada batang dekat tanah. bunga kecil; Kelopak berwarna merah muda atau putih, terbagi menjadi empat bagian, panjang kelopak 2-4 mm; Corolla lanset, putih, 5 filamen, panjang 3–4 mm. Benang sari longgar, 8-10 filamen; pukulan menangani l. 5-6 mm.

Buah berbentuk polong tebal, berdaging, berbentuk ginjal, berkerut, ujung menyempit, berukuran 3-9 x 2-6 x 1-4 cm, menggantung pada batang, bersisik saat muda berwarna coklat dan kehijauan atau kekuningan saat masak, masam atau manis-asam. Biji, pipih berbentuk ginjal, 3-6 x 2-4 cm.

Nilai Gizi Buah Namnam

Buah namnam atau Cynometra cauliflora dengan nama lain merupakan buah langka yang ditemukan di Asia Tenggara dan Selatan seperti Sri Lanka, India dan Indonesia.

Di Indonesia sendiri, buah namnam memiliki nama yang berbeda-beda di beberapa daerah. Orang Makassar menyebut buah itu “namu-namu”.

Lain lagi di negeri orang Sunda, orang cenderung menyebutnya “Pukih”.

Namnam adalah buah yang lonjong dan agak pipih. Buah namnam berwarna coklat saat masih mentah dan berubah menjadi kuning kehijauan saat matang.

Buah asam manis ini kaya akan berbagai vitamin dan antioksidan, seperti:

  • Vitamin C,
  • serat,
  • tanin,
  • saponin dan
  • flavonoid.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika buah namnam menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Buah Namnam Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah namnam memiliki manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah namnam yang harus Anda ketahui.

  • Mengandung banyak antioksidan

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam VALENSI Chemistry Journal oleh UIN Syarif Hidayatullah, sari buah namnam mengandung aktivitas antioksidan yang tinggi. Beberapa senyawa antioksidan dalam buah namnam adalah fenol, flavonoid dan vitamin C. Antioksidan terbukti baik untuk kesehatan karena dapat melawan radikal bebas penyebab penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker, katarak, penurunan fungsi otak dan radang sendi.

  • Sumber vitamin C yang tinggi

Juga dari penelitian yang sama, kandungan vitamin C pada jus buah namnam jauh lebih tinggi, yaitu 121,44 mg per 100 ml dibandingkan lemon (10,60 mg), buah murbei (22,69 mg) dan kacang mete merah (10,52 mg).

Tubuh membutuhkan vitamin C, termasuk yang terdapat pada buah namnam, untuk mendukung perkembangan, pertumbuhan dan perbaikan seluruh jaringan tubuh. Vitamin ini juga terlibat dalam pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, pemeliharaan sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka dan pemeliharaan tulang dan gigi.

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C buah namnam merupakan antioksidan kuat yang memperkuat sistem imun dengan mendukung berbagai fungsi seluler tubuh baik sistem imun bawaan maupun adaptif.

Kekurangan vitamin C dapat mengganggu imunitas tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai infeksi virus atau bakteri. Vitamin C yang rendah juga dapat meningkatkan peradangan dan gangguan metabolisme.

  • Menjaga berat badan

Selain vitamin C, buah namnam juga mengandung flavonoid yang cukup banyak yaitu 421,09 mg per liter sari buah namnam. Sebagai antioksidan, flavonoid memiliki banyak manfaat bagi tubuh dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Konon, manfaat lain dari flavonoid adalah menjaga berat badan. Kadar antioksidan ini dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kadar hormon leptin, yaitu hormon yang menekan nafsu makan. Dalam studi tikus, tingkat leptin yang tinggi telah terbukti menyebabkan obesitas dan diabetes.

  • Melindungi kulit dari kerusakan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah namnam dapat membantu melindungi kulit dari berbagai radikal bebas, yaitu molekul berbahaya yang dapat merusak kulit Anda.

Radikal bebas dapat menumpuk di kolagen kulit dan mengurangi elastisitasnya. Antioksidan seperti yang terdapat pada buah namnam menetralkan radikal bebas ini untuk melindungi kulit dari kerusakan. Beberapa antioksidan lainnya bahkan dapat mencerahkan kulit, menenangkan iritasi dan menghaluskan garis-garis kulit.

  • Mengurangi resiko penyakit kronis

Jika dibelah, daging putihnya bisa berubah menjadi coklat. Hal ini dikarenakan buah namnam mengandung asam fenolat.

Manfaat asam fenolat, termasuk yang terdapat pada buah namnam, berperan sebagai antioksidan, mencegah kerusakan sel akibat serangan radikal bebas.

Senyawa ini juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mengurangi risiko penyakit kronis bagi ibu, ayah, dan bayi. Jangan khawatir, asam fenolat ini mudah diserap oleh dinding usus di saluran pencernaan.

Jika dikonsumsi secara teratur, asam fenolik pada buah namnam membantu mengoptimalkan peradangan atau aktivitas anti peradangan.

  • Menurunkan resiko kanker

Buah namnam mengandung senyawa flavonoid. Ini adalah jenis antioksidan yang memiliki efek anti-inflamasi. Oleh karena itu, sangat cocok untuk melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Salah satu manfaat baik yang dilakukan senyawa flavonoid adalah menurunkan risiko kanker, misalnya:

  • kanker payudara
  • kanker prostat
  • kanker usus besar

Namun, penting untuk dipahami bahwa aksi senyawa flavonoid memberikan perlindungan berbeda terhadap jenis kanker tertentu.

Misalnya flavonoid jenis antosianin dapat menurunkan risiko kanker paru-paru, sedangkan flavonoid jenis flavon menurunkan risiko kanker prostat.

  • Meredakan gejala alergi

Alergi menyebabkan sistem kekebalan tubuh memicu respon inflamasi yang dapat menimbulkan gejala alergi seperti kulit bengkak dan gatal. Kabar baiknya adalah sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Medical Research menemukan bahwa orang dengan alergi kulit dan pernafasan yang menerima vitamin C intravena memiliki gejala yang lebih ringan.

Studi ini juga menemukan bahwa orang dengan alergi cenderung memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam tubuhnya.

Nah, buah namnam mengandung vitamin C yang juga berfungsi sebagai antioksidan.

Oleh karena itu, manfaat vitamin C pada buah namnam juga baik untuk mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh guna mengurangi resiko berbagai penyakit seperti:

  • penyakit kardiovaskular
  • gangguan selama kehamilan
  • penyakit mata
  • kerutan pada kulit
  • Mendukung kesehatan kulit dan rambut

Sobat Grameds, buah namnam kaya akan vitamin A. Vitamin A terkenal dengan perannya dalam menjaga kesehatan mata.

Selain itu, vitamin A, termasuk yang terdapat pada buah namnam, juga baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan seluruh jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Ini karena vitamin A meningkatkan produksi sebum, minyak yang membantu menjaga kelembaban kulit dan rambut. Saat produksi sebum terjaga, minyak di kulit dan rambut tidak terlalu banyak.

  • Berbagai manfaat buah namnam lainnya

Selain berbagai manfaat buah namnam yang sudah dijelaskan di atas, buah yang terbilang langka ini juga memiliki manfaat lain:

  • Mengoptimalkan fungsi saluran pencernaan
  • Mengatasi batu empedu dari rebusan daun namnam dan mengeluarkan airnya untuk membuat teh
  • Namnam melalui tangkai daunnya membantu mengatasi penyakit pada saluran kemih
  • Minyak yang diekstrak dari bijinya digunakan untuk mengobati penyakit kulit
  • Mengobati diare

Fakta Menarik dari Buah Namnam

  • Jenis kacang-kacangan asli Malaysia

Buah namnam (Cynometra cauliflora) termasuk dalam famili kacang-kacangan, Fabaceae. Kulit buahnya berwarna kuning kusam, cukup keras, berkerut, dan permukaannya kasar. Dagingnya berair dan kuning, dengan rasa asam.

Namnam tumbuh seperti semak, tinggi pohon 3-15 meter. Tumbuh baik di daerah tropis lembab di bawah sinar matahari penuh. Pohon buah namnam juga cukup tahan terhadap angin dan suhu siang hari hingga 35 derajat Celcius.

  • Tersebar dari Asia Tenggara hingga India

Meski buah namnam tergolong langka karena sulit ditemukan. Namun, nama-nama tersebut sudah menyebar ke beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Nyatanya, buah ini lebih banyak ditemukan di India yang memiliki iklim muson.

Buah ini juga bisa Anda temukan di beberapa daerah di Indonesia, meski cukup sulit. Buah yang menyukai tanah yang dalam dan subur ini sebenarnya bisa ditanam di dalam pot. Anda juga bisa menjadikannya sebagai tanaman bonsai atau tanaman hias outdoor.

  • Namanya berbeda di berbagai daerah di Indonesia

Biasa dikenal dengan nama buah namnam. Namun, hal ini sedikit berbeda di Indonesia. Di sini kita sudah terbiasa dengan varietas serta nama lokal dari buah namnam yang berbeda.

Orang Manado menyebutnya Namu-Namu sedangkan di tanah sunda lebih dikenal dengan sebutan Pukih. Buah Namnam dikenal juga dengan sebutan Sapodilla Pancukan, Anjing, Kopi Anjing dan Anggi Puci. Ternyata, bukan hanya nama lokalnya saja yang berbeda, tapi juga jenisnya. Di Sulawesi, ada dua jenis buah namnam yang rasanya asam dan manis.

  • Buah dan daunnya bermanfaat sebagai obat

Kalau kayunya bisa dijadikan tanaman hias, berbeda dengan daunnya yang bisa baik untuk kesehatan tubuh. Air rebusan yang terbuat dari daun namnam ini dapat diminum dan digunakan sebagai obat diare dan kencing batu. Anda juga bisa mengeringkan daun namnam dan membuat teh herbal dari daun tersebut.

Berbeda dengan minyak yang diekstraksi dari biji buah namnam. Di India, minyaknya digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mencobanya!

  • Dapat diolah jadi produk makanan seperti asinan, rujak, dan manisan

Buah namnam tidak hanya cocok untuk dikonsumsi langsung, tetapi juga untuk asinan atau manisan. Rasa asamnya saat mentah bisa dijadikan pelengkap rujak. Ada juga yang membuatnya digoreng.

Buah namnam bisa dimasak menjadi acar dan chutney di Asia Selatan. Masyarakat Asia lainnya juga menggunakannya sebagai bumbu masakan kari dan daging. Bagi pecinta asam, Anda bisa mencelupkan buah mentah ke dalam lesung cabai-gula.

Namun Sobat Grameds, sebelum mengkonsumsi buah namnam atau bagian apapun dari buah ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter apabila memiliki alergi terhadap buah tertentu. Itulah beberapa manfaat buah namnam karena kandungan antioksidannya. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan berbagai manfaat yang disebutkan di atas.

Penulis: Pandu Akram

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti M

Bagi saya, menulis merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan karena selain bisa berbagai informasi, saya juga bisa menambah wawasan. Tema yang sangat suka dalam menulis adalah seputar ilmu pengetahuan serta pemerintahan.