in

15 Manfaat Buah Semangka sebagai Buah Tropis Sumber Antioksidan

Manfaat Semangka – Siapa yang tak mengenal buah semangka? Di Indonesia sendiri, semangka sebagai buah tropis diperjualbelikan di pasar tradisional dan modern karena memiliki rasa komersial. Tak hanya rasanya yang segar, buah yang satu ini ternyata punya segudang manfaat di dalamnya.

Grameds pasti kerap menemukan buah semangka sebagai menu pencuci mulut. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah semangka biasa disantap ketika cuaca panas kala musim kemarau tiba.

Semangka adalah buah yang selalu ada sepanjang tahun dengan rasa lezat, nikmat, dan sangat bermanfaat bagi setiap orang. Tak heran jika buah yang satu ini digemari banyak orang dari berbagai kalangan.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati buah yang satu ini. Semangka bisa dijadikan makanan pencuci mulut, jus, hingga camilan anak-anak.

Semangka dengan nama latin Citrullus lanatus merupakan buah yang berasal dari Afrika Selatan, lho Grameds. Semangka memiliki kulit berwarna hijau dengan bagian daging berwarna merah atau kuning.

Semangka merupakan tanaman herba merambat yang diperkirakan dipanen 5.000 tahun lalu. Kemudian tanaman yang berasal dari Afrika ini mulai menyebar melalui pedagang ke negara China, Amerika, India, dan Indonesia.

Semangka memiliki segudang nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa lainnya. Kandungan gizi yang ada di dalam semangka ialah protein, lemak, serat, karbohidrat, fosfor, kalsium, natrium, kalium, zinc, beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C.

Selain itu, semangka kaya akan antioksidan penting, seperti likopen, karotenoid, dan cucurbitacin E. Penasaran apa saja manfaat dari buah semangka? Di bawah ini terdapat 15 manfaat buah semangka yang telah dirangkum Gramedia.com melalui berbagai sumber.

Manfaat Buah Semangka

Semangka merupakan buah pelepas dahaga yang baik untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Simak ulasan berikut ini sampai tuntas, ya Grameds.

1. Membantu Tetap Terhidrasi

Semangka merupakan buah yang kerap dinikmati saat musim kemarau tiba. Sebagian besar masyarakat di daerah tropis memilih buah semangka untuk mencegah dehidrasi.

Mengonsumsi buah semangka akan membantu kamu tetap terhidrasi sepanjang hari. Untuk menjaga tubuh seseorang agar tetap terhidrasi, minum air putih menjadi yang utama.

Namun, mengonsumsi buah semangka sebagai makanan dengan kandungan air tinggi juga bisa membantu. Sebuah penelitian mengatakan bahwa buah semangka mengandung 92% air di dalamnya.

Kandungan air yang cukup tinggi kerap menjadi alasan mengapa sebagian besar orang mengonsumsi buah semangka. Kandungan air yang tinggi pada buah semangka turut membantu merangsang pelepasan kelebihan cairan dalam bentuk keringat. Mengonsumsi buah semangka di cuaca panas akan membantu menurunkan suhu tubuh kamu.

Semangka juga dapat membantu seseorang merasa kenyang. Kombinasi serat dan air di dalam buah semangka yang segar membuat orang seolah-olah mengonsumsi makanan jumlah besar tanpa banyak kalori.

banner-promo-gramedia

2. Mengandung Senyawa dan Nutrisi Bermanfaat

Seperti yang kita ketahui, semangka merupakan buah tropis dengan beragam kandungan nutrisi dan senyawa yang bermanfaat. Semangka adalah salah satu buah pelepas dahaga dengan kalori rendah jika dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Penasaran berapa jumlah kalori yang dimiliki buah semangka? Setelah ditelusuri, ternyata buah semangka hanya memiliki 46 kalori per cangkir. Angka tersebut dinilai lebih rendah daripada buah rendah gula seperti beri.

Kandungan antioksidan karotenoid, beta karoten, dan likopen di dalam buah semangka cukup tinggi. Kemudian buah semangka juga memiliki asam amino atau citrulline yang penting untuk tubuh.

Jika diuraikan, kandungan karotenoid di dalam semangka dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Selanjutnya, likopen sebagai antioksidan yang kuat merupakan sejenis karotenoid pada makanan nabati. Semangka memiliki senyawa cucurbitacin E dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan.

3. Membantu Melancarkan Pencernaan

Kandungan nutrisi yang dimiliki buah semangka bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan. Semangka sebagai buah yang mengandung banyak air dapat membantu Grameds melancarkan sistem pencernaan.

Kemudian kandungan serat yang dimiliki semangka dipercaya dapat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Sulit buang air besar atau sembelit dapat terjadi karena tubuh kekurangan serat. Semangka sebagai buah yang tinggi akan kandungan air dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi kondisi sembelit.

tombol beli buku

4. Baik untuk Wanita Hamil

Selanjutnya, buah semangka memiliki manfaat yang baik untu ibu hamil. Umumnya, kondisi mulas kerap terjadi selama masa kehamilan. Buah semangka diyakini dapat meredakan mulas yang biasa terjadi pada ibu hamil.

Tak hanya itu, buah semangka sangat baik untuk dikonsumsi wanita hamil karena dapat membantu meringankan mual di pagi hari. Kemudian kandungan mineral yang dimiliki buah semangka juga dapat membantu mencegah kram otot bagi wanita hamil pada trimester ketiga.

5. Membantu Mencegah Kanker

Salah satu penyebab penyakit kanker ialah radikal bebas. Buah semangka ternyata memiliki manfaat untuk membantu mencegah kanker. Kandungan likopen dan senyawa tanaman individu yang ada di dalam buah semangka berguna untuk efek anti kanker.

Kandungan likopen yang dimiliki buah tropis ini berguna untuk mengurangi risiko kanker dengan menurunkan faktor pertumbuhan mirip insulin yang terlibat dalam pembelahan sel. Selain itu, senyawa cucurbitacin E di dalam semangka dipercaya mampu untuk menghambat pertumbuhan tumor.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah semangka sebagai pelepas dahaga ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Penyakit jantung kerap disebut sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia.

Pola makan merupakan salah satu faktor gaya hidup yang dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Semangka ternyata memiliki beberapa nutrisi yang bermanfaat khusus untuk kesehatan jantung seseorang.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa ekstrak buah semangka menduduki peran penting dalam menurunkan tekanan darah pada pasien obesitas dengan hipertensi. Mengapa? Karena kandungan magnesium dan kalium di dalam semangka dapat merangsang aliran darah dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

Kemudian senyawa likopen yang ada di dalam buah semangka diyakini dapat membantu menurunkan kolestrol dan tekanan darah. Senyawa likopen yang ada pada semangka dapat mencegah kerusakan oksidatif.

Kandungan asam amino dalam buah semangka dapat meningkatkan kadar nitrat oksida di dalam tubuh. Apa itu nitrat oksida? Nitrat oksida turut membantu pembuluh darah seseorang berkembang sehingga menurunkan tekanan darah. Buah semangka memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung seseorang.

7. Dapat Menurunkan Peradangan dan Stres Oksidatif

Buah yang berasal dari Afrika Selatan ini bermanfaat untuk menurunkan peradangan dan stres oksidatif. Pendorong utama dalam penyakit kronis ialah peradangan.

Semangka yang kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, dan vitamin dapat membantu menurunkan peradangan dan stres oksidatif. Seseorang yang mengonsumsi semangka akan mengalami penurunan peradangan dan peningkatan antioksidan.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

8. Membantu Meredakan Nyeri Otot

Buah semangka dipercaya dapat membantu meredakan nyeri otot. Buah semangka memiliki kandungan asam amino atau citrulline yang dapat mengurangi nyeri otot. Fakta menariknya, jus buah semangka diyakini dapat meningkatkan penyerapan citrulline atau asam amino.

Selain itu, kandungan citrulline dalam buah semangka juga dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja olahraga. Senyawa citrulline atau asam amino di dalam buah semangka dapat membuat otot menjadi lebih santai dan meredakan ketegangan.

9. Mencegah Asma

Buah semangka memiliki kandungan likopen yang dapat mencegah asma. Likopen dapat menjadi antioksidan utama dalam membantu reaksi tubuh terhadap dingin dan flu. Fakta menariknya, antioksidan pada likopen buah semangka dianggap dapat mengurangi serangan asma anak-anak.

Dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin, penderita asma dapat bernapas dengan baik tanpa harus mengambil napas dalam keadaan panik. Kemudian asupan vitamin A dan likopen yang ada di dalam buah semangka dinilai bermanfaat bagi pasien asma.

10. Menjaga Tekanan Darah

Buah semangka yang kerap dikonsumsi saat cuaca panas bermanfaat untuk menjaga tekanan darah. Kandungan citrulline atau asam amino esensial pada semangka dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

Sumber potasium yang baik di dalam buah semangka diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kemudian kandungan kalium dalam buah semangka dapat menjadi elektrolit yang mengatur tekanan darah dalam berolahraga.

11. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut seseorang. Sumber vitamin C yang baik di dalam buah semangka dapat menjadi nutrisi penting untuk sintesis kolagen.

Dengan mengonsumsi buah semangka, Grameds dapat meningkatkan kekenyalan kulit dan memperkuat akar rambut. Selain itu, kandungan likopen dan beta karoten dalam buah semangka berguna untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

Kandungan beta karoten sendiri dapat membantu mencegah vitiligo dan psoriasis. Kemudian kandungan vitamin A dalam buah semangka dapat menjadi nutrisi yang berkontribusi penting dalam kesehatan kulit untuk memperbaiki dan menciptakan sel-sel kulit baru.

12. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Kaum pria dapat merasakan manfaat buah semangka secara alami. Manfaat lain dari buah semangka ialah dapat meningkatkan kesehatan seksual.

Buah semangka memiliki kandungan asam amino atau citrulline yang dapat melemaskan dan melebarkarkan pembuluh darah. Rutin mengonsumsi semangka dapat membantu menjaga kesuburan dan mencegah terjadinya impoten.

Kandungan asam amino di dalam buah semangka akan diubah tubuh menjadi arginin yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah. Selain itu, beragam kandungan nutrisi di dalam buah semangka dapat bertindak sebagai viagra alami.

13. Meningkatkan Kesehatan Gusi

Buah yang kerap dijadikan pencuci mulut ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan gusi, lho Grameds. Buah semangka yang mengandung vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kapiler dan gusi.

banner-promo-gramedia

Jika Grameds kekurangan vitamin C, maka akan menyebabkan gusi berdarah dan radang gusi (gingivitis). Untuk menghindari hal tersebut, mengonsumsi buah semangka secara rutin dapat menjadi solusi yang tepat. Semangka mengandung vitamin C yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi gusi di dalam mulut.

tombol beli buku

14. Meningkatkan Energi

Semangka yang kaya akan vitamin B dapat membantu kamu meningkatkan energi. Vitamin B di dalam semangka bertanggung jawab penuh untuk memproduksi energi tubuh seseorang.

Semangka sebagai buah yang tinggi energi dan rendah kalori dapat membantu Grameds tetap aktif sepanjang hari. Kemudian semangka juga memiliki kandungan kalium yang baik untuk membuat seseorang tidak merasa lelah.

15. Baik untuk Penderita Penyakit Ginjal

Penderita penyakit ginjal kronis disarankan untuk mengonsumsi buah rendah kalium. Semangka merupakan salah satu buah yang baik untuk penderita penyakit ginjal.

Semangka memiliki sumber potasium yang baik dengan presentase rendah. Hal tersebut menjadikan semangka sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit ginjal kronis.

Semangka memiliki kandungan potasium yang dapat membersihkan endapan beracun di ginjal. Kemudian manfaat lain dari semangka ialah mengurangi konsentrasi asam urat yang dapat membantu mengurangi kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Rekomendasi Buku dan Artikel Tentang Manfaat Buah

Demikian 15 manfaat buah semangka sebagai buah tropis sumber antioksidan. Semangka dengan segudang manfaatnya sangat sayang untuk dilewatkan. Grameds perlu memasukkan buah semangka ke dalam daftar menu harian untuk memetik manfaatnya.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila